80 Singkatan Bahasa Inggris Gaul dan Artinya di TikTok, IG, FB, dan WhatsApp

Simak beberapa singkatan bahasa gaul bahasa Inggris dan artinya yang sering dipakai di media sosial

Bahasa gaul merujuk pada penggunaan bahasa yang tidak resmi, santai, dan informal di kalangan kelompok tertentu atau dalam konteks yang lebih tidak resmi. Bahasa ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, di media sosial, atau dalam komunitas dengan tujuan untuk mengungkapkan ekspresi, mengekspresikan identitas, atau menciptakan ikatan sosial. Bahasa gaul dapat mencakup berbagai elemen seperti kosakata slang, singkatan, frase populer, permainan kata, aksen khas, atau gaya bicara yang tidak konvensional.

Biasanya, bahasa gaul berkembang dan berubah seiring waktu, mencerminkan tren, budaya populer, dan pengaruh sosial dalam kelompok tertentu. Penggunaan bahasa gaul sendiri juga dapat bervariasi tergantung pada kelompok usia, lokasi geografis, kelompok sosial, atau minat tertentu. Dan perlu Anda ketahui bahwa bahasa gaul tidak selalu baku atau diterima secara universal, dan penggunaannya juga mungkin tidak cocok dalam situasi formal atau resmi.

Apalagi pada saat ini juga muncul berbagai macam singkatan gaul Bahasa Inggris yang digunakan anak jaman sekarang. Biasanya singkatan ini dipakai dalam media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, dan lain-lain. Nah bagi Anda yang penasaran dengan apa saja contoh singkatan gaul dalam Bahasa Inggris yang biasanya digunakan di media sosial, berikut ini informasi selengkapnya yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : 80 Ucapan Selamat Wisuda Bahasa Inggris

Tujuan Singkatan Gaul dalam Bahasa Inggris

Tujuan Singkatan Gaul Inggris
Sumber Gambar : verywellfamily.com

Jika Anda penasaran mengapa pada saat ini banyak sekali muncul singkatan-singkatan gaul dalam Bahasa Inggris, serta apa tujuannya menggunakan singkatan tersebut. Berikut ini merupakan informasi mengenai tujuan singkatan gaul dalam Bahasa Inggris yang dapat Anda ketahui, yaitu:

1. Sebagai ungkapan ekspresi yang cepat

Penggunaan singkatan memungkinkan komunikasi yang lebih cepat dan efisien dalam bahasa gaul. Dalam situasi informal atau percakapan sehari-hari, menggunakan singkatan bisa menghemat waktu dan usaha.

Contoh: “OMG” (Oh My God), “LOL” (Laugh Out Loud), “BRB” (Be Right Back)

2. Menambah gaya dan keunikan pada percakapan

Singkatan bahasa Inggris dapat digunakan untuk menambahkan sentuhan gaya atau keunikan pada percakapan. Mereka sering kali digunakan dalam budaya pop, media sosial, atau dalam komunitas tertentu untuk menciptakan identitas yang khas.

Contoh: “BFF” (Best Friends Forever), “YOLO” (You Only Live Once), “FOMO” (Fear Of Missing Out)

3. Memberikan kesan keakraban dan lebih santai

Beberapa singkatan bahasa Inggris telah menjadi sangat populer dan dikenal secara luas di kalangan pemuda dan pengguna media sosial. Menggunakan singkatan ini bisa menciptakan perasaan keterikatan dan keakraban dalam percakapan.

Contoh: “TBH” (To Be Honest), “IDK” (I Don’t Know), “ICYMI” (In Case You Missed It)

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan singkatan bahasa Inggris dalam bahasa gaul biasanya terbatas pada lingkungan informal dan percakapan yang santai. Di lingkungan formal atau komunikasi resmi, disarankan untuk menggunakan bahasa yang lebih lengkap dan terperinci.

Lihat Juga : 34 Lagu Pop Indonesia Terpopuler Saat Ini

Contoh Singkatan Gaul dalam Bahasa Inggris

Contoh Singkatan Gaul Bahasa Inggris
Sumber Gambar : webopedia.com

Dan bagi Anda yang sedang mencari contoh, apa saja singkatan gaul dalam bahasa Inggris. Berikut ini merupakan beberapa contoh yang dapat Anda simak.

