10 Aplikasi Nonton Anime Android & iOS Terbaik

Apakah Anda tahu apa itu anime? Anime merupakan suatu satu brand dalam dunia animasi yang memiliki style gambar dan jalan cerita yang unik. Pada awalnya anime biasa diartikan sebagai animasi yang diproduksi Jepang, dengan style dan cerita yang berbeda dari animasi negara-negara lain.

Namun saat ini, anime bisa diartikan sebagai sebuah brand dalam dunia peranimasian, yang tidak hanya bisa dibuat oleh Jepang. Beberapa negara mulai meniru gaya anime untuk menarik perhatian orang-orang.

Oke, balik ke pembahasan streaming anime. Pada dasarnya anime merupakan acara hiburan yang ditayangkan di saluran TV lokal di Jepang, tidak banyak anime yang berhasil dibawa ke saluran TV Indonesia. Kecuali anda berlangganan dengan saluran Animax atau Aniplus yang memang merupakan distributor anime.

Lalu bagaimana kita bisa menikmati anime ini? Salah satu cara adalah dengan menontonnya melalui penyedia layanan streaming anime. Di luar sana sangat banyak situs atau aplikasi yang menyediakan anime, namun tidak semuanya menayangkan anime dengan keadaan legal.

Untuk anda, saya sangat menyarankan untuk menonton anime melalui layanan streaming legal, selain lebih aman anda juga akan membantu mereka berkembang.

Lihat Juga : 12 Aplikasi Nonton Drakor Android & iOS Terbaik

Aplikasi Streaming Anime Android & iOS

Apakah anda suka menonton anime? dan sedang mencari tempat nonton yang baru? kalo iya, anda datang ditempat yang tepat. Di ulasan kali ini, Penulis akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang melayani streaming anime yang terbaik, dan tentu saja legal.

… dan berikut daftarnya.

1. Crunchyroll

Crunchyroll
image source : google play

Jika Anda sudah cukup lama di dunia peranime-an, mungkin Anda sudah pernah mendengar nama ini sebelumnya. Crunchyroll merupakan salah satu dari beberapa platform yang menayangkan anime secara legal, Crunchyroll berdiri dan memulai semuanya dari nol sejak 2006 silam.

Layanan miliki Otter Media ini, merupakan salah satu layanan streaming anime legal terbesar di dunia. Bahkan Crunchyroll pernah membantu mendanai beberapa produksi anime. Layanan Crunchyroll ini beroperasi di San Francisco, Amerika Serikat.

Dengan menggunakan Crunchyroll, anda akan bisa menikmati lebih dari 900 judul, lengkap dengan subtitle inggrisnya. Anda tidak perlu takut ketinggal, karena kebanyakan anime yang dibawa Crunchyroll adalah anime musiman yang baru tayang.

[Google Play] [App Store]

2. Netflix

Netflix
image source : google play

Siapa yang tidak mengenal Netflix, platform video yang sudah berulang kali masuk di berbagai kategori ini memang pantas dikatakan sebagai raksasa platform video. Layanan streaming video yang berada di Amerika ini memang menyediakan berbagai tayangan menarik dari seluruh penjuru dunia, dan Anime adalah salah satunya.

Netflix memiliki berbagai judul yang dapat anda nikmati, dari anime lawas sampai baru, dari yang tidak banyak diketahui orang sampai yang populer. Anda bisa menikmatinya di Netflix.

Jika anda tahu Violet Evergarden, anime yang satu ini merupakan anime yang pernah menerima bantuan pendanaan dalam produksinya, dan akan masuk dalam kategori Netflix Original Anime.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Streaming Film Android & iOS Terbaik

3. Sushiroll

Sushiroll
image source : google play

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang bernaung di bawah nama Genflix, perusahaan OTT pertama asal Indonesia. Sushiroll, merupakan layanan streaming anime di Indonesia yang diresmikan pada Maret 2017 dan menjalin kerja sama dengan perusahaan provider Indosat.

Sebelum Sushiroll di resmikan, Genflix awalnya bekerja sama dengan Ponimu untuk menayangkan anime legal di Indonesia. Namun saat ini Ponimu sudah menutup layanannya dan mengalihkan anime-anime yang dimilikinya kepada Sushiroll.

Dengan kekuatan yang diberikan Ponimu, Sushiroll berhasil bertahan hingga saat ini dan bahkan berhasil membawa anime populer ke Indonesia. Dr. Stone dan Shokugeki no Souma ni no Sara adalah beberapa diantaranya. Yang membuat Sushiroll ini spesial dibanding aplikasi sebelumnya adalah karena Sushiroll menyediakan subtitle Indonesia.

[Google Play] [App Store]

4. Amazon Prime Video

Amazon Prime Video
image source : google play

Amazon Prime Video merupakan salah satu cabang dari Amazon yang menawarkan layanan streaming video. Sama seperti Netflix, Amazon Prime Video ini juga merupakan platform video raksasa yang menyimpang banyak judul.

