Cara Komplain Pengiriman Barang J&T Express

Nah bagi anda yang hobi belanja online di sebuah aplikasi/situs e-commerce, tentunya nama J&T Express ini sudah tidak asing lagi bukan. Memang hal tersebut biasanya dapat anda temukan ketika melakukan pemilihan kurir.

Diketahui J&T Express sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman logistik. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015. Meskipun masih tergolong baru dalam dunia jasa pengiriman. J&T ini merupakan salah satu jasa pengiriman yang sedang diperbincangkan oleh banyak masyarakat.

Sejak diluncurkannya beberapa tahun yang lalu, J&T Express telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini terbukti ketika J&T dikatakan dapat menyaingi perusahaan besar jasa pengiriman lainnya, seperti JNE dan Kantor Pos.

Selain itu J&T Express menghadirkan beberapa layanan yang menarik dalam hal jasa pengiriman barang. Jadi tidak heran, jika banyak masyarakat telah beralih menggunakan jasa pengiriman ini. Terlebih lagi J&T Express ini telah dipercaya oleh perusahaan e-commerce ternama seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan sejenisnya untuk mengirimkan paket barang.

Lihat Juga : Jam Kerja Ninja Xpress

Cara Komplain di J&T Express

Komplain Barang J&T
image source : pluginongkoskirim.com

Terlepas dari informasi yang saya berikan terkait J&T Express tersebut. Mungkin anda penasaran bukan, terkait bagaimana cara mengkomplain pengiriman barang di J&T ini. Mengingat dalam sebuah jasa pengiriman tentunya mendapati beberapa permasalahan yang sedang terjadi. Seperti halnya keterlambatan pengiriman dari jadwal yang diberikan dan sejenisnya. Hal tersebut memanglah wajar, karena kedala yang dialami tidak hanya disebabkan oleh pihak ekspedisi saja. Melainkan juga dapat disebabkan oleh pihak pengirim.

Nah, demi melayani pelanggan dengan baik mungkin. J&T Express telah menyediakan beberapa layanan Call Center yang dapat dihubungi. Tentu dengan adanya hal tersebut, anda tidak hanya dapat mengajukan komplain saja. Namun anda juga dapat bertanya-tanya dalam hal pengiriman barang di J&T tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai layanan tersebut, dapat anda simak berikut ini.

Lihat Juga : Jam Kerja Tiki Terbaru

Menghubungi Customer Service J&T

Cara yang pertama adalah anda dapat menghubungi Customer Service J&T. Diketahui setiap perusahaan jasa pengiriman telah menyediakan layanan Customer Service yang berbeda-beda. Fungsi dari Customer Service sendiri adalah untuk menanggapi segala keluhan dari pelanggan.

Untuk menghubungi Call Center dari J&T Express ini dapat anda lakukan di nomor telepon berikut ini : (021) 8066 1888. Sebelum menghubungi Call Center, ada baiknya jika anda mempersiapkan beberapa hal terkait komplain tersebut. Misalnya saja Nomor Resi, KTP dan sejenisnya. Dan jangan lupa pastikan pulsa anda mencukupi untuk melakukan panggilan.

Mengirim Melalui Email J&T

Kemudian anda juga dapat menyampaikan keluhan dengan mengirimkan via email yang telah disediakan. J&T Express sendiri memiliki email resmi yang dapat anda hubungi. Email tersebut tidak lain adalah [email protected].

Saya rasa cara ini sangatlah mudah dilakukan. Dan cocok untuk anda yang tidak mempunyai cukup pulsa untuk menghubungi Call Center J&T. Tentunya melalui email tersebut, anda hanya mengajukan semua keluhan yang sedang dialami dan mengirimkannya.

Perlu diketahui, jika pengaduan anda belum direspon dari pihak J&T Express. Anda harus sedikit bersabar, mengingat banyaknya pesan masuk yang sedang diproses oleh pihat terkait.

Mendatangi Kantor J&T Secara Langsung

Jika anda rasa kedua cara sebelumnya masih kurang informasi dalam menemukan informasi. Anda dapat mengajukan komplain tersebut di Kantor J&T Express secara langsung. Diketahui, bahwasannya disetiap daerah saat ini terdapat beberapa Drop Point J&T. Anda dapat mengeceknya melalui Website resmi J&T Express atau melalui Aplikasi J&T.

