12 Software Akuntansi Terbaik & Gratis

Berbicara mengenai software akuntansi gratis, yang mungkin muncul di pikiran kebanyakan orang terutama pebisnis kelas kecil sampai menengah, mungkin adalah Microsoft Excel. Software yang satu ini memang banyak digunakan para pebisnis untuk mencatat arus keuangan mereka. Selain karena lebih familiar, penggunaan Microsoft Excel juga dikarenakan keberadaan software ini yang biasanya selalu ada disetiap laptop atau komputer yang dipasarkan.

Namun sebenarnya, diluar sana ada banyak software akuntansi lain yang bisa anda gunakan untuk mengurus arus keuangan Anda. Bahkan dengan fitur yang jauh lebih lengkap dan lebih mendukung seorang Akuntan. Tentunya dengan patokan harga yang lebih juga.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena meskipun kebanyakan berbayar, masih ada software akuntansi yang bisa anda dapatkan secara gratis. Penasaran? Simak baik-baik ulasan kali ini.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Pembuat CV Android & iOS Terbaik

Software Akuntansi Terbaik dan Gratis

Jika Anda sedang mencari software Akuntansi yang bagus namun tanpa dikenai harga sepeserpun, maka Anda datang ditempat yang tepat. Di ulasan kali ini penulis akan memberikan anda beberapa rekomendasi software akuntansi gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Berikut daftarnya….

1. Kledo

Kledo

Software pertama yang Penulis rekomendasikan untuk Anda coba adalah Kledo. Software yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan melakukan pendaftaran pada situs resminya. Anda juga tidak perlu mengunduh atau memasangnya di komputer atau laptop Anda, cukup masuk dan daftar di situs resminya, Anda sudah bisa menggunakan software yang satu ini.

Dengan menggunakan Kledo ini Anda akan membuat pekerjaan Akuntansi Anda menjadi lebih mudah dan lebih cepat terselesaikan. Kledo juga akan membuat keuangan bisnis Anda menjadi lebih terjaga dan lebih teratur. Salah satunya adalah pencatatan pemasukan dan pengeluaran bisnis. Semua itu bisa dilakukan Kledo berkat dukungan dari fitur-fiturnya yang terbilang banyak.

Beberapa diantaranya seperti fitur untuk membuat Invoicedengan lebih praktis, detail orderan yang lengkap, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, detail mengenai Aset tetap yang dimiliki, hingga laporan keuangan bisnis Anda. Semua itu bisa Anda dapatkan hanya dengan mendaftarkan diri dan bisnis Anda di laman web resmi Kledo. Untuk mengunjunginya, Anda bisa pergi melalui tautan di bawah ini.

[Web App]

2. SQL Ledger

SQL-Ledger

Untuk di urutan berikutnya, ada software Akuntansi yang bernama SQL Ledger. Software yang satu ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di situs resminya. Tidak seperti Kledo, SQL Ledger ini memerlukan penginstalan terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya, karena SQL Ledger ini memiliki dukungan terhadap banyak OS umum, seperti Windows, MacOS, dan juga Linux. SQL Ledger ini adalah software Akuntansi yang bersifat Double Entry, jadi tidak perlu lagi diragukan keakuratannya. Mulai dari informasi transaksi, catatan keuangan, sampai pendeteksi penipuan bisa Anda dapatkan secara akurat dan lengkap di sistem Double Entry ini.

Itu baru fitur dari sistem Double Entry, SQL Ledger masih punya banyak fitur berguna lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan Akuntansi Anda. Beberapa fitur itu seperti, inventory control, multi user, multi-location, purchase order, access control, vendor, export payment file, dan fitur-fitur lainnya yang bisa Anda rasakan sendiri saat menggunakan SQL Ledger ini.

[Download]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Absensi Karyawan Android & iOS Terbaik

3. GNUCash

CNUCash

Untuk Anda yang mencari software Akuntansi dengan penampilan yang menarik, mungkin software yang satu ini kurang cocok untuk Anda. GNUCash merupakan software lainnya yang penulis rekomendasikan untuk Anda coba, meskipun memiliki penampilan yang sedikit tua.

