Merubah Format Video di HP Android & PC

Di era modern sekarang ini ternyata orang lebih suka menonton video daripada mendengarkan musik MP3. Tetapi jika menonton video setiap hari rasanya pasti tidak mungkin, karena banyaknya aktifitas yang harus kita lakukan setiap hari.

Lebih baiknya anda merubah video musik yang anda sukai ke format MP3 agar anda bisa mendengarkan sambil melakukan aktifitas setiap hari, cukup dengan memasang headset di telinga anda.

Untuk mengubah file video ke MP3, saya akan memberikan beberapa cara yang cukup mudah untuk dilakukan pada ponsel android dan komputer (PC). cara pertama, anda bisa melakukan convert video secara online melalui situs convert video (audio.online-convert.com).

Untuk cara kedua, anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang dikhususkan untuk convert video pula, aplikasi tersebut bernama Format Factory. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa metodenya berikut ini.

Lihat Juga : Menampilkan Subtitle Film di HP Android

Merubah Format Video Dengan Format Factory

Sebenarnya Format Factory adalah aplikasi converter gratis yang dapat merubah format video ke dalam format lain. Aplikasi ini dapat mendukung berbagai jenis format video seperti MP4, FLV, AVI, MKV, MP3, FLAC, WMA, OGG, AAC, M4A, AC3, APE Dan WAV.

Berikut penggunaan format factory yang dapat anda ikuti.

1. Pertama, unduh aplikasi ini via Google Play secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]

2. Selesai mengunduh, install dan buka aplikasi tersebut, lalu pilih Add Media.Kemudian pilih opsi Video untuk memilih video yang ada pada memori internal ataupun eksternal android anda.

Merubah Format Video di Android

3. Cari dan pilih video yang ingin anda convert. Sebagai contoh saya memilih file video format MP4. Di bagian ini, anda bisa mengubah bagian Preset untuk memilih kualitas video yang ingin anda convert.

Di bagian Detail Video anda bisa mengatur Codec, Size, Aspect, Fps, kbps dan lainnya. Dan apabila semua telah anda setting, tinggal klik Convert Now!.

Cara Merubah Format Android dengan Format Factory

4. Tunggu hingga proses convert selesai.

5. Selesai.

Merubah Format Video ke MP3 Secara Online

Sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan layanan converter video, namun kali ini saya akan memberikan langkah-langkah menggunakan situs audio.online-convert.com.

Dan berikut langkah – langkahnya …

  1. Langkah pertama, kunjungi situs audio.online-convert.com menggunakan ponsel android atau browser PC anda.
  2. Kemudian upload file video yang anda ingin Convert Pilih File.
  3. Atur terlebih dahulu pada bagian Change audio bitrate, Change Sampling Rate dan Change Audio Channel.
  4. Dan apabila semua telah di setting, klik Convert file. Tunggu hingga proses convert selesai.
  5. Jika sudah selesai, format video akan berubah menjadi format MP3.
  6. Selesai.

Lihat Juga : Membuka File RAR dan ZIP di HP Android

Rekomendasi Aplikasi Convert Video Lainnya …

Selain menggunakan metode diatas, ada beberapa aplikasi lain yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin convert video ke format lain. Dan berikut rekomendasinya …

#1. Video Converter

Video Converter
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi pertama, anda bisa coba Video Converter dari VidSoftLab. Tidak hanya sekedar mengubah format, anda bisa gunakan aplikasi ini untuk mengedit video sesuai kebutuhan seperti memotong, menambahkan lagu, mengecilkan ukuran, dan sebagainya.

Tersedia juga versi pro bagi anda yang ingin mendapatkan fitur unggulan. Tertarik mencoba, unduh langsung aplikasi via Google Play.

[Google Play] [Pro Version] [App Store]

#2. VidCompact

VidCompact
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi selanjutnya ada VidCompact dari Video Maker Inc. Anda bisa melakukan banyak hal menggunakan aplikasi ini, dimulai dari kompresi ke format MP4, memangkas atau memotong video, sampai mengecilkan ukuran video.

Selain itu, aplikasi ini mendukung banyak format video sehingga anda tidak perlu khawatir video yang anda miliki tidak support.

[Google Play] [App Store]

#3. Video Compressor – Video toMP3

Video Compressor
Sumber Image : Google Play

Opsi selanjutnya ada Video Compressor dari Bdroid Team. Ada banyak pilihan kebutuhan yang bisa anda jalankan seperti kompres video, memotong video, konversi video, dan lainnnya.

Untuk mengecilkan atau mengubah format video, tersedia banyak pilihan resolusi, ada 1080p, 720p, 640p, 576p, 480p, 360p, 240p, dan 144p. Unduh gratis aplikasi Video Compressor dari Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#4. All Video Converter

All Video Converter
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi selanjutnya ada All Video Converter dari Highdea Apps Studio. Anda bisa gunakan aplikasi ini untuk kebutuhan converter video ke banyak format, seperti MP4, FLV, MPEG-1,2, MOV, MKV, WMV, AVI, VOB, 3GP, SWF, MP3, AAC, WAV, dan lainnya.

Tampilannya sangat sederhana dan nyaman ketika digunakan. Jika tertarik, unduh gratis aplikasi via Google Play.

[Google Play] [App Store]

#5. MP3 Converter

MP3 Converter
Sumber Image : Google Play

Bagi anda yang ingin mengubah format video menjadi MP3, MP3 Converter dapat menjadi pilihan. Selain itu, ada beragam pilihan audio converter seperti MP3, WAV, OGG, M4A, ACC, FLAC, dan lainnya.

Menariknya lagi, beragam fitur lain juga dihadirkan seperti meningkatkan volume, menggabungkan musik dan audio, memasang dan memotong video, dan masih banyak lagi.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.