25 Contoh Poster Bullying Simple, Mudah Digambar dan Ditiru!

Berikut beberapa contoh poster bullying yang simple, mudah ditiru anak TK, SD, SMP, dan SMA!

Apa yang terbesit di pikiran dan benak Anda jika mendengar kata bully atau bullying? Hal ini tentu sudah ramai diperbincangkan di masyarakat, pelaku bully termasuk tindakan tidak terpuji yang harus di tindak lanjut oleh berbagai pihak demi menjamin ketenteraman bersama. Kasus bullying sangat merugikan bagi para korban perundungan, ini akan menimbulkan kondisi yang tidak seimbang karena terintimidasi, sehingga korban merasa sulit untuk mempertahankan diri terhadap perilaku negatif yang dialaminya.

Untuk mengatasi tindakan bullying, diperlukan upaya yang melibatkan berbagai pihak, termasuk pendidikan dan kesadaran tentang bullying melalui pembinaan serta penggunaan poster sebagai media untuk menyebarkan pesan pencegahan dan memberikan informasi kepada siswa serta warga tentang tanda-tanda bullying serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk melaporkannya, dengan harapan menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari bullying di sekolah maupun masyarakat.

Kali ini kami akan memberikan contoh poster bullying, guna untuk pembelajaran dan referensi yang bermanfaat untuk kita semua. Silakan simak contoh gambar poster dan penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Fancy Text Generator

Apa itu Bullying?

Contoh Poster Bullying Simple Aesthetic

Untuk memahami perilaku bullying, Anda harus tahu dulu apa itu bullying beserta bentuk-bentuk bullying. Bullying adalah salah satu perilaku agresif dan berulang yang dilakukan untuk menyebabkan kerusakan, kesengsaraan, atau ketakutan pada individu lain. Umumnya, perilaku ini melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan antara si pelaku dan si korban. Bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk fisik, verbal, relasional, dan siberbullying. Biasanya terjadi secara berulang dari waktu ke waktu, sehingga sangat merugikan kesejahteraan dan kesehatan mental bagi para korban.

Bullying fisik melibatkan menyakiti fisik atau mengancam seseorang, seperti memukul, mendorong, atau mengambil barang mereka. Kemudian, ada bullying verbal yang terjadi saat seseorang menghina, mencemooh, atau mengatakan hal-hal yang merendahkan kepada orang lain. Ketiga, ada bullying relasional yang melibatkan upaya merusak reputasi seseorang, menyebarkan rumor jahat, atau mengisolasi mereka dari kegiatan sosial. Terakhir, ada juga cyberbullying yang terjadi melalui media sosial atau platform digital lainnya, di mana seseorang menggunakan teknologi untuk melecehkan, mengintimidasi, atau merendahkan orang lain.

Lihat Juga : 150 Nada Dering WA Pendek, Keren Lucu!

Contoh Poster Bullying Simple, Mudah Digambar dan Ditiru!

Suasana sekitar Anda akan tampak inklusif jika kita semua menjauhi perundungan atau bullying. Seperti daftar poster anti bullying yang kami rangkum berikut, Anda dapat mempelajari dan mengkampanyekannya ke lingkungan sekitar maupun ke sosial media Anda, agar semakin banyak orang-orang menindak keras pelaku pembully agar mereka berhenti. Langsung saja, simak contoh poster bullying berikut ini!

1. No bullying di sekolah

1 No bullying di sekolah
Poster No bullying di sekolah. Postermywall.com

Poster ini dapat kita temukan di lingkungan sekolah. “No. Bullying! Safe School Zone” artinya “tidak ada perundungan! zona sekolah aman”. Sebenarnya slogan ini mengandung dua pesan utama. “No. Bullying!, ini bermaksud untuk menyerukan tidak adanya perundungan yang merupakan tindakan merugikan dan melecehkan korban di antara siswa. “Safe School Zone”, memberikan pesan penekanan pentingnya menciptakan lingkungan di sekolah aman serta  bebas dari ancaman, kekerasan, dan perilaku yang membahayakan siswa dalam belajar.

2. STOP keras saling membully

2 STOP keras saling membully
STOP keras saling membully. Postermywall.com

“Stop Bullying Defend The Bulled”. Poster tersebut memiliki makna “Hentikan Perundungan, Bela yang Diperundung”, pada intinya poster ini mengajak kita atau masyarakat untuk menghentikan bullying dalam bentuk apapun. Selanjutnya, kita semua harus membela hak korban yang di bully secara proaktif serta memberikan dukungan moral kepada mereka.

