Cara Mengubah Sinyal 2G / 3G Menjadi 4G LTE di Android

2
1032

Dianisa.com – Cara Mengubah atau Mengganti Koneksi 2G / 3G Menjadi 4G LTE di HP Android. 4G LTE merupakan salah satu teknologi jaringan tercepat di dunia untuk saat ini. Dengan teknologi LTE tersebut, pengguna akan lebih cepat saat membuka laman atau berselancar di dunia maya. Menariknya, 4G LTE di temukan oleh orang Indonesia asli dan telah di gunakan di seluruh penjuru dunia sebagai fitur konektifitas dalam kehidupan sehari – hari. Untuk saat ini, maksimal kecepatan dari 4G LTE dapat mencapai 300/50 Mbps atau paling rendah sekitar 75 Mbps. Dan untuk Indonesia sendiri mungkin hanya sekitar 75 Mbps. Untuk melakukan pengaturan atau perubahan dari 2G atau 3G ke 4G LTE, anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga :

Mengganti Sinyal 2G / 3G Menjadi 4G LTE di Android

Sebelum melakukan metode yang saya berikan, pastikan smartphone atau tablet android anda memang telah support dengan jaringan 4G LTE. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua perangkat Android support dengan teknologi LTE, tergantung dari produsen smartphone ingin menambahkan teknologi 4G LTE atau tidak. Dan untuk melakukan perubahan jaringan pada perangkat Android, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Metode 1 : Cara Manual Mengubah Sinyal Menjadi 4G LTE

Untuk cara pertama, sebagai contohnya saya lakukan pada Oppo A37 dengan Sistem Pengoperasian Android Lollipop v5.0. Bagi anda yang menggunakan smartphone Android merek lain dengan sistem operasi yang berbeda bisa menyesuaikan. Intinya tetap sama dan hanya berbeda langkah – langkahnya saja. Langsung saja, simak Metode Mengubah Sinyal 2G GSM / 3G HSPA Menjadi 4G LTE Di Android dibawah ini.

1. Langkah pertama, anda buka “Pengaturan” atau “Setelan” HP Android anda. Selanjutnya anda pilih “SIM Ganda dan Jaringan Nirkabel”. Pada bagian ini biasanya setiap smartphone berbeda – beda, sesuaikan saja dengan fitur atau menu yang ada pada pengaturan tersebut.

Ubah Sinyal 3G ke 4G di Android

2. Kemudian pilih “Jenis Jaringan Yang Dianjurkan”. Pada bagian “Jenis Jaringan Yang Dianjurkan”, anda bisa pilih jaringan sesuai keinginan anda. Jika anda ingin ke 4G, maka tinggal tap “4G/3G/2G (Otomatis)”.

Mengganti Sinyal 3G menjadi 4G LTE

3. Dan jika memang daerah atau area kota tempat tinggal anda support jaringan 4G LTE maka saat membuka Internet status bar anda akan ke 4G LTE. Melakukan steaming video online dan membuka banyak aplikasi online akan serasa lebih cepat. Lebihnya lagi, download akan lebih cepat plus ngebut.

4. Selesai.

Metode 2 : Menggunakan Kombinasi Kode Angka

Selain cara manual di atas yang masuk pada menu pengaturan, cara cepat anda bisa menggunakan kombinasi angka dan simbol. Cara yang satu ini tak banyak yang tahu, namun cara ini patut untuk anda coba karena terbilang sangat menarik dan lebih optimal saat melakukan pencarian jaringan 4G LTE. Langsung saja, untuk melakukan silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Ubah Sinyal HP ke 4G LTE

  1. Langkah pertama, anda masuk pada Aplikasi “Dial Phone” atau “Telepon”. Selanjutnya anda ketikkan nomor *#*#4636#*#*, lalu tekan “CALL” atau “DIAL”.
  2. Setelah anda melakukan cara diatas maka akan muncul menu pilihan, tap “Informasi Telepon”, lalu anda ubah pada bagian “Setel Jaringan Yang Disukai” atau “Set Preferred Network Type” dari WCDMA Only menjadi 4G LTE Only.
  3. Selesai.

Dengan melakukan perubahan tersebut maka di jamin smartphone Android anda akan memiliki koneksi internet lebih cepat dan lebih kenceng. Namun ada sedikit catatan bahwa jika kota atau tempat tinggal anda minim dengan jaringan 4G LTE maka koneksi tetap saja akan balik ke 3G atau 2G. Jika nantinya malah tidak tersambung, maka sebaiknya kembalikan lagi ke jaringan default yakni WCMDA Only.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengubah Sinyal 2G Atau 3G Menjadi 4G LTE Di HP Android Mudah Dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here