20+ Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil Terlaris Menjanjikan 2019

Di masa kini, peluang bisnis modal kecil semakin lama semakin banyak, khususnya dalam bidang UKM dan UMKM. Di mulai dari rumahan sampai merambah dalam bidang online membuat bisnis mengalami peningkatan. Banyak pebisnis yang tidak hanya membuka toko dalam bentuk fisik namun juga membuka toko dalam bentuk online (marketplace).

Bahkan jika kita melihat data pertumbuhan ekonomi, 60 persen di dominasi oleh UMKM Indonesia. Dari informasi yang saya dapatkan, jumlah pengusaha kecil di Indonesia mencapai 93,4 persen, kemudian usaha menengah 5,1 persen, dan pengusaha besar hanya 1 persen. Dan hal ini mengalami perubahan peningkatan setiap tahunnya.

Meningkatkan produktivitas dalam bidang online tidak serta merta membuat bisnis offline mati, pentingnya strategi bisnis dan evolusi dalam berbisnis perlu diterapkan.

Di masa depan-pun kita akan melihat peluang dan ide bisnis yang lebih gila sehingga membuat bisnis kita lesu tanpa kita sadari. Jadi, selain pintar dalam menjual produk kita juga perlu antisipasti agar tidak kalah dengan perubahan industri.

Bicara mengenai bisnis dengan modal kecil, artinya kita tetap membutuhkan modal kecil atau dana untuk bisa memulainya. Meskipun modal yang kita punya terbatas, yang namanya bisnis pasti membutuhkan uang atau dana sebagai landasan pokoknya.

Selain itu, ada sebagian hal yang tidak membutuhkan material (non-material) seperti pengetahuan mendasar dari bisnis yang akan kita jalankan, kemauan, ketekunan, dan kerja keras.

Di bawah ini ada beberapa peluang bisnis dengan modal kecil menjanjikan yang mungkin cocok dengan minat dan potensi dalam diri anda.

Peluang Usaha Bisnis Rumahan

Jika kita perhatikan, ada banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan sendiri di rumah. Anda bisa menjalankan dan melakukan manajemen proses usaha dengan maksimal tanpa harus menyewa atau membangun sebuah tempat. Bahkan, anda bisa memanfaatkan orang rumah untuk membantu bisnis anda.

Walau demikian, anda juga perlu memperhatikan maket pasar dilingkungan sekitar. Tujuannya jelas apakah nanti akan ada peminat dari produk anda atau tidak. Berikut daftar peluang usaha offline yang bisa anda jalankan di rumah.

#1. Jualan Pulsa dan Paket Data

Jualan Pulsa
Sumber Image : blog.kpay.id

Di era Industri 4.0 saat ini, siapa yang tidak membutuhkan pulsa ataupun paket data, semua pasti membutuhkannya. Bisnis jualan pulsa merupakan salah satu bisnis paling murah dengan modal awal yang hanya 100 – 200 ribu saja. Selain murah, anda bisa menjalankan bisnis ini dimana saja dan kapan saja anda mau.

Hanya dengan modal kecil, anda sudah bisa daftar ke agen penyedia pulsa elektrik. Beberapa distributor terpercaya yang bisa saya rekomendasikan diantaranya seperti payfazz.com, portalpulsa.com, dflash.co.id, kudo.co.id, dan lainnya.

Jika anda punya banyak kenalan atau ikut dalam sebuah network, organisasi, atau hal lainnya maka hal ini akan sangat membantu bisnis anda. Terlebih jika anda seorang mahasiswa maka dapat pula melakukan penawaran ke teman, jikalau nanti membutuhkan pulsa bisa langsung menghubungi anda.

Walau demikian, anda-pun pasti berfikir bahwa sudah banyak orang yang berbisnis jualan pulsa sehingga persaingan sangat ketat.

Strategi pemasaran yang jitu dapat menjadi andalannya. Seperti yang saya katakan sebelumnya, network atau koneksi yang luas menjadi sangat penting, harapannya jualan pulsa benar – benar bisa laris manis. Manfaatkan WhatsApp dan akun sosial media yang anda miliki sebagai media promosi terbaik.

#2. Peluang Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner
Sumber Image : foodizz.id

Jika anda hobi masak dan sangat suka mencoba hal – hal baru dalam memasak, maka bisnis ini sangat cocok untuk anda. Peluang bisnis kuliner bisa sangat menjanjikan jika anda benar – benar serius menjalankannya.

