Cara Membersihkan Cache di Android Mudah dan Cepat

0
1075

Dianisa.com – Cara Cepat Menghapus File Cache / Sampah di HP Android. Apakah Ponsel Android Anda Kinerjanya Semakin Lambat? Jika ya, mungkin itu dikarenakan banyaknya cache memori yang tidak pernah dihapus. Disaat saya sedang meminjam ponsel teman saya, ternyata ponselnya terasa berat saat digunakan. Teman saya tidak pernah sekalipun menghapus cache memori Android-nya dikarena memang tidak tahu dan tidak begitu peduli. Malahan apabila terasa lemot sering kali direboot, biar tidak lemot katanya 😀

Baca Juga :

Melakukan reboot atau restart pada ponsel android agar tidak terasa lemot adalah cara yang salah, mungkin memang tidak lemot tapi hal tersebut bersifat sementara. Cara yang paling tepat adalah menghapus file – file sampah atau cache yang ada di Android. Sama halnya dengan komputer android juga memiliki file – file sampah yang terus dibuat disaat menggunakan ponsel android. File sampah atau cache yang terus menumpuk pada memori akan berakibat melambatnya kinerja ponsel android.

Untuk melakukan Pembersihan Cache Pada Memori Android, ada 2 cara yang bisa anda pilih. Cara pertama anda bisa Menghapus Secara Manual dan untuk cara kedua anda bisa Menghapus Dengan Menggunakan Aplikasi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Metode Menghapus File Cache Memori Android dibawah ini.

Cara Membersihkan Cache Android Secara Manual

Menghapus cache memori secara manual terbilang ribet karena harus melakukan satu per satu. Namun dengan cara seperti ini anda bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dihapus cachenya. Sebagai contohnya, saya akan melakukan pembersihkan pada file Cache di HP OPPO yang saya miliki. Untuk anda yang menggunakan smartphone merek lain, bisa menyesuaikan saja caranya. Berikut langkah – langkah yang dapat anda ikuti.

1. Langkah pertama, anda masuk pada menu “Setelan”, kemudian tap pada opsi “Setelan Tambahan”. Dan pada bagian tersebut akan muncul beberapa opsi menu pilihan. Pilih “Manajemen Aplikasi”.

Cara Hapus Cache Android

2. Selanjutnya, anda cari aplikasi yang ingin anda hapus file sampahnya. Sebagai contohnya saja akan memilih Aplikasi Facebook. Setelah terpilih, anda bisa tap “Hapus Cache”. Tunggu beberapa saat maka file cache akan terhapus.

Menghapus Cache di HP Android

3. Cukup mudah untuk anda lakukan, selamat mencoba!.

4. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Membersihkan Cache Dengan Aplikasi Clean Master

Membersihkan Cache Dengan Aplikasi Pihak Ketiga adalah pilihan yang tepat, karena disampil lebih praktis penghapusan jauh lebih bersih dibanding dengan cara manual. Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk menghapus cache Android yang bisa anda unduh gratis via Google Play. Namun, kali ini saya memberikan contoh Membersihan Cache Memori Menggunakan Aplikasi Clean Master. Berikut langkah – langkahnya.

1. Pertama anda harus download dan Install terlebih dahulu Aplkasi Clean Master melalui Google Play Store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Clean Master Via Google Play Store

Download dan Install Clean Master

2. Apabila sudah terunduh, dan berhasil anda Install. Buka aplikasi Clean Master kemudian pilih “Berkas Sampah” untuk menganalisis semua sampah pada memori android anda. Proses analisis akan terus berjalan sampai semua semua file terpindai. Apabila proses telah selesai bersihkan semua cache memori dengan klik “Bersihkan Sesampah” dan tunggu sampai proses pembersihan selesai.

Membersihkan Cache Android

3. Cukup mudah dan simple untuk anda ikuti, selamat mencoba!.

4. Selesai.

Pembersihan dengan Clean Master terkesan lebih praktis dibanding pembersihan secara manual. Selain itu, Clean Master juga tersedia dengan Anti Virus yang dapat membantu dalam mengamankan data yang ada di android. Namun apabila anda tidak tertarik dengan Clean Master, anda bisa menggunakan aplikasi lainnya yang jauh lebih baik.

Sekedar Share :

Selain Clean Master, ada aplikasi pembersih cache lain yang tentunya bisa anda gunakan untuk menghapus file cache dan history yang ada di android anda. Berikut rekomendasi aplikasi cleaner android terbaik dari saya. (Baca : 18 Aplikasi Cleaner Untuk Android Terbaik Dan Terpopuler)

  • The Cleaner Speed Up Clean merupakan aplikasi pembersih cache android terbaik dan gratis yang dapat anda unduh melalui Google Play Store. Selain untuk membersihkan cache, aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk meningkatkan RAM serta menghapus file berbahaya/ virus yang melekat pada memori internal ataupun eksternal yang ada di Android anda.
  • AVG Cleaner adalah aplikasi pembersih cache android besutan dari AVG. Selain memproduksi anti virus komputer, ternyata AVG tersedia pula untuk versi cleaner. Yang menarik dari aplikasi ini adalah, dapat digunakan untuk menghapus history panggilan dan pesan dengan sekali tap, menghapus virus, serta meningkatkan performa Android. Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi AVG Cleaner melalui Google Play Store.
  • DU Speed Booster merupakan aplikasi penghemat daya baterai Android terbaik. Aplikasi ini telah di unduh lebih dari 400 juta pengguna Android dan IOS. Selain untuk menghemat baterai, aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk membersihkan cache memori hanya dengan sekali tap. Fitur dari aplikasi ini sangat lengkap sekali. Jika anda tertarik, anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.
  • Cleaner Master Optimizer Free merupakan aplikasi Android yang bisa anda gunakan untuk menghapus file cache, history internet, history panggilan dan sms, serta file – file rusak. Dengan aplikasi ini, anda bisa menghapus file cache yang ada di memori penyimpanan anda dengan mudah dan cepat. Tersedia pula fitur Boost yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja RAM Android anda. Unduh gratis aplikasi ini melalui Google Play Store.
  • Dll.

Baca Juga :

Itulah Cara Paling Mudah Untuk Menghapus Cache Memori Pada Ponsel Android. Semoga dengan cara yang saya berikan dapat membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan mengenai artikel diatas, tulis pertanyaan anda melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here