30 Contoh Poster Lingkungan Simple, Mudah Ditiru Anak TK, SD, SMP!

Berikut kumpulan contoh poster lingkungan yang mudah ditiru anak TK dan SD!

Sudah sejauh mana kepedulian Anda terhadap bumi? Jika Anda berpikir positif mengenai ini, seharusnya Anda adalah salah satu dari miliaran orang di dunia yang menyadari akan kelestarian bumi. Ini dapat di mulai dari hal kecil, untuk menanamkan tanggung jawab bersama dalam upaya menjaga kelestarian alam dan mengimplementasikannya di lingkungan sehari-hari. Misalnya, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan beralih ke penggunaan tas belanja kain atau tumbuh-tumbuhan di pekarangan rumah. Selain itu, mengajak tetangga dan teman-teman untuk turut serta dalam aksi pembersihan lingkungan setempat juga dapat memberikan dampak positif.

Dalam konteks ini, kami berkesempatan untuk menulis artikel tentang poster bertema lingkungan. Poster semacam ini dapat mencakup gambar-gambar yang mudah digambar dan ditiru, sehingga dapat memicu partisipasi masyarakat lebih luas. Misalnya, gambar anak-anak menanam pohon di halaman rumah atau berkelompok membersihkan pantai, akan memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk terlibat dalam tindakan nyata. Ini menjadi sarana yang efektif untuk membangun kesadaran dan mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Ada banyak pilihan gambar yang simple dan mudah dipahami, sehingga dapat dijadikan referensi menggambar bagi anak-anak sekolah.

Lihat Juga : 150 Stiker WA Lucu, Ngakak, Bisa Bergerak, Viral!

Contoh Poster Lingkungan, Mudah Digambar dan Ditiru!

Poster tema ini umumnya, akan fokus pada kelestarian alam, menjaga dan merawat lingkungan, serta kepedulian terhadap bumi. Gambar-gambar yang dapat digunakan meliputi individu maupun sekelompok orang, lingkungan, pohon, tumbuhan, binatang, dan alam secara umum. Pesan yang ingin disampaikan dapat berupa “Selamatkan Bumi, Mulai dari Sekarang!” atau “Jaga Alam, Jaga Masa Depan.” Langsung saja simak poster-poster yang  bertema lingkungan berikut ini!

1. Hutan Kita Harta Kita

1. Hutan Kita Harta Kita
Mari kita selalu menjaga hutan, untuk kelestarian lingkungan kita semua. Pinterest

Dengan membaca slogan poster di atas, secara langsung kita semua sudah memahami maknanya. “Hutan Kita Harta Kita, Ayo Lindungi Selagi Kita Bisa!”, membawa maksud hutan adalah kekayaan kita sebagai makhluk hidup yang menempati permukaan bumi. Sudah menjadi tugas semua orang untuk menjaga kelestariannya.

2. Lindungi Bumi Jauhi Plastik

2 Lindungi Bumi Jauhi Plastik
Lindungi bumi jauhi plastik, demi keselamatan semua makhluk hidup. Pinterest

Kita hidup di bumi tidak hanya sendiri, mulai pikirkan untuk peduli lingkungan sekitar Anda, karena di sana ada makhluk hidup lain yang juga menempati bumi. Bahkan, bukan hanya lingkungan sekitar, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian alam di mana pun dan kapan pun, dengan tidak menggunakan bahan-bahan yang membahayakan lingkungan seperti, plastik. Poster di atas mengajak kita untuk melindungi bumi dengan menjauhi plastik, bahan ini tidak terurai dan bisa merusak lingkungan.

3. Ilustrasi Bumi Sehat

3. Ilustrasi Bumi Sehat
Desain poster yang mengilustrasikan bumi kota yang sehat, bebas dari sampah dan pencemaran. Pinterest

Anda dapat menggambar desain poster seperti di atas, untuk mengampanyekan bumi yang sehat dan peduli kelestarian alam. Di sana diilustrasikan dengan jelas, bumi yang sehat terlihat subur dan bersih, serta kelestarian makhluk hidup di permukaan bumi tetap terjaga. Mulai saat ini, usahakan untuk peduli lingkungan dan hindari hal-hal yang merusak lingkungan kita.