Bisnis kuliner tidak pernah mengalami kemunduran, bahkan jika kita perhatikan dari waktu ke waktu pasti selalu ada model bisnis kuliner dengan konsep dan nuansa yang berbeda. Mengingat, kuliner atau makanan menjadi kebutuhan pokok umat manusia.

Bukankah bisnis kuliner membutuhkan modal yang cukup besar? Tidak juga, tergantung seperti apa dulu bisnis kuliner yang anda inginkan. Jika anda ingin mencoba waralaba makanan ringan seperti cemilan atau gorengan saya rasa tidak akan membutuhkan modal besar. Terlebih, waralaba semacam ini mudah untuk dilakukan.

Jika anda ingin lebih serius, lakukan konsep pada merek dagang anda, daftar menu, serta harga. Agar lebih terjangkau, anda bisa bekerjasama dengan layanan dari pihak ketiga seperti GoFood dan GrabFood sebagai media tercepat dalam mendapatkan pelanggan.

Terbukti saya sendiri pernah melihat bisnis model ini, hanya dengan memanfaatkan sosial media dan layanan pihak ketiga bisnis berjalan dengan laris – maris.

#3. Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang

Jasa Isi Ulang Air Minum
Sumber Image : alamtirtamas.wordpress.com

Kita tahu saat ini, air bersih menjadi sangat langka, khususnya di area perkotaan yang notabene sudah tercemar limbah pabrik atau industri. Peluang membuka bisnis air minum isi ulang dapat menjadi pilihan ketika anda hidup di area perkotaan yang kebanyakan masyarakatnya terbiasa minum air galon atau isi ulang.

Untuk mengetahui lebih detail, anda perlu melakukan survey ketergantungan terhadap depot air minum isi ulang. Apakah kebanyakan masyarakat memilih air isi ulang atau merebus sendiri.

Sementara jika anda tinggal di desa yang sekiranya masih alami, umumnya atau kebanyakan pasti merebus sendiri. So, anda perlu pertimbangkan untuk masalah ini.

Bisnis depot air isi ulang terbilang bisnis sederhana namun modal awalnya juga cukup besar, bisa sekitar 5 jutaan sampai 16 jutaan ke atas. Tergantung dari alat depot yang digunakan. Untuk persaingan pasti selalu ada, strategi promosi yang baik dan efektif dapat menjadi andalannya.

#4. Membuka Warung (Toko Kelontong)

Toko Kelontong
Sumber Image : news.retailnetworks.in

Peluang membuka bisnis warung atau toko kelontong yang menjual kebutuhan pokok masyarakat seperti sembako dan kebutuhan dapur terbilang sangat potensial. Walau demikian, anda-pun juga perlu memperhatikan masalah lokasi, persaingan, serta masyarakat sekitar.

Anda-pun juga harus memperhatikan resiko ke depannya dalam menjalankan bisnis ini. Model bisnis semacam ini mengharuskan anda untuk stay di warung dan tidak boleh ditinggalkan. Selain itu, Anda-pun tahu bahwa alfamart dan indomaret telah menjamur dimana – mana, yang akhirnya membuat usaha warung tergerus dari waktu ke waktu.

Strategi jitu perlu diterapkan agar mendapatkan banyak pelanggan. Jual-lah produk yang sekiranya tidak ada di indomaret dan alfamart, salah satunya kebutuhan dapur dengan harga terjangkau.

#5. Membuka Warkop (Warung Kopi + WiFi Area)

Membuka Warkop
Sumber Image : majalah.ottencoffee.co.id

Dari pengalaman pribadi, saya sebagai mahasiswa perantau yang tinggal di area surabaya, sidoarjo, dan sekitarnya sangat banyak menjumpai bisnis warung kopi yang berjejer dimana – mana, dimulai dari pinggir jalan, perumahan, sampai desa – desa.

Meningkatkan penggunaan gadget serta banyaknya anak muda yang bermain game online membuat warkop dengan dukungan WiFi area terasa ramai. Dulu mungkin kita pergi ke warkop hanya sekedar minum kopi lalu pulang, namun kini semua berubah seketika.

