Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Mudah dan Cepat

0
161
NGAWI DIAN – Cara Cek Kuota Internet Telkomsel Flash (SimPATI LOOP, Kartu AS, Kartu HALLO). Di era teknologi sekarang ini, Internet merupakan salah satu layanan yang wajib ada pada setiap daerah atau tempat. Hampir semua aktifitas sehari-hari menggunakan koneksi Internet seperti Chatting, Browsing, Streaming, Video Call, dan lainnya. Terlebih lagi sosial media dan Messenger menjadi aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna smartphone seperti BBM, LINE, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Cara Cek Kuota Simpati


Baca Juga :
Smartphone dan Tablet Android turut mendukung adanya Internet di Indonesia, bahkan di Indonesia sendiri pengguna Internet lebih dominan pengguna Smartphone dan Tablet ketimbang Laptop atau Komputer. Hal inilah yang membuat berbagai Produk Smartphone bermunculan mulai dari Jepang, Korea, Cina, Kanada, dan lainnya. 
Telkomsel adalah salah satu Provider yang paling banyak di gunakan oleh orang Indonesia. Bahkan dalam jaringan Internet, Telkomsel menjamin lebih cepat koneksinya dibanding Provider lainnya. Untuk saat ini telkomsel dibagi menjadi beberapa kartu yakni SimPATI, Kartu Hallo, dan Kartu AS. Layanan tersebut sudah mendukung jaringan berbasis HSDPA/2G/3G/4G-LTE/EDGE/GPRS dan mampu menghasilkan kecepatan akses hingga 14.4 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, Aktifitas Internet mulai dari Browing, Streaming, Video game, dan lainnya tidak akan serasa Lemot, Macet, atau apapun.
Telkomsel sendiri menyediakan berbagai pilihan paket yang menarik mulai dari Flash-4G-LTE, Flash Reguler, Loop GigaChat, Maxi Loop, Midnight, dan lainnya. Paket Internet yang tersedia tergantung dari kebutuhan mulai dari harian, mingguan, bulanan, bahkan sampai tahunan. 

Cara Cek Kuota Telkomsel Flash

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tutorial Cara Cek Kuota Telkomsel Semua Jenis Kartu dengan mudah dan cepat. Cek Kuota memang sangat penting sebagai bagian dari menghemat kuota/ data Internet. Tidak mungkin rasanya apabila pengguna Smartphone tidak pernah melakukan cek pada kuota yang dimilikinya. Bagi anda yang masih merasa bingung dalam melihat sisa kuota telkomsel, anda tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membantu anda dengan beberapa metode yang mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak beberapa metode Cek Kuota Telkomsel berikut ini.

Metode 1 : Melalui Dial Phone

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menggunakan fitur dial phone yang ada pada smartphone atau hape jadul yang mungkin masih anda miliki. Cara ini terbilang sangat umum untuk dilakukan, bahkan termasuk dalam cara yang mudah dan cepat. Informasi mengenai kuota/ data Internet telkomsel akan dikirim melalui SMS, dan untuk melakukan cek ada beberapa nomor yang bisa anda lakukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Untuk Semua kartu Telkomsel (SimPATI Flash, SimPATI LOOP, Kartu Hallo, Kartu As) :

  • Ketikkan *889# kemudian tekan “Dial” atau “Call”. Secara otomatis, Telkomsel akan mengirimkan Sisa kuota yang anda miliki lewat pesan SMS. 

Untuk Simpati Flash :

  • Ketikkan *363# kemudian tekan “Dial” atau “Call”. Pilih 8 “Cek Status/ Berhenti”, kemudian pilih 1 “Cek Status”. Maka secara otomatis telkomsel akan mengirim mengenai info sisa kuota/ paket data yang anda miliki lengkap dengan waktu dan tanggalnya.

Untuk SimPATI LOOP :

  • Ketikkan *567# kemudian tekan “Dial” atau “Call”. Pilih 3 “Internet”, kemudian pilih 4 “Cek Status Paket”, lalu pilih 1 “Cek Status”. Maka secara otomatis telkomsel akan mengirimkan info sisa paket data internet yang anda miliki lengkap dengan periode waktu dan tanggalnya.
Selain menggunakan fitur dial call yang ada pada Smartphone dan tablet, anda juga bisa melakukan cara diatas melalui fitur USSD pada modem Laptop atau Komputer (Khusus bagi anda yang memiliki modem). Caranya tetap sama, tinggal lakukan dial pada fitur USSD tersebut, kemudian ikuti petunjuk sesuai dengan apa yang anda ketik tersebut.

Metode 1 : Melalui Pesan SMS

Selain menggunakan fitur dial Phone, anda juga bisa Cek Kuota Telkomsel Melalui SMS. Cara cek kuota lewat SMS juga termasuk cara yang paling cepat dan mudah. Anda tidak perlu khawatir masalah biaya SMS, karena cara ini tidak membutuhkan biaya sama sekali, bahkan jika pulsa anda nol tetap bisa melakukan cara ini. Dulu-nya pun saya lebih sering cek kuota telkomsel lewat SMS (pesan). Bagi anda yang ingin cek kuota lewat SMS, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Masuk pada Aplikasi Pesan atau SMS, kemudian ketikkan kode SMS dengan format UL(Spasi)INFO kemudian kirimkan pesan tersebut ke nomor 3636. Tunggu beberapa saat, maka telkomsel akan mengirimkan info mengenai sisa kuota/ data yang anda miliki lengkap dengan periode waktu dan tanggalnya.

Metode 3 : Melalui Website Telkomsel

Metode berikutnya yakni melalui Website resmi yang dimiliki oleh Telkomsel. Untuk cara ini bisa anda lakukan pada semua jenis kartu telkomsel apapun paketnya. Cara ini memang jarang dilakukan karena lumayan ribet harus buka browsing dan lain sebagainya. Berbeda dengan Dial Phone dan SMS yang terbilang lebih cepat dan simple. Namun bagi anda yang penasaran bagaimana cara cek kuota via Website, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
Untuk melihat sisa kuota telkomsel melalui website, anda bisa masuk di http://www.telkomsel.com/internet/cek_quota, kemudian dari web tersebut, anda diminta untuk memasukkan ponsel dan pemilihan kuota saat anda mendaftar. Dan secara otomatis, informasi sisa kuota yang anda miliki akan tampil.

Metode 4 : Melalui Aplikasi My Telkomsel

Metode terakhir yang bisa anda lakukan yakni melalui aplikasi My Telkomsel App. Selain Provider Tri, ternyata Telkomsel juga menyediakan Aplikasi khusus bagi pengguna kartu telkomsel. Aplikasi My Telkomsel bisa di Unduh pada AppStore untuk iPhone/ IOS, sedangkan Google Play Store untuk pengguna Smartphone Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Advan, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, dan lainnya. 
Untuk menggunakan aplikasi My Telkomsel, anda harus mendaftar menggunakan Nomor Telepon dan ikuti petunjuk sesuai dengan aplikasi tersebut. Selain informasi Kuota/ data, anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai paket dan layanan terbaru.
Itulah beberapa metode yang bisa anda lakukan untuk melihat atau Cek Sisa Kuota Telkomsel (Simpati Flash, Kartu As, Kartu Hallo), semoga bisa membantu para pengguna Telkomsel. Bagikan artikel ini melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat bagi semua pengguna telkomsel. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here