Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukuran dan Keterangannya!

Ketahui ukuran lapangan sepak bola beserta gambarnya berikut ini!

Setiap orang pasti sudah pernah mendengar bahkan bermain sepak bola sejak kecil. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling terkenal dan banyak peminatnya baik cowok maupun cewek. Setiap menggelar pertandingan sepak bola juga tidak pernah sepi penontonnya. Cara bermain sepak bola di seluruh dunia itu sama. Namun, ada perbedaan tersendiri dalam ukuran lapangannya, karena ada dua ukuran lapangan sepak bola yaitu menurut standar nasional dan internasional.

Pertandingan sepak bola dimainkan di sebuah lapangan yang ukurannya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Lalu berapakah ukuran lapangan sepak bola? Nah untuk lebih detailnya, berikut kami jelaskan mengenai ukuran lapangan sepak bola beserta keterangannya secara lengkap di bawah ini.

Ringkasan

  • Panjang ukuran lapangan sepak bola internasional yaitu 100 – 110 meter, sedangkan panjang ukuran lapangan sepak bola nasional yaitu 90 – 120 meter.
  • Lebar lapangan sepak bola menurut standar internasional yaitu 64 – 75 meter, sedangkan lebar lapangan sepak bola menurut standar nasional yaitu 45 – 90 meter.
  • Induk organisasi sepak bola internasional yaitu FIFA (Federation Internationale de Football Association) sedangkan induk organisasi sepak bola Indonesia yaitu PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).
  • Komponen dalam lapangan sepak bola yaitu The touchline (garis samping), The goal line (garis gawang), Halfway (garis tengah), Center circle (lingkaran tengah), Center spot (titik tengah), Penalty Box, Goal box (kotak area gawang), Titik penalti, Penalty arc, Corner arca dan Corner Flagpost.

Lihat Juga : Ukuran Lapangan Basket

Apa itu Permainan Sepak Bola?

Apa itu Sepak Bola
Sumber Gambar : cnbc.com

Sepak bola adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 regu. Masing-masing regu terdiri dari 11 orang. Lama permainan sepak bola yaitu selama 2 x 45 menit. Tujuannya adalah untuk mencetak gol sebanyak – banyaknya dengan mengoper bola ke gawang lawan menggunakan kaki atau bagian tubuh lainnya, kecuali tangan.

Sepak bola dimainkan di lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan dua gawang di kedua ujung lapangan. Induk organisasi sepak bola internasional yaitu FIFA (Federation Internationale de Football Association ) sedangkan induk organisasi sepak bola Indonesia yaitu PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Lihat Juga : 46 Alat Musik Tradisional Indonesia

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola Menurut Standar Internasional

Menurut FIFA (Federation Internationale de Football Association) sebagai induk organisasi sepak bola internasional. Berikut rincian ukuran lapangan sepak bola secara internasional:

  • Panjang lapangan : 100 – 110 m
  • Lebar lapangan : 64 – 75 m
  • Lingkaran tengah radius : 9,15 m
  • Panjang kotak penalti : 40 m
  • Lebar kotak penalti : 16,5 m
  • Tinggi gawang: 2,4 m
  • Panjang gawang: 7,3 m

Untuk lebih detailnya, berikut perhatikan gambar ukuran lapangan sepak bola menurut standar internasional di bawah ini :

Standar Lapangan Sepak Bola Internasional
Sumber Gambar : wikipedia.org

Gambar dan Ukuran Lapangan Sepak Bola Menurut Standar Nasional

Menurut PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di Indonesia, berikut aturan ukuran lapangan sepak bola secara nasional :

  • Panjang lapangan : 90 – 120
  • Lebar lapangan : 45 – 90 m
  • Lingkaran tengah radius : 9,15 m
  • Kotak kiper 18,3 x 5,5 m
  • Kotak penalti 40,3 x 16,5 m
  • Tinggi gawang: 2,4 m
  • Panjang gawang: 7,3 m

