5 Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca Laptop / PC

Saat kita ingin memindahkan atau mentransfer data dari komputer ke smartphone atau dari smartphone ke komputer, tentunya kita membutuhkan kabel data (USB). Tujuan dari kabel data tersebut yakni menghubungkan antar hadware agar supaya Laptop dapat membaca dan mengirim data yang kita inginkan.

Data yang ingin kita kirim ke Smartphone Android tentunya bisa bermacam – macam jenis, mulai dari video, foto, musik, dokumen, aplikasi, dan lain – lainnya.

Dengan ketentuan file tersebut support untuk dibaca di Android. Lalu, bagaimana jika Android tidak bisa terbaca di laptop atau PC, apakah kabel data tersebut telah rusak?

Sebelum mengambil kesimpulan mengenai kabel data Android yang rusak, alangkah lebih baiknya kita mencoba untuk memperbaiki dengan cara – cara sederhana.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca

Tips Memperbaiki Smartphone Tidak Terbaca PC

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam memperbaiki Android yang tidak bisa terbaca di Laptop. Dan berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan

1. Restart Smartphone dan Laptop

Cara pertama, coba restart android dan laptop yang anda miliki supaya boot kembali berjalan dengan normal kembali. Jika perlu, anda bisa mencabut baterai, SIM Card, dan Micro SD.

Diamkan selama beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke Smartphone. Kemudian pasang dan nyalakan kembali Smartphone android anda. Coba tancapkan kabel USB yang anda miliki, semoga dengan cara pertama ini bisa membuat Android kembali terbaca dan anda bisa mentrasfer data yang anda inginkan.

2. Bersihkan Cache dan Riwayat Laptop

Terkadang cache dan riwayat yang ada di laptop yang menumpuk terlalu banyak dapat membuat performa laptop semakin berat. Terlebih jika hal tersebut dibiarkan selama berbulan – bulan akan membuat laptop menjadi error, cepat panas, dan sering hang.

Seperti yang anda alami sekarang ini. Apabila laptop tidak bisa membaca kartu sd android anda, mungkin saja karena cache dan riwayat history.

Hapus menggunakan aplikasi cleaner atau AVG PC Tune Up untuk menghapus cache tersebut secara total. Kemudian restart Laptop anda, dan semoga saja nantinya bisa terbaca kembali.

Lihat Juga : 3 Cara Membersihkan Cache Windows

3. Ubah Port Yang Anda Gunakan

Coba anda pindahkan antara port 1 dengan port lainnya. Biasanya memang tidak terbaca di port 1 tapi terkadang malah bisa terbaca di port 2. Pastikan juga bahwa port – port dalam keandaan baik dan tidak terdapat banyak debu yang menempel.

Tancapkan kembali dan semoga bisa berhasil. Dan jika tidak berhasil maka cobalah dengan cara keempat.

4. Gunakan Kabel Data yang lain

Mungkin saja kabel data yang anda miliki memang sudah rusak. Coba gunakan kabel data lain, anda bisa pinjam teman atau saudara terdekat anda. Pastikan kabel data tersebut sama dengan kabel data yang anda punya.

Tancapkan kembali, dan apabila proses scanning berjalan maka dapat dipastikan kabel data cocok dan bisa anda gunakan. Tapi jika tidak bisa terbaca, maka cobalah dengan cara yang terakhir.

5. Ubah Settingan android

Saat anda menghubungkan antara laptop dengan smartphone, tentunya pada bagian smartphone pasti muncul pilihan koneksitifitas, seperti SD Card, baterai, kamera, dan perangkat media (MTP). Nah, dari pilihan tersebut coba anda pilih mode Perangkat media (MTP).

Perangkat Media (MTP) merupakan jenis mode yang akan mengubungkan Laptop anda dengan memori internal dan memori eksternal. Semoga dengan cara ini, android anda bisa kembali terhubung.

Apabila Smartphone tidak memberikan tanda – tanda apapun atau tidak ada ikon baterai yang bergerak maka dapat dipastikan kabel USB mengalami kerusakan. LEMPAR DAN BELI BARU!!

Lihat Juga : Memori Penuh Padahal Tidak Install Banyak Aplikasi

Metode sederhana diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya.

Demikian ulasan singkat dari penulis, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.