4. Mendaur Ulang Sampah

4. Mendaur Ulang Sampah
Mendaur ulang sampah yang bisa di daur ulang untuk lingkungan lebih bermanfaat untuk keberlanjutan lingkungan, daripada membuang sampah sembarangan. Pinterest

“Reduce, Recycle, Reuse”, merupakan ilustrasi poster yang menginformasikan kepada semua orang untuk berkontribusi menjaga keberlanjutan lingkungan. Arti dari slogan tersebut adalah, mengurangi, mendaur ulang, dan menggunakan kembali. Kita dapat mengurangi bahan-bahan yang sulit terurai di bumi, jika kita telah menggunakan bahan seperti plastik dan sejenisnya dapat kita daur ulang, kemudian menggunakannya kembali agar lebih efektif dan tidak menjadi sampah yang merusak.

5. Jangan Buang Sampah Di Sungai

5 Jangan Buang Sampah Di Sungai
Lestarikan lingkungan, dengan tidak mengotori aliran sungai. Kanal YouTube Doni Studio

Ayo lestarikan lingkungan sungai, dengan tidak membuang sampah di sungai. Poster di atas mengingatkan kita untuk menjaga kelestarian sungai dan menjaganya tetap bersih, banyak ikan-ikan dan makhluk hidup lainnya yang bertahan hidup di sana. Tidak sepantasnya sebagai manusia mengotori sungai dengan sampah seenaknya, dan buanglah sampah pada tempatnya.

6. Terus Menanam Pohon, Bumi Akan Lestari

6 Terus Menanam Pohon, Bumi Akan Lestari
Menanam pohon akan menyelamatkan bumi, terus cintai bumi kita. Kanal YouTube Doni Studio

Salah satu cara untuk turut serta menjaga kelestarian alam dan bumi kita adalah menanam pohon. Menanam pohon akan menyelamatkan bumi karena termasuk penghijauan bumi, ini akan mengurangi pencemaran-pencemaran yang telah terjadi saat ini. Seperti yang di serukan pada poster di atas, yang berslogan Ayo Tanam Pohon, Bumi Lestari!”.

7. Jaga Kebersihan Tempat Wisata

7 Jaga Kebersihan Tempat Wisata
Menjaga tempat wisata dan tempat umum tetap bersih, jangan merusak tempat wisata. Kanal YouTube Cara Menggambar

Poster tersebut mengajak kita untuk menjaga kebersihan tempat wisata, dengan slogan “Mari Jaga Kebersihan Tempat Wisata”. Anda mungkin dapat menemukan poster-poster seperti ini di tempat wisata atau kota keramaian. Ini sangat penting, untuk mengedukasi masyarakat untuk ikut serta menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang tempat.

8. Ayo Hijaukan Bumi

8 Ayo Hijaukan Bumi
Ayo saling beramai-ramai menghijaukan bumi agar subur dan lestari. Kanal YouTube Doni Studio

“Lestarikan Lingkungan Ayo Hijaukan Bumi!!! Ayo Tanam Pohon!”. Poster sederhana ini mudah sekali dibuat, sebagai siswa-siswi dapat mendesain poster seperti ini untuk menyerukan cinta lingkungan dan turut bergerak menjaga kelestariannya. Hal terpenting sesama generasi muda, kita harus saling mengingatkan untuk melestarikan bumi kita.

9. Lindungi Hayati, Indahnya Bumi

9 Lindungi Hayati, Indahnya Bumi
Menjaga kelestarian hayati di bumi. Pinterest

Poster lingkungan tersebut di desain dengan tema hutan, dengan banyaknya fauna seperti Gajah, Orang utan, Monyet, Harimau, Kerbau, Burung, sebagai satwa-satwa di hutan tersebut. Ada pula ilustrasi seorang anak yang bertemu satwa tersebut, dengan slogan yang bertuliskan “Lindungi Hayati, Indahnya Bumi. Desain poster ini memiliki maksud untuk mencintai satwa-satwa hutan di bumi kita, dengan merawat lingkungan dan melestarikannya.

