14 Software Recovery Data PC & Mac Terbaik

Pernahkah anda merasakan sakitnya kehilangan data? Mungkin beberapa teman kita mengerjai kita atau memang kesalahan kita sendiri, pernahkah anda merasakan hal seperti itu? Atau mungkin ketika tiba-tiba membutuhkan file data yang sudah kita hapus? Hampir semua pengguna gadget mungkin tidak ingin merasakannya.

Masalah seperti ini sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan software recovery data. Dengan menggunakan software itu anda dapat mengambil kembali data file yang sudah terhapus. Tujuan dari Recovery Data adalah diharapkan file-file yang terhapus, rusak, atau corrupt dapat dipulihkan kembali.

Apakah mungkin data yang rusak atau hilang dapat dikembalikan? Yap, mungkin namun ini juga tidak menjamin semuanya benar-benar dapat dikembalikan. Data yang terhapus sebenarnya, secara keseluruhan tidak terhapus. Masih tersimpan dalam memori penyimpanan. Membutuhkan waktu yang lama dengan menindih file baru agar semua data bisa terhapus. So, anda masih punya kesempatan untuk mengembalikan data yang hilang.

Lihat Juga : 14 Aplikasi Burning CD & DVD untuk PC & Laptop

Software Recovery Data PC & Mac Terbaik

Di ulasan kali ini saya akan merangkum beberapa software recovery data terbaik untuk PC dan laptop. Berikut daftarnya…

#1. Recuva

Recuva
image source : malavida.com

Digadang-gadang menjadi software recovery data terbaik di perangkat komputer atau laptop, Recuva menjadi software recovery data pertama yang saya rekomendasikan kepada anda. Dengan kemampuan luar biasanya, dapat mengembalikan data yang hilang di suatu perangkat, meskipun di perangkat yang sudah rusak (hanya sebagian).

Tidak hanya data itu, Recuva juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan data yang hilang di perangkat portabel seperti flashdisk, memory card, harddisk, CD, DVD, dan berbagai drive eksternal lainnya. Untuk anda yang memerlukan kemampuan Recuva di komputer atau laptop anda, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard

Software yang satu ini memang tidak sehebat Recuva yang bisa mengrecovery file di drive eksternal, namun EaseUS Data Recovery Wizard punya keunggulan lain yang mungkin tidak akan anda dapatkan di software recovery data lain. Dengan menggunakan software ini anda hanya perlu melakukan scan satu kali saja untuk melakukan recovering data. Setelah itu, anda tidak perlu melakukannya lagi. Hal itu dikarenakan software ini memiliki fitur backup yang akan melakukan backup saat anda melakukan scanning.

Tidak hanya itu, software yang satu ini juga mudah digunakan. Saat anda ingin mengembalikan beberapa file, anda bisa mengatur list-nya menurut nama, tipe, atau yang lainnya. Tertarik mencoba, Anda bisa mengunduhnya melalui link yang ada dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. Stellar Data Recovery

Stellar Data Recovery
image source : pcmag.com

Merupakan software recovery data lain yang dapat anda miliki hanya dengan $50 untuk versi standarnya. Meskipun software ini memiliki harga penjualan, namun bagi anda yang ingin mencobanya tapi tidak ingin membelinya, anda bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu. Untuk versi gratisnya anda akan mendapatkan fitur-fitur dasar dalam melakukan recovery data, seperti fitur untuk memilih tempat pengembalian data, atau fitur yang akan memperlihatkan file yang sudah melalui tahap scan secara real-time sebelum scan berakhir.

