4 Cara Copy Paste Postingan & Komentar Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang bisa digunakan sebagai media berbagi foto dan video pendek. Kekurangan dari Instagram sendiri adalah, pengguna tidak bisa meng-copy text yang ada pada postingan (caption) dan komentar. Jika misalnya kita melihat postingan yang inspiratif, lucu, atau menarik, maka kita tidak bisa menyalin atau meng-copynya.

Lalu kenapa Instagram tidak menghadirkan fitur salin text saat ini atau memang sengaja tidak dihadirkan? Menurut saya, mungkin karena alasan agar pengguna mau membagikan postingan tersebut lewat aplikasi pihak ketiga seperti Telegram, LINE, WhatsApp, dan sebagainya. Dan ketika anda membagikan postingan tersebut, maka semua caption dan hashtag juga ikut terlihat.

Hal ini berbeda dengan app Facebook yang mana tetap bisa menyalin text atau postingan yang dibagikan para pengguna. Namun untuk Instagram versi web, anda tetap bisa menyalin caption dan komentar sesuai keinginan. Tapi tenang saja, kali ini saya akan berbagi tips ke anda supaya bisa meng-copy postingan dan komentar di instagram.

Lihat Juga : 5 Cara Download Story Instagram

Cara Copy Paste Caption dan Komentar Instagram

Untuk menyalin caption dan komentar Instagram, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Dalam artikel ini saya menjelaskan bagaimana menyalin caption menggunakan Universal Copy dan Picturize, serta memanfaatkan Instagram web Google Chrome. Silahkan pilih metode yang menurut anda mudah untuk dilakukan.

1. Gunakan Universal Copy

Universal Copy merupakan salah satu aplikasi serba guna yang bisa anda gunakan untuk meng-copy setiap tulisan yang tampil pada layar smartphone. Aplikasi yang dikembangkan oleh Camel Corporation memiliki rating yang cukup baik di Google Play Store. Anda bisa menyalin semua pesan di postingan dan komentar Instagram. Tidak hanya Instagram saja, bisa juga untuk Twitter, YouTube, Tumblr, Facebook, dan lainnya. Untuk penggunaannya, berikut langkah-langkahnya;

STEP 1: Pertama, silahkan download dulu app Universal Copy via link berikut ini: [Google Play] [App Store]. Buka aplikasi Universal Copy, tap Universal Copy untuk enable. Lalu anda akan diarahkan ke Open Settings. Aktifkan fitur Universal Copy » aktifkan dengan tap tombol Toogle Switch. Konfirmasi dengan OK.

1 Menggunakan Universal Copy

STEP 2: Setelah itu, silahkan buka Instagram anda. Pilih postingan yang ingin anda salin Caption atau komentarnya. Lalu, lihat dibagian notifikasi atas, tap Universal Copy agar ia menyalin semua yang terlihat dilayar dalam mode OCR. Klik icon Select All yang ada dibagian pojok kanan atas.

2 Salin Caption Instagram Universal Copy

STEP 3: Pilihan Select All tersebut akan membuat semua text telah terseleksi. Tap icon Salin (copy) yang ada dibagian pojok kanan atas. Kemudian pastkan ke tempat yang anda inginkan. Sebagai contoh saya pastekan text ke aplikasi Catatan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini;

3 Paste Caption Instagram Universal Copy

Jika diurutkan, berikut langkah-langkahnya;

  1. Download dan install Universal Copy dari link berikut ini: [Google Play] [App Store].
  2. Buka aplikasi tersebut, tap enable Universal Copy » Open Settings.
  3. Anda akan dialihkan ke Aksesibilitas » pilih Universal Copy.
  4. Tap tombol Switch Universal Copy » konfirmasi OK.
  5. Buka Instagram anda, kemudian pilih postingan yang ingin disalin.
  6. Scroll bar notifikasi atas » tap Universal Copy.
  7. Tap icon Select All yang ada dipojok kanan atas.
  8. Tap icon Copy yang ada dipojok kanan atas.
  9. Pastekan ke tempat yang anda inginkan.
  10. Selesai.

*KET: Jika anda ingin menyalin bagian komentar, maka arahkan layar smarthone anda ke komentar Instagram. Karena cara kerja Universal Copy adalah melakukan screenshot pada apa yang ditampilkan dilayar dalam mode OCR. Dengan begitu, anda bisa menyalin teks yang anda inginkan.