Namun, dibalik tampangnya yang sedikit tua itu, GNUCash ini menyimpan kemampuannya yang layak diacungi jempol sebagai software gratis. Mulai dari fitur arus keuangan, kas, laporan keuangan, transaksi terjadwal, obligasi hingga fitur saham bisa anda dapatkan di GNUCash ini. Tidak hanya itu, software yang satu ini juga merupakan software Akuntansi yang memiliki sistem Double Entry yang sudah kita bahas kehebatannya di software sebelumnya.

Untuk Anda yang memiliki bisnis kecil menengah, atau bahkan baru mulai berbisnis. Penulis cukup menyarankan Anda untuk mencoba GNUCash ini sebagai software Akuntansi Anda. Tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya, GNUCash ini sudah mendukung penginstalan pada OS Windows, MacOS, dan Linux. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh softwarenya di situs resminya.

[Download]

4. Wave Accounting

Wave Accounting

Di urutan selanjutnya ada software yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Wave, software ini bernama Wave Accounting. Merupakan salah satu layanan yang dikembangkan Wave untuk membantu para pebisnis mengurus masalah keuangan bisnis mereka.

Di Wave Accounting ini, Anda akan mendapatkan bantuan berupa berbagai fitur yang akan memudahkan pekerjaan Akuntansi Anda. Mulai dari pengiriman invoice, pencatatan pemasukan dan pengeluaran, laporan keuangan, pembuatan kwitansi online, sampai grafik keuangan bisnis anda. Semua bisa Anda dapatkan disini.

Tidak hanya itu, tidak seperti GNUCash dan SQL Ledger yang mempunyai penampilan kurang menarik. Wave Accounting ini memiliki penampilan yang sedap dipandang. Dengan tampilan elegan, modern, dan intuitif, software ini bisa Anda gunakan meskipun dalam waktu yang lama. Wave Accounting bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma hanya dengan melakukan pendaftaran di situs resminya.

Sama halnya seperti Kledo, Wave Accounting ini bisa Anda gunakan tanpa perlu mengunduh dan memasangkannya di komputer atau laptop Anda. Cukup dengan masuk ke situs resminya, lalu lakukan pendaftar jika belum, dan Anda sudah bisa menikmati kehebatan Wave Accounting ini.

[Web App]

5. Zipbooks

ZipBooks

Masih dengan rekomendasi software Akuntansi, di urutan kelima ini Penulis merekomendasikan software Akuntansi bernama Zipbooks untuk Anda coba. Zipbooks merupakan software akuntansi yang jika penelitian penulis benar, maka software ini cukup banyak digunakan para freelancer(pekerja lepas) untuk mengurus masalah keuangan mereka.

Dan Salah satu faktor yang membuat banyak Freelancer menggunakan Zipbooks ini adalah, karena Zipbooks memiliki paket gratis yang bisa digunakan siapa saja tanpa memiliki batasan waktu. Meskipun tersedia secara gratis, Zipbooks ini tetap memiliki fitur yang cukup lengkap.

Layaknya software Akuntansi lainnya, di Zipbooks ini Anda bisa menggunakan fitur seperti invoice, transaction, laporan, kontak, dan fitur-fitur tingkat lanjut lainnya. Anda juga bisa membuka fitur-fitur lainnya dengan membeli paket yang berbeda.

Sama halnya dengan software Akuntansi sebelumnya, Zipbooks ini juga merupakan software yang bisa Anda gunakan tanpa harus melakukan penginstalan terlebih dahulu pada komputer atau laptop Anda. Anda bisa menggunakannya hanya dengan masuk pada situs resminya, lakukan pendaftaran jika anda belum melakukannya.

[Web App]

Lihat Juga : 20 Aplikasi Kasir Android & iOS Terbaik

6. Paper.id

Paper ID

Software berikutnya ini merupakan software yang beroperasi dan berkembang di Indonesia. Paper.id merupakan software Akuntansi yang dikembangkan oleh Jeremy Limman beserta timnya dengan tujuan untuk memajukan perkembangan UMKM di Indonesia. Sama halnya dengan software Akuntansi lainnya, dengan menggunakan Paper.id Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengatur keuangan bisnis Anda.