Sebagai pemula, anda bisa mempertimbangkan bisnis yang satu ini. Cukup menjanjikan dan mudah dalam pengelolaanya. Anda tinggal siapkan semua kebutuhan warkop seperti tempat duduk, daftar minuman, serta koneksitivitas wifi sebagai media pemikat. Agar lebih untung, anda bisa menjajakan gorengan, mie instan, serta makanan ringan lainnya.

Bagaimana dengan persaingan? Persaingan pasti selalu ada, apapun model bisnisnya. Keunikan dari bisnis serta pelayanan terbaik menjadi kunci keberhasilan bisnis anda.

#6. Peluang Usaha Jasa Laundry Pakaian

Jasa Laundry
Sumber Image : brilio.net

Jika kita perhatikan, bisnis laundry sudah merajalela sampai ke mana – mana, mulai dari lingkungan kampus, kost – kots-an sampai kawasan industri dan perumahan. Tidak hanya banyak, strategi marketing dan promosinya-pun beragam, salah satunya bisa antar jempur pakaian secara gratis tanpa repot harus nganterin ke tempat laundry.

Bagi anda yang saat ini tertarik dengan bisnis semacam ini, anda bisa mulai mencobanya. Beberapa faktor penting yang perlu anda perhatikan ialah target market, siapa tujuan anda apakah mahasiswa, karyawan, atau yang lainnya.

Perhatikan juga bagian lokasi, pastikan mudah dijangkau dan mudah dilihat orang. Paling cocok biasanya dekat dengan kampus, industri, atau kost-kost-an. Selain itu, tentukan harga laundry per-kilonya sesuai dengan jenis pakaian yang ingin di laundry.

Agar lebih mudah dalam melakukan manajemen proses laundry, anda bisa gunakan aplikasi pos laundry yang bisa anda unduh gratis dari Google Play. Lakukan promosi pada bisnis anda, entah lewat internet, media sosial, banner, brosur, dan lainnya.

Artikel Terkait

#7. Jasa Cuci Kendaraan Bermotor

Jasa Cuci Motor
Sumber Image : klikkalsel.com

Area perkotaan seperti Jakarta dan Surabaya menjadi salah satu area yang ramai akan kendaraan bermotor. Walau terasa panas dan serba macet, anda bisa memanfaatkan area tersebut menjadi peluang usaha, salah satunya jasa cuci kendaraan bermotor.

Meningkatkan penggunaan kendaraan bermotor tentu akan meningkat pula orang ingin menggunakan jasa cuci motor. Khususnya bagi orang – orang yang sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu untuk mencuci motor sendiri.

Sebelum mencoba bisnis ini, anda perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya modal awal untuk membeli kebutuhan jasa seperti kompresor dan shampo. Selain itu, pastikan lokasi bisnis strategis agar para pelanggan mudah menjangkau tempat anda.

Agar lebih menarik, anda bisa pasang WiFi area. Aneh? Jelas tidak, justru ini dapat membuat para pelanggan merasa nyaman. Bahkan ini bisa memikat pelanggan supaya tidak membatalkan niatnya karena antrian yang panjang.

#8. Membuka Jasa Menjahit

Jasa Menjahit
Sumber Image : dekstopbackground.org

Peluang usaha jasa menjahit hanya cocok bagi anda yang memiliki skill atau kemampuan menjahit menggunakan mesin jahit. Saran saya, jangan coba – coba membuka jasa jahit jika belum memiliki kemampuan menjahit yang mahir, takutnya terjadi kesalahan atau kerusakan yang akhirnya membuat pakaian tidak bisa digunakan.

Percaya atau tidak, jahit pakaian menjadi jasa yang banyak di cari orang. Entah hanya sekedar mengecilkan pakaian, menjahit pakaian yang robek, memasang aksesoris, memperbaiki resleting, atau ingin membuat baju dari nol sampai jadi.

Bagaimana dengan modal awalnya? Membuka jasa jahit tidak membutuhkan modal besar, hanya sekitaran 3 jutaan yang nantinya digunakan untuk membeli mesin jahit, meja, kursi, serta alat pendukung lain seperti benang, kancing, resleting, minyak pelumas mesin jahit, dan hal – hal lainnya.

Untuk masalah tempat, cukup manfaatkan saja rumah sendiri. Yang terpenting di sini adalah konsistensi dan tekun dalam mengelola usaha. Lakukan promosi dengan memasang banner di depan rumah, sosial media, whatsapp, dan lain sebagainya.