Selain memiliki paket gratis dan standar, software ini juga memiliki paket profesional, dan premium yang dihargai sesuai tingkatannya. Untuk anda yang ingin mencobanya, anda bisa download melalui situs resminya dengan klik link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Download Manager PC Terbaik

#4. PhotoRec

PhotoRec
image source : jeffgeerling.com

Berbeda dengan software lainnya, software yang satu ini merupakan sebuah program yang berbentuk command line tanpa graphical interface dan tombol-tombol. PhotoRec merupakan sebuah program command line yang dapat meng-recovery data yang ada di komputer, laptop, atau perangkat drive eksternal anda. Dengan bantuan PhotoRec, anda akan bisa mengembalikan file yang tidak bisa dikembalikan software recovery data lain.

Meskipun begitu, saya tidak menyarankan software ini sebagai pilihan pertama karena cukup sulit digunakan. Anda bisa mencobanya dengan mengunduhnya di situs dibawah ini.

Catatan: Saat mengunduh program ini anda juga akan mengunduh software TestDisk, hal ini dikarenakan PhotoRec adalah bagian dari TestDisk.

[Windows] [Mac] [Linux]

#5. TestDisk

TestDisk
image source : askubuntu.com

TestDisk merupakan software recovery data yang lain yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan data-data yang hilang di komputer, atau laptop anda. Sama halnya dengan software sebelumnya, PhotoRec. Software yang satu ini juga merupakan software yang berbentuk command line dan untuk menjalankan anda harus memasukkan beberapa perintah yang menurut pemula akan cukup rumit.

Dengan menggunakan TestDisk anda akan bisa mengembalikan file-file yang hilang atau terhapus, entah karena sengaja atau kesalahan perangkat. Untuk anda yang ingin mencoba software TestDisk, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#6. Wise Data Recovery

Wise Data Recovery
image source : blogspot.com

Wise Data Recovery merupakan software recovery data lain yang bisa anda dapatkan secara gratis. Penggunaan software yang satu ini terbilang simpel, karena anda hanya perlu memilih drive yang ingin dikembalikan filenya, lalu tekan scan. Setelah itu anda hanya perlu menunggu hasil scan dan memilih file yang ingin dikembalikan.

Disinilah kehebatan Wise Data Recovery muncul, perbedaan software satu ini dengan software recovery data lain adalah kecepatannya dalam melakukan scan. Tidak hanya itu, software yang satu ini juga dapat melakukan recovery terhadap drive eksternal seperti memory card, hard disk eksternal, atau yang lainnya. Untuk anda yang tertarik dengan software Wise Data Recovery anda bisa memiliki dengan mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#7. Pandora Recovery

Pandora Recovery
image source : techhive.com

Pandora Recovery adalah software recovery data lain yang bisa anda dapatkan secara gratis untuk komputer atau laptop anda. Sama halnya dengan software recovery data lain, software ini juga dapat melakukan pengembalian data-data file yang sudah hilang, entah itu karena terhapus, rusak, ataupun karena masalah lain. Untuk anda yang ingin menggunakan software ini, anda bisa mengunduhnya melalui link yang ada dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 15 Aplikasi Antivirus PC & Mac Terbaik

#8. Glary Undelete

Glary Undelete
image source : download3k.com

Kembalikan data-data yang hilang di perangkat anda dengan Glary Undelete. Merupakan software recovery data gratis yang dapat anda gunakan dengan mudah di komputer atau laptop anda.  Dengan tampilannya yang user-friendly dan mudah digunakan, software ini akan membantu anda dalam mengembalikan data-data yang hilang atau rusak.

Tampilan Glary Undelete akan memberitahu anda file-file yang dapat dikembalikan secara penuh dengan yang tidak. Software ini juga dapat mengembalikan data di drive eksternal yang terpasang ataupun yang sudah terlepas. Unduh Glary Undelete melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. Undelete 360

Undelete 360
image source : malavida.com

Masih dengan software recovery data, di urutan kali ini ada software yang bernama Undelete 360.  Software ini merupakan software recovery data yang dapat mengembalikan data yang hilang di perangkat komputer, laptop, atau drive eksternal lain yang pernah terhubung dengan komputer atau laptop.