3. Jangan membully orang, Stop Kawan!

3 Jangan membully orang, Stop Kawan!
Stop! Jangan membully orang, kawan! Pelajaran jauhi bullying. Kompasiana.com

Poster “Stop Bullying” di sini memberikan pelajaran dan pesan untuk kenali, jauhi, dan rehabilitasi pelaku bullying. Di poster tersebut juga memberikan makna dari bullying itu sendiri yang merupakan tindakan pembunuhan hak, kewarasan, dan kebahagiaan. Perilaku pembully tidak boleh didiamkan, karena semakin krisis mental, semakin krisis masa depan generasi penerus bangsa.

4. STOP cyberbulying, ayo laporkan pelaku bullying!

4 STOP cyberbulying, ayo laporkan pelaku bullying!
STOP cyberbulying, ayo laporkan pelaku bullying. Postermywall

“Think Before You Type, Stop Cyber Bullying!” ini memberikan pesan untuk “pikirkan sebelum mengetik, hentikan perundungan siber!”. Anda dapat mengkampanyekan slogan poster ini di lingkungan masyarakat, agar saling memberikan pelajaran untuk sesama. Maksud keseluruhan dari poster bullying ini adalah mengajak kita untuk berperilaku bertanggung jawab dan mencegah perundungan daring atau online, dengan berpikir sebelum mengetik sesuatu di dunia online. Jika Anda mengetahui perilaku perundung segera laporkan ke pihak berwajib terdekat, untuk melindungi para korban perundungan.

5. Bebas bully di kelas, kita bersama-sama

5 Bebas bully di kelas, kita bersama-sama
Bebas bully, ayo bersama-sama jauhi bullying. Postermywall

“This Is A Bully Free Classroom! Stand Up Speak Up!” Anda dapat menggunakan poster ini di sekolah terutama di ruang kelas Anda, untuk melindungi kenyamanan belajar kita di sekolah. Adapun maksud keseluruhan dari poster ini untuk mengajak kita semua menciptakan lingkungan kelas yang bebas pembully, dan menggunakan hak-hak kita untuk aktif berkontribusi dalam melawan perundungan dengan berdiri dan bersuara, demi kenyamanan dan kebahagiaan bersama.

6. Ayo belajar jenis-jenis bullying, dan stop bullying

6 Ayo belajar jenis-jenis bullying, dan stop bullying
Ayo belajar jenis-jenis bullying, dan stop bullying. Kemdikbud.go.id

Kita semua harus mengenal “Apa saja yang termasuk jenis bullying” seperti yang dipaparkan pada poster di atas. Poster ini mengajak masyarakat untuk mengenali apa saja jenis bullying, beberapa jenisnya di antaranya seperti: bullying fisik dan non fisik, cyber bullyin2g melalui media elektronik, bullying verbal dan non verbal.

7. Ayo jauhi perundungan, jangan membully!

7 Ayo jauhi perundungan, jangan membully!
Ayo jauhi perundungan, jangan membully. Praktis Simple

“Stop Perundungan”, poster stop perundungan di atas akan memberikan pesan yang keras bagi kita semua untuk menghentikan bullying di mana pun dan kapan pun.

8. Stop bullying, ajakan jangan membully!

8 Stop bullying, ajakan jangan membully!
Stop bullying, ajakan jangan membully. Menggambar Mania

Poster “Stop Bullying”, dapat digunakan di lingkungan masyarakat, sekolah, maupun di media sosial, untuk memperingatkan sesama manusia agar menjauhi perilaku tersebut.

9. Stop bullying, bersama-sama jauhi bullying!

9 Stop bullying, bersama-sama jauhi bullying!
Stop bullying, bersama-sama jauhi bullying. Menggambar Mania

Poster sederhana “Stop Bullying” di atas dapat kita buat sendiri untuk mengampanyekan kepada dunia agar tidak saling membully. Ayo bersama-sama jauhi perundungan untuk menciptakan keamanan dan rasa nyaman.

