6 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP NOKIA

1
273

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP NOKIA. NOKIA merupakan salah satu brand ponsel terkemuka dimasanya, mungkin anak 90-an sampai pada tahun 2007 tahu mengenai brand yang satu ini. Walau saat ini kalah dengan brand lain seperti SAMSUNG, APPLE, dan lainnya, namun kali ini NOKIA kembali bangkit dengan menghadirkan beberapa varian dari NOKIA dengan Sistem Operasi Android. Dimulai pada tahun 2016, NOKIA telah diambil alih oleh HMD Global dan dari sinilah, sistem operasi Android ditanamkan pada perangkat NOKIA. Dengan mengusung desain bodi cantik, dan juga spesifikasi mumpuni, NOKIA berusaha menjajah pasar ponsel di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca Juga :

Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti

Ada banyak masalah bisa terjadi pada perangkat NOKIA, dan yang paling sering ialah memunculkan pesan error bertuliskan “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, “Aplikasi Tidak Menanggapi”, “Unfortunately, Apps Has Stopped”, dan pesan – pesan error lainnya. Masalah Pesan Error tersebut hadir karena terjadinya kerusakan pada aplikasi atau sistem Android itu sendiri. Dan penyebabnya sangatkah banyak, lebih jelasnya, simak beberapa penyebabnya berikut ini :

  • File Sampah Yang Menumpuk. Menumpuknya file sampah pada memori Internal di HP NOKIA anda tentu membuat kinerja aplikasi dan sistem menurun. Nah, ini bisa menjadi penyebab mengapa sebagian aplikasi yang terinstal Memunculkan Pesan Error. Solusinya, tentu bisa menghapus langsung dari Manajemen Aplikasi atau menggunakan aplikasi dari pihak ketika. Lebih jelasnya, anda bisa simak metodenya dibagian bawah.
  • Virus. Adanya Malware yang masuk pada sistem android anda pastinya bisa menjadi penyebab mengapa aplikasi terjadi masalah. Walau Virus jarang ada pada sistem android, namun ini juga bisa menjadi kemungkinan, walau sifatnya tidak pasti.
  • RAM Penuh. Kapasitas RAM yang kecil sekitar 2 GB atau mungkin dibawahnya tentu membuat smartphone bekerja kurang maksimal, berbeda dengan RAM yang 4 GB atau diatasnya. Lebihnya lagi, jika anda sendiri menginstal banyak aplikasi tentu membuat RAM sibuk dan harus memproses banyak aplikasi yang dijalankan. Solusinya bisa mematikan Aplikasi yang tidak begitu penting dan selalu berjalan dibackground.
  • Sistem Bermasalah. Penyebab lainnya juga bisa pada sistemnya, sistem yang bermasalah semisal sudah memunculkan banyak pesan error, maka anda bisa mencoba melakukan Reset atau melakukan Flashing pada HP NOKIA yang anda miliki.

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan dalam mengatasi masalah pesan error yakni dengan Restart Smartphone. Metode yang satu ini memang tidak menjamin akan berhasil, tetapi setidaknya anda coba terlebih dahulu agar tahu hasilnya seperti apa.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Seperti yang saya katakan diatas, penumpukan file sampah membuat kinerja sistem dan aplikasi dapat menurun, bahkan terkadang terjadi masalah dan tidak bisa dibuka. Anda sebagai pengguna NOKIA bisa melakukan Pembersihan File Sampah secara rutin minimal seminggu sekali agar kinerja aplikasi tetap maksimal. Manfaatkan aplikasi dari pihak ketiga seperti Cleaner, Clean Master, Aplikasi Keamanan, dan lainnya untuk Membersihkan File Cache supaya lebih mudah dan cepat. Dan berikut Langkah – Langkah Menghapus File Cache Secara Manual yang dapat anda ikuti.

Hapus Cache Aplikasi NOKIA

  • Buka menu Setelan » Aplikasi & Notifikasi » Kemudian Cari “NAMA APLIKASI” » Penyimpanan » Tap “Hapus Cache” untuk membersihkan semua sampah yang ada.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone NOKIA dengan sistem operasi Android Oreo v8.1.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya yakni Menghapus Data Dari Aplikasi yang bermasalah tersebut. Dengan menghapus menghentikan dan menghapus data, maka aplikasi tersebut akan kembali pada posisi default. Dan ini biasanya sangat ampuh dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah, khususnya yang sering memunculkan pesan error.

