Blokir Aplikasi Android

Dianisa.com – Cara Memblokir Aplikasi Android Yang Berjalan Di Backgroud dan Mengakses Internet. Anda sebagai pemilik dan pengguna Smartphone Android aktif pastinya memiliki banyak aplikasi yang hampir semuanya terhubung ke Internet. Ada banyak aplikasi Android yang membutuhkan konetifitas data yang sifatnya terus berjalan walaupun kita tidak secara langsung menjalankan aplikasi tersebut. Banyak aplikasi Android yang berjalan di background layar yang pastinya menguras RAM, Baterai, dan data Internet. Aplikasi semacam itu terus – terusan memberikan notifikasi/ pemberitahuan yang masuk ke Android.

Baca Juga:

Aplikasi yang biasanya selalu terhubung ke Internet adalah Sosial & Messenger, ada banyak aplikasi messenger yang biasanya dipakai oleh pengguna Android seperti BBM, LINE, WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger, Twitter, WeChat, dan lainnya yang masih banyak lagi. Selain Sosial Media, aplikasi Game juga turut menggangu akses Internet yang selalu aktif walaupun tidak bermain game. Lalu, apa solusi dari masalah tersebut??

Solusi permasalah tersebut yakni dengan menghentikan dan memblokir aplikasi tersebut. Anda membutuhkan aplikasi tambahan untuk melakukan semua itu. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak metodenya berikut ini.

Memblokir Aplikasi Android Dengan Mudah dan Cepat

Untuk memblokir aplikasi Android, alangkah lebih baiknya anda menghentikan dan memblokir aplikasi dengan dan tanpa aplikasi Android. Mobiwol merupakan aplikasi Firewall sekaligus aplikasi untuk memblokir aplikasi lain. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti 2 metode berikut ini.

Metode 1 : Menghentikan Aplikasi Android

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni menghentikan aplikasi android dan menghilangkan centang “Tampilkan Pemberitahuan” pada aplikasi yang ingin anda blokir. Melakukan cara ini cukup mudah dan bisa anda lakukan pada semua perangkat Android apapun mereknya. Sebagai contohnya, saya akan memblokir aplikasi Instagram. Dan untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode : Gunakan Aplikasi Mobiwol

Mobiwol adalah aplikasi Firewall gratis untuk smartphone dan tablet Android. Dengan aplikasi Mobiwol, anda bisa menonaktifkan aplikasi dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini bisa anda install pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Meizu, ZTE, Vivo, Advan, Smartfren Andromax, Sony Experia, Acer, Axioo, Nexus, Huawai, OnePlus, dan lainnya.

Sebenarnya ini bukan solusi dalam menonaktifkan aplikasi tapi membuat aplikasi tidak berjalan di belakang background. Dan untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Blokir Aplikasi Sosial Media Android

  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi Mobiwol melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Mobiwol Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, dan tap geser “Firewall Status” dari OFF menjadi ON.
  3. Selanjutnya masuk pada menu “Firewall Rules” kemudian ketikkan Instagram, dan tap “Icon Instagram”.
  4. Selanjutnya pada bagian tersebut, anda bisa centang opsional “Restrict Background” supaya instagram tidak berjalan di belakang layar. Jika muncul notifikasi, langsung saja tap “Ok”.
  5. Selesai.

Kesimpulan,

Untuk memblokir aplikasi Android yang mendapat akses Internet, alangkah baiknya anda melakukan 2 metode diatas. Jangan 1 metode, tapi lakukan 2 metode diatas supaya hasilnya lebih maksimal dan lebih baik. Jika ada ingin menggunakan aplikasi itu kembali, anda hilangkan centang pada pada Aplikasi Mobiwoll dan buka kembali aplikasi tersebut.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mematikan Dan Memblokir Aplikasi Android Yang Mengakses Internet, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

2 KOMENTAR

  1. HP android saya sudah di unroot tetapi ada aplikasi wallpaper.thetripics.com yang selalu masuk,
    sudah di turnoff bahkan di uninstall tetapmasuk terus. bagaimana cara menghentikan selamanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here