Tips Hemat RAM Android

Dianisa.comTips Hemat Memori RAM Android Agar Performa Tetap Lancar. Pada umumnya memori RAM selalu menjadi perhatian utama bagi para pengguna Smartphone Android, bahkan saat membeli ponsel Android selalu melihat kapasitas RAM itu sendiri, bisa berukuran kecil, sedang, atau besar. Kegiatan yang dilakukan pada Android seperti halnya multitasking selalu membutuhkan memori RAM. Maka dari itu, pengguna Android tidak mau merasakan lemot, macet, error, dan lag karena memori RAM yang penuh.

Baca Juga :

Banyaknya aplikasi yang terinstall dan terus berjalan bisa menjadi penyebab utama masalah ponsel Android yang kian hari kian melambat/ lemot. Selain itu, pengguna Android tidak begitu paham dan peduli dengan sistem Android itu sendiri. Salah satu hal penting yang sering di lalaikan oleh pengguna Android adalah perawat dan pengaturan konsumsi memori. Tidak hanya pada Motor saja, Android juga membutuhkan perawatan seperti halnya membesihkan cache/ sampah, history, bugs, dan lainnya.

Cara Menghemat Kebutuhan RAM Android

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda mengenai Cara Menghemat Kebutuan RAM Android Supaya Performa Tetap Lancar Dan Tidak Lemot. Ada beberapa metode ampuh yang tentunya berguna sekali bagi anda yang memiliki Smartphone dengan kapasitas memori yang kecil. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak metodenya berikut ini.

1. Install Aplikasi Yang Penting – Penting Saja

Bagi anda yang memiliki Smartphone dengan Space RAM dibawah 1 GB (misalnya 512 MB) maka anda tidak perlu menginstall banyak aplikasi. Karena jika anda menginstall banyak aplikasi dan beberapa aplikasi anda jalankan secara bersamaan dapat dipastikan Android akan serasa berat dan lemot. Terbukti, saya sendiri mencoba menggunakan ponsel dengan RAM 512 MB kemudian saya coba membuka 3 aplikasi sosial media dan yang terjadi adalah berat dan lemot.

Maka dari itu, sebaiknya anda hapus aplikasi yang tidak begitu penting. Untuk sosial dan messenger, anda bisa coba nonaktifkan atau hapus. Gunakan aplikasi messenger alternatif yang banyak digunakan oleh orang lain seperti BBM atau WhatsApp.

Baca Juga :

2. Kurangi Aplikasi Yang Berjalan Di Background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di background menjadi salah satu permasalah besar. Biasanya aplikasi ini berhubungan dengan sosial dan messenger seperti Facebook, FB Messenger, LINE, WhatsApp, BBM, WeChat, Instagram, dan masih banyak lagi.

Jika semua aplikasi tersebut berjalan, maka dapat dipastikan akan membuat smartphone serasa lemot. Terlebih lagi, jika pengguna hanya memiliki space RAM 512MB, tentu akan serasa berat dan ingin sekali membanting ponsel tersebut. Solusinya adalah, anda bisa melakukan force stop pada aplikasi atau menonaktifkan aplikasi yang tidak anda gunakan.

Baca Juga :

3. Hapus Sosial Media Dan Ganti Dengan Browser

Selain anda menonaktifkan aplikasi, anda bisa juga menggunakan Browser untuk bisa bermain sosial media seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. karena situs web tersebut bisa dibuka lewat browser, maka anda tidak perlu menginstall aplikasi yang anda. Cukup dengan membuka melalui browser maka anda bisa menghemat kebutuhan RAM.

Ada banyak Aplikasi Browser cepat yang bisa anda coba seperti UC Browser, Google Chrome, Opera Mini, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

4. Sediakan Memori Bebas 30%

Agar Android anda tetap dalam kondisi normal dan lancar dalam membuka aplikasi, sediakan space RAM minimal 30% supaya Android tidak mudah LAG, lemot, ataupun macet. Hal ini bisa menjadi solusi terbaik dalam membatasi kebutuhan RAM Android.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Clean Master untuk melihat kebutuhan RAM dari aplikasi – aplikasi yang anda jalankan. Manage RAM dengan sebaik mungkin maka ponsel Android anda juga akan bekerja lebih maksimal.

5. Hindari Penggunaaan Live Wallpaper dan Widget Pada Layar

Live Wallpaper dan Widget sebenarnya bisa menjadi penghias layar Android supaya lebih menarik dan keren saat dipandang mata. Namun tahukan anda hal tersebut tidak begitu baik karena sama saja anda membuang space RAM pada hal yang tidak begitu penting.

Maka dari itu hapus dan hindari dari penggunaan live Wallpaper dan Widget.

6. Matikan Android Secara Berkala

Smartphone Android juga membutuhkan istirahat, untuk mengindari panas, RAM penuh, dan macet maka sebaiknya matikan Smartphone Android anda dan diamkan supaya bisa istirahat.

Selain tips – tips diatas, anda juga bisa menerapkan beberapa tips lain yang ampuh dalam mengatasi Android lemot, salah satunya adalah membersihkan file cache Android. Ada banyak aplikasi Cleaner yang dapat membantu anda membersihkan file sampah dengan sekali klik seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, dan masih banyak lagi. Anda bisa mencari dan mengunduhnya langsung dari Google Play Store secara gratis.

Baca Juga:

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Menghemat Kebuhan RAM Pada Smartphone Dan Tablet Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here