10 Cara Membuat Ceklis (√) Centang di Microsoft Word

Simak beberapa cara membuat simbol ceklis dengan mudah berikut ini

Dalam membuat suatu dokumen seperti di Microsoft Word, mungkin Anda masih familiar dengan simbol-simbol umum yang terdapat pada keyboard. Keyboard komputer memiliki banyak sekali simbol seperti, β€œ=”, β€œ_”, β€œ+”, β€œ:”, β€œ;”, dan lainnya. Ada beberapa simbol tertentu yang tidak dapat Anda temukan di keyboard saat ingin menyisipkannya ke dokumen Microsoft Word. Bagi Anda yang masih awam dengan cara menyisipkan tombol-tombol khusus pasti akan merasa kesulitan.

Microsoft Word memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengolah dokumen dengan berbagai fitur, seperti format teks, penomoran, perataan, tabel, layout, hingga menambahkan simbol. Pada umumnya, simbol-simbol yang tidak terdapat pada keyboard dapat Anda temukan melalui fitur Symbol pada Microsoft Word tersebut. Beberapa simbol di antaranya seperti: tanda kurang lebih β€œΒ±β€, tanda ceklis β€œβˆšβ€, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui cara-cara menuliskan simbol-simbol khusus seperti ceklis (√), simak penjelasannya berikut ini.

Lihat Juga : 200 Shortcut Microsoft Word Lengkap!

Cara membuat ceklis di Microsoft Word

Beli Lisensi Office 365 Shopee
Beli Lisensi Office 365 di Shopee

Simbol ceklis atau centang, dalam bahasa Inggris disebut dengan check mark adalah simbol yang digunakan untuk menunjukkan konsep β€œya” pada jawaban yang benar. Selain itu tanda ini juga dapat digunakan untuk mempresentasikan β€œya” untuk sesuatu yang telah diverifikasi. Pada dasarnya, menuliskan tanda ceklis ini dapat Anda lakukan dengan mengakses simbol, menggunakan beberapa shortcut, atau menggunakan cara alternatif. Untuk mengetahui cara membuat simbol ceklis pada Microsoft Word, simak tips-tisnya berikut ini.

Catatan: Panduan ini dilakukan pada Microsoft Word 2019. Jika Anda masih menggunakan versi yang lebih rendah (2016, 2013, 2010, 2007), silakan menyesuaikan.

1. Membuat simbol ceklis (√) melalui fitur Symbol

Cara pertama, Anda bisa mencari dan menambahkan simbol ceklis (√) pada lembar kerja dokumen Anda melalui fitur Symbol yang terdapat pada menu Insert. Tidak hanya simbol ceklis (√), Anda juga bisa mencari dan menambahkan simbol lain yang sekiranya dibutuhkan. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

STEP 1 : Buka dokumen yang Anda ingin tambahkan simbol ceklis (√). Kemudian klik menu Insert, lalu pilih fitur Symbol. Jika simbol ceklis (√) sudah terlihat dalam daftar, Anda bisa langsung pilih. Namun jika tidak, Anda bisa klik More Symbols…

1 Menambahkan simbol centang
1. Pilih fitur Symbol. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Pada bagian Font, Anda bisa pilih Wingdings. Kemudian Anda temukan dan pilih simbol ceklis (√). Setelah itu, klik Insert untuk menambahkannya ke lembar kerja dokumen Anda.

2 Membuat simbol centang di Word
2. Pilih simbol ceklis (√). RUDI DIAN ARIFIN

2. Membuat simbol ceklis (√) dengan Character Map

Selain lewat fitur Symbol pada Microsoft Word, Anda juga bisa menggunakan Character Map untuk menambahkan simbol ceklis (√) atau centang. Character Map sendiri merupakan sebuah program bawaan dari OS Windows yang dapat Anda gunakan untuk mencari, memilih, dan menyalin beragam simbol atau karakter untuk berbagai keperluan. Cara menggunakan Character Map cukup mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

STEP 1 : Buka dokumen yang ingin Anda tambahkan simbol ceklis (√). Kemudian klik menu Start menu, lalu cari dan buka aplikasi Character Map.