Perbanyak relasi dengan pihak ketiga seperti mahasiswa, kampus, sekolah, salon kecantikan, dan lainnya untuk memaksimalkan keuntungan dikemudian hari.

#9. Membuka Jasa Reparasi Motor

Jasa Reparasi Motor
Sumber Image : hinyong.ocm

Meningkatkan pengguna motor di Indonesia juga menjadi keuntungan tersendiri bagi para pemilik bengkel. Nah, jika anda ahli mengotak – atik motor, atau mungkin dulunya sekolah SMK jurusan otomotif atau TKR (Teknik Kendaraan Ringan), maka peluang usaha yang satu ini bisa anda coba lakukan.

Yap, memang betul membuka bengkel membutuhkan perencanaan yang matang, seperti tempat atau lokasi yang strategis, jenis service yang diinginkan, peralatan, aksesoris, serta kebutuhan bengkel lainnya.

Bagaimana dengan modal awalnya? Modal awal tergantung sebesar apa bengkel yang anda ingin dirikan. Bisa sewa tempat kecil – kecilan yang cukup untuk service motor, dan apabila memungkinkan bekerja samalah dengan pihak ketiga, saudara, atau teman supaya lebih mudah dan ringan dari segi pembiayaan.

Jika anda sendiri sudah hobi dengan motor, sering kumpul dengan komunitas motor, serta mendapat kepercayaan masyarakat, maka umumnya anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan. Masyarakat juga pilih – pilih dalam melakukan service motor, mereka pasti mempercayakan motornya pada orang yang berpengalaman atau sudah lama kenal.

So, pikirkan baik – baik untuk masalah ini …

#10. Service Perabotan Elektronik

Service Elektronik
Sumber Image : faboma.com

Selain bengkel, peluang usaha lain yang bisa anda coba yakni service perabot-an elektronik rumahan seperti TV, kulkas, kipas angin, speaker, lampu, dan lain sebagainya. Ini dikhususkan untuk anda yang sudah memiliki ilmu dan pengalaman lebih dalam hal elektronika, yang mungkin dulunya pernah belajar pada masa SMK atau kuliah.

Service perabotan elektronik terbilang sangat potensial, mengingat pasti ada masyarakat yang mengalami keluhan pada barang elektronik yang mereka gunakan. Dan kebanyakan itu pasti tv dan lampu.

Dari informasi yang saya dapatkan, modal awal membuka usaha ini sekitar 5 jutaan, yang nantinya digunakan untuk membeli peralatan service seperti DC power supply, multitester, seperangkat tools kit, solder, lampu servis dan kawat timah.

Selain hal diatas, anda juga perlu memperhatikan masalah harga dari setiap service, dimulai dari ongkos tukang, onderdil, sampai lama pengerjaannya.

#11. Membuka Jasa Editing & Percetakan

Jasa Editing
Sumber Image : sfstudio.tk

Di era modern dan serba digital sekarang ini, bisnis editing dan percetakan terbilang sangat menjanjikan. Sangat terjangkau dan hanya membutuhkan skill design dan editing sebagai kunci utamanya. Peluangnya sangat besar, terlebih jika anda hidup di area dekat kampus, instansi, perkantoran, atau sekolah.

Sebelum membuka jasa percetakan atau fotocopy, anda perlu mempersiapkan kebutuhan mendasar seperti printer, fotocopy, kertas, aksesoris, alat tulis, dan lainnya. Lakukan promosi dengan memasang banner dan membagikannya ke sosial media. Agar lebih menarik, mudahkan konsumen dalam mencetak file, bisa kirim via WhatsApp atau Email misalnya.

Sehingga konsumen-pun tidak perlu datang dan menunggu, cukup ambil setelah semuanya selesai di cetak.

Jika nantinya ada konsumen yang ingin mencetak banner namun anda belum mampu melakukannya, cobalah untuk bekerja sama dengan pihak ketiga dengan sistem bagi hasil.

Untuk masalah desain grafis, sebenarnya ada dua opsi pilihan, apakah ingin menjual design secara online melalui situsnya para designer, seperti sribu.com, ciptaloka.com, 99design.com, graphicriver.net, atau secara offline dengan menerima jasa desain dari para konsumen.

Untuk yang online, bisa dibilang anda tidak keluar biaya sama sekali. Cukup bermodalkan laptop lengkap dengan software desain grafisnya, seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan Photoshop. Anda bisa langsung mendaftar pada situs tersebut, kemudian ikuti syarat dan ketentuan yang ada.