  1. BFF atau Best Friend Forever artinya sahabat selamanya atau teman baik selamanya.
  2. RL atau Real Life artinya dunia atau kehidupan nyata.
  3. IRL atau In Real Life yang artinya di kehidupan nyata yang sebenarnya bukan di dunia maya.
  4. IMO atau In My Opinion yang artinya menurut saya atau pendapat saya.
  5. ICYMI atau In Case You Missed It yang memiliki arti barangkali kamu melewatkannya.
  6. ILY atau I Love You yang arinya ungkapan cinta atau kasih sayang kepada seseorang.
  7. ILYSM atau I Love You So Much yang artinya Aku sangat mencintaimu.
  8. LDR atau Long Distance Relationship artinya hubungan jarak jauh.
  9. IKR atau I Know Right yang artinya Aku tahu atau Iya kan?
  10. GWS atau Get Well Soon yang artinya Semoga cepat sembuh.
  11. FYI atau For Your Information yang artinya Sebagai informasi atau menambahkan informasi yang tak ditanyakan atau dibicarakan oleh lawan bicara.
  12. ATM atau At The Moment yang artinya Saat ini.
  13. ISTG atau I Swear to God yang artinya seperti bersumpah atas nama Tuhan Demi Tuhan atau meyakinkan orang kalau bersungguh-sungguh dan tidak bohong.
  14. IYKWIM atau If You Know What I Mean yang artinya kalau kamu tahu apa maksudku’.
  15. OMG atau Oh My God yang artinya Ya Tuhan.
  16. OTW atau On the Way yang artinya sedang dalam perjalanan.
  17. RN atau Right Now diartikan sekarang.
  18. SMH atau Shaking My Head yang artingnya geleng-geleng kepala.
  19. TFT atau Thank for Today memiliki arti terimakasih untuk hari ini.
  20. TIL atau Today I Learned yang artinya aku baru tahu atau hari ini aku belajar.
  21. THX atau Thanks yang berati terima kasih.
  22. TMI atau Too Much Information artinya terlalu banyak informasi yang tidak terlalu dibutuhkna oleh lawan bicara.
  23. WDYT atau What Do You Think memiliki arti apa yang kamu pikirkan.
  24. PC atau Personal Chat artinya meminta orang untuk mengirim pesan singkat pribadi. Contohnya: Yang butuh info lanjutan bisa PC ya.
  25. PM atau Personal Message artinya ‘Kirim pesan ya’ digunakan dalam konteks jual beli online. Contoh: Tanya-tanya harga dll bisa PM aku ya.
  26. VC atau Video Call memiliki arti mengajak seseorang untuk melakukan telepon video atau video call.
  27. P atau Ping diartikan untuk meminta seseorang agar membalas pesan.
  28. VN atau Voice Note yang artinya ‘Pesan suara’ yang digunakan dalam mengirim pesan di media sosial.
  29. TC atau Test Chat/Test Contact memiliki arti ‘Memastikan kontak kita atau kontak yang dihubungi aktif.
  30. FOMO atau Fear of Missing Out artinya mengacu pada perasaan cemas atau kekhawatiran seseorang merasa ketika mereka takut melewatkan suatu pengalaman atau kegiatan yang sedang terjadi.
  31. ETA atau Estimated Time of Arrival memiliki arti ‘Perkiraan Waktu Kedatangan’. Singkatan ETA digunakan ketika kita ingin memberitahu seseorang jam berapa kita akan tiba di tempat tujuan. 
  32. DIY atau Do It Yourself berarti ‘Lakukan Sendiri’. Singkatan DIY berarti melakukan sesuatu sendiri, bukan mempekerjakan orang lain untuk melakukannya untuk kita.
  33. TBH atau To Be Honest artinya ‘Sejujurnya’. Singkatan TBH digunakan ketika kita ingin memberitahukan seseorang bahwa kita sedang berbicara tentang sesuatu secara jujur.
  34. ASAP atau As Soon As Possible artinya ‘Secepat Mungkin’. Singkatan ASAP biasa digunakan untuk memberitahukan orang lain bahwa suatu hal harus sesegera mungkin dilakukan.
  35. TGIF atau Thank God It’s Friday memiliki arti ‘Syukurlah Hari Ini Hari Jumat’. Sesuai namanya, singkatan ini biasa diucapkan pada hari Jumat di mana seseorang mensyukuri berakhirnya hari kerja (work days).
  36. IDK atau I Don’t Know memiliki arti aku tidak tahu.
  37. OOT atau Out of Topic artinya keluar dari topik.
  38. BTW atau By The Way artinya omong-omong.
  39. ANW atau Anyway juga diartikan dengan ‘Omong-omong’. Anyway digunakan ketika seseorang ingin melanjutkan pembahasan yang masih berkaitan dengan topik sebelumnya.
  40. BRB atau Be Right Back artinya segera kembali.
  41. JK atau Just Kidding artinya hanya bercanda.
  42. IDC atau I Don’t Care artinya aku tidak peduli.
  43. DM atau Direct Message artinya pesan langsung atau pesan pribadi yang dikirim melalui platform media sosial atau aplikasi chat.
  44. FYP atau For You Page adalah halaman yang menampilkan konten berdasarkan minat dan perilaku pengguna di platform media sosial seperti TIKTOK dan INSTAGRAM.
  45. AFAIK atau As Far As I Know artinya Dalam pengetahuan saya atau sepengetahuan saya.
