Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di HP ASUS

Dianisa.com – Cara Pindah Aplikasi Ke Memori Eksternal di HP ASUS. Memori Internal yang telah penuh dengan banyaknya aplikasi terinstall bukanlah akhir dari segalanya. Pengguna ASUS ZenFone masih bisa memidahkan sebagian aplikasi ke memori eksternal atau Micro SD.

Aplikasi yang saya maksud di sini adalah aplikasi dari Google Play Store, bukan aplikasi bawaan dari pabrikan. Agar anda bisa menginstall banyak aplikasi, disarankan untuk memasang memori eksternal dengan kapasitas besar, minimal bisa 8 GB atau 16 GB.

Masalah Pada Smartphone

Cara Pindah Aplikasi ke SD Card di HP ASUS

Sebelum memindahkan aplikasi, pastikan anda telah memasang memori eksternal atau Micro SD dengan kapasitas yang cukup besar, bisa 8 GB atau 16 GB.

Memori Eksternal tersebut tidak hanya untuk aplikasi android saja, tetapi juga dibutuhkan untuk menyimpan data lainnya seperti audio, video, dokumen, foto, apk, dan lainnya.

Dan untuk Memindahkan Aplikasi Di HP ASUS, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

Pindahkan Aplikasi Ke Micro SD

  • Buka Menu Setelan / Pengaturan » Apl / Aplikasi » Cari “NAMA APLIKASI” » Kemudian tap “Pindahkan Ke Kartu SD”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0.2. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Kesimpulan,

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat ASUS seperti pada ASUS ZenFone 2, ZenFone 3, ZenFone 4, ZenFone 5, ZenFone 6, ZenFone C, ZenFone 2 Deluxe, ZenFone 2 Laser, ZenFone 3 Ultra, ZenFone 3 Max, ZenFone Max, ZenFone Selfie, ZenFone Go, dan masih banyak lagi. Apabila ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Pindah Aplikasi Ke Kartu SD di HP ASUS, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 38 Comment

  1. Vino berkata:

    Hp saya asus zenfongo,mau memindahkan aplikasi ke eksternal tetapi di tampilan di hp saya tidak tercantum tulisan “pindahkan ke kartu sd” , jd solusinya gimana gan

    • Dian Arifin berkata:

      Ya berarti tidak bisa dipindah mas, bisa dengan cara melakukan rooting, tapi biasanya juga ribet. Lebih baik tidak perlu pindah aplikasi mas. Legakan ruang Internet untuk Apps saja, sementara untuk eksternal bisa digunakan untuk penyimpan data-data lain berupa file media.

  2. Lena berkata:

    Hp saya asus zenfone 2, saya sdh mengikuti petunjuk2nya, tapi setelah saya tekan di kolom “Pindahkan ke kartu SD” tdk bisa ya gan, terima kasih sebelumnya

  3. Rizman berkata:

    Macam mana ni nya…sya punya telefon zenfone go….macam mna pindahkan aplikasi p sd card

    • Dian Arifin berkata:

      Untuk aplikasi bawaan tidak bisa, untuk aplikasi terinstal kemungkinan bisa. Tapi jika dua – duanya tidak bisa maka dapat dipastikan memang tidak bisa dipindahkan.

  4. Faix berkata:

    Bang gimana cara mindah dr external.ke internal??

  5. aquuse berkata:

    hp sy asus zenfone 2 laser , sejak pertama beli menu untuk memindah ke memory external ada, cuman setelah update otomatis menu itu hilang dengan sendirinya , menu misic play jg ga ada . adakah aplikasi tambahan untuk pemindah tersebut ?

    • Dian Arifin berkata:

      Memang kebanyakan smartphone sekarang tidak bisa pindah aplikasi mas, solusinya kalau pengen bisa lagi downgrade mas. Untuk aplikasi tambahan, mungkin butuh akses root mas ..

  6. Asep berkata:

    Tp beda mas untuk pengaturan aplikasi d hp asus zenvon 2 laserlaser, sm d gambar aplikasi tersebut. d hp asus cm ada hapus cache sama hapus data, tidak ada tulisan sd card????

