6 Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Kegiatan jual beli online sekarang ini sangatlah diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia. Terlebih lagi dengan didukung banyaknya perusahaan e-commerce di Indonesia ini yang sedang berkembang pesat. Dengan begitu masyarakat dapat dengan bebas menjual atau membeli barang dari beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada atau sejenisnya.

Jika berbicara mengenai jual beli barang, setiap orang pasti sering melakukan pengiriman barang setiap harinya. Tentunya hal tersebut sering terjadi pada pedagang online, karena dengan begitu barang dapat sampai ke penerima. Namun lain halnya dengan pengiriman barang jarak jauh, tentunya akan membutuhkan jasa ekspedisi.

Peranan jasa ekspedisi sangatlah penting untuk pedagang online. Banyak situs e-commerce yang menggunakan jasa ekspedisi ini untuk berbagai keperluan pengiriman barang. Dan salah satu jasa pengiriman yang dapat dipercaya oleh berbagai marketplace adalah JNE Express.

Terlepas dari hal tersebut, mungkin masih banyak pedangang online yang masih bingung dengan cara mengirimkan barang melalui jasa pengiriman JNE. Namun anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara mengirim barang di JNE Express.

Lihat Juga : Jam Kerja Ninja Xpress

Cara Mengirim Barang di JNE Express

Cara Kirim Barang JNE
image source : youtube.com

Perlu anda ketahui, dalam mengirimkan barang di JNE Express ini sangatlah mudah dilakukan. Sebelum itu terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengirim barang di JNE supaya lancar. Karena tidak menutup kemungkinan, mengingat banyaknya kendala yang dialami JNE terutama dalam hal pengiriman barang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya saja pihak pengirim yang tidak mengikuti prosedur dalam mengirimkan paketnya.

Tentunya hal tersebut mungkin dapat mengakibatkan komplain pengiriman barang dari penerima untuk JNE Express. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Lihat Juga : Jam Operasional Kantor Pos Indonesia

1. Cek Tarif Pengiriman Terlebih Dahulu

Sebelum anda mengemas barang anda, ada baiknya jika anda mengecek ongkir pengiriman terlebih dahulu. Memang biaya pengiriman yang ditetapkan dalam JNE sendiri termasuk terjangkau. Namun tidak menutup kemungkinan langkah ini yang biasa dilakukan ketika ingin mengirimankan barang.

Cek ongkir barang JNE Express dapat anda lakukan dengan dua cara, yakni melalui smartphone dan mengunjungi website resmi JNE. Nah untuk lebih jelasnya dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cek Melalui Smartphone

Pertama, download terlebih dahulu Aplikasi My JNE. Untuk pengguna Android dapat anda download melalui Google Play. Dan bagi anda yang menggunakan iPhone dapat mendownloadnya melalui App Store.

Buka Aplikasi My JNE, kemudian tekan menu Cek Tarif. Kemudian masukkan Kota Asal, Kota Tujuan dan Berat Barang dikolom yang tersedia. Jika barang anda berukuran besar masukkan juga Dimensi Barang (Panjang x Lebar x Tinggi) serta Asuransi (jika ada). Setelah itu tekan Submit, lalu anda akan ditampilkan detail tarif pengiriman yang dikenakan.

Cek Tarif Aplikasi JNE

Cek Melalui Website

Lain halnya dengan cara yang kedua ini, yang mana anda harus mengakses Website resmi JNE Express terlebih dahulu. Nah lihat pada bagian Tarif Kiriman dihalaman utama website tersebut, masukkan Kota Asal PengirimOrigin”, Kota Tujuan PenerimaDestination” dan Berat BarangWeight”. Setelah itu klik Check, lalu anda akan ditampilkan detail tarif biaya pengiriman yang dikenakan beserta jenis layanan.

Cek Ongkir Website JNE

Setelah anda melakukan pengisian form yang disediakan, anda akan ditampilkan detail biaya pengiriman barang. Serta anda dapat melihat beberapa jenis layanan yang dapat dipakai. Tentunya disetiap layanan tersebut memiliki kriteria yang berbeda. Berikut untuk lebih detailnya:

Jenis LayananDurasi Pengiriman
JNE YES1 hari
JNE REG1 – 2 hari
JNE OKE2 – 3 hari

Namun jika anda menginginkan layanan dengan durasi pengiriman yang lebih cepat. Anda dapat menggunakan Layanan JNE SPS. Dengan begitu, paket anda akan sampai ke tujuan pada hari yang sama. Sayangnya paket ini hanya berlaku dibeberapa tempat saja.