10. Buanglah Sampah Pada Tempatnya

10 Buanglah Sampah Pada Termpatnya
Membuang sampah harus pada tempatnya ya teman-teman! Kanal YouTube Doni Studio

“Buanglah Sampah Pada Tempatnya”. Desain poster di atas digambarkan dengan jelas mengenai ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya, di sana juga diilustrasikan jenis-jenis sampah berdasarkan tempatnya, mulai dari sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3. Hal ini akan memudahkan pemahaman seseorang ketika akan membuang sampah dengan benar dan tidak merusak lingkungan.

Lihat Juga : Nama Buah dalam Bahasa Inggris

11. Stop Mencemari Lingkungan

11. Stop Mencemari Lingkungan
Berhenti melakukan pencemaran, hentikan tangan-tanganmu itu untuk merusak lingkungan. Kanal YouTube Ambar Cahyono

Anda dapat membuat poster tentang lingkungan dengan tema seperti desain di atas. “Stop Pencemaran, Ayo Jaga Lingkungan!”. Lingkungan akan tampak kumuh dengan sampah berserakan, sungai-sungai akan kotor jika banyak masyarakat tidak menjaga kebersihannya dengan membuang sampah di sungai. Seperti yang diilustrasikan pada poster tersebut, terlihat jelas pencemaran dan sampah yang berserakan akan memiliki dampak buruk untuk lingkungan.

12. Wujudkan Sekolah Bersih

12. Wujudkan Sekolah Bersih
Ayo budayakan untuk hidup bersih, selalu membuang sampah pada tempatnya dan mencintai lingkungan kita hidup. Kanal YouTube Doni Studio

Membuat poster kebersihan lingkungan di sekolah juga memberikan pemahaman yang baik kepada para siswa untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih. Seperti ilustrasi poster di atas yang menyerukan “Wujudkan Sekolah Bersih! Budayakan Hidup Bersih dan Buang Sampah Selalu Pada Tempatnya!”.

13. Stop Pencemaran, Yuk Jaga Lingkungan

13. Stop Pencemaran, Yuk Jaga Lingkungan
Jangan mencemari lingkungan agar terjaga kelestariannya. Kanal YouTube Ambar Cahyono

“Stop Pencemaran Ayo Jaga Lingkungan!”, dapat Anda jadikan poster seperti desain di atas, untuk menyerukan kepada seluruh masyarakat agar melestarikan lingkungannya. Harus diusahakan untuk tidak mencemari lingkungan dengan bahan-bahan yang merusak. Hal ini juga seharusnya diperhatikan bagi para pengusaha manufaktur atau pemilik pabrik agar bisa mengelola limbah pabrik dengan baik dan benar.

14. Ayo Hemat Air, Jangan Boros Air

14 Ayo Hemat Air, Jangan Boros Air
Ayo hemat air, jangan boros air agar kebersihan air di lingkungan tetap terjaga. Kanal YouTube Ambar Cahyono

Salah satu cara untuk mencintai lingkungan adalah menghemat air. Selain untuk keberlanjutan lingkungan, tidak boros air juga untuk menjaga ekosistem, meminimalkan dampak lingkungan, menghemat energi, serta memastikan pasokan air yang andal dan adil untuk generasi sekarang dan masa depan.

15. Stop Global Warming – Climate Change Poster by IceNiceIce

15 Stop Global Warming - Climate Change Poster by IceNiceIce
Stop Global Warming – Climate Change Poster by IceNiceIce. Pinterest

“Stop Global Warming!”. Untuk ikut berkontribusi dalam menjaga bumi adalah saling mengingatkan sesama manusia untuk menyerukan dan bertindak mengatasi Global Warming. Seperti yang diilustrasikan pada poster di atas, tampak jelas bumi yang saat ini sedang krisis iklim, sehingga mengancam keberlanjutan makhluk hidup di permukaan bumi. Kita semua harus menjaga kelestariannya, hindari penggunaan plastik berlebihan, jangan membuang sampah sembarang tempat, penggunaan oil gas secara terus menerus, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus kita hindari untuk menjaga bumi.

