36 Fungsi Menu Review pada Microsoft Word

Terdapat 36 fitur pada menu Review pada Microsoft Word yang dijelaskan dalam artikel berikut

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sangat sering kali digunakan untuk menulis dokumen. Software ini memiliki dukungan fitur menu yang cukup beragam. Beberapa fitur menu dari Microsoft Word meliputi: File, Home, Insert, Draw, Design, Layout, References, Mailings, Review, View, dan Help. Ikon menu maupun fitur yang ada di Microsoft Word, umumnya terus mengalami pembaruan seiring waktu, namun dari segi fungsi biasanya hanya menyesuaikan saja untuk kemudahan penggunaan.

Setiap menu yang ada di Microsoft Word memiliki submenu atau Ribbon Group, yang berisi beberapa ikon perintah. Kali ini kami akan menjelaskan fungsi dari menu Review di Microsoft Word. Menu Review berisi beragam menu untuk membuka beberapa fitur untuk memeriksa ejaan, aksesibilitas, pengucapan audio teks, bahasa, mengisi komentar pada teks, men-tracking perubahan dokumen, dan fitur-fitur lainnya. Untuk lebih jelas mengenai fungsi-fungsi ikon atau fitur pada menu View, simak penjelasan berikut ini.

Lihat Juga : 200 Shortcut Microsoft Word Lengkap

Fungsi menu Review pada Microsoft Word

9 Fungsi Review Microsoft Word
Fungsi menu Review pada Microsoft Word. RUDI DIAN ARIFIN

Menu Review adalah salah satu menu yang memungkinkan author untuk melakukan review teks, grammar, bahasa yang digunakan, mengisi komentar pada tulisan, serta fitur-fitur peninjauan pada lembar kerja. Anda dapat mencoba beragam ikon perintah dari menu Review untuk Anda gunakan sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa fitur yang tersedia pada menu Review:

Proofing: Ribbon Group pada menu review yang berfungsi untuk mengatur dan mengoreksi ejaan, tata bahasa, dan penggunaan kamus pada bahasa yang digunakan dokumen.

  • Spelling & Grammar – Ikon perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan dan tata bahasa yang salah.
  • Thesaurus – Ikon perintah yang digunakan untuk mencari persamaan kata atau melihat sugesti dari kata yang sedang diseleksi. Biasanya dengan memilih kata yang sering digunakan, sehingga kalimat akan mudah dipahami.
  • Word Count – Ikon perintah yang digunakan untuk menghitung atau melihat jumlah halaman, kata, dan karakter ber spasi atau tidak, sera jumlah paragraf, dan barisnya.

Speech: Ribbon Group yang satu ini yaitu submenu Speech, berfungsi untuk mengucapkan kata atau teks yang diseleksi.

  • Read Aloud – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengucapkan teks atau kalimat yang dipilih, berupa suara dari sistem Microsoft. Ini hampir sama dengan fitur terjemahan milik Google. Pengguna dapat mengatur kecepatan membaca pengucapan teks atau kalimat.

Accessibility: Submenu ini berfungsi untuk mengatur akses suatu dokumen apakah mudah untuk dibaca dan diedit oleh seluruh pengguna. Aksesibilitas biasanya digunakan terlebih dahulu untuk pemeriksaan, sebelum mengirim pesan email atau berbagi dokumen.

  • Check Accessibility – Ikon perintah yang digunakan untuk mengatur tingkat aksesibilitas dokumen.

Language: Submenu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan dan penerjemahan bahasa dalam dokumen.

  • Translate – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur dan menerjemahkan teks dokumen ke dalam bahasa yang diinginkan, dengan bantuan koneksi internet.
  • Language – Ikon perintah yang berfungsi untuk mengatur dan memilih bahasa yang digunakan dalam dokumen.

Comment: Submenu ini berfungsi untuk memberikan komentar atau keterangan pada suatu kata asing.

  • New Comments – Ikon perintah yang berfungsi untuk membuat atau menambahkan komentar baru pada teks atau kalimat yang dipilih.
  • Delete – Ikon perintah yang berfungsi untuk menghapus komentar yang telah dibuat.
  • Previous – Ikon perintah yang berfungsi untuk berpindah ke komentar sebelumnya.
  • Next – Ikon perintah yang digunakan untuk berpindah ke komentar selanjutnya.
  • Show Comments – Ikon perintah yang digunakan untuk menampilkan maupun menyembunyikan bagian komentar yang sudah dibuat.

