Cara Hard Reset OPPO A83

Satu produk OPPO yang dijual dengan harga 3 Jutaan yakni OPPO A83. Smartphone ini hadir untuk memaksimalkan segala aktivitas dikeseharian kita. Hadir dengan kamera depan 8 Megapixel dengan dukungan kecerdesan buatan yang nantinya mampu membuat aktivitas selfie terlihat lebih menawan.

Spesifikasi, Penyebab, dan Solusi

Sedangkan untuk bagian belakang, kamera 13 Megapixel mampu mengambil gambar dengan resolusi 50MP dengan mode Ultra HD. Inilah yang menjadi keunggulan dari OPPO A83. Adapun dari segi fitur, user interface-nya tampil dengan dukungan ColorOS versi ColorOS 3.2, based on Android 7.1 yang kabarnya terlihat lebih smoth dan lebih nyaman saat menyentuh.

Namun dibalik keunggulannya, tak menutup kemungkinan sebagian pengguna bisa mendapati masalah saat melakukan aktivitas multitasking. Bootloop, bugs pada sistem, aplikasi tidak bisa dibuka, muncul pesan error, lupa pola kunci, dan lainnya bisa saja terjadi.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut, solusinya adalah dengan Factory Reset atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Berikut metode reset yang dapat anda lakukan….

Lihat Juga : Cara Setting Private Number di OPPO

Factory Reset OPPO A83

Factory Reset adalah salah satu metode mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan. Menariknya, pada HP OPPO pengguna bisa mengamankan banyak data sehingga saat Factory Reset, semua data masih bersifat aman, khususnya kontak, sms, dan juga foto.

Tapi untuk jaga-jaga, backup tetap perlu dilakukan. Berikut langkah-langkahnya…

Factory Reset OPPO A71
  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Kemudian pilih opsional sesuai keinginan anda ….

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : 5 Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu

Hard Reset OPPO A83

Bagi anda yang mungkin saja, HP nya tidak bisa masuk pengaturan, muncul pesan error, tidak bisa masuk menu, bootloop, dan lainnya. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan hard reset melalui menu Recovery Mode (ColorOS Recovery).

Cara ini sama dengan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan. Berikut langkah-langkahnya…

  1. Langkah pertama, pastikan HP OPPO A83 berada pada kondisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk menu ColorOS Recovery, tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO. Setelah muncul logo, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka anda akan dihadapkan pada menu ColorOS Recovery OPPO A83.
  3. Selanjutnya, anda pilih “Bahasa Inggris”. Dan untuk melakukan Hard Reset, pilih “Wipe Data” lalu tap lagi “Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos)”. Tunggu beberapa saat sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.
  4. Dan setelah selesai, anda bisa tekan “Reboot” untuk restart Smartphone. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

Lihat Juga : Cara Menampilkan Foto & Video Tersembunyi

Penutup,

Itulah cara sederhana dalam melakukan factory reset dan hard reset OPPO A83. Tidak hanya pada OPPO A83, anda bisa mencobanya pada tipe lain seperti A37, A39, A57, A71, A73, F3 dan F3 Plus, F5, F5 Youth, F7, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait Hard Reset HP OPPO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Hard Reset OPPO

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. jhon berkata:

    Mohon petunjuknya para suhu Kenapa hp saya Oppo a 83 sudah masuk pada faktory reset tetap meminta kode baru bisa melanjutkan hadresednya,sementara kode Miliknya saya lupa