1 Buka aplikasi Character Map
1. Buka aplikasi Character Map. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Setelah aplikasi Character Map terbuka, atur jenis Font menjadi Wingdings. Lalu, temukan dan pilih simbol ceklis (√), double-click untuk memilih simbol. Klik Copy untuk menyalin simbol, lalu tempelkan simbol ke dalam lembar kerja dokumen word Anda.

2 Temukan dan pilih simbol centang
2. Pilih dan salin simbol centang (√). RUDI DIAN ARIFIN

3. Membuat daftar dengan simbol ceklis (√)

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat daftar bullet point menggunakan simbol ceklis (√), dengan mengubah bullet point lingkaran (β€’) menjadi simbol ceklis (√). Caranya sangat mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

STEP 1 : Pertama, silakan buat daftar biasa menggunakan Bullets pada lembar kerja dokumen Word Anda. Seleksi seluruh daftar yang Anda buat tersebut, kemudian pergi ke menu Home Β» Bullets Β» pilih simbol ceklis (√) yang ada dalam daftar Bullet Library untuk mengaturnya. Apabila simbol ceklis (√) tidak ada dalam daftar Bullet Library, Anda bisa klik Define New Bullet… untuk menambahkannya.

1 Atur Bullet ke simbol ceklis
1. Buat daftar menggunakan Bullets. RUDI DIAN ARIFIN

STEP 2 : Selanjutnya, Anda bisa klik Symbol…, lalu atur Font menjadi Wingdings. Kemudian temukan dan pilih simbol ceklis (√), klik OK untuk menambahkan simbol, dan klik OK lagi untuk menerapkannya pada daftar bullet point yang Anda buat.

2 Atur daftar ke simbol ceklis
2. Temukan dan pilih simbol ceklis (√) secara manual. RUDI DIAN ARIFIN

4. Copy paste simbol ceklis (√)

Terakhir, Anda juga dapat menjadikan opsi copy-paste (salin dan tempel) untuk menambahkan simbol ceklis (√) ke dalam lembar kerja dokumen word Anda. Anda bisa pilih simbol ceklis (√) maupun simbol lain yang Anda butuhkan dari tabel yang kami bagikan berikut.

Nama SimbolBentuk Simbol
Ceklis√
PiΟ€
Kurang dari
Tidak sama dengan≠
Lebih dari dan sama denganβ‰₯
Kurang dari dan sama dengan≀
Kurang lebihΒ±
Tak terhingga~

Lihat Juga : 10 Cara Menyimpan File Word ke PDF di Microsoft Word

Penutup,

Dari beberapa cara membuat simbol ceklis (√) di Microsoft Word di atas, Anda bisa pilih cara yang menurut Anda mudah untuk dilakukan. Jika Anda bingung menggunakan cara manual, Anda bisa memilih untuk copy paste simbol ceklis (√) dari tabel yang kami paparkan di atas. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa fungsi dari simbol ceklis (√)?

Ceklis (√) berfungsi sebagai sebuah simbol yang umumnya digunakan untuk menandai bahwa item tersebut benar, tepat, atau sudah dilaksanakan.

Di mana saya bisa menemukan simbol ceklis (√)?

Anda bisa menemukan simbol ceklis (√) pada fitur Bullet dan juga Symbol dengan font Wingdings.

Bagaimana cara menambahkan simbol centang (√)  di Microsoft Office 2007 dan 2010?

Caranya sama, Anda bisa gunakan beberapa metode yang kami paparkan di atas untuk menambahkan simbol ceklis (√) pada lembar kerja dokumen Anda.


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download LibreOffice Terbaru

    Berikut link download LibreOffice terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit
  2. 10 Cara Memalsukan GPS Android Tanpa Mock Location & Root

    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur lokasi palsu di perangkat Android
  3. Download XAMPP Terbaru

    Berikut link download XAMPP terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit