12 Aplikasi Translate Android & iOS Terbaik

Semua orang pasti pernah mengalami kendala dalam berbahasa asing, entah itu saat mengobrol dengan wisatawan asing atau saat membaca ulasan yang menggunakan bahasa asing.

Mungkin berbeda dengan kasus yang saya sebutkan, tapi semua orang pasti pernah mengalami masalah dengan bahasa seperti ini. Di situasi seperti ini anda mungkin akan kerepotan jika harus menerjemahkan kata satu persatu dengan menggunakan kamus.

Nah, disaat-saat seperti ini lah aplikasi penerjemah akan bersinar. Dengan menggunakan bantuan dari perangkat ponsel anda, anda bisa mendapatkan seorang penerjemah profesional dengan cepat dan mudah.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Belajar Tes TOEFL Terbaik

Aplikasi Penerjemah Android & iOS Terbaik

Di ulasan kali ini, saya punya rekomendasi beberapa aplikasi translator dengan terjemahan yang akurat yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih aplikasi translator yang baik. Dan berikut daftarnya…

1. Google Translate

Google Translate
Sumber Image : Play Store

Aplikasi yang pertama ini sudah tidak perlu diragukan lagi kehebatannya. Merupakan aplikasi terjemahan paling populer dari semua terjemahan.

Aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Google LLC ini, memiliki jumlah pengunduhan lebih dari 500jt kali, dengan rating  4,5 dari sekitar 7jt pengguna.

Sebelum dibuatnya versi mobile, layanan ini dulunya berupa web app yang dapat anda akses secara bebas di internet. Seiring berkembangkan perangkat Android, dan untuk mempermudah pengguna mobile dalam menggunakan layanan ini, Google LLC pun mengembangkan versi mobile dari Google Translate.

Google Translate sendiri bisa menerjemahkan 103 bahasa dalam keadaan online, untuk layanan offline anda harus mengunduh bahasa yang anda inginkan terlebih dahulu. Google Translate tidak hanya bisa menerjemahkan melalui tulisan, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan melalui suara, dan gambar.

Tidak hanya itu, Google Translate juga dapat menerjemahkan percakapan dua arah anda dengan orang asing secara real-time. Dengan ini anda bisa berhubungan dengan lebih banyak orang lagi di luar sana..

[Google Play] [App Store]

2. Microsoft Translator

Microsoft Translator
image source : google play

Merupakan pesaing dari Google Translate, aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Microsoft. Dengan total pengunduhan mencapai 10jt pengunduhan, dan rating 4,6 dari 440rb pengguna.

Microsoft Translator, memiliki kemampuan dalam menerjemahkan 60 bahasa secara online maupun offline. Tidak hanya mendukung terjemahan teks saja, Microsoft Translator juga mendukung bentuk terjemahan lain, seperti suara dan gambar.

Selain itu, Microsoft Translator juga mendukung penerjemahan dua arah, yang akan membantu anda saat melakukan percakapan dengan orang asing melalui sosial media.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Kalkulator Matematika Android Terbaik

3. iTranslate

iTranslate
image source : google play

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang populer di dunia, aplikasi ini banyak digunakan para traveller yang suka bepergian ke berbagai macam negara.

iTranslate merupakan aplikasi yang dikembangakan dan ditawarkan iTranslate Team untuk membantu penggunanya berkomunikasi dengan orang asing.

iTranslate mendukung lebih dari 100 bahasa, dengan dialek yang berbeda-beda. Temukan kata yang tepat dengan berbagai sinonim yang disediakan saat anda melakukan pencarian kata.

iTranslate juga dibekali fitur penerjemah lainnya, seperti penerjemah melalui suara, gambar, atau kamera.

[Google Play] [App Store]

4. Translate All

Translate All
image source : google play

Di urutan berikutnya, ada aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Translator Lab, aplikasi ini memiliki jumlah pengunduhan lebih dari 10jt dengan rating 4,5 dari 140rb pengguna.

Translate All adalah aplikasi salah satu aplikasi translator lainnya yang memiliki kemampuan dalam menerjemahkan bahasa asing. Translate All memiliki dukungan lebih dari 100 bahasa untuk diterjemahkan.

