Tampilan Terbaru Gmail
Sumber Image : The Verge

Dianisa.com – Tampilan Terbaru Gmail. Gmail, salah satu penyedia layanan pesan leketronik milik google ini sudah lama berdiri dan melayani persuratan kita sehari hari. Gmail pertama kali diluncurkan untuk versi undangan pada 1 April 2004 dan tersedia untuk versi publik pada tanggal 7 Februari 2007 meski menyandang status masih beta. Dengan kapasitas penyimpanan awal GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis web mail dari 2-4 MB yang ditawarkan oleh pesaingnya pada masa itu.

Baca Juga :

Setelah sekian lama meluncur, beberapa kali Gmail mengalami perubahan dengan tampilan atau tema yang ditampilkan, hingga beberapa waktu yang lalu Google akhirnya resmi meluncurkan pembaruan tampilan layanan email mereka. Ini adalah perubahan terbesar dalam sejarah sejak Gmail diluncurkan tahun 2004.

Perubahan ini meliputi fitur keamanan, tampilan yang lebih segar, kemampuan untuk menetapkan tanggal kedaluwarsa email, dan kode sandi untuk email. Semua fitur baru ini akan mulai dirilis bertahap secara global ke lebih dari 1,4 miliar pengguna Gmail. Salah satu pembaruan yang menarik perhatian adalah fitur keamanan dalam mode konfidensial baru. Fitur ini memungkinkan pengirim untuk menentukan tanggal kadaluarsa dari email yang sensitif atau yang diinginkan. Sehingga keamanan dari email tersebut lebih terjaga.

Gmail Versi Terbaru
Sumber Image : theverge.com

Pengguna nanti tidak mengirim konten rahasia secara langsung, namun hanya mengirimnya dalam bentuk link atau tautan yang ada di kotak surat dan dapat diakses oleh penerima baik melalui Gmail atau akun email lain. Selain itu, pengirim email bisa memberikan waktu berapa lama surat yang dikirim dapat diakses oleh penerima.

Google juga mendesain ulang Gmailnya sehingga mencegah penipuan, Bank menjelaskan bahwa algoritma machine Learning Google menjalankan pemerikasaan keamanan untuk email atau pesan baru yang diterima pengguna. Disamping itu google juga menambahkan fitur nudging yaitu sebuah fitur yang dapat menentukan pesan mana yang membutuhkan prioritas dan dianggap penting . kemudian didalam tampilan kotak masuk ada penambahan fitur tunda, smart replay, serta dapat dinonaktifkan dari inbox.

Untuk User Interface (UI) atau antarmuka Gmail versi web mengalami pembaruan visual, lengkap dengan tambahan panel sisi kanan yang dapat dilipat. Ini bertujuan untuk lebih mengintegrasikan aplikasi G Suite Google, dengan Google Calendar, Google Keep, dan Google Tasks baru. Panel tersebut memungkinkan kita untuk mengatur pertemuan, merencanakan aktivitas, atau dapat digunakan untuk menulis catatan tanpa meningglakan email untuk masuk ke tab baru. Untuk mengubah tampilan utama, Google akan meminta pengguna baru untuk memutuskan tiga pengaturan tampilan: Default, Comfortable, dan Compact. Berbedaan ketiganya ada di bagian tata letak panel di kotak masuk.

Jika dilihat lebih lanjut, kebanyakan pembarun pada Gmail ini lebih fokus terhadap versi web-nya, walupun begitu untuk versi aplikasinya juga mendapat perubahan penting degan adanya pengenalan notifikasi terbaru, dimana fitur rtersebut menggunakan sistem AI yang dapat memilih email mana yang akan diberitahukan pada pengguna.

Jika ingin mencoba tampilan baru ini, pengguna bisa langsung masuk ke menu pengaturan email (ikon roda bergerigi di kanan atas kotak masuk) dan pilih ‘Coba Gmail baru’. Sebagian fungsi anyar di pembaruan ini baru akan hadir dalam beberapa pekan ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here