Dengan menggunakan Undelete 360 ini, anda akan bisa melihat preview file sebelum anda mengembalikannya. Tidak hanya itu, file yang di scan juga akan dikumpulkan berdasarkan kategorinya masing-masing. Untuk anda yang ingin mencobanya silahkan download melalui link yang ada dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 10 Software Cleaner PC & Mac Terbaik

#10. PC Inspector File Recovery

PC Inspector File Recovery
image source : hbogos.blogspot.com

PC Inspector File Recovery adalah software lain yang juga termasuk dalam jenis software recovery data yang dapat mendeteksi lebih dalam dibanding software sejenis lain. Dengan menggunakan software ini, anda dapat mengembalikan data-data yang hilang atau terhapus di komputer, laptop, atau drive eksternal lainnya.

Bahkan dengan software ini, anda bisa mengembalikan data yang jauh lebih lama terhapus dibanding software lain serta mengembalikan file yang tidak bisa dikembalikan recovery lain. Tertarik dengan PC Inspector File Recovery, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#11. Puran File Recovery

Puran File Recovery
image source : 4deltate.blogspot.com

Puran File Recovery merupakan salah satu dari banyak software recovery data yang dapat membantu anda dengan baik saat melakukan pengembalian data. Software yang satu ini cukup mudah untuk digunakan, anda hanya perlu menjalankan proses pemindaian di salah satu Drive , lalu tunggu hingga selesai, dan terakhir anda hanya perlu memilih file yang ingin di recovery.

Selain tersedia di perangkat komputer dan laptop, Puran File Recovery juga tersedia versi portable. Unduh Puran File Recovery melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 19 Aplikasi Cleaner Android & iOS Terbaik

#12. Disk Drill

Disk Drill
image source : cleverfiles.com

Disk Drill memungkinkan anda untuk mem-filter file yang ingin di recovery berdasarkan ukuran atau tanggal. Disk Drill merupakan software recovery data yang memiliki dua dukungan pemindaian, yakni pemindaian cepat dan pemindaian secara menyeluruh.

Software yang satu ini juga dapat melakukan pengembalian data di dalam Drive eksternal, perangkat USB, Memory card, dan lain-lain. Selain itu, software yang satu ini juga menampilkan hasil dalam beberapa kategori sehingga lebih mudah dalam pencarian file. Anda bisa mengunduh Disk Drill melalui link download dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#13. MiniTool Power Data Recovery

MiniTool Power Data Recovery
image source : bitsdujour.com

Dengan tampilan yang tampak modern dan bersih, dan dengan kemampuannya yang tidak dapat diremehkan. MiniTool Power Data Recovery merupakan software recovery data yang sangat recommended untuk anda gunakan. Bukan hanya karena kemampuannya dalam me-recovery data, tapi juga karena tampilan interface-nya yang enak dipandang dan mudah digunakan.

Tidak hanya itu, software ini juga memiliki fitur yang jarang dimiliki software recovery data lain, yaitu kemampuan untuk mem-pause scan yang sedang dijalankan. Anda bisa mencoba MiniTool Power Data Recovery dengan mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM PC & HP Terbaik

#14. iBoysoft Data Recovery Free

iBoysoft Data Recovery Free
image source : net-load.com

iBoysoft Data Recovery Free adalah software terakhir yang saya bahas di ulasan kali ini. Dengan tampilannya yang minimalis, software ini akan membantu anda untuk melakukan recovery data dengan mudah tanpa harus bingung dengan banyak menu pilihan. Tak hanya itu saja, software ini juga memiliki dua pilihan pemindaian, cepat atau dalam. Anda juga bisa memilih tempat pengeluaran (output) setelah memilih file yang ingin di recovery.

Dan yang paling istimewa adalah fitur yang akan menyimpan hasil scan pada SR File, yang dapat dibuka kembali tanpa perlu melakukan scan ulang. Jika tertarik, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.