Untuk lebih detailnya, berikut perhatikan gambar ukuran lapangan sepak bola menurut standar nasional di bawah ini :

Standar Lapangan Sepak Bola Nasional
Sumber Gambar : wikipedia.org

Ukuran Bola

Bola yang digunakan terbuat dari kulit sintetis atau kulit asli dan memiliki ukuran serta berat yang sudah ditentukan. Berikut rincian ukurannya :

  • Berat bola : 410 – 450 gram
  • Keliling : 68 – 70 gram
  • Tekanan udara : 0,60 – 1,1 atmosfer

Lihat Juga : 26 Daftar Suku Bangsa Indonesia

Komponen – Komponen Lapangan Sepak Bola

Komponen Lapangan Sepak Bola
Sumber Gambar : pinterest.com

Ada 11 komponen dalam lapangan sepak bola menurut standar internasional maupun nasional. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan di bawah ini:

1. The Touchline (Garis Samping)

Garis samping adalah batas tepi dalam lapangan sepak bola. Garis ini menandai batas area bermain dan menentukan batas lapangan. Apabila bola melintasi garis ini, baik di tanah maupun di udara, maka dianggap keluar lapangan sehingga pertandingan akan dihentikan sejenak. Permainan akan dilanjutkan dengan melakukan lemparan dalam menggunakan tangan.

panjang garis samping juga disebut sebagai panjang ukuran dalam lapangan sepak bola yaitu sekitar 90 – 120 meter menurut standar nasional sedangkan berdasarkan standar internasional yaitu sekitar 100 – 110 meter.

2. The Goal Line (Garis Gawang)

Garis gawang adalah garis yang sejajar dengan gawang. Garis ini juga digunakan sebagai acuan untuk mengukur lebar lapangan sepak bola. Apabila bola melewati garis gawang yang dilakukan oleh tim lawan, maka pertandingan akan dihentikan sementara. Kemudian akan dimulai kembali dengan tendangan gawang. Namun, jika bola keluar dari garis gawang oleh pemain dari tim sendiri, maka pertandingan akan dihentikan dan dilanjutkan dengan tendangan sudut dari tim lawan.

3. Halfway (Garis Tengah)

Garis tengah lapangan sepak bola adalah garis yang membagi lapangan menjadi dua bagian yang sama, secara horizontal. Garis ini berjalan melintasi lapangan sepak bola dari satu sisi lapangan ke sisi yang berlawanan. Garis tengah biasanya digunakan sebagai titik awal pertandingan, di mana bola ditempatkan di tengah lapangan dan tendangan awal dilakukan oleh salah satu tim. Garis tengah memiliki ukuran yang sama dengan lebar lapangan.

4. Center Circle (Lingkaran Tengah)

Lingkaran tengah adalah lingkaran yang terletak di tengah lapangan sepak bola, tepat di atas garis tengah. Lingkaran ini memiliki radius yang ditentukan oleh regulasi sepak bola dan biasanya memiliki diameter sekitar 9-10 meter. Lingkaran tengah berfungsi sebagai tendangan kick off yang artinya pertandingan dimulai.

5. Center Spot (Titik Tengah)

Adalah titik yang terletak persis di tengah lapangan. Titik ini ditandai dengan sebuah lingkaran kecil atau tanda lainnya. Titik tengah digunakan sebagai titik awal pertandingan, di mana bola ditempatkan di atas titik ini sebelum tendangan awal dilakukan.

Lihat Juga : Contoh Teks Eksplanasi

6. Penalty Box

Disebut juga sebagai kotak penalti. Area ini ditandai oleh dua garis yang membentuk sudut kanan di depan gawang biasanya dikenal sebagai garis penalti dan garis gawang. Pemain diharapkan untuk tidak melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Karena jika terjadi, maka akan terjadi tendangan penalti yang berpotensi lebih mudah untuk mencetak gol.