Anime merupakan salah satu kategori yang ada didalamnya. Dengan menggunakan Amazon Prime Video, anda bisa menikmati ratusan judul anime dari yang populer seperti Naruto, Attack On Titan, sampai yang tidak begitu populer.

Jika Netflix memiliki Violet Evergarden sebagai anime originalnya, maka Amazon Prime Video mempunyai Vinland Saga sebagai anime originalnya. Untuk anda yang ingin mencoba Amazon Prime Video, anda bisa menggunakan percobaan 30 harinya terlebih dahulu untuk menilai.

[Google Play] [App Store]

5. Hulu

Hulu
image source : google play

Mungkin anda cukup asing dengan nama ini, namun layanan yang satu ini tetaplah salah satu layanan terbaik untuk menonton anime legal.

Meskipun Namanya tidak seterkenal Crunchyroll, Hulu tetap menyajikan berbagai judul anime populer seperti One Piece, Naruto, Bleach, dan judul-judul populer lainnya. Hulu memang memiliki berbagai judul di library-nya, namun tidak dengan anime baru setiap musim.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 12 Aplikasi TV Online Android Terbaik

6. Iflix

iflix
image source : google play

Mungkin aplikasi yang satu ini terlihat seperti tidak memiliki anime didalamnya, namun siapa yang menyangka ternyata Iflix juga menayangkan beberapa judul anime di layanannya.

Meskipun tidak memiliki banyak judul seperti, Netflix, Crunchyroll, dan layanan lainnya, iflix tetap termasuk sebagai layanan yang menayangkan anime. Beberapa judul anime yang dimiliki iflix adalah, New game (S1 dan S2), Full Metal Alchemist, Made in Abyss, dan judul-judul populer lainnya.

Yang membuat iflix sedikit spesial dibanding yang lain adalah karena harganya yang cukup terjangkau. Hanya dengan Rp.39.000, Anda sudah bisa menikmati semua judul yang ada.

[Google Play] [App Store]

7. Funimation

Funimation
image source : google play

Mungkin anda sering melihat nama ini di anime-anime yang pernah anda tonton. Funimation pada dasar merupakan sebuah perusahaan produksi yang memproduksi berbagai anime, film jepang, dan sinema-sinema asia.

Selain bekerja sebagai produser, Funimation juga memiliki layanan stream animenya sendiri. Hanya saja, beberapa negara termasuk Indonesia tidak dapat mengaksesnya. Anda harus menggunakan VPN negara Jepang terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya.

Dengan menggunakan Funimation, anda akan bisa menikmati berbagai judul anime, mulai dari yang lawas hingga yang terbaru, lengkap dengan subtitle Inggrisnya.

[Google Play] [App Store]

8. HIDIVE

HIDIVE
image source : google play

Masih dengan rekomendasi aplikasi stream anime, di urutan kedelapan ini ada aplikasi yang bernama HIDIVE.

Dengan menggunakan HIDIVE ini anda akan bisa menikmati berbagai judul anime dengan tenang dan legal. HIDIVE juga menyediakan subtitle di setiap judul yang ditanyakannya. Tidak hanya anime lawas seperti Amagi Brilliant Park, namun HIDIVE juga menayangkan anime baru seperti Bang Dream S2, Domestic Kanojo, dan Yakusoku no Neverland.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 8 Aplikasi Video Conference Android & iOS Terbaik

9. Muse Asia (YouTube)

Muse Asia

Layanan berikutnya sedikit berbeda dengan yang sebelumnya-sebelumnya. Muse Asia merupakan salah satu layanan stream anime legal yang akhir-akhir ini cukup populer di kalangan pecinta anime.

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, Muse Asia ini merupakan sebuah channel yang ada di YouTube. Disini anda bisa menikmati berbagai judul anime populer yang selalu di update setiap musimnya lengkap dengan subtitle Inggrisnya.

Yang terbaik dari layanan ini adalah, anda tidak perlu membayar sama sekali untuk bisa menikmati anime-anime yang ditayangkan. Namun, anda akan diganggu dengan iklan-iklan YouTube, anda bisa menghilangkannya dengan cara membeli paket YouTube Premium.

Link Channel

[Muse Asia Channel]

Link Download YouTube

[Google Play] [App Store]

10. Ani-One (YouTube)

Ani-One

Layaknya Muse Asia, Ani-One ini juga merupakan salah satu layanan stream anime legal yang ada di YouTube. Pada awalnya Ani-One merupakan distributor yang menayangkan anime hanya untuk region Tionghoa dan hanya memiliki subtitle Tionghoa, namun akhir-akhir ini Ani-One menambah subtitle dengan beberapa bahasa, Inggris dan Indonesia adalah beberapa diantaranya.

Hanya saja, subtitle untuk bahasa selain Tionghoa akan mendapatkan delay satu hari atau lebih. Berbeda dengan Muse Asia yang menggunakan hard sub Inggris, Ani-One menggunakan softsub yang dapat anda atur di setting, hal inilah yang membuat Ani-One bisa menambahkan berbagai bahasa di setiap animenya.

Link Channel

[Ani-One Channel]

Link Download YouTube

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.