Cara Merawat SD Card Android

Dianisa.comCara Merawat SD Card Android Supaya Awet dan Tahan Lama. Memori Card/ SD Card Eksternal card merupakan media penyimpanan alternatif yang banyak digunakan oleh pengguna ponsel Android. Memori Card bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan Internal yang kecil. Seperti misalnya Smartphone Android memiliki kapasitas hanya 4GB, tentu hal ini serasa kecil dan kurang. Maka dari itu, pengguna bisa menambahkan memori Card supaya bisa menyimpan lebih banyak data/ file.

Baca Juga :

Memori Card dapat digunakan untuk menyimpanan berbagai jenis file seperti foto, video, musik, film, aplikasi, dokumen, dan lainnya. Memori card sama seperti Flashdisk dapat mengirim atau memindah berbagi jenis data dari komputer ke kartu SD ataupun dari kartu SD ke komputer. Ada banyak pilihan kapasitas dari memori card mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, dan 64GB. Untuk harga memori Card juga bervariatif, ada yang murah dan ada juga yang mahal.

Merawat SD Card Android Supaya Tetap Awet

Merawat SD Card android sangatlah penting untuk kita lakukan. Hal ini untuk menghindari kerusakan atau tidak awet pada SD Card itu sendiri. Jangan sampai kita baru membeli dan menggunakan satu bulan, akhirnya memori card rusak dan tidak terbaca oleh Android dan komputer. (Baca : 5 Cara Mengatasi Memori Card (Micro SD) Tidak Terbaca di Android).

Untuk melakukan perawat pada memori card, ada beberapa tips ampuh yang bisa anda lakukan. Lebih jelasnya, silahkan anda simak Tips Merawat Memori Eksternal Android berikut ini.

1. Pilihlah Memori Card Dengan Kualitas Terbaik

Tips pertama anda terapkan sebelum anda membeli memori card Android. Saat anda datang ke toko, pastikan anda memilih memori card dengan kualitas terbaik dan dari merek ternama. Harga mahal tentu memiliki kualitas terbaik, maka dari itu pilih memori dengan harga yang relatif lebih mahal dan jangan yang murahan. Tapi jangan memaksakan kehendak, sesuaikan dengan budget yang anda miliki saat ini.

2. Lakukan Eject Sebelum Mengeluarkan SD Card

Sebelum anda mengeluarkan Memori Card dari Android ataupun Komputer, pastikan anda melakukan proses eject. Hal ini bertujuan supaya memori card bisa lebih awet dan tidak gampang terjadi error. Selain itu, hal ini juga dapat menghindari corruptpada data yang ada di memori card tersebut. untuk melakukan eject, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Lepas SD Card

  • Masuk pada menu Pengaturan » Penyimpanan » Lepaskan Kartu SD, jika nantinya muncul pesan notifikasi, langsung saja tap “Oke”. Selanjutnya, anda siap untuk mengeluarkan SD Card dari slot SD Card Android anda.

Baca Juga :

3. Jangan Terlalu Sering Memindahkan SD Card ke Ponsel Android Lain

Untuk menghindari corrupt, error, atau kerusakan pada memori Card, jangan terlalu suka memindahkan memori card ke ponsel Android lain. Memindahkan memori card ke ponsel lain ditakutkan akan membuat memori card error atau bahkan bisa saja terserang virus dan membuat data – data yang ada pada memori card rusak, error, dan tidak terbaca.

4. Gunakan Card Reader Kualitas Terbaik Saat Ingin Mentransfer Data

Di saat anda ingin mentranfer/ memindah data dari komputer ke memori card ataupun dari memori card ke komputer, gunakan card reader kualitas terbaik supaya transfer yang anda lakukan lebih aman, tidak terjadi corrupt, serta menghindari error pada memori Card. Dan jangan sampai membuat memori card terlalu panas akibat card reader tersebut. Selesai mentransfer, lakukan eject dan lepaskan dari card reader itu sendiri.

5. Jangan Sembarangan Menyambungkan Dengan Komputer

Jangan sembarangan menyambungkan memori card dengan komputer atau laptop yang tidak dilindungi dengan antivirus. Hindari sambungan dari komputer warnet, karena kebanyakan warnet tidak terlalu aman untuk memori card dan flashdisk. Jangan sampai nantinya data/ file di memori card anda error ataupun rusak.

6. Lakukan Scanning Dengan Antivirus Secara Rutin

Lakukan scanning dengan antivirus terbaik pada memori card android anda. hal ini bertujuan untuk menghindari masukkan virus atau menghapus virus pada memori card itu sendiri. Anda bisa unduh dan gunakan antivirus android terbaik yang tentunya bisa anda cari pada Google Play Store.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Merawat Memori Card Supaya Lebih Awet Dan Tahan Lama. Bagikan artikel ini melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here