Mulai dari pemasukan, pengeluaran, laporan keuangan, invoice, order, dan fungsi-fungsi lainnya yang bisa Anda rasakan sendiri saat menggunakan Paper.id. Dengan kelengkapan fitur tersebut, Paper.id ini masih menawarakan softwarenya secara cuma-cuma. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya Paper.id dalam memajukan UMKM di Indonesia.

Tidak hanya itu, Paper.id juga mempunyai layanan tips yang bisa membantu para pebisnis untuk memajukan bisnis mereka ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Anda bisa menikmati software ini hanya dengan melakukan pendaftaran di situs resminya, setelah melakukan pendaftaran, Anda akan langsung dialihkan ke laman web tempat beroperasinya Paper.id.

[Web App]

7. TurboCash4

TurboCash

Software yang dikembangkan oleh Philip Copeman beserta timnya ini adalah salah satu software akuntansi gratis yang patut anda pertimbangkan. Software ini diluncurkan pada Juli 2003 dengan nama TurboCash. Sampai saat ini, TurboCash sudah memiliki beberapa seri yang setiap serinya memiliki pemasaran yang berbeda. Pada seri terbarunya, yakni TurboCash 5, Tim TurboCash mematok harga $60/year untuk single user, sedangkan $200/year untuk multi user.

Karena yang penulis ulas kali ini adalah software akuntansi Gratis, maka kita tinggalkan TurboCash 5, dan masuk ke TurboCash4 yang dipasarkan secara gratis di situs resminya. Layaknya software akuntansi lain, di TurboCash4 ini Anda akan mendapatkan berbagai fitur yang akan mendukung pekerjaan Akuntansi Anda.

Mulai dari invoice, report & analysis, inventory & stock pricing, multi user, access control, dan fitur-fitur lainnya yang bisa Anda rasakan saat menggunakan TurboCash4 ini. Selain fiturnya yang bermanfaat, TurboCash ini juga memiliki tampilan intuitif yang membuat software ini menjadi cukup friendlypada penggunanya.

Berbicara mengenai penampilan, TurboCash4 ini memiliki penampilan yang cukup tua, jadi kurang cocok untuk Anda yang mementingkan penampilan.

[Download]

8. SlickPie

SlickPie

Software lainnya yang bisa penulis rekomendasikan untuk anda coba adalah SlickPie. Software yang satu ini merupakan software akuntansi gratis yang bisa anda gunakan untuk memudahkan anda mengatur keuangan bisnis anda. Sama halnya dengan software-software sebelumnya, dengan menggunakan SlickPie ini Anda akan mampu melakukan berbagai hal yang tidak bisa anda lakukan tanpa software akuntansi yang kuat.

Yang cukup spesial dari SlickPie ini adalah fitur Magic Bot yang membantu Anda menerima data secara otomatis, fitur lainnya yang dimiliki SlickPie ini kurang lebih sama dengan software sebelum-sebelumnya, yakni invoice, manage bills, transaction history, dan fitur-fitur lainnya.

Selain fitur Magic Bot, masih ada satu hal lagi yang membuat software ini menjadi spesial. Hal itu adalah tampilan interface, SlickPie ini memiliki penampilan UI yang cukup mudah untuk dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Hal ini yang membuat software cukup banyak direkomendasikan untuk seseorang yang baru memulai bisnisnya.

Sayangnya, untuk saat ini SlickPie sudah tidak menerima user baru lagi jadi Anda tidak bisa menggunakan layanannya. Tapi jangan khawatir karena SlickPie akan mengalami pembenahan dan membuka kembali layanannya. Anda bisa melakukan pendaftaran saat ini untuk mendapatkan informasi mengenai pembenahannya nanti.

[Web App]

Lihat Juga : 14 Software Recovery Data PC & Mac Terbaik

9. BEE UKM

BEE UKM

Bersaing dengan Paper.id dipasar software Akuntansi Gratis di Indonesia, BEE UKM menjadi salah satu rekomendasi software Akuntansi lainnya yang Penulis berikan kepada Anda. Layaknya software sebelum-sebelumnya, dan seperti yang tertulis di judul ulasanan ini.

