Cara Transfer Data Dari Android ke PC

Dianisa.comTips Cara Transfer Data Dari HP Android Ke Komputer Atau Laptop. Smartphone android merupakan salah satu teknologi komunikasi yang sekarang ini berkembang sangat pesat. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, inofasi antara smartphone satu dengan smartphone lainnya terus bersaing. Setiap produsen smartphone ingin menghadirkan fitur terbaru yang dapat memanjakan konsumennya.

Baca Juga :

Sebagai pengguna android baru atau mungkin anda masih awam dalam mengunakan smartphone tentunya anda harus paham mengenai dasar – dasar dari smartphone yang anda miliki. Perlu anda ketahui bahwa smartphone android tidak hanya digunakan untuk panggilan telepon dan SMS, tetapi bisa juga anda gunakan untuk browsing, chatting, streaming, dan lain – lain.

Tak hanya itu saja, smartphone android dilengkapi pula dengan fitur transfer file, baik dari smartphone ke smartphone ataupun smartphone ke android. Jangan khawatir file yang tersimpan bisa hilang, karena setiap android sudah dilengkapi dengan fitur backup yang tentunya dapat anda manfaatkan untuk mencadangkan file dengan maksud agar jika nanti kehilangan file bisa dikembalikan lagi.

Bagaimana Cara Transfer File Dari HP Android Ke Komputer?

Untuk memindah atau mentansfer file data Dari HP Android Ke Komputer sangat mudah untuk anda lakukan. File data yang ingin anda kirim bisa bermacam – macam mulai dari foto, video, musik, dokumen, aplikasi, dan lain – lainnya. Cara transfer atau memindah file bisa bermacam – macam. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa caranya berikut ini.

1. Gunakan Card Reader

Apa itu Card Reader? Seperti namanya Card Reader dapat diartikan pembaca kartu memori. Anda bisa membeli card reader di counter atau Android Store terdekat. Untuk menggunakan card reader, lepas memori eksternal android anda lalu tancapkan ke slot card reader. Kemudian tancapkan port USB ke slot USB yang ada di komputer atau laptop anda. Tunggu sampai memori anda terbaca oleh sistem komputer anda. Dengan begitu anda bisa memindah, mentrafer, dari HP ke komputer atau sebaliknya.

2. Gunakan Fitur Bluetooth

Bluetooth merupakan fitur transfer file yang ada pada smartphone android dan komputer. Aktifkan Bluetooth Android anda dan Bluetooth komputer anda. Kemudian transfer sama seperti anda mentranfer ke teman anda. Pastikan ponsel anda berjarak tidak lebih dari 9 Meter. Oh ya, tidak semua komputer memiliki fitur Bluetooth. Jadi jika anda mengaktifkan Bluetooth android sedangkan komputer anda tidak tersedia fitur Bluetooth maka hasilnya sampai kiamat pasti gagal.

3. Gunakan Kabel Data

Kabel Data merupakan penghubung antara smarthphone dengan charger atau antara smartphone dengan komputer. Kabel data dapat anda fungsikan pula sebagai alat transfer data. Hubungkan smartphone dengan komputer menggunakan kabel data, tunggu hingga proses penginstalan device selesai. Selanjutnya anda bisa pilih opsional yang ada di smartphone android anda mulai dari Pasang Kartu SD, Kamera (PTP), atau Perangkat Media (MTP). Kirim file – file yang anda inginkan langsung ke kartu SD dengan memilih opsional “Pasang Kartu SD”.

Baca Juga :

4. Unggah Ke Dropbox Atau Google Drive

Selain 3 cara diatas, anda juga bisa memanfaatkan layanan online seperti Dropbox Atau Google Drive untuk men-transfer data. Sebelumnya anda harus membuat akun dan barulah anda mengunggah file (Data) ke internet melalui Smartphone android anda. Selanjutnya anda buka internet melalui komputer anda, dan login ke akun Dropbox saat sebelumnya anda mengunggah file. Unduh file secara online.

5. Unggah ke Email

Selain dropbox anda juga bisa memanfaatkan email seperti misalnya anda mengirim file dari email satu ke email lain. Anda bisa mengunggah dan mengirim file melalui email dan membukanya melalui komputer. Cara ini cukup ampuh apabila ada teman anda berada pada lokasi yang sangat jauh.

Sekedar Share :
  • Jika anda berniat untuk memindah foto dari komputer ke android pastikan file tersebut tidak terlalu besar dan HP android mampu membukanya. Apabila ukuran gambar terlalu besar, anda bisa mengecilkan terlebih dahulu mengunakan aplikasi Photoshop atau semacamnya.
  • Untuk file video pastikan anda mengirim file yang dapat dibuka di smartphone android. Tidak semua file video bisa dibuka di android, hanya file tertentu saja seperti MP4, MKV, FLV, dan 3GP. Jika file tidak sesuai, anda bisa convert terlebih dahulu dengan aplikasi convert. Anda bisa mencari langsung melalui Search engine Google.
  • Hati – hati saat sedang memindahkan file, jangan sampai nantinya ada virus yang ngikut. Pastikan anda juga menginstall anti virus handal pada smartphone android anda.

Baca Juga :

Itulah ulasan singkat mengenai Cara Transfer File Dari HP Android Ke Komputer Atau Laptop Mudah dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, Tulis melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here