Data yang terhapus nantinya berupa basis data, file cache, history, bookmark, dan beberapa data sementara lainnya. Artinya, jika misalnya anda Menghapus Data Aplikasi Instagram, maka setelah anda menghapus kemudian membukanya, anda perlu login kembali. Dan berikut langkah – langkah menghapus data aplikasi yang dapat anda ikuti.

Hapus Data Aplikasi NOKIA

  • Buka menu Setelan » Aplikasi & Notifikasi » Kemudian Cari “NAMA APLIKASI” » Penyimpanan » Tap “Hapus Data” untuk menghapus data aplikasi yang ada.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone NOKIA dengan sistem operasi Android Oreo v8.1.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Install Ulang Aplikasi

Metode berikutnya yakni cobalah untuk Instal Ulang Aplikasi Yang Bermasalah tersebut. Ini bisa menjadi solusi ketika tidak berhasil dengan cara menghapus data sementara pada aplikasi. Pertama, anda harus menghapus aplikasi tersebut, kemudian bersihkan cache, dan lakukan restart. Setelah itu barulah nanti anda coba instal lagi aplikasi tersebut langsung dari Google Play Store. Dan untuk melakukan penghapusan, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi NOKIA

  • Buka menu Setelan » Aplikasi & Notifikasi » Kemudian Cari “NAMA APLIKASI” » Tap “Copot Pemasangan” untuk uninstal aplikasi yang anda pilih.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone NOKIA dengan sistem operasi Android Oreo v8.1.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Update Sistem Android

Metode selanjutnya yakni cobalah untuk melakukan update pada sistem android yang anda miliki. Selain mendapatkan fitur terbaru, bisa jadi dengan update pula semua Masalah Pesan Error yang terjadi pada smartphone NOKIA anda dapat teratasi dengan baik dan maksimal.

6. Factory Reset/ Hard Reset Smartphone

Dan untuk metode keenam yang bisa anda lakukan yakni dengan Factory Reset atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Cara ini benar bisa menjadi solusi dalam mengatasi setiap masalah yang terjadi pada smartphone NOKIA anda, namun semua resiko kehilangan data bukanlah tanggung jawab saya. Maka dari itu, lebih baik lakukan backup pada semua data penting yang anda miliki. Reset menjadikan smartphone anda kembali ke pengaturan pabrikan dan semua setting akun akan dilakukan dari awal. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Factory Reset HP NOKIA

  • Buka menu Setelan » Sistem » Opsi Setel Ulang » Hapus Semua Data (Reset Ke Setelan Pabrik) » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone NOKIA dengan sistem operasi Android Oreo v8.1.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Adapun untuk anda yang ingin melakukan Hard Reset HP NOKIA melalui menu Recovery Mode, anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Pastikan HP NOKIA anda terhubung dengan charger dan berada pada posisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk pada menu Recovery Mode, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo Powered By Android dan nantinya anda akan masuk pada menu Android Recovery HP NOKIA.
  3. Untuk melakukan #Hard Reset, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”, kemudian lanjutkan dengan memilih “Yes — Delete All Data”. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  4. Jika sudah, anda bisa pilih “Reboot System Now” dan nantinya smartphone anda akan restart.
  5. Jika sudah, anda bisa melakukan setup ulang smartphone NOKIA anda mulai dari awal. Cukup mudah bukan!
  6. Selesai.

*NOTE :

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Baca Juga :

Metode Hard Reset diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat NOKIA Android seperti NOKIA 1, 2, 3, 5, 6, 7 Plus, 8, 8 Sirocco, dan tipe – tipe lainnya. Dengan adanya metode diatas, diharapkan apapun masalah yang terjadi pada HP NOKIA anda dapat teratasi dengan baik. Selain dari metode diatas, adapaun jika masalah masih tetap muncul, maka anda bisa mencoba melakukan Flashing dengan mengunduh firmware baru sesuai dengan tipe HP NOKIA yang anda miliki.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP NOKIA, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai masalah yang ada, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here