Tracking: Submenu yang berfungsi untuk melakukan pelacakan pada perubahan yang terjadi pada dokumen.

  • Track Changes –Ikon perintah yang berfungsi untuk melacak perubahan pada kata atau kalimat dalam dokumen.
  • Simple Markup –Ikon perintah yang berfungsi untuk menampilkan versi konten yang diedit dalam garis vertikal di margin kiri.
  • Show Markup –Ikon perintah yang digunakan untuk memilih jenis perubahan yang ingin ditampilkan, seperti: komentar, penyisipan dan penghapusan, maupun pemformatan,  dengan menandainya dengan tanda centang untuk menunjukkan item tersebut dipilih.
  • Reviewing Pane –Ikon perintah yang digunakan untuk memastikan semua perubahan terlacak telah dihapus dari dokumen.

Changes: Submenu yang berfungsi untuk menyetujui maupun menolak perubahan markup yang digunakan dalam dokumen. Anda dapat terus menerima atau menolak setiap perubahan yang ada sampai Anda selesai melakukan peninjauan semua dokumen.

  • Accept –Ikon perintah yang berfungsi untuk menyetujui penggunaan markup komentar serta pelacakan perubahan dokumen.
  • Reject –Ikon perintah yang digunakan untuk menolak atau semua markup yang telah dibuat, ini akan menghapus semua komentar termasuk penjelasan, serta pelacakan yang diedit.
  • Previous – Ikon perintah yang digunakan untuk berpindah ke komentar sebelumnya.
  • Next –Ikon perintah yang digunakan untuk kembali ke tab komentar setelahnya.

Compare: Sub menu ini berfungsi untuk membandingkan dan menggabungkan beberapa dokumen dalam satu tampilan program Word.

  • Compare – Ikon perintah yang digunakan untuk membandingkan dua dokumen yang berbeda.
  • Combine – Ikon perintah yang digunakan untuk menggabungkan revisi dari banyak pengguna ke dalam satu dokumen.

Protect: Submenu ini berfungsi untuk mengatur suatu dokumen agar bisa atau tidak diedit, serta diformat oleh pengguna lain.

  • Block Authors – Ikon perintah pada menu review di bagian submenu protect, digunakan untuk memblok penulis lain agar tidak dapat mengedit maupun memformat dokumen.
  • Restrict Editing –  Ikon perintah pada menu review di bagian submenu protect, digunakan untuk membatasi siapa pun yang dapat mengedit maupun memformat dokumen.

Ink: Submenu Ink berfungsi untuk menyembunyikan teks agar tidak muncul saat dicetak atau di print.

  • Hide Ink – Ikon perintah yang digunakan untuk menyembunyikan atau menampilkan komentar berupa tulisan tangan atau tinta apa pun pada dokumen.
  • Delete All Ink in Document – Ikon perintah yang digunakan untuk menghapus semua tulisan atau objekbertinta yang ada pada dokumen.

Lihat Juga : 10 Cara Menambahkan Hyperlink di Microsoft Word

Penutup,

Itulah penjelasan lengkap mengenai fungsi ikon menu Review pada Microsoft Word. Beberapa ikon perintah pada menu Review akan sangat membantu Anda untuk memeriksa ejaan, grammar, aksesibilitas teks, menambahkan isian komentar, meng-compare maupun menggabungkan dokumen, dan fitur-fitur lainnya. Dengan mempelajari fungsi-fungsi dari ikon menu yang ada pada menu Review, tentunya akan membuat Anda semakin semangat dan familiar dalam mengerjakan dokumen apa saja.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022
  2. Download WhatsApp Plus (WA Plus) Apk v11.20 Terbaru 2022

    Berikut link download WhatsApp Plus apk terbaru 2022
  3. WhatsApp Aero v9.45 (WA Aero) Apk Download Terbaru 2022, Anti-Banned!

    Berikut link download WhatsApp Aero terbaru 2022, gratis dan anti-banned!