Lihat Juga : 5 Cara Copy URL Link Instagram

2. Gunakan Copy text on the screen

Copy text on the screen merupakan salah satu aplikasi yang mampu menyalin teks dalam sebuah gambar (screenshot) dengan memanfaatkan teknologi OCR. Dalam pengembangannya, aplikasi ini dapat menyalin teks dalam bahasa Indonesia, Arab, Hindi, Gujarati, Cina, Jepang, Urdu, dan Korea serta memiliki tingkat akurasi salinan 95% sampai 100%. Untuk penggunaannya, anda bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

STEP 1: Pertama, silahkan unduh dan pasang aplikasi terlebih dahulu: [Google Play]. Setelah itu, screenshot bagian teks yang ingin anda salin di Instagram. Kemudian pilih icon Galeri. Pilih gambar dari screenshot yang telah anda ambil tersebut. Dibagian atas, silahkan pilih Bahasa Indonesia. Dalam beberapa saat, aplikasi akan melakukan scanning untuk mengambil semua teks yang ada.

1 Salin Teks Screenshot Instagram

STEP 2: Silahkan buka file yang selesai di scanning tersebut. Sebagai bukti, anda bisa melihat hasil teks yang selesai di scanning. Seleksi bagian yang anda inginkan, tap icon Copy untuk menyalin.

2 Copy Teks Instagram

Jika diurutkan, berikut langkah-langkahnya;

  1. Silahkan pasang Copy text on the screen terlebih dahulu: [Google Play] [App Store].
  2. Setelah terpasang, screenshot bagian postingan atau komentar yang ingin anda salin.
  3. Buka aplikasi tersebut, tap icon Galeri.
  4. Pilih gambar dari screenshot Instagram.
  5. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  6. Buka file scanning tersebut.
  7. Kemudian anda bisa salin teks tersebut.
  8. Tap icon Copy untuk menyalin.
  9. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mematikan Notifikasi Instagram

3. Copy Caption Lewat Instagram Web

Selain menggunakan dua aplikasi diatas, anda juga bisa menyalin caption Instagram tanpa aplikasi tambahan. Cukup pastekan link postingan Instagram ke Browser, lalu seleksi caption sesuai dengan yang anda butuhkan. Lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

STEP 1: Buka Instagram anda, kemudian pilih postingan yang anda inginkan. Klik icon tiga titik yang ada di pojok kanan atas » lalu pilih Salin Tautan.

Copy URL Foto dan Video Instagram

STEP 2: Buka browser smartphone anda, kemudian pastkan link untuk membuka postingan Instagram. Kemudian anda bisa seleksi teks caption tersebut. Tap Salin untuk meng-copy caption lalu pastekan ke tempat yang anda inginkan.

2 Copy Caption Instagram Tanpa Aplikasi

Jika diurutkan berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka aplikasi Instagram anda.
  2. Pilih postingan atau komentar yang diinginkan.
  3. Tap icon tiga titik yang ada dipojok kanan atas » Salin Tautan.
  4. Buka Browser anda, lalu pastekan link tersebut.
  5. Kemudian anda bisa seleksi caption postingan Instagram tersebut.
  6. Pastekan caption sesuai keinginan anda.
  7. Selesai.

*KET: Selain melalui browser smartphone, anda juga dapat mencobanya lewat browser komputer. Gunakan mouse atau trackpad untuk menyeleksi teks caption dan komentar Instagram. Copy dengan CTRL + C dan pastekan dengan CTRL + V.

Lihat Juga : 3 Cara Menghapus Tautan Facebook di Instagram

4. Cara Copy Komentar Instagram

Selain caption, anda juga dapat menyalin komentar dengan metode yang sama seperti panduan diatas. Saran saya, lebih baik anda login Instagram web lewat browser yang anda gunakan supaya bisa dengan mudah menyalin komentar Instagram. Jika tidak login, anda tidak bisa membuka komentar Instagram.

INSTAGRAM WEB: Silahkan Salin Tautan dari postingan Instagram yang anda inginkan. Pastekan di browser smartphone anda. Temukan dan seleksi komentar yang ingin anda copy. Tap Salin dan pastekan di tempat yang anda inginkan.

Copy Komentar Instagram

Berikut untuk panduan singkatnya;

  1. Buka aplikasi Instagram anda.
  2. Pilih postingan dengan komentar yang anda inginkan.
  3. Tap icon tiga titik yang ada dipojok kanan atas » Salin Tautan.
  4. Buka Browser dan pastekan link tautan tersebut.
  5. Kemudian seleksi komentar Instagram yang anda inginkan.
  6. Pastekan salinan tersebut ke tempat yang anda inginkan.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Mem-private Akun Instagram

Penutup,

Itulah beberapa opsi yang bisa anda lakukan dalam menyalin postingan dan komentar di Instagram. Menurut saya, cara pertama adalah yang paling mudah dan fleksibel untuk dilakukan. Namun perlu diperhatikan, Universal Copy akan selalu aktif sehingga membuat baterai cepat habis. Lebih baik aktifkan Universal Copy hanya ketika ingin digunakan. Jika tidak digunakan, lebih baik disable aplikasi tersebut.

Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Muhammad Firmansyah berkata:

    terima kasih sangat membantu..