10. Stop perundungan, ayo pelajari cara mencegah bullying!

10 Stop perundungan, ayo pelajari cara mencegah bullying!
Stop perundungan, ayo pelajari cara mencegah bullying. Tatik Wardayati

Gambar di atas merupakan poster “Stop Perundungan” yang dilengkapi dengan pembelajaran bagaimana cara mencegah perundungan. seperti yang dipaparkan pada poster tersebut, sudah tampak jelas perundungan merupakan tindakan yang dapat menyakiti fisik, verbal, psikolog seseorang. Telah disertakan juga cara-cara mencegah perundungan.

Lihat Juga : Cool Font Text Generator

11. Bahaya, ayo jauhi merundung teman, STOP BULLYING

11 Bahaya, ayo jauhi merundung teman, STOP BULLYING
Bahaya, ayo jauhi merundung teman, STOP Bullying. SMA Muhammadiyah Kediri

Ini juga termasuk poster “Stop!! Perundungan!, yang memiliki maksud sama dengan poster-poster sebelumnya. Perundungan dalam jenis apa pun akan mengakibatkan mental seseorang menjadi lemah, rasa sakit hati, hingga bunuh diri. Sungguh kejam pelaku perundung ini, ayo terus serukan hak-hak mereka yang perlu di bela, serta lawan dan laporkan para perundung.

12. Ayo ramai-ramai sosialisasikan, bahaya membully teman!

12 Ayo ramai-ramai sosialisasikan, bahaya membully teman!
Ayo ramai-ramai sosialisasikan, bahaya membully teman. Nisrina Aziza

Perilaku bullying termasuk mengintimidasi seseorang yang di bully, seperti yang dijelaskan pada poster di atas. Poster “Say No. To Bullying” tersebut menjelaskan detail mengenai definisi bullying, kemudian cara-cara menghentikan dan menjauhi bullying.

13. Membully orang, jangan coba-coba!

13 Membully orang, jangan coba-coba!
Membully orang, jangan coba-coba. Karya Kami OK

Poster di atas juga menjadi bukti bahwa korban bullying sangat rentan dan perlu diberikan pembelaan penuh. Anda dapat mensosialisasikan poster-poster seperti ini agar banyak orang yang akan menindak keras pembully untuk di berikan pelajaran oleh pihak berwenang.

14. NO BULLYING – Stand Up To Bullying

14 NO BULLYING - Stand Up To Bullying
NO BULLYING – Stand Up To Bullying. Freepik.com

Pada tanggal 19 November merupakan peringatan internasional untuk “Stop Bullying”. Umumnya ini diperingati pada tanggal 13-19 November, untuk menyerukan “Anti Bullying”. Seperti yang dijelaskan dari Victoria Park Health Centre, penelitian menunjukkan bahwa 30% anak-anak pernah mengalami perundungan dalam satu tahun terakhir. Perilaku perundungan inilah dapat menimbulkan dampak yang signifikan, bahkan dapat berlangsung hingga dewasa. Ayo bersama-sama menyerukan pemahaman kepada masyarakat di sekitar kita untuk menghentikan bullying.

15. SPEAK OUT STOP BULLYING

15 SPEAK OUT STOP BULLYING
Speak out stop bullying. Freepik.com

Ada banyak sekali jenis-jenis verbal bullying, di antaranya adalah physical bullying, social bullying, dan cyber bullying. Ayo kenali dan jauhi bullying, usahakan untuk melindungi korban bully, dan melaporkan perundung agar diberikan pelajaran untuk direhabilitasi, karena mereka harus dihentikan.

16. Poster – International Day, Stand up to Bullying

16 International Day, Stand up to Bullying
International Day, Stand up to Bullying. Freepik.com

Sama seperti penjelasan sebelumnya, poster di atas dapat Anda kampanyekan bersama-sama untuk bergerak menghentikan bullying atau “Stand Up To Stop Bullying Day setiap tanggal 19 November.

17. Poster Anti-perundungan

17 Poster Anti-perundungan
Poster Anti-perundungan. Canva.com

Poster di atas mengajak kita semua untuk “Stop Bullying Sekarang”, di mana pun dan kapan pun kita harus bergerak menghentikan perilaku perundungan. Ayo membela korban untuk bebas kembali, karena mereka mungkin tidak mampu untuk speak up. Poster di atas juga menyertakan situs bagi semua yang mau bergabung dalam inisiatif anti perundungan melalui platform mereka.

