Ekstrak File RAR, ZIP, TAR, dan ISO di HP Android

File RAR atau ZIP adalah salah satu file yang berisi satu file atau beberapa file yang telah di kompres menjadi satu file. Fungsi dari File RAR atau ZIP adalah mengkompres banyak file menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil.

Seperti misalnya file berukuran 1 MB dan di compres menjadi file RAR atau ZIP maka bisa berubah menjadi 800 atau 900 KB, tergantung dari jenis file yang di kompres.

Pada umumnya file RAR dan ZIP dibuka dan dibuat melalui Komputer atau Laptop (Windows), namun sebenarnya anda bisa membuka, mengedit, ataupun meng-ekstrak file RAR dan ZIP di Android.

Sama seperti komputer yang biasanya membutuhkan Aplikasi tambahan seperti WinRAR atau WinZIP, di Android-pun juga sama. Anda membutuhkan Aplikasi tambahan untuk bisa membuka file RAR di Android.

Google Play menyediakan aplikasi yang bisa membuka file RAR, ZIP, ataupun file jenis lainnya.

Lihat Juga : 6 Cara Convert PDF ke Word di Komputer & Android

Ekstrak File RAR dan ZIP di HP Android

Aplikasi RAR merupakan aplikasi Android gratis yang mirip dengan aplikasi WinRAR atau WinZIP pada Windows. Ini merupakan variasi dari WinRAR Komputer (Windows). Aplikasi ini dikembangkan oleh RARLAB (published by win.rar GmbH).

Menariknya, aplikasi ini mampu membuka banyak file seperti TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ archives. Dengan fiturnya yang menarik maka tidak heran jika aplikasi ini telah di percaya oleh jutaan pengguna ponsel android dengan rating yang sangat bagus.

Membuka File RAR di Android
  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi RAR melalui Google Play. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play]
  2. Selanjutnya, anda buka aplikasi tersebut, dan centang aplikasi yang berformat RAR atau ZIP di memori Internal ataupun Ekternal Android anda.
  3. Tekan dan Tahan lama file RAR atau ZIP yang anda inginkan maka sacara otomatis akan muncul beberapa pilihan yakni Extract File atau Extract Here.
  4. Extract File berarti anda akan mengekstrak file yang ada di file ZIP, RAR atau yang lainya ke dalam sebuah folder khusus. Jika anda memilih Extract Here maka file yang ada dalam file RAR atau ZIP tersebut akan terekstrak ke folder dimana File RAR dan ZIP tersebut berada.
  5. Intinya tetap sama yakni Ekstrak file RAR dan ZIP, jika sudah ekstrak anda bisa membuka file tersebut, entah itu berupa dokumen, foto, video, musik, ataupun yang lainnya sesuai dengan isi file RAR atau ZIP tersebut.
  6. Selesai.

Anda jangan khawatir masalah perbedaaan smartphone Android, karena cara diatas bisa anda ikuti pada semua perangkat Android tanpa terkecuali, dan tidak perlu akses root sama sekali.

Lihat Juga : Membuka File Word, Excel, Powerpoint, & PDF di HP

Aplikasi Ekstrak File RAR & ZIP lainnya

Selain menggunakan aplikasi diatas, ada rekomendasi lain yang mungkin menarik untuk dicoba, berikut diantaranya :

#1. RAR & ZIP File Extractor

RAR & ZIP File Extractor

Rekomendasi pertama, bisa gunakan RAR & ZIP Extractor dari Noble Gracious. Dengan menginstal aplikasi ini, anda bisa membuka file RAR dan ZIP dengan sangat mudah, melakukan editing dan protection, serta ekstrak ke folder yang anda inginkan.

Dukungan file dari aplikasi ini cukup beragam, seperti TAR, GZ, BZ2, 7z, ISO, dan masih banyak lagi. UI dari aplikasi ini juga cukup clean dan enak dilihat, terlihat sangat memanjakan mata pengguna.

[Google Play] [App Store]

#2. B1 Archiver ZIP RAR

B1 Archiver ZIP RAR

Rekomendasi kedua bisa gunakan B1 Archiver ZIP RAR dari B1 Grup Software. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa melakukan manajemen file yang terkompres pada format RAR dan ZIP secara maksimal.

Dukungan lebih dari 34 format file selain RAR dan ZIP menjadi keunggulan dari aplikasi ini. Selain itu, dukungan versi pro membuat pengguna dapat menggunakan aplikasi tanpa gangguan iklan.

[Google Play] [App Store]

#3. ZArchiver

ZArchiver

Rekomendasi selanjutya yakni ZArchiver dari ZDevs yang juga merupakan archive manajemen yang bisa anda gunakan untuk ekstrak file RAR dan ZIP secara lebih cepat. Anda bisa melakukan protection, kompres, dekompres menggunakan aplikasi ini.

Jika tertarik, unduh langsung aplikasi via Google Play.

[Google Play] [App Store]

Sekian ulasan singkat mengenai ekstrak file RAR dan ZIP di Android, semoga bisa berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.