Untuk mengajukan komplain sendiri, terdapat beberapa syarat yang harus anda persiapkan. Seperti halnya KTP dan Bukti resi pengiriman barang. Selain itu anda akan diberikan beberapa pertanyaan terkait detail paket yang anda komplain.

Tentunya hal tersebut anda hanya perlu menjawab dengan baik dan benar. Supaya proses komplain anda berjalan dengan lancar dan dapat segera diproses oleh Customer Service.

Menghubungi Media Sosial Resmi J&T

Selain itu anda juga dapat memanfaat Media Sosial J&T Express untuk mengajukan komplain. Mengingat J&T Express sendiri memiliki beberapa akun media sosial resmi. Cara ini sangatlah mudah dan praktis untuk dicoba.

Selain itu, pihak J&T sendiri akan merespon komplain anda dengan cepat. Berikut beberapa media sosial J&T yang perlu anda ketahui. Dan perlu di ingat, anda hanya perlu menghubungi salah satu media sosial saja.

  • Twitter : @jntexpressid
  • Facebook : J&T Express Indonesia
  • Instagram : @jntexpressid
  • LINE : @jntexpressid
  • YouTube : J&T Express Indonesia
  • WeChat : @jntexpressID

Lihat Juga : Jam Kerja SiCepat Expres Terbaru

Sebab Permasalahan Komplain J&T

Terdapat banyak sekali permasalahan yang sedang diajukan oleh pelanggan. Setiap permasalahan tersebut memiliki kriteria yang berbeda – beda. Dan berikut ini saya akan informasikan penyebab permasalah yang sering dialami oleh pelanggan. Tentunya hal ini harus anda ketahui sebagai pelanggan dari J&T Express meskipun hanya sekilas.

Tidak Update

Permasalahan ini sering terjadi oleh sebagian pelanggan J&T Express. Hal ini dikarenakan pihak J&T mengalami kendala yang mengakibatkan keterlambatan dalam memperbaharui status paket. Memang tidak menutup kemungkinan, hal tersebut dapat terjadi ketika keadaan sedang overload.

Tentunya kendala ini menyebabkan kesalahpahaman di beberapa pelanggan. Mengingat ketika dilakukan pengecekkan pengiriman, hasilnya tidak sesuai.

Salahnya Penulisan Alamat

Selain itu, salahnya penulisan alamat ini juga dapat menyebabkan paket kiriman tertunda ke tujuan. Hal tersebut sering terjadi ketika pengirim salah menuliskan alamat tujuan sehingga paket kiriman dapat salah sasaran/tempat.

Alamat Tidak Lengkap

Terkadang terdapat beberapa pengirim yang menuliskan Alamat tidak lengkap. Hal tersebut tentunya sangat menyulitkan kurir dalam mengirim barang. Dan apabila tidak menemukan alamat tersebut, kurir akan mengembalikannya ke kantor agen terdekat. Supaya paket barang tersebut lebih aman dan tidak hilang.

Paket Rusak

Paket rusak juga merupakan salah satu penyebab terlambatnya pengiriman. Terlebih lagi kerusakan tersebut terjadi karena kesalahan dari pihak jasa pengiriman tersebut. Memang tidak menutup kemungkinan jika didalam proses pengantaran paket atau sejenisnya mengalami kendala seperti hal tersebut.

Diterima Oleh Orang Lain

Dan alasan terakhir yang menyebabkan barang tidak sampai ke penerima adalah dikarenakan barang tersebut diterima oleh orang lain, tetangga, teman atau pun orang yang tidak dikenal. Memang hal tersebut biasa terjadi ketika anda tidak berada dirumah. Atau mungkin anda tinggal di lingkungan dengan banyak orang seperi kost, rumah susun dan sejenisnya.

Pada dasarnya saat anda mengecek status, memang barang anda sudah diterima oleh orang sekitar namun anda belum menerimanya. Artian mudahnya adalah ada orang lain (tetangga/teman) yang mau menawarkan penitipan paketnya untuk sementara.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.