6 Cara Komplain Pengiriman Barang JNE

JNE Express juga merupakan salah satu jasa ekspedisi yang dipercayai oleh beberapa perusahaan e-commerce ternama seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sejenisnya untuk mengirimkan paket barang.

Terkadang sebuah jasa pengiriman tentunya mendapati beberapa permasalahan. Misalnya saja keterlambatan pengiriman barang dari jadwal yang diberikan dan sejenisnya. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat terjadi, mengingat JNE Express sering mengalami overload pengiriman paket dikarenakan banyaknya paket yang masuk setiap harinya.

Karena hal tersebutlah yang menimbulkan banyaknya berbagai komplain dari sebagian pelanggan JNE Express. Puas atau tidaknya suatu pelanggan terhadap produk layanan dalam sebuah bisnis, tentu sangatlah wajar. Mengingat setiap perusahaan pasti mengalaminya, tak terkecuali dalam bisnis pengiriman JNE Express.

Perlu diketahui penyebab permasalahan tersebut tidak hanya ditimbulkan oleh pihak JNE Express saja, melainkan dapat disebabkan oleh pihak pengirim.

Lihat Juga : Hari dan Jam Kerja J&T Express Terbaru

Cara Komplain JNE Express

Komplain Paket JNE Express
image source : mediakonsumen.com

Demi kenyamanan dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan, JNE Express sendiri telah menyediakan layanan Call Center yang dapat digunakan untuk menanyakan berbagai hal terkait pengiriman barang. Dengan begitu, pelanggan dapat dengan bebas memberikan kritik maupun saran melalui layanan tersebut.

Dan berikut ini beberapa layanan yang dapat anda lakukan untuk komplain pengiriman barang di JNE Express.

Lihat Juga : Jam Kerja JNE Terbaru

Menghubungi Customer Care JNE

Cara yang pertama yang dapat anda lakukan adalah menghubungi Customer Care JNE. Dengan cara ini, anda dapat menyampaikan terkait keluhan apa saja yang anda alami dalam pengiriman paket. Tentunya solusi ini sangatlah cocok untuk anda yang ingin mendapatkan jawaban cepat dan praktis dari CS JNE.

Untuk menghubungi Customer Care JNE ini dapat anda lakukan di nomor berikut : (021) 2927 8888. Namun sebelum menghubunginya, ada baiknya jika anda mempersiapkan beberapa hal terkait komplain yang diajukan. Seperti halnya Nomor Resi JNE, KTP atau dokumen sejenisnya.

Pastikan juga anda memiliki pulsa yang cukup untuk menelpon, dikarenakan anda akan dikenai tarif pulsa yang disesuaikan dengan provider yang dipakai.

Mengirim Melalui Email JNE

Kemudian anda juga dapat komplain dengan mengirimkan pesan melalui Email JNE Express. JNE Express sendiri memiliki email resmi yang dapat dihubungi dan digunakan sebagai sarana penyampaian keluhan pelanggan.

Tentunya cara ini sangatlah mudah dan praktis untuk dilakukan. Dengan cara ini anda hanya perlu mengajukan semua keluhan yang sedang anda alami dalam hal pengiriman paket. Lalu mengirimkanya ke email berikut: [email protected].

Dan apabila pengaduan anda belum di respon oleh pihak JNE Express, diharapkan anda sedikit bersabar. Mengingat terdapat banyaknya pesan masuk yang sedang diterima dan diproses oleh pihak terkait.

Melalui Media Sosial Resmi JNE

Selain itu, anda juga dapat mengajukan komplain melalui Akun Media Sosial resmi dari JNE Express. JNE Express ini telah menyediakan beberapa akun media sosial. Hal ini bertujuan supaya pelanggan dapat dengan mudah menghubungi Customer Care terkait.

Tentunya cara ini sangat cocok untuk anda yang sering menggunakan Media Sosial. Berikut beberapa media sosial resmi JNE Express yang perlu anda ketahui.

Untuk cara komplain sendiri dapat anda lakukan dengan cara mengirimkan keluhan anda di salah satu media sosial di atas. Tentu ada baiknya jika anda melampirkan beberapa identitas terkait seperti halnya nama pengirim, penerima, nomor resi dan sejenisnya.

Lihat Juga : Jam Operasional Kantor Pos Indonesia

Komplain Melalui Ask Joni

JNE Express juga telah menyediakan fitur layanan yang dapat digunakan untuk menghubungi Customer Service. Fitur ini dapat anda temui di website resmi JNE Express. Di dalam Ask Joni ini anda dapat mengutarakan keluhan anda. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut ini:

Komplain JNE melalui Ask Joni
  • Pertama, kunjungi Ask Join di website resmi JNE Express berikut ini : Ask Joni
  • Masukkan Nama Lengkap, Email, dan Nomor Telepon dikolom yang sudah disediakan » pada bagian Subject, pilih Customer Service.
  • Kemudian, sampaikan keluhan anda terkait Pengiriman Barang JNE Express. Sertakan juga Nomor Resi, Nama Pengirim, dan Penerima » jika sudah melengkapi, klik Send Message.
  • Selesai.

Untuk informasi selanjutnya mengenai pengajuan komplain tersebut, pihak JNE Express akan menghubungi melalui Nomor Telepon yang telah anda masukkan sebelumnya. Jadi pastikan kembali, jika Nomor Telepon tersebut masih dalam keadaan aktif.

Mendatangi Kantor JNE Terdekat

Selain menggunakan cara diatas, terdapat juga solusi alternatif yang dapat anda lakukan. Seperti halnya mengunjungi langsung ke Kantor JNE Express terdekat. Namun sebelum itu, ada baiknya jika anda persiapkan beberapa dokumen/identitas terkait pengajuan komplain anda.

Kemudian anda juga akan diberikan beberapa pertanyaan terkait permasalahan paket. Dengan begitu, Customer Service JNE Express dapat dengan mudah memproses pengajuan komplain anda.

Lihat Juga : 4 Cara Belanja di AliExpress Untuk Pemula

Komplain Yang Sering Diajukan

Terdapat banyak sekali permasalahan paket yang diajukan oleh pelanggan. Setiap permasalahan tersebut pastinya memiliki karakteristik masalah yang berbeda. Untuk itu saya akan berikan sedikit informasi terkait komplain yang sering diajukan oleh pelanggan JNE.

Mungkin dari pertanyaan berikut ini, anda mengalami hal yang serupa. Dengan begitu anda dapat mengetahui sebab dari permasalahan yang sedang dialami.

Bagaimana jika paket rusak / hilang?

Jika paket anda mengalami kerusakan ataupun kehilangan dikarenakan pihak JNE, ada baiknya jika anda langsung mendatangi Kantor JNE terdekat. Dan lakukan pengajuan komplain kepada Customer Service JNE. Tentunya untuk mengatasi masalah ini, biasanya JNE menyediakan opsi Refund.

Mengapa paket belum sampai?

Terdapat banyak hal yang menjadikan paket anda belum sampai. Sebagai contohnya ketika JNE Express sedang overload tentunya pengiriman paket akan terlambat dari jadwal yang telah diberikan. Overload ini biasa terjadi ketika hari libur atau pun marketplace sedang mengadakan diskon besar – besaran (Flash Sale).

Dalam hal ini, anda harus ekstra sabar menunggu. Di samping itu, lakukan cek resi setiap beberapa waktu untuk mengecek posisi paket.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.