5 Cara Memutar Video Resolusi Tinggi 4K di HP

Video merupakan perpaduan antara gambar bergerak dengan suara musik seperti video klip, film, animasi, dan lainnya. Dari setiap video yang anda lihat atau anda putar pastinya memiliki tingkat resolusi yang berbeda-beda.

Misalnya saja dari video A memiliki gambar yang jernih dan jelas, sedangkan video B memiliki gambar yang kurang jernih dan terlihat buram. Dari contoh tersebut dapat anda simpulkan bahwasannya setiap video memiliki tingkat resolusi yang berbeda-beda.

Untuk smartphone android pada umumnya biasanya sudah dapat memutar video dengan kualitas HD (High Definition) atau di bawahnya. Sedangkan untuk kualitas UHD (Ultra High Definition) biasanya hanya dapat di putar pada smartphone dengan harga yang relatif lebih mahal dan memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi.

Berbeda dengan PC atau Laptop tentu saja sudah memungkinkan untuk memutar video kualitas HD ataupun UHD, karena spesifikasi setiap laptop jauh lebih baik dibanding dengan Smartphone Android.

Lalu bagaimana dengan tablet android? Untuk tablet android tentu saja masih harus tergantung dari spesifikasi hardware serta versi OS Android itu sendiri. Apabila harga tablet tersebut mahal dan memiliki spesifikasi hardware yang baik pastinya dapat memutar video dengan kualitas UHD.

Bagi yang punya tablet Android cobalah untuk memutar video dengan kualitas UHD. Apabila muncul keterangan bertuliskan tidak dapat memutar video ini,Maka berarti tablet android anda tidak mendukung video dengan kualitas UHD (Berlaku pula untuk smartphone android).

Ada dua cara dalam mengatasi masalah pada smartphone android yang tidak dapat memutar video dengan resolusi tinggi. Cara pertama, anda bisa membeli smartphone Android baru dengan kualitas hardware yang lebih baik.

Sedangkan cara kedua, anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama MX Player. Untuk cara yang pertama mungkin terlihat lebih kejam, untuk itu anda bisa mencoba dengan cara yang kedua.

Lihat Juga : Menampilkan & Mengedit Subtitle Film di HP Android

Memutar Video 4K dengan MX Player

MX Player merupakan aplikasi video player terbaik Android yang dapat memutar video dengan resolusi tinggi atau UHD Resolution.

Pada umumnya aplikasi pemutar video bawaan android hanya dapat memutar video dengan kualitas 2K, sedangkan untuk kualitas 4K harus memiliki spesifikasi hardware yang baik.

MX Player memiliki fiturHW+ decoder dan multi-core decoding sehingga dapat memutar video dengan kualitas yang lebih baik.

MX Player
Sumber Image : Google Play
  1. Pertama, unduh aplikasi MX Player melalui Google Play. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]
  2. Kemudian install dan buka aplikasi tersebut.
  3. Masukkan file film yang ingin anda putar ke memori eksternal Android anda.
  4. Kemudian klik icon refresh pada bagian atas, agar nantinya semua daftar putar di perbarui.
  5. Jika file video telah masuk, maka anda siap untuk memutarnya.
  6. Selesai.

Keterangan,

MX Player memang dapat memutar video dengan resolusi tinggi, tetapi terkadang juga terjadi patah-patah pada gambar atau terjadi lag. Jadi dapat di simpulkan bahwa tidak semua smartphone android mampu memutar video resolusi tinggi, tergantung dari spesifikasi hardware smartphone tersebut.

Lihat Juga : Merubah Format Video di HP Android & PC

Rekomendasi Aplikasi Video Player lainnya …

Selain MX Player, berikut beberapa aplikasi video player lainnya yang mungkin bisa jadi pilihan ketika memutar video beresolusi tinggi. Berikut daftarnya …

#1. KMPlayer

KMPlayer
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi pertama, anda bisa mencoba KMPlayer yang dikembangkan oleh akun Pandora TV. Dengan KMPlayer, anda bisa memutar video beresolusi tinggi, termasuk HD, UHD, Full HD, hingga 4K. Selain itu, ada banyak fitur – fitur menarik yang mampu maksimalkan kebutuhan anda ketika menonton video.

Dukungan codec terbaru membuat stabilitas video saat diputar berasa lebih ringan. Tertarik mencoba, unduh gratis MKPlayer via Google Play.

[Google Play] [App Store]

#2. Pemutar Video

Pemutar Video
Sumber Image : Google Play

Opsi kedua, anda bisa gunakan pemutar video, dimana aplikasi ini hadir dengan user interface yang lumayan keren. Dukungan format video juga cukup lengkap mulai dari AVI, MP3, WAV, AAC, MOV, MP4, WMV, RMVB, FLAC, 3GP, M4V, MKV, dan masih banyak lagi.

Jika anda membutuhkan subtitle, anda bisa menambahkannya. Mengingat aplikasi ini support pada berbagai format subtitle.  Unduh gratis aplikasi ini via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#3. Pemutar Video Semua Format

Pemutar Video Semua Format
Sumber Image : Google Play

Opsi selanjutnya ada pemutar video dari pengembang Video Maker Inc. Melalui aplikasi ini, anda bisa memutar video secara lebih maksimal. Dukungan format video dan batasan resolusi sama seperti aplikasi – aplikasi sebelumnya. Anda bisa memutar video UHD hingga 4K.

Sekali install dan buka aplikasi, aplikasi akan melakukan scanning pada semua video yang ada di internal dan eksternal memori. Dengan begitu, anda tidak perlu repot mencari satu persatu dari galeri.

Unduh gratis aplikasi ini via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#4. GOM Player

GOM Player
Sumber Image : Google Play

Opsi lain, anda bisa gunakan GOM Player sebagai pemutar video terbaik dikelasnya. Terkenal sebagai video player desktop untuk Windows, Linux, dan Mac, kini GOM Player juga berusaha mengembangkan untuk lintas platform seperti Android dan iOS.

Keunggulannya sama seperti versi desktop. Dan menariknya, anda bisa memutar video 360 derajat dengan bantuan teknologi VR. Tertarik mencoba, unduh gratis GOM Player via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.