10 Cara Membuat, Merekam, Download Suara Google Translate

Gunakan Voice Recorder dan aplikasi pihak ketiga di bawah ini untuk membuat, merekam, dan download suara…

Google Translate merupakan salah satu layanan dari Google yang memiliki fungsi sebagai mesin penerjemah bahasa. Dengan Google Translate, Anda bisa menerjemahkan kata atau kalimat dari berbagai bahasa dengan mudah dan cepat tanpa perlu menggunakan kamus lagi. Bahkan saat ini Google Translate telah mendukung lebih dari 100 bahasa di dunia yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk mengerjakan tugas atau mungkin saat traveling di negara tertentu.

Melihat fungsi dan perannya, tentu saja tidak mengherankan jika masyarakat merasa terbantu dengan adanya layanan Google yang satu ini. Apalagi tersedianya fitur Suara pada Google Translate, bisa membantu Anda dalam pelafalan bahasa asing dengan baik dan benar. Namun jika Anda ingin mendengarkannya secara berulang kali, mungkin akan lebih baik Anda merekam suara tersebut. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jika tidak ada koneksi di suatu daerah.

Sebab Google Translate juga memerlukan koneksi internet yang stabil agar bisa menggunakannya dengan lancar, Lantas bagaimana cara merekam / download suaranya? Simak panduan cara membuat dan merekam suara Google Translate lewat PC / Laptop dan HP Android Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Setelan Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara merekam suara Google Translate di PC / Laptop

Opsi yang pertama yaitu Voice Recorder. Voice Recorder merupakan aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk merekam audio hingga tiga jam per file perekaman. Dengan memanfaatkan fitur Voice Recorder Windows, Anda bisa merekam suara Google Translate atau suara lainnya dengan cepat. Caranya cukup mudah, Anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga untuk melakukan perekaman. Langsung saja, silakan Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.

STEP 1 : Langkah pertama, buka aplikasi browser di PC / laptop terlebih dahulu. Lalu buka Google Translate dengan klik tautan berikut: translate.google.com. Jika halaman Google Translate telah tampil, pilih bahasa dalam daftar yang tersedia » ketik kalimat sesuai keinginan Anda.

Google Translate Browser
1. Ketikan kalimat yang ingin dibuat rekamannya. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Kemudian buka aplikasi Voice Recorder dengan cara klik ikon Start menu pada Taskbar Windows. Kemudian ketik voice di kolom pencarian Windows » klik Voice Recorder dari hasil pencarian.

Voice Recorder Windows Search
2. Mengakses Voice Recorder Windows. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Jika aplikasi sudah terbuka, Anda bisa klik tombol “Record” yang berada di bagian tengah aplikasi untuk memulai proses rekam suara Google Translate.

Start Voice Recorder
3. Memulai rekaman. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 4 : Saat proses perekaman sedang berlangsung, silakan beralih ke Google Translate yang sudah dibuka sebelumnya. Lalu klik ikon Speaker agar Google menyampaikan pesan / kalimat dalam bentuk suara yang Anda tulis sebelumnya di kolom yang tersedia.

Speaker Google Translate Browser
4. Klik tombol Speaker. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 5 : Setelah proses perekaman selesai, Anda bisa klik tombol “Stop” di bagian tengah aplikasi untuk menghentikan dan hasil rekaman akan tersimpan otomatis di penyimpanan Anda. Jika diperlukan, Anda juga bisa melakukan jeda saat rekaman berjalan dengan cara klik ikon kecil “Garis dua” di bagian kiri bawah.

Stop Voice Recorder
5. Menghentikan proses rekaman. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 6 : Hasil ini bisa Anda buka dengan klik kanan Rekaman pada aplikasi Voice Recorder » pilih Open File Location. Lalu Windows Explorer akan terbuka otomatis dan hasil rekaman bisa Anda gunakan.

Open File Voice Recorder
6. Melihat hasil rekaman. WAHYU SETIA BINTARA

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Cara merekam suara Google Translate di HP

Sedangkan untuk pengguna HP Android, Anda bisa memanfaatkan fitur dan layanan aplikasi pihak ke tiga agar bisa merekam suara Google Translate dan menyimpannya ke dalam perangkat. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan secara gratis tidak lain adalah Easy Voice Recorder. Anda bisa download terlebih dahulu aplikasi ini di Google Play Store atau App Store dengan klik tautan link di bawah ini.

