7 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP OPPO A71

0
570

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP OPPO A71. OPPO A71 merupakan salah satu perangkat OPPO kelas menengah ke atas yang rilis pada bulan September 2017 dengan mengusuang spesifikasi dan desain mantap dan keren. Hadir dengan dua opsional memori yang berbeda, antara RAM 2GB/ Internal 16GB dan juga RAM 3GB/ Internal 32GB. Dari segi OS, OPPO A71 mengusung Android 7.1 dengan ColorOS versi 3.2. Adapun untuk dapur pacunya sendiri tentu akan sangat maksimal berkat ditanamkannya Processor Qualcomm SDM 450 dengan Grafis dari GPU ARM Mali T860 MP2.

Baca Juga :

Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti

Untuk yang RAM 3GB tentu akan lebih maksimal ketimbang RAM yang 2GB. Hal inilah yang biasanya membuat perbedaan saat membuka beberapa aplikasi sekaligus. Terjadi Lag atau tidak bisa dibuka menjadi hal biasanya saat melakukan aktifitas multitasking diatas layar OPPO A71. Munculnya pesan error bertuliskan “Sayangnya, Aplikasi #Telah Berhenti, “Unfortunately, App Has Stooped”, “Aplikasi Tidak Menanggapi” dan lainnya menjadi masalah yang terkadang sangat menggangu. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menerapkan beberapa metode sederhana yang saya tulis dibawah ini.

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan dalam mengatasi masalah Aplikasi yang tidak bisa dibuka, tidak tersambung, ataupun tidak terhubung yakni dengan restart smartphone. Memang tidak menjamin, tapi tidak ada salahnya untuk anda coba terlebih dahulu.

2. Periksa Konektivitas

Selanjutnya untuk yang kedua, cek konektivitas. Untuk Aplikasi yang berjalan secara online yang saat ini tidak dapat terhubung seperti misalnya WhatsApp, BBM, LINE, Instagram, dan lainnya, pastikan koneksi Internet tersedia dan lancar. Cobalah untuk mengakses browser dan membuka beberapa laman untuk memastikannya.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk berikutnya, cobalah untuk Membersihkan File Cache menggunakan Aplikasi Keamanan atau Cleaner. Perangkat OPPO A71 telah dilengkapi dengan aplikasi Keamanan yang fungsinya untuk membersihkan virus, cache, history, dan lainnya. Gunakan aplikasi tersebut untuk membersihkan file cache secara rutin dan berkelanjutan. Dan untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi OPPO A71

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Hapus Data Aplikasi

Dan untuk metode berikutnya yakni Membersihkan Data Aplikasi Yang Bermasalah. Cara ini biasanya sangat manjur dalam mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka, muncul pesan error, dan lainnya. Hapus data Aplikasi dimaksudkan untuk membersihkan file sementara pada aplikasi dan mengambalikan aplikasi secara defaut. Data sementara yang dimaksud seperti basis data, data login, history, bookmark, cache, dan lainnya. Dan untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi OPPO A71

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » Kemudian tap “Hapus”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Instal Ulang Aplikasi

Selanjutnya untuk metode kelima yakni instal ulang Aplikasi. Aplikasi yang mengalami banyak masalah, atau banyak bugs terjadi maka lebih baik untuk melakukan install ulang. Hapus Aplikasi, bersihkan cache, kemudian lakukan restart. Dan baru dari sinilah anda mulai mencoba untuk install kembali aplikasi melalui Google Play Store secara langsung. Dan untuk metode penghapusan, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi OPPO A71

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Instalasi” » Kemudian tap “OK”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

6. Update ColorOS

Untuk metode ke enam, cobalah untuk melakukan Update pada ColorOS. Siapa tahu, karena banyaknya bugs pada sistem membuat beberapa aplikasi tidak bisa digunakan atau selalu mengalami masalah. Dengan update ColorOS, anda tidak hanya mendapatkan pembaruan terkait sistem Android, tetapi juga mengatasi semua masalah pada Smartphone anda.

7. Aplikasi Tidak Support

Apabila semua metode telah anda lakukan tetapi aplikasi tetap saja tidak bisa digunakan, maka bisa jadi aplikasi tersebut memang tidak kompatible dengan perangkat yang anda gunakan. Bisa jadi dari pihak developers nya sendiri tidak melakukan pembaruan dari segi sistem yang berkembang saat ini. Dan inilah yang menjadikan Aplikasi tidak kompatible.

Baca Juga :

Itulah beberapa metode sederhana dalam Mengatasi Masalah “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP OPPO A71, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait HP OPPO A71 silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here