11 Aplikasi Download Manager PC Terbaik

Apakah anda suka mendownload sebuah file? Dari yang kecil yang hanya beberapa KB, atau yang besar hingga bergiga-giga bytes. Dan disaat seperti itulah, kita menginginkan internet yang cepat.

Tapi untuk menambah kecepatan internet, kita perlu mengeluarkan uang yang lebih besar lagi. Nah, banyak orang yang ingin internet cepat, tetapi tidak punya uang untuk membayar koneksi yang lebih cepat lagi.

Disaat seperti inilah, anda memerlukan bantuan software download manager. Dengan software download manager, akan membantu anda akan mendapatkan kecepatan mengunduh yang lebih tinggi tanpa harus membayar untuk koneksi yang lebih cepat lagi.

Ada beragam software download manager diluar sana yang bisa anda gunakan dengan kelebihan dan kekurannya. Nah, diulasan kali ini, penulis merekomendasikan beberapa aplikasi download manager terbaik. Penasaran seperti apa aplikasinya, berikut daftarnya ….

Lihat Juga : 10 Aplikasi Download Foto & Video Instagram

1. Internet Download Manager

Internet Download Manager

Siapa yang tidak tahu tentang Internet Download Manager. Mungkin hampir semua pengguna komputer tahu tentang aplikasi ini. Aplikasi yang kerap disebut dengan IDM ini adalah yang paling populer dibanding aplikasi download manager lain.

Dengan prinsip kerja membagi unduh menjadi beberapa aliran membuat IDM dapat mengunduh lebih cepat dibanding unduhan standard.

Selain itu IDM juga memiliki fitur untuk mengunduh video dari situs video streaming seperti YouTube.

Download Internet Download Manager disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. Ninja Download Manager

Ninja Download Manager
Sumber Image : ninjadownloadmanager.com

Aplikasi downloader berikutnya bernama Ninja Download Manager dengan pengembangnya Download Ninja. Sama halnya dengan IDM, Ninja Download Manager juga menggunakan prinsip kerja yang sama untuk mempercepat kecepatan unduhannya.

Dengan membagi unduhannya menjadi beberapa bagian, lalu mengunduhnya dengan server yang berbeda-beda, Ninja Download Manager mampu mempercepat unduhan hingga 10X lipat dari unduhan standard.

Selain secara fungsional, aplikasi ini juga bagus secara tampilan. Dengan kesan modern yang diberikan yang juga dipadukan dengan kesederhanaan, membuat tampilan aplikasi ini enak untuk dipandang.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk mengunduh video yang ada di YouTube dan juga dapat digunakan sebagai converter video saat setelah selesai di unduh.

Download Ninja Download Manager disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. Free Download Manager

Free Download Manager
Sumber Image : onsafelines.com

Berikutnya adalah Free Download Manager yang di kembangkan oleh Free Download Manager. Dengan menggunakan Free Download Manager anda akan mendapatkan benefit yang tidak kalah bagus dengan IDM.

Salah satunya adalah fitur untuk mendownload isi dari .torrent file yang kita tahu untuk membukanya memerlukan aplikasi khusus. Nah, dengan menggunakan Free Download Manager, anda akan mendapatkan file unduhan secara lebih mudah.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur converter file yang dapat anda gunakan untuk mengubah format suatu file menjadi format yang anda inginkan.

Download Free Download Manager disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#4. JDownloader

JDownloader
Sumber Image : Malavida

Selanjutnya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer bernama AppWork GmbH, yaitu JDownloader. Adalah aplikasi download manager terbaik lainnya yang dapat anda gunakan. Yang spesial dari JDownloader ini adalah fitur-fiturnya yang sangat menarik.

Salah satunya adalah fitur yang dapat secara otomatis men-ekstrak arsip atau file yang berformat .rar, .zip, .7z, dan format arsip lainnya.Dengan fitur ini anda akan mendapatkan kemudahan saat ingin mengunduh file arsip.

Selain itu JDownloader juga memiliki tampilan yang simpel dan pengaturan yang mudah dikuasai. Dan juga yang paling menarik mengenai JDownloader ini adalah sifat aplikasinya yang open-source, jadi semua orang dapat menggunakan atau mengubah aplikasi ini sesuai kemauan.

Download JDownloader disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi RAR & ZIP Android Terbaik

#5. EagleGet

EagleGet
Sumber Image : Nesabamedia

Yang kelima adalah EagleGet dari developer EagleGet. Dengan ukuran yang terbilang mungil ini, hanya sebesar 6 Megabytes saja, EagleGet dapat membawakan anda berbagai fitur yang menarik yang akan membantu anda dalam proses pengunduhan.