  46. SJW atau Social Justice Warrior artinya seseorang yang memperjuangkan masalah sosial, terutama yang berkaitan dengan keadilan sosial dan kesetaraan.
  47. RN atau Right Now adalah saat ini, dalam konteks waktu yang sedang berlangsung.
  48. POV atau Point of View artinya adalah sudut pandang atau perspektif dari seseorang.
  49. OOTD atau Outfit of the Day Siapa yang hobi foto OOTD? Jadi, Outfit of The Day adalah foto atau deskripsi pakaian yang dipakai seseorang pada hari tersebut.
  50. IB atau Inspired by yang artinya ‘Terinspirasi Oleh’ untuk menyatakan bahwa seseorang tar inspirasi dari hal atau sumber tertentu.
  51. PAP atau Post a Picture artinya mengirimkan sebuah foto. Istilah PAP umumnya digunakan dalam pesan teks di media sosial. 
  52. AFK atau Away from Keyboard memiliki arti yang hampir sama dengan BRB. Sederhananya, AFK menandakan bahwa kamu sedang jauh dari komputer. Biasanya istilah ini digunakan pada game online.
  53. DWH atau During Work Hour artinya ‘Selama Jam Kerja’. Singkatan bahasa Inggris gaul ini berlaku untuk menyatakan periode waktu tertentu selama seseorang bekerja.
  54. WFH aatu Work From Home artinya ‘Bekerja dari Rumah’. Mungkin work from home menjadi salah satu sistem kerja yang sedang kamu lakukan saat ini.
  55. WFA atau Work from Anywhere artinya ‘Bekerja Dari Mana Saja’. Anda pasti tahu, saat ini sudah banyak pekerjaan di bidang digital yang bisa kita lakukan dengan sistem WFA. Entah itu dari kantor, dari rumah, atau dari tempat mana saja asal kamu dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai prosedur perusahaan.
  56. LOL atau Laughing out Loud yang berarti tertawa terbahak-bahak atau tertawa lepas. LOL adalah ekspresi untuk menunjukkan bahwa seseorang menemukan sesuatu yang lucu atau menghibur.
  57. LMAO atau Laughing My Ass Off artinya tertawa terbahak-bahak sampai-sampai tidak bisa menahan diri. LMAO juga dapat dikatakan sebagai ekspresi tertawa yang Lebih kuat daripada LOL.
  58. LMFAO atau Laughing My F*** A** Off yang artinya tertawa terbahak-bahak dengan sangat keras dan vulgar. Biasanya digunakan ketika seseorang merasa sangat tertawa. Tentunya LMFAO lebih kuat dari LMAO.
  59. OMW atau On My Way artinya ‘Sedang Dalam Perjalanan.’ Biasanya OMW digunakan untuk memberi tahu seseorang bahwa kita sedang menuju ke tempat yang telah dijanjikan.
  60. IMHO atau In My Humble Opinion artinya adalah pendapat pribadi yang diberikan dengan sopan dan rendah hati.
  61. WDYT atau What Do You Think adalah ungkapan pertanyaan pada orang lain untuk mengetahui pendapat mereka tentang sesuatu hal yang akan kamu lakukan.
  62. IYKWIM atau If You Know What I Mean adalah frasa untuk menyiratkan maksud tertentu atau menunjukkan hal yang sulit dijelaskan.
  63. GWS atau Get Well Soon artinya mengucapkan harapan agar seseorang segera pulih dari sakit atau cedera.
  64. KEPO atau Knowing Every Particular Object yang berarti suka mencari tahu urusan orang lain yang tidak penting.
  65. CSL atau Can’t Stop Laughing yang artinya adalah tertawa tanpa henti atau tidak bisa berhenti tertawa. Contoh kalimat:
  66. VIP atau Very Important Person yang artinya adalah seseorang yang dianggap penting atau memiliki status tinggi.
  67. JIT atau Just in Time artinya tiba di tempat yang dituju tepat waktu atau pada saat yang tepat.
  68. YOLO atau You Only Live artinya hidup hanya sekali atau hidup ini hanya sekali, jadi nikmatilah.
  69. ROFL atau Rolling On The Floor Laughing artinya tertawa terbahak-bahak sampai-sampai jatuh atau guling di lantai karena lucu.
  70. LMK atau Let Me Know adalah ungkapan pada seseorang agar memberi tahu dirinya tentang sesuatu jika ada sesuatu yang terjadi di waktu mendatang
  71. COD atau Cash on Delivery yang berarti pembayaran dilakukan saat barang diterima. Istilah ini sering digunakan dalam perdagangan online atau toko-toko online.
  72. PO atau ‘Pre Order’, artinya membeli sebuah produk yang barang belum ready stock.
  73. EDD atau Estimated Delivery Date adalah tanggal perkiraan pengiriman barang atau jasa dalam proses jual beli.
  74. SLA atau Service Level Agreement yang berarti kesepakatan tingkat layanan antara penyedia layanan dan pelanggan.
  75. DM atau Direct Message yang artinya pesan langsung.
  76. OT atau Over Time yang artinya lembur.
  77. Sherloc atau Share Location yang artinya berbagi lokasi.
  78. SFH atau Study From Home artinya belajar dari rumah.
  79. RN atau Right Now yang artinya sesuatu yang sedang terjadi saat ini.
  80. NT atau Nice Try yang artinya usaha yang bagus.