Sistem penerjemahannya pun bermacam-macam, anda bisa melakukannya melalui tulisan, suara, maupun kamera. Dengan tampilan yang modern dan sederhana, aplikasi yang satu ini bisa sekali untuk anda lihat dalam waktu lama.

Kesan intuitifnya pun terasa kuat, anda pasti akan langsung bisa menggunakannya pada saat pertama kali mencoba. Translator All ini cocok untuk anda gunakan sebagai alat bantu pendidikan, atau pun untuk travelling.

[Google Play] [App Store]

5. U-Dictionary

U-Dictionary
image source : google play

Aplikasi selanjutnya adalah U-Dictionary, aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan dan ditawarakn oleh YouDao Limited. Memiliki jumlah unduhan melebihi 50 juta unduhan, dan rating 4,3 dari 500rb pengguna.

Pada dasarnya U-Dictionary ini memiliki fungsi yang sama saja dengan aplikasi translator lainnya. Mulai dari terjemahan teks, suara, juga dari kamera, sama halnya dengan aplikasi-aplikasi translator sebelumnya.

Yang membuat U-Dictionary ini berbeda dengan aplikasi translator lainnya adalah salah satu fiturnya yang mendukung penerjemahan cepat, yang bisa diakses melalui shortcut yang ada di bagian notifikasi.

Tidak hanya itu, U-Dictionary juga memiliki fitur “Kata-kata hari ini”.Fitur ini akan memberikan anda berbagai kosakata asing di lock screen ponsel anda.

Hal ini akan membantu anda untuk menambah kosakata baru yang belum anda ketahui, fitur ini akan selalu mengganti katanya setiap anda mematikan layar ponsel anda.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 9 Aplikasi Office Android Terbaik

6. Kamusku

Kamusku
image source : google play

Mungkin aplikasi yang satu ini cukup familiar di telinga anda. Kamusku, aplikasi yang cukup populer di kalangan pelajar. Aplikasi yang satu ini memang tidak memiliki banyak fitur yang dapat menyaingi translator lainnya, namun Kamusku masih cukup bisa anda andalkan sebagai penerjemah.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Kodelokus Cipta Aplikasi ini memang mengunggulkan kesederhanaan dan kemudahan, sangat cocok digunakan untuk proses pembelajaran.

Sayangnya, Kamusku hanya memiliki dukungan satu bahasa, yang paling populer adalah Kamusku Inggris Indonesia. Selain dari bahasa inggris, Kodelokus Cipta Aplikasi juga mengembangkan Kamusku dengan bahasa lain seperti Arab dan Korea.

[Google Play] [App Store]

7. Naver Papago

Naver Papago
image source : google play

Dibanding beberapa aplikasi lainnya, aplikasi yang satu ini sangat mengungguli dalam perbahasaan di negara-negara Asia. Never Papago adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Never Corp. untuk membantu calon penggunanya menerjemahkan bahasa-bahasa yang ada di Asia.

Pada awalnya, aplikasi ini hanya mendukung beberapa bahasa saja, seperti Jepang, Korea, dan China ke dalam bahasa inggris, atau sebaliknya. Namun, saat ini Papago sudah mendukung hingga 13 bahasa negara di Asia.

Layaknya aplikasi translator lain, Papago ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang akan mempermudah anda dalam membaca tulisan asing atau berbincang dengan orang asing.

Papago dilengkapi dengan fitur penerjemah melalui suara, dan juga penerjemah melalui kamera ponsel. 

[Google Play] [App Store]

8. Ever Translator

Ever Translator
image source : google play

Aplikasi yang dikembangkan Firemaples ini adalah aplikasi penerjemah yang berfokus pada penerjemahan kalimat/kata yang ada di layar ponsel anda.

Ever Translator merupakan penerjemah yang cukup berbeda dengan penerjemah yang sudah saya sebutkan sebelum-sebelumnya. Aplikasi yang satu ini hanya memiliki satu cara penerjemahan, yakni dengan OCR lalu diterjemahkan.

