Membuat Video SlideShow Foto & Musik di HP Android

Slide Show merupakan kumpulan antara foto – foto atau gambar – gambar yang dijadikan menjadi satu sehingga membentu sebuah slide dan digabung dengan musik yang pada akhirnya menjadi sebuah video.

Setiap kali melihat foto atau gambar yang ada di galeri tentunya terlihat sangat membosankan. Terlebih kita harus geser terus menerus supaya dapat melihat satu persatu.

Itulah yang membuat saya ingin menjadikan sebuah foto menjadi slide show yang menarik, keren, dan tidak membosankan. Dengan memanfaatkan ide kreatif yang kita miliki, tentunya kita bisa menghasilkan video slide show yang unik dan menarik.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dikhususkan untuk menggabung foto dan musik menjadi satu agar menjadi sebuah slide show. Beberapa aplikasi diantaranya Video SlideShow Maker, Multimedia Slides Creator, Easy Photoslides, Sloovie: Slideshow Creator, dan VideoShow.

Nah, kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat slide show di HP Android. Penasaran seperti apa, simak ulasan dan tutorialnya berikut ini.

Lihat Juga : 6 Cara Memutar Film DVD di HP Android

Membuat Video SlideShow dengan VideoShow

VideoShow merupakan aplikasi editing video untuk smartphone dan tablet android. Dengan aplikasi ini, anda bisa membuat slide show dari foto dan lagu dengan efek – efek yang unik dan keren. Dukungan lebih dari 10 efek mengagumkan siap anda gunakan secara gratis seperti beauty, sepia, sketch, dll.

Anda juga bisa menambahkan lagu atau musik dengan waktu yang bisa anda tentukan sendiri. Agar terkesan lebih lucu, anda bisa menambahkannya dengan sticker dan emoji yang tersedia sangat lengkap.

1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi VideoShow melalui Google Play secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]

2. Buka aplikasi tersebut, lalu tap Photo & Video. Kemudian pilih foto – foto yang ingin anda jadikan video slide show. Jika sudah memilih, tap Start untuk memulai mengedit.

Cara Membuat Video Slide Show di Android 1

3. Pilih Tema untuk Slide Show ingin anda buat. Saran saya, pilihlah Elegant sebagai tema terbaik. Kemudian atur Duration video slide show sesuai keinginan anda.

Cara Membuat Video Slide Show di Android 2

4. Untuk menambahkan lagu atau musik, anda bisa tap Music, kemudian pilih lagu dari tab My Songs. Untuk memotong lagu atau musik, anda bisa geser ke kanan atau ke kiri dari arah petunjuk yang ada. Atau jika mau, anda bisa atur pada bagian Precise Time lalu masukkan menit/ detik awal dan menit/ detik akhir. Jika sudah tap Add Music.

Cara Membuat Video Slide Show di Android 3

5. Apabila anda ingin menambahkan efek tertentu atau ingin menambahkan text, tap Pro Edit dan pilih fitur – fitur yang disediakan. Jika sudah, anda bisa langsung menjadikannya sebagai video dengan format MKV. Tap Tanda Panah pada bagian pojok kanan atas.

Cara Membuat Video Slide Show di Android 4

6. Tunggu sampai proses pembuatan video selesai. Biasanya video akan jadi selama beberapa menit sampai beberapa jam, tergantung dari panjangnya durasi video tersebut.

7. Selesai.

Cara menggunakan aplikasi VideoShow sangatlah mudah, anda tidak perlu bingung mengenai cara menambahkan lagu ataupun menambahkan efek. Semuanya tersedia lengkap.

Lihat Juga : 4 Cara Convert Video MP4 ke MP3 di HP

Rekomendasi Aplikasi Edit Video lainnya ….

Sebagai tambahan, kali ini saya akan berbagi juga beberapa aplikasi yang mungkin bisa anda manfaatkan untuk membuat video slide show. Berikut daftarnya ….

#1. KineMaster – Video Editor

KineMaster
Sumber Image : Google Play

Pilihan pertama, anda bisa gunakan KineMaster yang merupakan aplikasi editing video populer bagi kalangan pengguna smartphone dan tablet android. Fiturnya yang sangat beragam mampu membuat editing apapun terasa sempurna dan maksimal. KineMaster juga banyak digunakan oleh para jurnalis, pendidik, marketer, hingga vlogger untuk video – video mereka.

Ada beragam fitur yang dihadirkan KineMaster seperti kontrol kecepatan, transisi, menambahkan subtitle, menambahkan efek khusus, menambahkan teks, hingga menambahkan tulisan tangan.

