Mau Kelola Semua Transaksi Koperasi, Gunakan Software TheKSP!

0

Dianisa.comKoperasi merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi kerakyatan dengan asas kekeluargaan yang tujuannya mensejahterakan para anggota dan masyarakat. Dengan adanya Koperasi, harapannya dapat meningkatkan dan menggerakkan ekonomi bangsa dan negara sesuai dengan pedoman, prinsip, serta aturan – aturan yang telah ditetapkan.

Dilihat dari jenisnya, menurut UU RI No. 17 Tahun 2012, ada beberapa model koperasi yang berjalan di Indonesia, mulai dari Koperasi Produksi dimana jenis usahanya bersifat barang dan jasa seperti misalnya peternak lebah yang menjual produk madu dari para anggotanya. Kemudian ada Koperasi Komsumsi yang fokus pada konsumen barang dan jasa, contoh fisiknya seperti toko kelontong.

Kemudian ada Koperasi Jasa yang fokus pada layanan dan jasa pada anggota koperasi dan masyarakat sekitar, seperti misalnya Jasa Asuransi atau Jasa Angkutan. Ada juga Koperasi Serba Usaha (KSU) yang banyak ditemukan didaerah – daerah dengan menjual kebutuhan konsumen serta jasa simpan pinjam.

Seputar Desktop

Aplikasi Terkait

Masalah HP Android

Selain itu, ada juga Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang fokus pada kegiatan simpan – pinjam untuk para anggotanya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Koperasi Simpan Pinjam menjadi salah satu jenis koperasi yang paling banyak di temukan di Indonesia, karena umumnya masyarakat banyak yang tertarik untuk mendaftar dan meminjam sejumlah uang.

Bagi anda yang saat ini sedang menjalankan koperasi simpan pinjam (KSP), kini saatnya beralih ke era digital dengan kontrol dan pengelolaan yang lebih mudah. Perkembangan teknologi yang begitu cepat, tentunya harus diimbangi dengan manajemen bisnis yang baik. Software Koperasi Simpan Pinjam dari softwaremanajemenkeuangan.com dapat menjadi solusi terbaik untuk usaha yang sedang anda jalankan.

Program atau software ini mampu melakukan berbagai transaksi penting pada sebuah koperasi seperti pinjaman dan angsuran, simpanan tabungan, deposito, pembagian SHU lengkap dengan akuntansi sampai neraca dan laba rugi.

Software Koperasi Menu Utama

Manfaat Menggunakan Software TheKSP

#1. Transaksi Lebih Mudah Dilakukan

Transaksi peminjaman, angsuran, pembagian SHU, dan lainnya bisa anda lakukan dengan mudah menggunakan software TheKSP. Anda tinggal input data pada form sesuai dengan dengan opsi menu yang ada. Misalnya data anggota, informasi nasabah, informasi peminjaman, serta hal – hal lain yang memang dibutuhkan.

#2. Cukup Satu Software, Semua Kebutuhan Terkelola

Ketimbang metode manual yang harus menulis satu per satu, akan lebih mudah pengelolaan koperasi dengan satu software saja. Selain itu, manajemen koperasi lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak karyawan, karena semua fitur dan kebutuhan umum sebuah koperasi sudah tersedia cukup lengkap, tinggal klik dan input data.

#3. Pengelolaan Lebih Cepat dan Optimal

Dari segi pengelolaan akan terasa sangat cepat, karena semua data lengkap, teratur, dan tertata rapi. Bahkan untuk orang yang awam akan software akan mudah memahaminya, tinggal cari saja data inputan sesuai kebutuhan. Selain itu, software bersifat offline yang artinya semua data tersimpan pada komputer sehingga backup dan load fitur terasa lebih cepat.

#4. Cek Laporan Lebih Mudah

Untuk cek laporan, anda akan merasakan kemudahannya, karena semuanya masuk pada satu menu dimana nantinya terdapat semua list laporan secara lengkap sesuai kebutuhan koperasi saat ini. Untuk lebih memahaminya, nanti bisa simak pada penjelasan di bagian fitur utama.

#5.  Keamanan Data Terjamin

Untuk keamanan data, semuanya sudah termain. Tidak semua pengguna dapat menginput atau mengubah data, hanya pengguna atau karyawan yang memiliki user dan password yang dapat melakukannya. Selain itu, software dan data bersifat offline (tersimpan dikomputer), artinya sangat kecil kemungkinan jika dilakukan peretasan melalui jaringan internet.