#12. Jadi Guru Private (Kursus)

Guru Private
Sumber Image : seribuguru.com

Jika anda memiliki keahlian khusus dalam hal pelajaran anak SD, SMP, atau SMA, dan ingin mengajarkannya pada orang lain, cobalah untuk jadi guru private. Mengingat, sistem pendidikan Indonesia yang masih mementingkan pendidikan berbasis menghafal atau sama rata, maka jadikan itu sebagai peluang.

Tidak harus pelajaran sekolah, jikapun anda punya keahlian khusus seperti komputer, bikin website, desain, menulis, alat musik, bahasa inggris, dan lain sebagainya maka manfaatkan itu jadi peluang usaha menguntungkan.

Sekolahpintar.com dapat menjadi jembatan anda dalam menyalurkan segala ilmu yang anda miliki ke orang lain, khususnya anak SD, SMP, SMA, Mahasiswa, atau lebih. Dengan adanya website tersebut, anda tidak perlu repot datang ke rumah secara private, cukup buat video dan ikuti aturan yang ada maka peluang untuk menjadi guru private lebih mudah untuk anda dapatkan.

Aplikasi Bisnis Terkait

Peluang Bisnis Online dari Rumah

Selain dalam bentuk fisik atau offline, opsi lain dalam menjalankan sebuah bisnis bisa juga secara online. Jika kita ingin berfikir lebih luas, ada banyak sekali peluang bisnis online dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal yang bisa dijalankan secara bebas dan mudah.

Mengingat perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dengan dukungan sistem kemudahan terintegrasi membuat bisnis UMKM dapat dirintis lebih cepat tanpa ribet harus memikirkan tempat atau lokasi.

Bahkan kini, banyak sekali pengusaha yang tidak hanya memiliki toko fisik namun juga menghadirkan toko online atau menjual produk mereka ke marketplace. Tujuannya jelas supaya lebih maksimal dalam mendapatkan konsumen, tanpa ada batasan area.

Nah, bagi anda yang saat ini tertarik untuk mencoba bisnis online dari rumah, berikut beberapa rekomendasi terbaik yang bisa anda coba jalankan.

#1. Mencoba Program Afiliasi (Affiliate Marketing)

Program Afiliasi
Sumber Image : arwing.id

Rekomendasi pertama, anda bisa mencoba program afiliasi (Affiliate Marketing). Bisnis ini sangat banyak dijalankan oleh pegiat internet marketing di Indonesia dan luar negeri. Bahkan kini, banyak sekali YouTubers yang juga menjalankan program semacam ini melalui link affiliate yang ditempatkan pada deskripsi video.

Lalu cara kerjanya bagaimana? Program afiliasi hampir mirip dengan adsense, perbedaannya komisi hanya bisa didapatkan ketika link telah diklik dan barang dibeli oleh konsumen. Jika barang tidak dibeli, maka komisi tidak bisa didapatkan. Sementara untuk adsense komisi didapatkan ketika iklan di klik meskipun barang dibeli atau tidak.

Yang menarik adalah, setiap value yang didapatkan dari program afiliasi lebih besar ketimbang adsense (iklan).  Karena afiliasi mendapat komisi dari berapa persen kuntungan penjual aslinya. Misal harga smartphone 10 juta, kemudian anda berhasil mendapatkan konsumen dari link afiliasi dengan komisi 1 persen saja. Maka dari satu produk saja, anda bisa dapatkan 100 ribu.

Program afiliasi kebanyakan memanfaatkan cookies browser dengan jangka waktu selama beberapa waktu, sesuai dengan syarat dan ketentuan pemilik program. Sementara untuk promosi link-nya saja bisa anda lakukan secara bebas, entah via blog, media sosial, email marketing, Youtube, dan lainnya.

Berikut beberapa website afiliasi yang bisa anda coba jalankan.

#2. Membuat Toko Online (Online Shop)

Membuat Toko Online
Sumber Image : winpoin.com

Jika anda memiliki produk fisik ataupun virtual, anda bisa lakukan promosi secara online dengan membuat toko online (online shop) sendiri.

Kaum millenial sekarang banyak melakukan akvitas di internet, khususnya sosial media seperti facebook, Instagram, dan twitter. So, anda bisa manfaatkan peluang tersebut dengan membuat online shop dan mulai mempromosikan produk.