    • Dian Arifin berkata:

      Untuk yang terbaru memang sudah tidak bisa mas, dan bahkan hampir semua smartphone tidak bisa digunakan untuk pindah aplikasi mas.

  7. Putri ovita berkata:

    Sudah di coba tapi masih tetap susah sudah di tekan yg pindahkan tapi tidak bisa juga kenapa ya mba ,,,apakah harus ke konter atau gimana mba?tolong sarannya mba

    • Dian Arifin berkata:

      Saran saya, lebih baik tidak perlu pindah. Karena kalaupun berhasil, performa aplikasi akan turun akibat perpindahan tersebut.

  8. agustian berkata:

    Saya mau memindahkan foto-foto yg tersimpan di memori internal hp asus Z007 k sd card. Tapi kenapa tidak bisa?

  9. Gilang Ade Nugroho berkata:

    Kalo asus zenfone 4 max pro cuma ada tulisan “Hentikan dan Paksa berhernti” tidak bisa dipindah ke sd card?

    • Dian Arifin berkata:

      Kebanyakan smartphone sekarang memang sudah tidak bisa pindah aplikasi mas, beda dengan yang dulu dulu. Saran saya tidak perlu dipindah, karena performa aplikasi justru akan menurun.

  10. Eko sulistyono berkata:

    Hp saya zenfone max, tapi di menu tidak tercantum kan pindah kan ke micro SD

  11. Hasna berkata:

    Kalau ke hp asus zenofone live gak bisa nih

  12. Yunita berkata:

    Tapi kalau punya saya kenapa kok pindah ke kartu sd nya itu gak ada tanda biru birunya dan gak bisa dipencet apa itu gak bisa dipindah ke kartu sd

  13. Ade berkata:

    Kalo micro card cuma 4 GB Bisa

  14. Mooder berkata:

    Gak ada tampilan kayak gitu

  15. Stanty berkata:

    Kalau untuk hape tipe Asus x00rd bagaimana ya. Soalnya berbeda dengan yang di artikel ini. Mohon pencerahannya

  16. Opick berkata:

    hp asus zenfone 2 laser ku koq aplikasi nya gak bisa di pindah ke memori eksternal yaaaahh,gak ada pilihan pindah ke micro SD nya maka nya setiap upgrade selalu memori penuh

    Tolong bisa di jelaskan atau ada masukam lain

    Terima kasih banyak sebelumnya

  17. Febri setiawan berkata:

    Kak hp saya asus zenfone live itu gimana caranya Memindahkan apk ke kartu sd karna saya coba berkali kali belum bisa mohon bantuannya makasih.

  18. ani berkata:

    Alhmdllh fham tp untuk memindah aplikasi sy blm fham karena kata ” pindah ke sd card” seperti terkunci, tdk berwarna biru… berulang” sy sentuh tp tdk kluar apa”.. sy bingung..

  19. Muhammad Ghifari Rahmat berkata:

    Mas saya mau beli sd card merk sandisk extreme V30 A2, tapi berhubung saya barusan baca artikel ini jadinya saya ragu untuk beli micro sd card yg varian ini karna hp saya Asus Zenfone 3 (ZE520KL) gk bisa pindahin app dari internal ke micro sd, sebelumnya saya baca kalo performa sd card berguna kalo app itu dipindah terlebih dahulu ke sd card, jadi apakah betul beli sd card dengan performa tinggi tidak berpengaruh sama hp yg tidak bisa transfer app ke sd card? karena toh sd card cuma bisa menyimpan foto dan video saja. semoga terjawab. terimakasih

  20. Akmal berkata:

    Kak mau tanya hp saya Asus Zenfone max pro M1 sudah pasang memori sebesar 8gb,
    nah setelah saya download apk game dll saya mau pindahin ke SD card gak bisa, gak ada bacaan pindahkan ke SD card saya bingung kalo file mah bisa, adakah solusi nya kak terimakasih.

  21. M. Akhya. Ulumuxsin berkata:

    Kenapa pas mau
    Pindahkan kek kartu sd malah kolom yang bertuliskan pindahkan kartu sd tidak aktif aneh