Selain itu, KineMaster juga hadirkan toko asset dimana anda bisa mendapatkan berbagai asset menarik untuk memaksimalkan hasil akhir seperti musik, klik video, font, stiker, transisi, dan masih banyak lagi. Setiap minggu, asset terus dilakukan pembaruan sehingga dukungannya cukup banyak.

Untuk dukungan ratio, KineMaster hadirkan berbagai ratio untuk kebutuhan sosial media, Youtube, pengiklanan, dan lainnya. Adapun untuk ekspor video, KineMaster dapat meng-ekspor video dengan resolusi 4K 2160p pada 30FPS atau dibawahnya.

[Google Play] [App Store]

#2. VivaVideo – Editor Video

VivaVideo
Sumber Image : Google Play

Selanjutnya ada VivaVideo dimana aplikasi ini tak kalah canggihnya dengan KineMaster. Melalui aplikasi ini, anda bisa melakukan banyak hal untuk kebutuhan editing. Tidak hanya sekedar membuat slide show dari foto dan musik, anda-pun bisa melakukan hal lain seperti memotong atau memangkas video, menggabungkan video dan musik, menambahkan filter, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, anda bisa membuat video slow motion atau gerak lambat mengunakan aplikasi ini. Bisa juga nantinya anda tambahkan efek Glitch atau efek FX. Tersedia juga filter professional yang dapat anda gunakan untuk memaksimalkan hasil editing.

Untuk hasil penyimpanan atau ekspor, anda bisa pilih opsi 720p, Full HD 1080p dan 4K. Tertarik mencoba VivaVideo, unduh gratis aplikasinya via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#3. FilmoraGo

FilmoraGo
Sumber Image : Google Play

FilmoraGo menjadi salah satu aplikasi recommended untuk membuat slide show. Mengingat, aplikasi ini hadirkan banyak kebutuhan dalam membuat slide show seperti filter, musik, transisi, penambahan judul dan teks, penambahan elemen, serta motion graphic yang begitu keren.

Opsi menambahkan foto maupun video juga dapat beragam, bisa dari galeri, album, Facebook, dan Instagram. Pilihan transisi juga cukup menarik, ada Dissolve, Wipe, Split, Shutter dan Zoom out.

Ekspor ratio juga beragam, ada untuk Instagram Square 1:1 atau Youtube dengan Cinema klasik 16:9. Hasil akhir, anda bisa menyimpan video dengan kualitas HD atau langsung membagikannya ke sosial media Facebook, Instagram, Youtube, dan lainnya.

Unduh gratis FilmoraGo via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#4. Video SlideShow Maker

Video SlideShow Maker merupakan aplikasi yang dapat difungsikan untuk menggabungkan gambar dan video menjadi satu dengan latar belakang musik atau melodi. Aplikasi ini bisa anda gunakan sebagai aplikasi untuk mengedit video dengan mudah dan cepat.

Fitur dari aplikasi ini sangat berlimpah. Unduh dan pasang Video SlideShow Maker melalui Google Play secara gratis.

[Google Play] [App Store]

#5. Sloovie: Slideshow Creator

Sloovie: Slideshow Creator merupakan aplikasi edit video buatan dari Behemus LLC. Anda hanya tinggal menyiapkan gambar, foto, dan musik kesayangan sebagai bahan untuk membuat video slide show.

Aplikasi ini dapat menciptakan video slide show yang manarik seperti terlihat seseorang yang sudah ahli dibidangnya. Anda bisa mengubah posisi slide, menerapkan filter warna, dan menambahkan soundtrack lagu ke dalam slide show.

[Google Play] [App Store]

#6. Easy Photoslides

Easy Photoslides merupakan aplikasi besutan dari LifeInMotion yang dirilis pada tanggal 19 Desember 2011. Aplikasi ini memiliki 2 versi, pertama versi gratis dan kedua versi berbayar.

Anda bisa membuat foto – foto dari momen bahagian bersama teman dan keluarga menjadi sebuah Video Slide Show yang indah dan menawan.

[Google Play] [App Store]

#7. Multimedia Slides Creator

Multimedia Slides Creator merupakan aplikasi slide creator buatan Ariem Technologies Pvt Ltd yang dirilis pada tanggal 12 September 2011. Anda bisa membuat slide keren dengan aplikasi ini, menambahkan lagu dan efek tertentu serasa sangat mudah dan cepat.

Selain Android, aplikasi ini juga tersedia untuk iPhone (IOS).

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.