16. Contoh Gambar Desain Poster Lingkungan – Go Green

16 Contoh Gambar Desain Poster Lingkungan _Go Green_
Lakukan dari hal-hal kecil yang bermanfaat untuk menjaga lingkungan dan bumi kita tetap bersih. Pinterest

17. Say No To Plastic

17 Say No To Plastic
Jangan gunakan plastik, usahakan gunakan tempat yang ramah lingkungan demi kelestarian lingkungan dan makhluk hidup. Pinterest

18. Jangan Terus Menggunakan Plastik

18 Jangan Terus Menggunakan Plastik
Plastik tidak dapat di daur ulang dan menyebabkan pencemaran jika dibuang sembarangan, kasihanilah makhluk hidup di dalamnya. Pinterest

19. Poster Berapa Lama Penguraian Limbah?

19 Penguraian Limbah
Ketahuilah penguraian limbah dari bahan-bahan yang Anda gunakan, tetaplah menjaga kelestarian lingkungan. Pinterest

20. Gambar Poster Pencegahan DBD

20 Gambar Poster Pencegahan Dbd
Mencegah penyakit DBD atau demam berdarah dengan menjaga kebersihan di sekitar kita. Pinterest

Lihat Juga : Nama – Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

21. Poster Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

21 Pencegahan penyebaran virus Covid-19
Poster yang menjelaskan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan. Pinterest

22. Stop Merokok, Jaga Kesehatanmu!

22 Stop Merokok, Jaga Kesehatanmu!
Stop merokok, jaga kesehatanmu. Pinterest

23. Orang Bijak Buang Sampah Pada Tempatnya

23 Orang Bijak Buang Sampah Pada Tempatnya
Orang bijak buang sampah pada tempatnya. Kanal YouTube Doni Studio

24. Jagalah Lingkungan Anda Jangan Lakukan Pencemaran

24 Jagalah Lingkungan Anda Jangan Lakukan Pencemaran
Jagalah lingkungan anda jangan lakukan pencemaran. Kanal YouTube Ambar Cahyono

25. Germas Untuk Kesehatan Kita di Masyarakat

25 Germas Untuk Kesehatan Kita di Masyarakat
Ayo lakukan Germas untuk kesehatan kita di masyarakat. Pinterest

26. Poster Cegah Stunting

26. Poster Cegah Stunting
Ayo cegah stunting dengan memahami penyebab dan pencegahannya. Pinterest

27. Patuhi 5M di Masyarakat

27. Patuhi 5M di Masyarakat
Ayo patuhi 5M ini, lakukan di masyarakat untuk terhindar dari penyakit dan virus. Pinterest

28. Jaga Bumi Dari Perubahan Iklim

28 Jaga Bumi Dari Perubahan Iklim
Jaga bumi dari perubahan iklim. Pinterest

29. Poster Anti Narkoba

29 Poster Anti Narkoba
Poster untuk menjauhi narkoba, pemuda anti narkoba. Pinterest

30. Poster Global Warming

30 Poster Global warming
Jaga bumi kita dari polusi, ayo mulai dari sekarang. Pinterest

Lihat Juga : Nama Tarian Daerah di Indonesia

Penutup,

Itulah penjelasan dan contoh-contoh poster tema lingkungan dan masyarakat yang mudah digambar maupun dipelajari. Beberapa contoh poster di atas mudah dipahami serta mudah Anda gambar ulang untuk bahan pembelajaran dan sosialisasi di masyarakat. Ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan referensi tugas menggambar poster lingkungan di sekolah Anda. Adanya pembinaan dan pengetahuan mengenai poster-poster lingkungan, diharapkan akan meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua masyarakat Indonesia terkait masalah lingkungan dan bumi.

Pertanyaan seputar poster lingkungan

Mengapa penting untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui poster?

Partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan melalui poster penting karena poster memiliki daya tarik visual yang kuat. Pesan-pesan lingkungan yang disampaikan melalui gambar dan kata-kata yang sederhana dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh masyarakat. Dengan melibatkan masyarakat dalam membuat dan mendukung poster, kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dapat lebih merata dan berkelanjutan.

Apa dampak positif dari penggunaan poster bertema lingkungan yang mudah digambar dan ditiru?