Lihat Juga : 232 Jokes Receh Lucu dan Kocak, Bikin Ngakak!

Penutup

Beberapa contoh singkatan gaul dalam bahasa Inggris di atas merupakan beberapa contoh singkatan gaul yang sering kali muncul pada media sosial seperti TikTok, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lain-lain. Oleh karena itu, jika Anda kerap kali bertemu dengan singkatan-singkatan gaul tersebut namun tidak mengetahui artinya, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menyimak beberapa informasi yang tersedia di atas.

Apa saja contoh bahasa gaul yang biasanya dapat ditemui di TikTok?

Contoh bahasa gaul yang dapat Anda temui di TikTok yaitu FYP, YGY, NT, DC, IB, TBL, dan lain-lain.

Apa saja contoh bahasa gaul yang biasanya dapat ditemui di WhatsApp?

Contoh bahasa gaul yang dapat Anda temui di WhatsApp yaitu PC, VN, VC, PAP, SW, PM, TC, dan lain-lain.

Apa saja contoh bahasa gaul yang dapat Anda temui di Twitter?

Contoh bahasa gaul yang dapat Anda temui di Twitter yaitu ANW, ATM, ATP, BRB, BTW, CMIIW, dan lain-lain.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download LibreOffice 32 Bit / 64 Bit (Free Download)

    Berikut link download LibreOffice terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit
  2. Pengertian Microsoft OneDrive – Manfaat, Fitur, Kelebihan

    OneDrive adalah layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan men-sinkronkan berkas
  3. Logo Bank Mandiri Taspen PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Bank Mandiri Taspen PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…