7. Goal Box (Kotak Area Gawang)

Ukuran kotak area gawang lebih kecil dari kotak penalti. Area ini juga dapat disebut sebagai area kekuasaan kiper. Contohnya, ketika kiper akan menangkap bola yang tinggi dalam area ini dan terganggu oleh pihak lawan. Maka, Kiper akan mendapatkan hadiah pelanggaran dengan tendangan bebas ke arah lawan.

8. Penalty Arc

sebuah lengkungan setengah lingkaran yang terletak di luar kotak penalti pada lapangan sepak bola. Lengkungan ini berpusat pada titik penalti dan melintasi garis penalti. Penalti arc membantu menciptakan jarak antara pemain bertahan dan penendang saat tendangan penalti dilakukan, sehingga memberikan keuntungan bagi penendang untuk mencetak gol tanpa adanya tekanan langsung dari pemain bertahan

9. Penalty Spot (Titik Penalti)

Titik penalti dalam sepak bola adalah titik di dalam kotak penalti yang digunakan sebagai tendangan penalti. Titik penalti terletak 11-12 meter dari garis gawang. Saat tendangan penalti, penendang berdiri di titik penalti dan mencoba mencetak gol melewati kiper lawan tanpa adanya hambatan dari pemain bertahan.

10. Corner Flagspot

Corner flagpost adalah tiang yang ditempatkan di masing-masing sudut lapangan sepak bola, tepat di luar area lapangan. Tiang bendera sudut biasanya terdiri dari batang yang dipasang secara vertikal dan dilengkapi dengan bendera berwarna yang biasanya menandai warna atau simbol dari tim yang menggunakan lapangan tersebut.

11. Corner Arc

Corner arc berbentuk seperempat lingkaran yang terletak di pojok lapangan. Area ini berfungsi untuk meletakkan bola ketika terjadi tendangan pojok.

Lihat Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Penutup

Itulah ukuran lapangan sepak bola menurut standar nasional dan internasional beserta keterangannya. Terdapat sedikit perbedaan dalam ukuran panjang dan lebar lapangan. Dari penjelasan di atas diharapkan dapat membantu kalian yang masih belum paham mengenai ukuran lapangan sepak bola. Jika masih kurang jelas bisa tanya melalui Komen di bawah ini.

Berapa jumlah pemain sepak bola?

Jumlah pemain dalam permainan sepak bola yaitu masing-masing regu terdiri dari 11 orang.

Berapa lama permainan sepak bola berlangsung?

Permainan sepak bola berlangsung selama 2 x 45 menit.

Apa saja peralatan yang dibutuhkan dalam permainan sepak bola?

Bola , sepatu, kaos atau jersey, celana pendek, kaos kaki dan pelindung kaki.

Apa saja manfaat dalam permainan sepak bola?

Manfaat yang diperoleh dalam permainan sepak bola yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi lemak, meningkatkan kesehatan jantung dan kardiovaskular serta mengurangi stres.

Teknik apa saja yang digunakan dalam permainan sepak bola?

Teknik menggiring bola (Dribbling), mengoper bola (Passing), menendang bola (Shooting) dan menyundul (Heading).


Penulis : Asiyatul Ulfiyah | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Asiyatul Ulfiyah

Asiyatul Ulfiyah adalah penulis artikel di web dianisa.com. Saya memiliki minat dalam bidang sosial media, content creator, dan content writer. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bidang yang lain yang dapat meningkatkan kemampuan saya.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 260 PP WA Couple Keren, Lucu, Aesthetic, Romantis, Terpisah, dan Paling Kece!

    Berikut kami bagikan kumpulan foto profil / pp wa couple terpisah, dan paling kece yang bisa…
  2. 172 PP (Foto Profil) Kucing Couple Terpisah, Lucu Gemoy, dan Aesthetic!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) kucing couple terpisah lucu dan aesthetic yang telah kami kumpulkan dan…
  3. 100 PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah yang telah kami kumpulkan dan dapat Anda…