Dalam hal ini, toko online bisa bersifat bebas, entah dalam bentuk website, sosial media, ataupun via marketplace. Namun kebanyakan kini memang dalam bentuk sosial media, lebih mudah dalam promosi dan manajemen produk.

Cobalah untuk menjual barang – barang yang unik dan menarik. Selain itu, pastikan untuk selalu aktif menggunakan sosial media, update status produk, testimoni, dan lain sebagainya. Sering – sering berkomentar pada status orang lain agar cepat dalam mendapatkan followers.

#3. Jual Barang di Marketplace

Marketplace
Sumber Image : dailysocial.id

Selain opsi jual barang di sosial media (online shop), anda juga bisa jual barang di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Seperti yang saya katakan diatas, hal ini-pun banyak dilakukan oleh pengusaha yang tidak hanya memiliki toko fisik namun juga toko online.

Mengingat, toko online saat ini menjadi tempat paling mudah dan cepat dalam mencari ataupun membeli barang. Bahkan jika kita lihat, banyak pengguna yang tertarik membeli barang di marketplace karena banyak diskon, gratis ongkir, serta keuntungan – keuntungan lainnya.

So, manfaatkan marketplace menjadi tempat terbaik untuk bisnis anda. Dan jangan sampai ketinggalan dengan para pegiat bisnis lainnya.

#4. Jual Barang dengan Sistem Dropshipper

Dropshipper
Sumber Image : solusihd.com

Rekomendasi selanjutnya, anda bisa jualan online dengan sistem dropship dimana nantinya anda bisa jual produk orang lain dengan komisi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Yang menarik dari bisnis dropship, anda tidak perlu ribet ngurusin produk, packing, pengiriman, dan sebagainya. Cukup anda yang jual dan nantinya pemilik asli yang akan mengurusnya.

Ketika menjalankan bisnis ini, anda harus memperhatikan stock barang apakah nanti tersedia atau tidak. Lebih baik lagi, ketika anda melakukannya di marketplace tertentu, anda-pun harus meminta izin kepada pemik barang aslinya dan harus ada ketentuan dari pihak pertama agar sama – sama berjalan baik.

Coba searching – searching dahulu supaya ada pandangan terkait bisnis dropship yang satu ini.

Tips Bisnis Terkait

#5. Membuat Blog & Hasilkan Pendapatan dari Ads

Membuat Blog
Sumber Image : jalantikus.com

Membuat blog dapat menjadi peluang bisnis online yang sangat menjanjikan. Hal ini mengingat pertumbuhan pengguna smartphone dan internet terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Terlebih kini, infrastruktur teknologi jaringan terus ditingkatkan demi kemudahan dalam mengakses internet.

Ada dua tipe blog yang bisa dibuat, misal blog hosting (berbayar) atau yang gratisan dari Google (Blogger atau blogspot). Terkait kelebihan dan kekurannya, yang berbayar atau beli hosting sendiri pasti lebih maksimal dalam kostumisasi templates, SEO, dan lain sebagainya.

Sedangkan yang gratisan terasa kurang menarik karena keterbatasan setting SEO dan sebagainya. Walau demikian, ada banyak orang diluar sana yang sukses membangun blog, baik yang gratisan ataupun yang berbayar.

Bagi anda yang belum familiar dalam membuat blog, maka lebih baik cari referensi sebanyak mungkin atau cobalah untuk membuat blog gratisan. Untuk memahami lebih lanjut, anda bisa searching terkait membuat blog dan optimasinya.

Adapun penghasilan atau pendapatan, bisa dengan memasang iklan PPC (pay per click) dari Google Adsense misalnya, atau mungkin iklan mandiri dengan space dan harga yang telah ditentukan. Membuat blog sangat tergantung dengan niche yang ingin kita target, temukan niche dimana persaingan masih sangat sedikit.

Sama hal-nya seperti YouTubers, mereka dapat penghasilan banyak karena kunjungan atau penonton video yang banyak. Blog atau website-pun juga demikian, traffic yang tinggi juga akan memaksimalkan pendapatan.