Penggunaan poster bertema lingkungan yang mudah digambar dan ditiru memiliki dampak positif yang signifikan. Poster semacam ini dapat dengan cepat mengkomunikasikan pesan-pesan penting tentang kelestarian alam dan lingkungan kepada masyarakat. Gambar-gambar yang mudah dipahami dan ditiru dapat menginspirasi masyarakat untuk mengambil tindakan nyata dalam menjaga lingkungan, seperti menanam pohon, mengurangi plastik sekali pakai, atau berpartisipasi dalam aksi pembersihan.

Bagaimana peran anak-anak dalam upaya menjaga lingkungan melalui poster?

Peran anak-anak dalam upaya menjaga lingkungan melalui poster sangat penting. Anak-anak memiliki imajinasi yang kreatif dan semangat yang tinggi untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan. Dengan melibatkan anak-anak dalam pembuatan poster, mereka dapat menghasilkan gambar-gambar yang berwarna-warni dan menggambarkan tindakan positif untuk lingkungan. Hal ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar tentang pentingnya menjaga bumi, tetapi juga menginspirasi keluarga dan teman-teman mereka untuk berbuat baik terhadap lingkungan.

Mengapa penting untuk menyesuaikan pesan pada poster dengan nilai-nilai budaya dan kebiasaan masyarakat setempat?

Menyesuaikan pesan pada poster dengan nilai-nilai budaya dan kebiasaan masyarakat setempat sangat penting agar pesan dapat diterima dengan lebih baik. Masyarakat cenderung merasa lebih terhubung dengan pesan-pesan yang relevan dengan nilai-nilai yang sudah dianut dalam budaya mereka. Dengan menyertakan elemen-elemen yang dikenal dan diterima oleh masyarakat setempat, poster lingkungan akan lebih efektif dalam menggerakkan tindakan positif dan perubahan perilaku terhadap lingkungan.

Bagaimana pemanfaatan media sosial dapat mendukung penyebaran pesan lingkungan yang disampaikan melalui poster?

Pemanfaatan media sosial sangat penting dalam mendukung penyebaran pesan lingkungan melalui poster. Gambar-gambar poster dapat dengan mudah dibagikan di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, mencapai audiens yang lebih luas. Selain itu, kampanye hashtag dan tantangan lingkungan yang terkait dengan poster dapat menjadi viral, mendorong lebih banyak orang untuk ikut berpartisipasi dan menyebarkan pesan lingkungan kepada teman-teman mereka.

Apa langkah konkret yang dapat diambil oleh individu setelah melihat poster bertema lingkungan?

Setelah melihat poster bertema lingkungan, individu dapat mengambil langkah-langkah konkret seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menanam pohon di halaman rumah, mengelola sampah dengan benar, atau berpartisipasi dalam aksi pembersihan lingkungan setempat. Mereka juga dapat membagikan poster tersebut di media sosial untuk menginspirasi orang lain untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Bagaimana peran sekolah dan pendidikan dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui poster?

Sekolah dan pendidikan memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui poster. Sekolah dapat mengintegrasikan pembelajaran tentang lingkungan dan kreativitas melalui pembuatan poster dalam kurikulum. Dengan melibatkan siswa dalam pembuatan poster, sekolah tidak hanya mengajarkan nilai-nilai kepedulian lingkungan, tetapi juga menginspirasi generasi muda untuk menjadi agen perubahan positif dalam menjaga bumi.


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin

Kumpulan Poster

Yunita Setiyaningsih

Yunita adalah seorang penulis konten di Dianisa.com. Ia memiliki latar belakang pekerjaan dalam marketing, administrasi kantor, dan desain konten. Di sela-sela pekerjaannya, ia memiliki hobi desain grafis. Saat ini, ia sedang memperluas pengetahuannya di bidang pemrograman web.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Membuka File PDF di HP Android

    Berikut beberapa cara membuka file PDF di HP Android yang dapat Anda simak dan coba ikuti!
  2. Ukuran ID Card dan Name Tag Sesuai Standar Indonesia dan Internasional, Terbaru!

    Ketahui ukuran ID Card dan Name Tag standar Indonesia dan Internasional melalui ulasan berikut ini!
  3. 33 Font Tegak Bersambung Keren, Aesthetic, dan Gratis!

    Berikut kumpulan font tegak bersambung aesthetic yang bisa Anda unduh dan install di PC / laptop…