BEE UKM ini merupakan software Akuntansi Gratis yang bisa Anda coba. Pengembang BEE UKM memasarkan software yang satu ini dengan gratis dengan harapan BEE UKM dapat membantu para pemilik UMKM dan membantu mereka mengembangkan usaha mereka. Untuk fitur yang dimiliki BEE UKM ini kurang lebih sama dengan software akuntansi gratis lainnya.

Yang cukup spesial di BEE UKM ini mungkin tampilan UI yang tidak rumit dan mudah digunakan. Bahkan pengembangkan BEE UKM mengklaim bahkan uorang awam sekalipun bisa menyelesaikan berbagai masalah keuangan dengan bantuan BEE UKM. Selain dari itu, BEE UKM juga memiliki blog yang membahas berbagai masalah, tips, saran, dan rekomendasi untuk memajukan bisnis UMKM.

Jika tertarik dengan BEE UKM, tekan tautan dibawah ini untuk dialihkan langsung ke situs resminya.

[Download]

10. HomeBank

HomeBank

Masih sama seperti software-software sebelumnya, software di urutan kesepuluh ini juga merupakan software Akuntansi yang bisa Anda dapatkan secara gratis di situs resminya.

HomeBank merupakan software kesepuluh yang Penulis rekomendasikan untuk Anda coba, dengan menggunakan software ini Anda akan merasakan kemudahan dalam pekerjaan Akuntansi Anda. Mulai dari bagian budget, analysis, import & export data, Account, Transaction, sampai payess, semua bisa Anda lalui dengan mudah dengan bantuin HomeBank.

HomeBank juga memiliki dukungan OS yang cukup banyak, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya. Beberapa OS yang didukung seperti, Windows, MacOS, Linux, dan OS lain-lainnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunduhnya langsung di situs resminya. Gunakan tautan di bawah ini untuk dialihkan langsung ke alamatnya.

[Download]

11. BS1 Accounting

BS1 Accounting

Masuk ke urutan penghujung, di urutan ini ada software yang bernama BS1 Accounting. Software ini merupakan salah satu produk dari DBS (David Business System) yang dikembangkan untuk membantu para pebisnis mengatur masalah keuangan bisnis mereka.

Layaknya software Akuntansi lainnya, di BS1 Accounting ini Anda juga akan mendapatkan berbagai fitur yang akan membantu Anda dalam masalah Akuntansi, fitur-fitur itu seperti invoice, payment, items, receipts, adjustments, dan laporan keuangan. Software BS1 Accounting bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mengunduh nya langsung di situs resminya.

Anda bisa menggunakan tautan yang disediakan di bawah ini untuk dialihkan ke situs resmi DBS (David Business System).

[Download]

Lihat Juga : 10 Channel YouTube Buat Belajar Bisnis

12. osFinancials

osFinancials

Untuk rekomendasi software Akuntansi yang terakhir, ada software yang bernama osFinancials. Software yang satu ini merupakan software Akuntansi lainnya yang bisa Anda dapatkan secara gratis, dan cukup Penulis rekomendasikan untuk Anda coba.

Dengan menggunakan software osFinancials ini Anda akan mendapatkan berbagai fitur yang berguna, seperti Ledger, bank books, Journal entry, Stock item, dokumen berupa order, purchase, invoice, dll., Rapports yang berisi laba-rugi, budget, dll., serta fitur-fitur lainnya yang bisa Anda lihat dan rasakan sendiri saat menggunakan osFinancials.

Dengan memanfaatkan software ini dengan benar, Anda akan merasakan kemudahan dalam mengatur keuangan bisnis Anda, yang jika disertai dengan kerja keras lama-kelamaan bisnis Anda akan semakin berkembang dengan sendirinya. osFinancials bisa anda dapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di situs resminya.

Gunakan tautan yang penulis sediakan dibawah ini dan anda akan langsung dialihkan ke situs resminya.

[Download]

*NOTE: urutan diatas tidak diatur menurut yang terbaik, keseluruhan software yang ada adalah software terbaik yang penulis temukan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.