Easy Voice Recorder
Easy Voice Recorder
Developer: Digipom
Price: Free+
‎Easy Voice Recorder
‎Easy Voice Recorder
Developer: Digipom Inc.
Price: Free+

STEP 1 : Langkah pertama, buka aplikasi Easy Voice Recorder. Tepat di halaman utama aplikasi, Anda bisa tekan tombol “Record” di bagian tengah bawah untuk memulai proses rekam suara.

Start Easy Voice Recorder
1. Memulai rekaman Easy Voice Recorder. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Selama proses rekaman sedang berlangsung, buka aplikasi Google Translate pada HP Anda. Lalu ketik kalimat yang ingin Anda buat rekamannya. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Google Translate Android
2. Mengetik kalimat yang ingin dibuat rekaman. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Jika sudah tekan ikon Speaker yang tersedia, agar Google Translate menampilkan pesan / kalimat dalam bentuk suara yang sesuai dengan Anda tulis sebelumnya.

Speaker Google Translate Android
3. Menekan tombol speaker. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 4 : Kemudian klik tombol Checklist untuk menghentikan proses rekaman yang berlangsung. Rekaman ini akan tersimpan secara otomatis pada perangkat Anda. Anda bisa melihat hasil rekamannya di bagian menu Listen / Dengar.

Stop Easy Voice Recorder
4. Menghentikan rekaman. WAHYU SETIA BINTARA

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluwarsa

Cara membuat dan download suara Google Translate dari situs pihak ketiga

Sound Of Text
Cara membuat dan download suara Google Translate dari situs pihak ketiga. WAHYU SETIA BINTARA

Sebenarnya opsi ini tidak digunakan untuk merekam suara dari Google Translate secara langsung, melainkan layanan ini hanya memungkinkan Anda membuat suara yang mirip sekali dengan Google Translate dan Anda juga bisa mengunduhnya. Cara kerja dari layanan ini yaitu mengubah text yang Anda ketik menjadi suara. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, akses situs soundoftext.com di aplikasi browser Anda.
  2. Jika sudah, ketik kata-kata di bagian kolom “Text” dan pilih opsi Indonesian dalam daftar “Voice”. Lalu klik Submit.
  3. Tunggu proses konversi beberapa saat.
  4. Kemudian hasilnya akan muncul otomatis di bawah.
  5. Klik Play untuk memutar suara yang dihasilkan, atau klik Download untuk menyimpannya.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 17 Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di HP Android

Penutup,

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat, mereka, serta download suara Google Translate dari berbagai perangkat. Jika Anda menggunakan PC / Laptop, Anda bisa memanfaatkan layanan Voice Recorder Windows. Sedangkan jika Anda pengguna HP Android atau iPhone (iOS), maka Anda perlu memasang aplikasi pihak ketiga, seperti yang kami sarankan di atas. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Adakah aplikasi selain Easy Voice Recorder untuk merekam suara?

Tentu saja ada. Anda bisa memanfaatkan aplikasi sejenis yang tersedia gratis di Google Play Store atau App Store, seperti Smart Voice Recorder, Audio Recorder, Voice Recorder HD, dan masih banyak lagi.

Apa manfaat dari layanan Google Translate?

Manfaat utama dari Google Translate yaitu sebagai alat penerjemahan multibahasa yang bisa digunakan oleh masyarakat dunia secara gratis. Layanan ini sangat membantu ketika Anda berada dilingkungan asing yang tidak paham dengan bahasa yang digunakan.

Apa saja kekurangan Google Translate?

Terdapat batasan karakter yang bisa disisipkan dalam kolom terjemahan, kurang lebih maksimal 5000 karakter. Selain itu, terkadang hasil terjemahan dari Google Translate tidak selalu akurat atau ada beberapa kata yang ambigu.

Apakah bisa mengubah suara Google Assistant?

Tentu saja bisa. Anda bisa mengubahnya lewat setelan suara pada aplikasi Google. Caranya yaitu Anda bisa buka HP Android » buka aplikasi Google. Akses menu Lainnya .. » Setelan » Suara » pilih Bahasa yang diinginkan. Jika sudah, Anda bisa menyimpan konfigurasinya.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…