#6. Peluang Jadi Penulis Online

Penulis Online
Sumber Image : belajarinternetmarketing.co.id

Pertumbuhan blog di Indonesia yang terus meningkat membuat para pemilik blog menggunakan jasa penulisan artikel sebagai andalan mereka, tujuannya jelas agar blog tetap update konten terbaru setiap hari tanpa jeda. Dan hal ini kebanyakan dilakukan oleh para blogger yang sudah lama berjuang di Internet serta memiliki penghasilan tinggi untuk membeli artikel.

Jika anda memiliki bakal dalam menulis atau handal dalam menulis artikel, cobalah untuk jadi penulis lepas via internet. Pendapatan dari penulis sangat lumayan, dimulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu. Jika tulisan anda masuk kriteria bagus, maka dijamin pasti mendapatkan tawaran menulis artikel dari banyak blogger.

Ada banyak tempat yang bisa anda coba tawarkan untuk jadi penulis lepas, seperti Sribulancer.com, Fiverr.com, Ads.id, Projects.co.id, dan lainnya.

#7. Jasa Web Development

Jasa Web Development
Sumber Image : visionic.id

Rekomendasi selanjutnya yakni jasa Web Development dimana anda membuatkan website atau blog untuk para pebisnis UKM, UMKM, Perusahaan, dan lainnya. Jasa yang satu ini terbilang sangat potensial, mengingat tidak semua orang mampu membuat website serta memahami semua struktur website.

Point utama menjadi Web Development adalah, anda harus memahami semua kebutuhan Web Development, baik dari sisi Front End ataupun Back End. Termasuk tampilan websitenya dari UI dan UX nya.

Walaupun sebenarnya saat ini membuat website terasa lebih cepat jika menggunakan Framework CMS (Content Management System) seperti WordPress. Tinggal pasang tema dan lakukan kostumisasi tampilan maka semuanya selesai.

Meskipun demikian, anda harus tetap memahami semua struktur dan kodingan website. Pelajari semua kebutuhan dalam membuat website, mulai dari HTML, CSS, CSS3, PHP, CMS WordPress, dan lainnya.

#8. Membuka Jasa SEO

Jasa SEO
Sumber Image : lightpostdigital.com

Jasa SEO menjadi salah satu rekomendasi peluang bisnis terbaik bagi anda yang memang betul – betul memahami strategi optimasi dalam suatu website.

Untuk mereka yang sudah paham mengenai SEO sangat kecil kemungkinan membaca artikel ini, karena mereka tahu dimana posisi mereka dan tahu apa yang mereka lakukan ke-depannya.

Bagi anda yang belum tahu apa itu SEO? SEO (search engine optimization) merupakan suatu teknik atau strategi dalam mengoptimasi suatu website demi mendapatkan peringkat pertama dihalaman mesin pencari. Dalam hal ini, SEO terbagi menjadi dua tipe yakni SEO On Page dan SEO Off Page.

On Page lebih fokus pada konten dan setting dalam suatu website, sedangkan Off page fokus pada kebutuhan eksternal seperti backlink, sosial bookmark, dan lain sebagainya. Keduanya memiliki peran penting dalam mengoptimasi suatu website. Lebih jelas mengenai hal tersebut, anda pun bisa searching atau cari referensi dari sumber tertentu.

 Jika anda belum memahami hal tersebut, anda bisa belajar dahulu atau coba bisnis lain yang sekiranya anda mampu melakukannya.

Sesuaikan Dengan Minat dan Potensi Dalam Diri

Semua rekomendasi peluang bisnis modal kecil yang saya berikan, mungkin ada sebagian yang cocok dengan anda dan ada pula yang tidak cocok dengan anda. Karena apapun usahanya pasti membutuhkan ilmu, skill, dan pengetahuan terkait bisnis yang diinginkan.

Yang terpenting di sini adalah, sesuaikan dengan minat, bakat, dan potensi dalam diri anda. Bahkan apabila semua peluang diatas tidak cocok dengan anda, maka anda mungkin punya keunikan tersendiri atau bahkan punya ide gila dalam menjalankan bisnis.

Mengingat, perubahan era terus terjadi, dulu-pun kita tidak menyangka tukang ojek yang hanya nongkrong di pangkalan ojek, kini tukang ojek bisa ditemukan dimana – mana. Teknologi dan startups terus berkembang, dan apabila kita tidak mulai melakukan perubahan maka anda-pun akan kalah di masa depan.

Sekian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika dari anda punya tips atau ide gila lain dalam berbisnis, silahkan tulis melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)