Fitur Utama Software TheKSP

#1. Bisa Input Lebih dari 1 Simpanan Saja

Software Koperasi Form Simpanan

Untuk fitur simpanan, anda bisa input lebih dari satu simpanan yang nantinya dapat dibedakan per kategori. Anda bisa membuat kategori tertentu seperti Simpanan Wajib, Pokok, Sukarela, Khusus Anggota, Umum, dan lainnya. Nah, dari kategori tersebut nantinya bisa input kode dan nama anggota, jenis simpanan, serta nominan simpanan.

Jikapun terjadi masalah, anda bisa lakukan perubahan sesuai keinginan dan kebutuhan.

#2. Mudah Mengatur Anggota Aktif dan Non Aktif

Software Koperasi Form Anggota

Dari data anggota, anda bisa melihat, mengubah, dan mengontrol anggota yang aktif, non aktif, atau yang ingin aktif kembali. Jika nantinya ingin menambahkan anggota, tinggal klik aja tombol tambah kemudian masukkan data anggota sesuai dengan data diri yang dimiliki.

#3. Hitung Bunga Tabungan Lebih Mudah dengan Sekali Klik

Untuk masalah bunga pinjaman, anda bisa melakukan input sesuai keinginan atau ketentuan dari pihak koperasi. Inputan berupa % (persen) serta ada juga bagian bunga angsuran (default nol). Jika tidak ingin ada penambahan bunga, tinggal kosongkan aja.

#4. Bisa Input Pengambilan Simpanan dengan Mudah

Jika ada anggota yang melakukan simpanan sukarela, maka bisa diambil kapan saja sesuai keinginan atau kebutuhan. Nominal pengambilan bebas, karena ini bersifat sukarela, namun jika ada ketentuan lain bisa menyesuaikan.

#5. Mudah Proses Pinjaman Anggota

Software Koperasi Form Peminjaman

Ketika ada anggota koperasi ingin melakukan peminjaman, anda dapat melakukan pemrosesan dengan sangat mudah, tinggal masukkan saja kode nasabah melalui menu cari. Kemudian masukkan tanggal pinjam, besar pinjaman, lama pinjaman, bunga pinjaman, ansuran, sampai pada bagian biaya administrasi.

Jika sudah tinggal simpan dan cetak kwitansi.

#6. Mudah Membuat dan Melihat Tagihan Pinjaman Anggota

Sebagai admin, anda dapat membuat dan melihat tagihan pinjaman para anggota. Serta dapat juga melihat para anggota yang telat dalam membayar (tunggakan).

#7. Dilengkapi Menu Keuangan

Pada fitur keuangan, anda dapat melakukan input pengeluaran dan pemasukan koperasi, serta posting pendapatan dan pembayaran.

#8. Mengontrol Laporan Koperasi Lebih Mudah

Dibagian fitur laporan, anda bisa mendapatkan semua data laporan secara lengkap dan detail sesuai kebutuhan. Laporan dapat meliputi anggota, peminjaman, pembayaran asuransi, pembayaran administrasi, pembayaran pinjaman, saldo piutang, pendapatan, simpanan pokok dan wajib, hingga laporan SHU.

Cara Menggunakan Program TheKSP

  • Untuk bisa mendapatkan program TheKSP, anda bisa mengunduhnya langsung melalui link berikut : [Download]
  • Dan untuk petunjuk penggunaanya, akan lebih mudah jika mengikuti panduan video tutorial berikut ini.

  • Sedangkan untuk lisensi softwarenya, silahkan hubungi kontak WhatsApp berikut ini : [BELI LISENSI SOFTWARE]
  • Selesai.

Penutup,

Mengelola sebuah koperasi memang membutuhkan ketekuan dan ketelitian, artinya dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini, dapat menjadi jembatan untuk memudahkan dan memaksimalkan kinerja koperasi.

Mungkin itu saja reviews dan penjelasan singkat mengenai keungggulan program serta fitur – fitur dari software koperasi simpan pinjam (TheKSP), semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang mungkin saat ini sedang mencari software koperasi.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan seputar ulasan diatas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here