18. Poster Merah dan Hitam Orang Anti Perundungan

18 Poster Merah dan Hitam Orang Anti Perundungan
Poster – Kampanye Anti Perundungan. Canva.com

Poster di atas sangat cocok digunakan bagi mereka yang punya komunitas “Anti Perundungan”. Anda dapat membagikan poster-poster anti bully di masyarakat maupun ke media sosial.

19. Poster Sederhana Mengasuh Anak Tanpa Bullying

19 Poster Sederhana Mengasuh Anak Tanpa Bullying
Poster Sederhana Mengasuh Anak Tanpa Bullying. Canva.com

Sebagai orang tua sudah sepantasnya untuk mengenali perilaku dan sikap sang anak. Orang tua, tempat tinggal, dan teman di sekitar sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Penting untuk mewaspadai anak Anda agar tidak terjerumus ke dalam perilaku jahat membully. Seperti yang dijelaskan di poster di atas, ada beberapa tanda kebiasaan seorang anak melakukan bully, dapat Anda pelajari sendiri. Kemudian, terdapat penjelasan apa saja yang harus orang tua lakukan untuk memberikan pemahaman kepada sang anak. Usahakan untuk menghentikan dan memberikan pemahaman penuh agar seorang anak tidak membully. Satu hal penting lainnya bagi para orang tua adalah menjadi role model yang positif bagi anak-anaknya.

20. Stop Bullying, Poster Sosialisasi Bullying

20 Stop Bullying, Poster Sosialisasi Bullying
Stop Bullying, Poster Sosialisasi Bullying. Pinterest

Seperti yang dipaparkan pada desain poster di atas, bullying adalah perilaku tercela. Beberapa bentuk umum bullying di antaranya seperti, mengambil hak orang lain tanpa izin, menyebarkan informasi palsu tentang seseorang, menertawakan atau mengejek seseorang, menyebut nama seseorang dengan merendahkan, mengancam seseorang, mengucilkan teman, dan menyakiti seseorang secara fisik secara emosional. Tindakan kejam seperti bullying harus dijauhi dan di tindak keras agar tidak satu pun seseorang menjadi korban bully di mana pun berada.

Lihat Juga : 1000 Kata – Kata Bijak Kehidupan

21. Poster Bullying, Kampanye Jenis-jenis Bullying

21 Poster Bullying, Kampanye Jenis-jenis Bullying
Poster Bullying, Kampanye Jenis-jenis Bullying. Pinterest

Anda dapat mensosialisasikan poster mengenai anti bullying di lingkungan sekitar Anda, guna mencerminkan lingkungan yang inklusif. Di sekolah, masyarakat, sosial media, dan di mana pun pemahaman stop bullying akan dijadikan pelajaran bagi kita semua untuk menghindarinya. Seperti poster di atas, terdapat pelajaran mengenai apa itu bentuk-bentuk bullying, di antaranya physical, verbal, social, dan digital bullying. Tujuan poster tersebut adalah untuk memberikan pemahaman mengenai bentuk-bentuk bullying, agar dijadikan pelajaran dan saat mengetahui perilaku ini segera melaporkan pelaku untuk ditindak lanjuti serta melindungi korban yang di bully.

22. Stop Bullying! Bully Tindakan Tercela

22 Stop Bullying! Bully Tindakan Tercela
Stop Bullying! Bully Tindakan Tercela. Pinterest

Seperti yang dibahas pada penjelasan-penjelasan sebelumnya, poster ini juga mengajak semua orang untuk menghentikan bullying.

23. STOP Cyber-bullying!

23 STOP Cyber-bullying!
STOP Cyber-bullying. Pinterest

Bukan hanya ditemukan di lingkungan sekitar, namun bullying bisa terjadi di dunia digital, seperti halnya di media sosial sekarang ini. Bijaklah dalam berpendapat maupun berkomentar di akun media sosial. Anda mungkin merasa bebas namun mengejek atau menjelek-jelekkan seseorang di dunia cyber termasuk ke dalam bentuk bullying.

24. Cegah bullying pada anak, Ayo mengenal bahaya bullying!

24 Cegah bullying pada anak, ayo mengenal bahaya bullying
Cegah bullying pada anak, ayo mengenal bahaya perundungan. Pinterest

Sangat perlu menjamu atau memberikan pemahaman khusus kepada anak-anak, terutama di rumah dari orang tua serta di sekolah oleh para guru. Poster-poster seperti di atas, sangat bermanfaat agar sang anak mampu mengenali dan belajar bahwa perilaku bullying sangat tercela. Beberapa pelajaran yang dapat dipaparkan dalam poster anti bullying pada anak seperti apa itu bullying, jenis bullying, dampak dari bullying, hingga pencegahan bullying.

