Cara Hard Reset OPPO F7 Youth ColorOS Recovery

OPPO F7 Youth merupakan salah satu produk OPPO unggulan yang rilis pada bulan Juni 2018 dengan mengusung desain bodi elegan berspesifikasi powerfull. Dibandrol dengan harga 3,7 Jutaan, smartphone ini hadirnya layar seluas 6 Inchi Full HD dengan resolusi 1080 x 2160 Pixels yang diatasnya berjalan ColorOS versi 5 dengan sistem operasi Android OREO 8.1.

Spesifikasi, Penyebab, dan Solusi

Untuk dapur pacunya sendiri, smartphone ini siapkan MediaTek Helio P60 Arm Mali-G72 MP at 800MHz dengan dukungan RAM sebesar 4 GB serta Internal 64 GB. Dengan spesifikasi tersebut, pengguna dapat dengan maksimal melakukan aktivitas multitasking apapun, baik streaming video, bermain game, sosial media, dan lainnya.

Masalah pada Smartphone Android, khususnya pada perangkat OPPO mungkin sudah biasa dan hal ini pun sangatlah wajar. Karena bagaimanapun, setiap pengguna memiliki cara yang berbeda – beda dalam menggunakan smartphone, dan bahkan aplikasi dan game yang terinstal-pun juga berbeda – beda.

Sedikit saya bahas mengenai masalah yang mungkin saja sering di alami oleh para pengguna OPPO, seperti misalnya munculnya pesan error pada aplikasi tertentu, aplikasi tidak bisa digunakan secara maksimal, bootloop, lupa pola kunci atau sandi layar, sering lambat saat melakukan aktivitas multitasking, dan masalah – masalah lainnya.

Nah, untuk mengatasinya beberapa metode bisa dilakukan dengan membersihkan file sampah, hapus data, install ulang, atau bahkan bisa dengan reset smartphone. Melalui artikel ini saya mencoba memberikan metode mengenai cara melakukan Factory Reset & Hard Reset pada perangkat OPPO. Berikut penjelasan dan langkah-langkahnya…

Lihat Juga : 12 Aplikasi Edit Video Android & iOS Terbaik

Factory Reset OPPO F7 Youth

Untuk yang pertama, anda bisa mencoba melakukan factory reset (mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan). Metode ini dapat anda lakukan melalui menu pengaturan HP OPPO yang anda miliki.

Jikalau misalnya, ada sistem ColorOS di HP OPPO anda yang bermasalah atau mungkin pada aplikasi bawaan yang tidak bisa normal kembali dengan cara – cara sederhana, maka solusinya bisa dengan Factory Reset. Adapun untuk melakukannya, anda perlu melakukan backup pada semua data penting yang tersimpan di Internal HP OPPO anda. Berikut langkah-langkahnya…

Factory Reset OPPO A71
  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Kemudian pilih opsional sesuai keinginan anda ….

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Google Play Telah Berhenti di OPPO

Hard Reset OPPO F7 Youth

Selanjutnya untuk metode kedua yakni Hard Reset melalui menu Recovery Mode (ColorOS Recovery) yang ada di HP OPPO anda. Mungkin solusi yang satu ini sangat cocok bagi anda yang sudah tidak bisa lagi masuk ke menu utama karena bootloop, lupa pola kunci, kerusakan pada sistem, atau yang lainnya.

Adapun untuk melakukan backup kemungkinannya sangat kecil. Berikut langkah-langkahnya…

  1. Langkah pertama, pastikan HP OPPO F7 Youth berada pada kondisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk menu ColorOS Recovery, tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO. Setelah muncul logo, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka anda akan dihadapkan pada menu ColorOS Recovery OPPO F7 Youth.
  3. Selanjutnya, anda pilih “Bahasa Inggris”. Dan untuk melakukan Hard Reset, pilih “Wipe Data” lalu tap lagi “Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos)”. Tunggu beberapa saat sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.
  4. Dan setelah selesai, anda bisa tekan “Reboot” untuk restart Smartphone. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

Lihat Juga : 15 Aplikasi VPN Android & iOS Terbaik

Penutup,

Itulah cara sederhana dalam melakukan Factory Reset dan Hard Reset HP OPPO F7 Youth. Tidak hanya pada OPPO F7 Youth, anda bisa mencobanya pada tipe lain seperti A37, A39, A57, A71, A73, A83, F3, F3 Plus, F5, F5 Youth, Find 7, F7, F9, Find X, R11s, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Jikapun nantinya dengan Hard Reset masalah masih tetap ada, maka solusi lain yang perlu anda lakukan yakni dengan Flashing, anda membutuhkan Driver, Software Flashing, Firmware, dan USB untuk melakukannya via PC. Adapun untuk via SD Card, anda cukup mengunduh firmware dari Official Resmi OPPO dan masuk pada menu Recovery Mode.

Jika ada sesuatu yang mungkin menurut anda kurang jelas atau kurang paham, silahkan tanyakan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Hard Reset OPPO

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 4 Comment

  1. Alim berkata:

    Setelah wife data kenapa masih minta lockscreen password.?

  2. wahyudin berkata:

    Hpku Oppo F7, ada kesalahan pengaturan yang saya lakukan dengan mengikuti aplikasi sehingga HPku sekarang tidak normal dan hanya ngomong sendiri, mohon dibantu saya gan