Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara di Android

2
869

Dianisa.com – Cara Disable Aplikasi Sosial & Messenger di HP Android. Pada umumnya Beberapa aplikasi Android terkadang berjalan sendiri tanpa anda jalankan secara langsung. Ada banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar/ belakang background yang tentunya membuat baterai cepat habis serta banyaknya space RAM yang terkuras akibat Aplikasi tersebut. Aplikasi yang berjalan di belakang layar biasanya adalah aplikasi Sosial & Messenger seperti BBM, LINE, Facebook, Instagram, WhatsApp, WeChat, Path, dan lainnya.

Baca Juga :

Untuk mengurangi tingkat kebutuhan daya baterai dan memori yang tinggi alangkah lebih baiknya kita menoaktifkan beberapa aplikasi Android yang tidak kita gunakan atau bahkan jarang kita gunakan. Disable atau menoaktifkan aplikasi adalah solusi untuk menghilangkan stress karena banyaknya notifkasi masuk dari sosial media yang tidak ada habisnya. Jika memang anda tidak mau menghapus Aplikasi, maka alangkah lebih baiknya anda menonaktifkan aplikasi.

Semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Advan, Acer, HTC, LG, Motorola, Smartfren Andromax, Meizu, ZTE, Huawai, OnePlus, dan perangkat Android lainnya sudah dilengkapi dengan fitur disable aplikasi. Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan anda ikuti Langkah – Langkah Menonaktifkan Aplikasi Android Dibawah Ini.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara di Android

Pada dasarnya Sistem Android telah dilengkapi dengan fitur “Paksa Berhenti”, “Disable”, dan “Nonaktifkan” Aplikasi. menonaktifkan aplikasi menjadi alternatif bagi anda yag tidak membutuhkan aplikasi namun tidak ingin menghapusnya. Tapi jika nantinya anda mau, anda juga bisa menggunakan Aplikasi tambahan untuk menonaktifkan aplikasi yang anda inginkan, terutama aplikasi Chatting seperti BBM, Line, WhatsApp, dan lainnya. Untuk menonaktifkan aplikasi, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Disable Aplikasi Android

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari NAMA APLIKASI, kemudian tap “Paksa Berhenti, Disable, atau Nonaktifkan”.

Baca : Cara Menghentikan Aplikasi Android Secara Paksa

Menonaktifkan Aplikasi Dengan Mobiwol

Mobiwol merupakan aplikasi Android gratis yang dapat anda gunakan untuk menonaktifkan penggunaan data pada Aplikasi tertentu yang berjalan dibelakang layar/ background. Salah satunya adalah Aplikasi Messenger seperti BBM atau LINE. Anda bisa dengan mudah menonaktifkan aplikasi messenger supaya tidak menguras data dan berhenti berjalan dibelakang layar. Aplikasi ini compatible pada semua perangkat Android, baik dalam keadaan Root ataupun tanpa root. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghentikan Aplikasi Android

  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi Mobiwol melalui Google Play Store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Mobiwol Data Usage Via Google Play Store
  2. Setelah berhasil menginstall, anda buka aplikasi tersebut dan langsung saja anda aktifkan Firewall dari Aplikasi tersebut supaya bisa melindungi Android dari kejahatan Cyber. Geser “Firewall Status” pada kondisi ON untuk mengaktifkannya.
  3. Selanjutnya cari aplikasi pada opsional “Firewall Rules” dengan mengetikkan aplikasi yang ingin anda nonaktifkan. Seperti contohnya aplikasi LINE, maka ketikkan LINE.
  4. Pilih aplikasi tersebut, kemudian centang pada “Restrict Background” untuk menghentikan penggunaan data dan menonaktifkan aplikasi sementara waktu.
  5. Jika nantinya anda ingin mengaktifkannya kembali, anda bisa langsung saja hilangkan centang tersebut sesuai waktu dan saat – saat anda membutuhkan aplikasi tersebut.
  6. Selesai.

Dengan menerapkan cara diatas, maka dijamin aplikasi yang anda inginkan bisa Off untuk sementara waktu sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa mengaktifkan Aplikasi kembali kapan – kapan saja, sesuai kebutuhan anda.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Disable Aplikasi Sementara Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

2 KOMENTAR

    • Seharusnya sudah tidak ada pesan yang masuk, tetapi jika masih masuk bisa menonaktifkan menggunakan Fitur bawaan smartphone. Untuk Android Lollipop 5.1 atau Marshmallow 6.0 telah dilengkapi dengan fitur nonaktifkan data pada aplikasi tertentu sesuai dengan pilihan pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here