9 Aplikasi Screenshot PC & Mac Terbaik

Bagi kalian pengguna PC, ada juga segudang aplikasi yang menarik untuk diinstal. Setiap aplikasi yang ada untuk PC pasti banyak sekali kelebihannya. Salah satu aplikasi PC yang kini banyak diburu adalah aplikasi screenshot.

Populasi aplikasi ini juga ada banyak sekali, sebagian besar aplikasinya bisa didownload dan digunakan secara gratis. Sebenarnya, ada aplikasi screenshot built-in yang disematkan pada PC. Hanya saja tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi screenshot dari pihak ketiga.

Alasan terbesar kenapa banyak yang lebih suka menggunakan aplikasi screenshot dari pihak ketiga adalah kelebihan fitur yang tidak ada pada aplikasi screenshot bawaan.

Sebagian besar aplikasi screenshot PC dari pihak ketiga memang fiturnya lebih komplit. Contohnya seperti fitur editing dan penyimpanan Cloud.

Dengan fitur editing dan Cloud, para pengguna PC akan sangat terbantu untuk membuat hasil tangkapan screenshoot lebih bagus dan kemudahan untuk membagikannya secara langsung.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Aplikasi Screenshot PC & Mac Terbaik

Bagi kalian yang ingin mencoba aplikasi screenshot , berikut penulis siapkan beberapa rekomendasi aplikasi screeshot untuk PC dan Mac…

1. ShareX

ShareX
image source : getsharex.com

Apabila kalian membutuhkan aplikasi screenshot PC yang bisa mengambil hasil screenshot berkualitas tinggi, kalian bisa mencoba aplikasi ShareX, aplikasi ini bisa berjalan pada Windows 7, 8.1 dan 10.

Aplikasi ini memang sangat handal untuk mengabadikan layar menjadi screenshot. Bahkan aplikasi ShareX juga sanggup merekam layar menjadi file gif. Berbicara mengenai editornya, ShareX dibekali dengan fitur editor yang memungkinkan kalian untuk memotong gambar, menggabungkan gambar sekaligus menambahkan watermark.

Nantinya screenshot yang dijepret menggunakan ShareX bisa langsung diunggah dalam sebuah cloud. Ada banyak sekali memang fitur-fitur pada aplikasi ini.

Hingga artikel ini terbit, ShareX terbaru adalah versi 13.0.1. semua fitur yang ada pada aplikasi ShareX ini bisa digunakan secara gratis tanpa perlu versi premium.

[Windows] [Mac] [Linux]

 2. Screenpresso

Screenpresso
Sumber Image : screenpresso.com

Yang kedua, kalian bisa menggunakan aplikasi screenpresso. Aplikasi screenshot PC ini bisa berjalan pada semua versi Windows dengan hanya berukuran 11 MB saja.

Meski ukurannya kecil, screenpresso punya banyak sekali fitur. Dengan aplikasi ini, kalian tidak hanya bisa mengambil screenshot, namun juga bisa merekam layar menjadi video.

Tak tanggung-tanggung, aplikasi ini sanggup menghasilkan rekaman video berkualitas HD, sangat cocok bagi kalian yang suka merekam saat gaming. Screenpresso juga memiliki editor screenshot dan video built-in. Dengan fitur editor ini, kalian bisa membuat hasil tangkapan menjadi lebih bagus lagi.

Bukan itu saja, ada fitur share ke Facebook, YouTube dsb yang akan sangat membantu untuk membagikan hasil tangkapan ke teman-teman di medsos.

Screenpresso bisa dijalankan pada windows 7, 8.1 dan juga 10. Aplikasi ini memiliki kelebihan ukurannya yang kecil dan sangat ringan untuk digunakan.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 19 Aplikasi Desain Grafis PC & Mac Terbaik

 3. Skitch

Skitch
image source : macupdate.com

Selanjutnya, ada Skitch yang bisa jadi pilihan ketiga. Aplikasi screenshot PC ini bisa dijalankan pada PC yang menggunakan sistem operasi Windows dan juga Mac OS.

Aplikasi Skitch kini banyak digunakan, pasalnya ada banyak sekali fitur yang sangat membantu, terutama untuk urusan editing. Skitch punya beberapa tool editing, seperti menambahkan elemen, efek-efek, serta watermark. Semuanya bisa digunakan secara gratis.

Saat ini aplikasi Skitch hanya dikembangkan untuk Mac OS saja. Tapi bagi kalian yang menggunakan Windows tidak perlu khawatir karena kalian bisa menggunakan Skitch versi lama yang mendukung Windows.

[Windows] [Mac] [Linux]

4. TinyTake

TinyTake
Sumber Image : tinytake.com

Selanjutnya TinyTake bisa kalian gunakan. Aplikasi screenshot PC ini juga dijejali dengan fitur-fitur mantap yang akan membuat screenshot terlihat makin bagus.

Bukan hanya handal untuk mengambil screenshot saja, TinyTake juga bisa diandalkan untuk merekam video, bagi kalian yang sering memposting video tutorial seputar PC atau gaming, aplikasi ini layak dicoba.