Tapi sebelumnya itu, EagleGet ini memiliki tampilan antarmuka yang sangat menarik, tidak hanya menarik tampilannya juga bersih yang membuat anda tidak pusing melihatnya.

Salah satu fitur yang ada di EagleGet ini adalah fitur Malware Checker, yang akan memindai unduhan anda apakah didalamnya terdapat Malware atau virus yang membahayakan komputer anda atau tidak.

Selain itu ada juga smart video grabber yang dapat mendeteksi video di suatu situs dan anda akan bisa mendownloadnya.

Download EagleGet disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#6. Folx

Folx
Sumber Image : Eltima Software

Untuk aplikasi yang keenam ini agak sedikit berbeda dengan yang lain, aplikasi yang dikembangkan oleh Eltima ini adalah aplikasi yang hanya dapat digunakan di Mac.

Folx adalah software download manager yang cukup populer di kalangan pengguna Mac, selain karena gratis fitur yang diberikan pun juga beragam. Salah satu fitur yang ada di Folx ini adalah fitur untuk mengunduh isi berkas dari file berformat .torrent.

Meskipun tidak tersedia untuk versi Windowsnya, Eltima membuat dalam versi extension Chrome yang dapat anda gunakan saat mengunduh lewat browser Chrome di windows sekalipun.

Download Folx disini,

[Chrome] [Mac] [Linux]

#7. iGetter

iGetter
Sumber Image : MacRumors Forums

Berbeda dengan Aplikasi sebelumnya, Folx. Aplikasi yang dikembangkan oleh Presenta ini adalah aplikasi yang dapat anda gunakan di Windows ataupun Mac.

iGetter adalah aplikasi download manager yang sekelas dengan IDM yang anda gunakan secara gratis. iGetter ini memiliki tampilan antarmuka yang cukup mirip dengan IDM.

Dengan prinsip kerja yang sama, yakni membuat unduhan menjadi beberapa bagian lalu mendownloadnya di server yang berbeda-beda, iGetter dapat mempercepat unduhan anda.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat secara otomatis menyambung unduhan yang rusak. Dan juga, iGetter juga memiliki fitur yang dapat mendeteksi koneksi internet anda, dengan fitur ini anda dapat memutuskan atau menghubungkan koneksi internet.

Download iGetter disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

#8. Internet Download Accelerator

Internet Download Accelerator
Sumber Image : The Windows Club

Selanjutnya ada Internet Download Accelerator atau disingkat IDA yang dikembangkan oleh Westbyte. Dengan menggunakan Internet Download Accelerator unduhan anda akan dapat mencapai kecepatan 500% dibanding unduhan standard.

Meskipun memiliki tampilan yang terlalu lawas, tetapi Internet Download Accelerator memiliki fitur-fitur unggulan yang akan anda dapatkan jika anda menggunakan IDA.

Salah satunya adalah fitur untuk mendownload video 4K, 8K, atau Full HD di beberapa saluran video.

Download Internet Download Accelerator disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. Download Accelerator Plus

Download Accelerator Plus
Sumber Image : FileCroco.com

Di urutan berikutnya ada Download Accelerator Plus, meskipun memiliki nama yang hampir sama dengan Internet Download Accelerator namun ini adalah aplikasi yang berbeda dengan pengembang yang berbeda pula.

Download Accelerator Plus merupakan aplikasi hasil pengembangan SpeedBit Ltd. Dengan menggunakan Download Accelerator Plus ini anda akan mendapatkan kecepatan unduhan yang lebih cepat dibanding unduhan standard.

Selain itu anda juga akan mendapatkan fitur-fitur yang bermanfaat, salah satunya adalah fitur converter video, video to MP3, dan juga video player sekaligus.

Download Download Accelerator Plus disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#10. FlashGet

FlashGet
Sumber Image : FileCroco.com

Di urutan ke-sepuluh ada FlashGet yang merupakan aplikasi hasil kembangan Trend Media Co. Ltd. Dengan adanya FlashGet ini, anda akan sangat terbantu saat sedang melakukan pengunduhan suatu file.

FlashGet akan membantu menaikkan kecepatan unduhan melebihi kecepatan unduhan standard. Selain itu, yang membuat anda memilih aplikasi ini dibanding download manager lain adalah ukurannya yang terbilang kecil, dan juga dukungan download-nya pun terbilang banyak.

Download FlashGet disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

#11. DownTango

DownTango
Sumber Image : Softonic

Diurutan terakhir ada DownTango yang dikembangkan oleh Red Sky. DownTango ini memiliki tampilan yang sederhana dan simpel, pengaturannya juga terbilang sangat simpel sekali, tidak banyak tombol yang mengganggu.

Aplikasi ini cocok untuk anda yang tidak ingin melihat banyak tombol mengganggu dan puas hanya dengan fitur utamanya saja.

Download DownTango disini,

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.