25. Pembully harus di tindak keras, Ayo berhenti membully!

25 Pembully harus di tindak keras, Ayo berhenti membully!
Pembully harus di tindak keras, Ayo berhenti membully. Edoostory.id

Poster di atas menunjukkan perilaku bullying harus ditindak keras, khususnya di lingkungan sekolah. “Stop Bullying” termasuk slogan anti perundungan yang sangat singkat namun bermakna untuk mengajak semua siswa dan pelajar menjauhi perilaku bullying.

Lihat Juga : 50 Contoh Pantun Nasehat

Penutup,

Itulah penjelasan dan contoh-contoh poster tentang perilaku bullying. Beberapa contoh poster di atas mudah dipahami serta mudah Anda gambar ulang untuk bahan pembelajaran dan sosialisasi di masyarakat. Cocok juga untuk referensi tugas menggambar poster bullying di sekolah Anda. Dengan adanya pembinaan yang efektif dan poster bullying yang terlihat dan dapat diakses oleh semua pihak, diharapkan kesadaran dan pengetahuan tentang masalah ini akan meningkat.

Teruslah berbuat kebaikan dengan tidak merendahkan maupun menjelek-jelekkan orang lain. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah dan masyarakat yang aman, inklusif, dan bebas dari bullying, di mana setiap individu diperlakukan dengan hormat dan memiliki kesempatan untuk berkembang secara positif.

Pertanyaan seputar bullying!

Apa itu bully?

Bullying adalah tindakan agresif dan berulang yang menyakiti, mengintimidasi, atau merendahkan orang lain yang dianggap lebih lemah atau rentan.

Apa saja yang termasuk jenis-jenis bully?

Jenis-jenis bully meliputi fisik, verbal, sosial, verbal nonverbal, dan cyberbullying.

Apa saja slogan yang cocok untuk menghentikan bullying?

“Hentikan Bullying, Mulailah Kebaikan”, “Jadilah Sahabat, Bukan Pembully”, “Berdiri, Bersuara, Hentikan Bullying!”, “Bersama Kita Dapat Menghentikan Bullying”, Speak Out, Stop Bullying”, dan masih banyak lagi.

Apa tujuan membuat poster atau kampanye anti-bullying?

Poster atau kampanye anti-bullying bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, mendukung korban, mendorong tindakan positif, dan mengedukasi masyarakat.

Bagaimana sikap kita ketika melihat adanya tindakan bullying?

Sikap yang tepat saat melihat bullying adalah tidak diam, melaporkan kepada orang dewasa, memberikan dukungan kepada korban, dan tidak menyalahkan korban.

Apakah bullying bisa dilaporkan ke pihak polisi?

Bullying dapat dilaporkan ke pihak polisi jika melibatkan kekerasan fisik serius, ancaman yang meyakinkan, atau kejahatan.

Bagaimana menumbuhkan kesadaran kepada anak agar tidak menjadi pembully?

Untuk mencegah anak menjadi pembully, perlu menumbuhkan kesadaran tentang menghormati perbedaan, mengajarkan empati, dan mengedukasi tentang akibat buruk dari bullying.


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin

Kumpulan Poster

Rudi Dian Arifin

Rudi Dian Arifin adalah pemilik, penulis, dan editor utama di Dianisa.com. Ia fokus pada pemecahan masalah pada perangkat Android dan Windows. Saat ini, ia juga mengelola Yunt.co, sebuah situs yang menyajikan berbagai tools keren untuk segala macam kebutuhan.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi HP OPPO Lemot, Sering Hang, Macet

    Berikut penyebab dan beberapa tips mengatasi HP OPPO yang lemot, macet, lag yang dapat Anda simak…
  2. 415 Nada Dering Lucu, Aneh, Unik, TikTok, Lengkap dan Terbaru 2024

    Berikut kami bagikan sejumlah nada dering yang bisa Anda jadikan nada notifikasi smartphone!
  3. 62 Nada Dering Nokia Jadul Semua Tipe, Terlengkap 2024

    Berikut kami bagikan kumpulan nada dering Nokia jadul versi lama MP3 yang bisa kamu download dan…