Screenshot dan video yang di jepret / rekam menggunakan aplikasi TinyTake bisa diedit secara langsung menggunakan editor bawaan aplikasi ini. Kalian bisa menambahkan Arrow, watermark dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk mengunakan TinyTake, pastikan PC kalian menggunakan sistem operasi Windows 7 keatas dengan RAM minimal 4 GB. Bukan hanya bisa dijalankan untuk Windows saja, kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini pada Mac OS.

Tertarik menggunakannya? Silahkan langsung download aplikasinya.

[Windows] [Mac] [Linux]

5. Greenshot

Greenshot
image source : wikimedia.org

Aplikasi screenshot PC kelima ini sangat handal untuk mengambil screenshot. Kalian bisa mengambil screenshot layar penuh atau sebagian saja dengan mudah dan cepat.

Nantinya, screenshot tersebut bisa kaloan kirim ke printer, copy ke clipboard atau kirim via email. Ada juga fitur yang memungkinkan kalian untuk langsung membagikan ke media sosial.

Kabar baik bagi kalian yang menggunakan Windows, pasalnya aplikasi ini bisa kalian download dan gunakan secara gratis. Tapi bagi kalian yang menggunakan Mac OS, kalian perlu merogoh kocek sebesar $ 1.99. lebih lengkapnya lagi, silahkan langsung kunjungi website resminya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

 6. PicPick

PicPick
image source : picpick.app

Kurang pas rasanya jika tidak mengikut sertakan PicPick pada daftar aplikasi screenshot PC terbaik untuk Windows dan Mac OS ini.

PicPick merupakan salah satu aplikasi screenshot pc gratis yang menawarkan seleksi objek beragam, mulai dari full screen, active windows, window control, scrolling windows, region, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang bisa berjalan pada Windows ini punya fitur editing yang mirip dengan Photoshop. Dengan demikian, hasil tangkapan screenshoot akan makin membanggakan untuk di share ke media sosial.

Mantapnya lagi, PicPick sudah mendukung 40 lebih bahasa termasuk bahasa Indonesia. Jadi kalian tidak akan mengalami kendala bahasa saat menggunakan aplikasi ini.

PicPick memang bisa digunakan secara gratis, tapi jika kalian ingin aplikasi ini bebas dari iklan, siapkan dana sekitar $ 29.99 untuk membeli versi premium.

[Windows] [Mac] [Linux]

7. Lightshot

Lightshot
image source : pinterest.com

Lightshot adalah aplikasi screenshot PC yang paling banyak digunakan diantara aplikasi lain pengisi artikel ini. Salah satu fitur andalan Lightshot adalah kemudahan untuk menggunakan nya.

Dengan menggunakan Aplikasi lighshot ini kalian tinggal menekan tombol Prntscr atau melalui Sytem Tray. Nantinya kalian harus menyeleksi bagian yang ingin ditangkap.

Lalu kalian bisa mengedit screenshot dengan menambahkan teks, arrow, dan frame supaya screenshot bisa makin menarik. Jika, mau kalian juga bisa langsung meng-upload ke cloud dari Lighshot. Setelah screenshot berhasil di upload, nantinya kalian akan diberi shortlink dan bisa dibagikan ke media sosial.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Convert Video Android Terbaik

 8. Snipping Tools

Snipping Tools
image source : winhelponline.com

Snipping Tools adalah aplikasi screenshot PC besutan Windows. Snipping tools memiliki banyak sekali fitur yang akan sangat membantu untuk menjepret screenshot berkualitas tinggi.

Snipping Tools dibekali dengan fitur editing sederhana. Dengan fitur ini, kalian bisa mengedit Screenshot seperti menambahkan icon, watermark, dsb dengan mudah.

Snipping Tools memiliki fitur yang memungkinkan kalian untuk menjepret laman website secara utuh. Nantinya screenshot akan disimpan menjadi file jpg, png dan bmp. Selain bisa meng-upload langsung ke Google Drive dan Dropbox, kalian juga bisa meng-upload screenshot ke ftp.

[Windows] [Mac] [Linux]

9. Jing

Jing Screenshot
image source : distlib.blogs.com

Daftar aplikasi screenshot PC terus berlanjut dengan hadirnya Jing. Aplikasi yang pertama kali rilis pada 2007 ini menawarkan kemudahan untuk mengambil gambar layar.

Kalian bisa menyimpan screenshot full screen atau melakukan seleksi. Bila perlu, kalian bisa langsung meng-upload screenshot ke situs screencast.com.

Sebelum di upload, alangkah baiknya jika mengeditnya terlebih dahulu. Kabar baiknya, aplikasi ini juga punya editor khusus yang bisa membantu untuk menambahkan Arrow, watermark dan sebagainya.

Bukan hanya handal untuk screenshot, Jing juga sanggup merekam layar menjadi video. Video yang dihasilkan oleh aplikasi ini berformat MP4 dengan resolusi tinggi.

Saat ini Jing tersedia untuk Windows dan Mac OS. Supaya seluruh fiturnya bisa digunakan, disarankan untuk menggunakan versi pro, tapi kalian perlu merogoh kocek untuk melakukannya.

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.