Cara Hard Reset HP OPPO R15 | R15 Pro Mudah dan Cepat

0
45

Dianisa.com – Cara Factory Reset / Hard Reset OPPO R15 dan R15 Pro Bootloop. OPPO R15 rilis pada bulan April 2018 dengan mengusung bodi cantik dengan keuninakan pada layar Poninya. Smartphone ini hadir dengan Layar seluas 6.28 inches dengan resolusi mencapai 2160 x 1080 pixels. Sebagai yang kita tahu bahwa OPPO pasti mengandalkan kamera depannya dengan resolusi 20 Megapixel untuk memaksimalkan kebutuhan selfie dari para penggunanya. Sementara untuk bagian belakang hadir dengan resolusi 16 Megapixel + 5 Megapixel. Kemudian untuk dapur pacunya, smartphone ini andalkan Mediatek Helio P60 Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dan juga RAM sebesar 6 GB untuk menunjang segala aktivitas multitasking.

Baca Juga :

Sebagai pemilik Smartphone tentunya kita harus bijak dalam menggunakannya untuk aktivitas dikeseharian. Multitasking yang bermacam – macam membuat smartphone perlu bekerja secara ekstra untuk menjalankan setiap permintaan pengguna. Lebihnya lagi, jika hardware dalamnya pas – pasan tentu akan membuat smartphone panas dan suka lag. Ada banyak masalah yang terkadang dapat terjadi pada perangkat OPPO seperti misalnya Aplikasi Tidak Bisa Dibuka, munculnya pesan error, sering lag dan lemot, bootloop, kerusakan pada sistem, dan masalah – masalah lainnya. Lebih jelasnya, bisa simak pada artikel berikut ini : Masalah Smartphone OPPO dan Cara Mengatasinya

Dan untuk mengatasinya, ada banyak metode yang bisa dilakukan seperti misalnya dengan Update Sistem, update aplikasi, membersihkan file sampah, data aplikasi, virus, dan lainnya. Namun sayangnya, sebagian pengguna belum berhasil dengan metode sederhana seperti itu. Adapun metode lain bisa dengan Factory Reset atau Hard Reset agar nantinya semua pengaturan kembali pada posisi awal. Penasaran bagaimana penjelasan dan cara penyelesaiannya? Simak ulasannya berikut ini.

Factory Reset OPPO R15 | R15 Pro

Yang pertama yakni metode Factory Reset yang bisa dilakukan melalui menu Pengaturan di HP OPPO yang anda miliki. Metode pengembalian smartphone ke pengaturan pabrikan bisa menjadi opsi terbaik ketika banyaknya bugs atau kerusakan pada sistem terjadi. Semua aplikasi terinstal akan terhapus dan aplikasi bawaan akan kembali ke posisi default layaknya baru membeli smartphone. Tapi sebelum melakukannya, pastikan anda untuk melakukan backup pada semua data penting yang anda miliki, bisa ke PC atau memori Eksternal. Dan berikut Langkah – Langkah Factory Reset OPPO R15 dan R15 Pro yang dapat anda ikuti.

Factory Reset OPPO A71

  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Kemudian pilih opsional sesuai keinginan anda ….

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Hard Reset OPPO R15 | R15 Pro

Dan untuk selanjutnya yakni Hard Reset yang bisa dilakukan melalui menu Recovery Mode (ColorOS Recovery). Pada intinya sama dengan Factory Reset, hanya saja penempatannya berbeda, karena Hard Reset bisa dilakukan tanpa harus masuk ke User Interface HP OPPO anda. Artinya, ketika sistem android anda bermasalah, suka memunculkan pesan error, atau terjadi bootloop, maka anda bisa melakukan Reset melalui Recovery Mode. Dan untuk melakukannya, anda bisa mengikuti Langkah – Langkah Hard Reset OPPO R15 atau R15 Pro berikut ini.

  1. Langkah pertama, pastikan HP OPPO R15 atau R15 Pro berada pada kondisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk menu ColorOS Recovery, tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO. Setelah muncul logo, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka anda akan dihadapkan pada menu ColorOS Recovery OPPO R15 atau R15 Pro.
  3. Selanjutnya, anda pilih “Bahasa Inggris”. Dan untuk melakukan Hard Reset, pilih “Wipe Data” lalu tap lagi “Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos)”. Tunggu beberapa saat sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.
  4. Dan setelah selesai, anda bisa tekan “Reboot” untuk restart Smartphone. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

Itulah cara sederhana dalam melakukan Factory Reset dan Hard Reset HP OPPO R15 dan R15 Pro. Tidak hanya pada OPPO R15 dan R15 Pro saja, anda bisa mencobanya pada tipe lain seperti A37, A39, A57, A71, A73, A83, F3, F3 Plus, F5, F5 Youth, Find 7, F7, F7 Youth, A3, A3S, R11, R11s, R17, R17 Pro, Find X, dan lainnya. Jikapun nantinya dengan Hard Reset masalah masih tetap ada, maka solusi lain yang perlu anda lakukan yakni dengan #Flashing, anda membutuhkan Driver, Software Flashing, Firmware, dan USB untuk melakukannya Via PC. Adapun untuk via SD Card, anda cukup mengunduh firmware dari Official Resmi OPPO dan masuk pada menu Recovery Mode.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Melakukan Factory Reset / Hard Reset HP OPPO R15 dan R15 Pro Lupa Pola Kunci, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait masalah pada perangkat OPPO anda, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here