Aplikasi ini cocok untuk anda yang suka membaca artikel dalam bahasa asing, atau saat anda bermain game yang tidak mendukung bahasa yang anda pahami.

Dengan menggunakan Ever Translator, anda akan bisa menerjemahkan kata/kalimat asing yang anda temukan di ponsel anda. Yang spesial dari aplikasi ini adalah anda bisa memilih bagian/tulisan yang ingin anda terjemahkan.

Tidak seperti Google Translate yang melakukan pemindaian terhadap seluruh gambar, dengan Ever Translator bisa memblok kalimat yang ingin anda terjemahkan.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 8 Aplikasi Video Conference Android & iOS Terbaik

9. TranslateZ

TranslateZ
image source : google play

Masih dengan rekomendasi aplikasi yang sama, di urutan kesembilan ini ada aplikasi yang ditawarkan oleh EVOLLY.APP, TranslateZ. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu unduhan, dan mendapatkan rating 4,2 dari 700 orang.

Layaknya aplikasi translator lain, TranslateZ ini juga memiliki berbagai cara yang dapat Anda pilih untuk menerjemahkan bahasa asing. Mulai dari metode yang paling biasa, seperti melalui teks atau tulisan, sampai metode yang luar biasa seperti penerjemahan AR melalui aplikasi kamera.

Tidak hanya itu, TranslateZ juga memiliki dukungan bahasa yang sangat banyak, Anda tidak perlu khawatir soal bahasa jika ingin pergi ke daerah asing. Aplikasi ini juga dapat Anda akses secara offline atau tanpa akses internet, jadi Anda tidak perlu panik saat tiba-tiba akses internet Anda hilang.

[Google Play] [App Store]

10. Translate All

Translate All
image source : google play

Meskipun memiliki nama yang sama dengan aplikasi di urutan keempat, namun Translate All yang satu ini merupakan aplikasi yang berbeda, aplikasi ini adalah hasil kembangan Tranit Team. Memiliki jumlah pengunduh lebih dari 500rb dan rating 4,6 dari 12rb pengguna.

Layaknya aplikasi translator lain, Translate All ini juga aplikasi yang mendukung penerjemahan dari berbagai bahasa. Dalam Translate All sendiri, ia mendukung hingga 100 bahasa yang berbeda. Tidak hanya dalam bentuk teks, namun juga dalam bentuk suara.

Tidak lupa, Tranit Team juga menambahkan penerjemahan AR untuk melengkapi kemampuannya. Dengan Translate All anda juga akan dimudahkan saat melakukan perbincangan di media sosial.

Hal itu dikarenakan kemampuan Translate All yang mendukung penerjemahan obrolan. Anda hanya perlu menarik Bubble Text Translator” ke kalimat yang ingin lawan pembicaraan anda.

[Google Play] [App Store]

11. Speak and Translate

Speak and Translate
image source : google play

Berikutnya adalah aplikasi yang beberapa orang mengatakannya sebagai aplikasi translator terbaik di perangkat iOS.

Speak and Translate, merupakan aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Apalon Apps. Di aplikasi ini anda bisa menerjemahkan hingga lebih dari 100 bahasa, tidak hanya melalui tulisan namun juga suara.

Anda bisa memilih suara perempuan atau laki-laki sebagai suara dari terjemahan.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Streaming Film Android & iOS Terbaik

12. Translate Now

Translate Now
image source : google play

Aplikasi terakhir di ulasan ini adalah aplikasi yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Wzp Solutions Lda ini. Translate Now, dengan rating 4,7 dari 77rb pemberi rating, aplikasi ini cukup meyakinkan untuk anda coba.

Dengan kurang lebih 100 dukungan bahasa, anda bisa menggunakan aplikasi yang satu ini untuk bepergian ke berbagai tempat yang berbeda. Translate Now tidak hanya dapat menerjemahkan tulisan, namun juga dapat menerjemahkan melalui suara, dan juga kamera.

Anda bahkan juga bisa menerjemahkan obrolan anda dengan orang yang berbeda bahasa untuk mempermudah anda berhubungan dengan dunia luar.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.