Dan sebagai informasi tambahan, selain cek melalui website resmi JNE Express, anda juga dapat melakukannya di situs cek ongkir lainnya. Saat ini banyak sekali situs terkait yang menyediakan fitur tersebut.

2. Packing Pengiriman Barang

Tentunya sebelum anda mengirim barang lewat Kantor JNE terdekat, anda harus mengemasnya terlebih dahulu. Hal pertama yang biasa dilakukan dalam pengemasan adalah melapisi barang dengan plastik, kemudian dilanjut dengan kertas koran/kardus. Lalu untuk lapisan terakhir, menggunakan plastik bubble warp yang bisa anda dapatkan di toko-toko.

Perlu diingat kembali, dalam pengemasan harus disesuaikan dengan barangnya. Apabila paket berisi barang yang mudah pecah, anda harus lebih berhati-hati. Atau mungkin anda dapat menggunakan jasa pengemasan JNE Express. Tentu dengan jasa tersebut akan dikenakan biaya tambahan.

Dengan begitu, untuk barang tertentu biasanya dikemas menggunakan kayu dari JNE. Jasa pengemasan ini sangat cocok untuk anda yang tidak suka ribet dengan pengemasan barang.

Lihat Juga : Jam Kerja Wahana Express Terbaru

3. Menulis Alamat Pengiriman Barang

Setelah pengemasan telah dilakukan dengan sempurna, jangan lupa menuliskan Alamat pengiriman barang yang dituju. Dalam hal ini, biasanya menulis alamat di kertas putih biasa atau kertas stiker yang dilapisi dengan solasi.

Anda juga dapat menggunakan media tulis lainnya yang serupa. Pastikan juga media tulis tersebut tidak rusak, ditulis dengan jelas dan alamat yang tertera lengkap. Hal ini supaya mempermudah kurir dalam mengirimkan barang supaya sampai ke tangan penerima dengan tepat dan akurat.

Selain itu jangan lupa tulis alamat pengirim paket, supaya jika terdapat kendala seperti kurir tidak menemukan alamat yang dituju. Maka paket tersebut akan dikirimkan kembali ke pengirim.

4. Mendatangi Kantor JNE Express

Jika barang sudah siap untuk dikirim, selanjutnya adalah dengan mengunjungi Kantor JNE Express terdekat. Dan jangan lupa sebelum itu pastikan anda telah mengetahui Jam Kerja JNE Terbaru. Saat ini Kantor JNE telah tersedia di berbagai daerah, baik perkotaan maupun pedesaan. Jadi anda tidak perlu khawatir jika tinggal di daerah yang terpecil.

Perlu diketahui untuk mengirim barang, tidak hanya harus di Kantor JNE saja. Namun anda juga dapat mengirim paket melalui Agen JNE terdekat anda. Jika anda ingin melihat Kantor JNE mana saja yang ada didekat anda, silahkan kunjungi website JNE Express.

5. Cek Status Pengiriman

Langkah terakhir adalah anda harus memastikan barang tersebut sampai ke tangan penerima. Tentunya dengan cara mengecek status barang dengan nomor resi. Nomor resi ini didapatkan ketika anda mengirimkan barang ke Kantor/Agen JNE.

Untuk menghindari kendala yang ada saat pengiriman, ada baiknya jika anda mengeceknya secara berkala. Status pengiriman ini dapat berubah – ubah setiap beberapa waktu tertentu.

Lihat Juga : Jam Kerja SiCepat Ekspres Terbaru

Ketentuan Syarat Standar Pengiriman JNE

Terdapat informasi tambahan yang dapat saya berikan terkait pengiriman JNE . Diketahui dalam pengiriman barang JNE Express ini terdapat syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Tentunya ketentuan ini berlaku untuk semua pelanggan yang ingin mengirimkan paket. Untuk lebih jelasnya berikut ketentuanya:

  • Seluruh transaksi sehubungan dengan Layanan Pengiriman dilakukan berdasarkan syarat dan ketentuan yang diatur dalam SSP JNE dan Standart Operating Procedure yang berlaku.
  • Layanan Pengiriman JNE Express terdiri dari Layanan pengiriman JNE berdasarkan sistem pembayaran yang terbagi menjadi Layanan Pengiriman Cash Basis dan Layanan Pengiriman Postpaid dan Layanan Pengiriman JNE berdasarkan jangka waktu pengiriman sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh JNE.
  • Layanan Pengiriman berdasarkan jangka waktu pengiriman akan tunduk pada jarak, ketersediaan dan dukungan fasilitas dari tempat asal pengiriman ke tempat tujuan pengiriman
  • Ketentuan lain yang belum diatur dalam SSP JNE, akan dibuat dan diatur dalam perjanjian tersendiri secara tertulis.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.