4 Cara Cek Mutasi Rekening BNI

Bank Negara Indonesia atau biasa disebut dengan Bank BNI, merupakan sebuah institusi bank milih pemerintah Indonesia. Yang mana juga merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Bank BNI merupakan bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Bank BNI sendiri didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946. Bank BNI juga mempunyai unit perbankan Syariah, namun telah memisahkan diri yang dinamakan BNI Syariah.

Saat ini Bank BNI di pimpin oleh seorang Direktur Utama yang bernama Herry Sidharta. Yang mana sebelumnya menggantikan Achmad Baiquni. Dengan menyadari akan kehadiran teknologi yang semakin pesat dan canggih dari tahun ke tahun. Bank BNI menghadirkan beberapa layanan untuk mempermudah para nasabah.

Salah satu diantaranya adalah memberikan layanan kartu ATM. Yang mana nantinya ditujukan kepada nasabah supaya lebih mudah, praktis dan nyaman dalam bertransaksi. Tentunya di era yang serba modern, ATM sangatlah dibutuhkan oleh banyak masyarakat. Dan dengan adanya ATM ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi non tunai.

Adapun hal yang dapat dilakukan dengan ATM BNI tersebut. Seperti halnya melakukan Top Up, transfer uang, bayar tagihan, beli token listrik maupun Pulsa HP, dan lain sebagainya. Jika berbicara mengenai ATM pastinya tidak lepas dari kata PIN bukan? Untuk pengingat saja, jangan sampai anda lupa dengan PIN ATM anda Dan juga rawat selalu kartu ATM anda. karena jika tidak ada, kartu ATM tidak bisa digunakan.

Lihat Juga : Panduan, Daftar, dan Pembayaran Doku Wallet

Cara Cek Mutasi Rekening BNI

Seperti yang penulis sampaikan sebelumnya, dalam meningkatkan mutu layanannya kepada nasabah. Bank BNI akan selalu menambahkan fitur – fitur perbankan yang semakin lengkap dan praktis. Salah satu fiturnya adalah fitur untuk pengecekkan mutasi rekening tersebut. Lalu, Apa sih mutasi rekening itu? Mutasi rekening itu merupakan riwayat transaksi yang masuk / keluar dari rekening anda.

Nah, dengan fitur tersebut anda dapat melihat seberapa besar pemasukkan ataupun pengeluaran dari rekening anda. Anda juga dapat memilih periode tertentu untuk dilakukan pengecekan. Lalu bagaimana sih cara cek mutasi di bank BNI? Apakah mudah untuk dilakukan? Baik, untuk melakukan cek mutasi rekening BNI sendiri tentunya mudah sekali. Tergantung anda ingin mengeceknya melalui apa.

Untuk cara cek mutasi BNI sendiri terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan. Yakni cek melalui ATM, SMS Banking, Internet Banking, dan juga Mobile Banking. Langsung saja simak ulasan berikut untuk mengetahui bagaimana cara cek mutasi BNI …

Lihat Juga : Mengenal Lebih Jauh Sistem Keamanan KlikBCA

#1. Cek Mutasi BNI Lewat ATM

Untuk cara yang pertama adalah dengan menggunakan mesin ATM. Untuk cara pertama ini menurut penulis merupakan cara paling mudah untuk mengetahui mutasi bank BNI. Karena anda hanya perlu mendatangi ATM BNI terdekat. Dan selain itu anda dapat melakukannya tanpa harus mendaftar seperti Mobile Banking, SMS Banking maupun Internet Banking.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, masukkan kartu ATM BNI anda ke dalam mesin ATM
  • Selanjutnya, masukkan 6 digit PIN ATM BNI anda
  • Pilih Bahasa » pilih Informasi dan Mutasi » lalu pilih Cek Mutasi Rekening di Layar
  • Setelah itu, pilih Rekening Tabungan
  • Dan tunggu sampai layar menampilkan informasi transaksi terakhir
  • Selesai.

#2. Cek Mutasi BNI Lewat Mobile Banking

Selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Mobile Banking BNI. Untuk cara yang satu ini bisa di bilang cara praktis untuk cek mutasi BNI. Namun, sebelum itu anda harus download dan pasang aplikasi Mobile Banking BNI. Dan juga anda harus mendaftar terlebih dahulu. Jika anda sudah mempunyai akun. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melihat riwayat rekening BNI anda :

  • Pertama, buka aplikasi Mobile Banking BNI di smartphone anda.
  • Selanjutnya login menggunakan akun yang sudah terdaftar.
  • Lalu pilih Informasi » pilih Mutasi » pilih nomor rekening yang ingin anda lihat riwayat transaksinya.
  • Anda dapat memilih jangka waktu mutasi » klik Lanjut
  • Tunggu sampai layar menampilkan informasi mutasi sesuai jangka waktu yang sudah anda tentukan sebelumnya.
  • Selesai.

Lihat Juga : 100 Daftar Kode Bank di Indonesia Lengkap

#3. Cek Mutasi BNI Lewat SMS Banking

Kemudian untuk cara yang ketiga, anda juga dapat menggunakan BNI SMS Banking untuk cek mutasi. Akan tetapi sebelum itu, anda perlu mendaftar terlebih dahulu. Dan juga pastikan pulsa anda mencukupi untuk melakukan pengecekan. Nah, jika anda sudah mendaftar. Ikuti langkah berikut untuk cek mutasi rekening tabungan BNI anda :

  • Ketik HST » selanjutnya kirim ke 3346

NOTE : Sebelum mengirim SMS tersebut, pastikan anda menggunakan nomor yang telah didaftarkan untuk BNI SMS Banking. Karena jika tidak menggunakan nomor yang sama pada saat regristasi, permintaan untuk cek mutasi BNI anda tidak akan terpenuhi.

#4. Cek Mutasi BNI Lewat Internet Banking

Dan yang terakhir terkait cara cek mutasi BNI adalah dengan menggunakan Internet Banking. Untuk menggunakan layanan Internet Banking sendiri, anda harus daftar terlebih dahulu. Pastikan juga sebelum mengecek mutasi BNI melalui Internet Banking, koneksi internet anda harus stabil agar berjalan lancar. Jika sudah, selanjutnya adalah anda dapat langsung melakukan pengecekkan mutasi rekening BNI dengan cara berikut ini :

  • Pertama, pastikan anda sudah download dan pasang aplikasi browser PC atau smartphone.
  • Silahkan akses alamat website berikut : https://ibank.bni.co.id/
  • Lalu login dengan akun internet banking anda » klik menu Rekening » pilih menu Mutasi Tabungan & Giro » pilih Nomor Rekening yang akan di cek
  • Kemudian pilih Histori Transaksi untuk menampilkan data transaksi. Namun, akan berbeda lagi jika anda tidak ada transaksi, maka tidak akan muncul informasi transaksi di layar.
  • Jika sudah, tunggu sampai Internet Banking secara otomatis menampilkan informasi terkait riwayat transaksi masuk maupun keluar pada rekening bank BNI anda. Selain itu anda juga dapat mengatur periode waktu tertentu pada menu pencarian
  • Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.