Cara Membersihkan Registry Windows 7 dan 8

Dianisa.com – Cara Membersihkan File Registry Pada Windows 7, 8, dan 10. Registry. dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.INI yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit (Windows 3.x dan Windows for Workgroups).

Baca Juga :

Registry, pertama kali diperkenalkan di dalam sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan/asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya, dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT. Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan: Windows 95, Windows 98 dan Windows ME, tetapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat di dalam keluarga sistem operasi Windows NT. (Sumber : Wikipedia.org)

Cara Membersihkan File registry Windows Dengan Mudah dan Cepat

Seperti penjelasan mengenai Registry di atas. Apabila file registry pada Laptop atau PC semakin banyak maka akan semakin menumpuk, dan hal ini akan berpengaruh pada aplikasi ataupun sistem Windows. File registry yang terlalu berlebihan akan membuat #Laptop lemot, error, aplikasi macet, data Corrupt, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi, anda beberapa metode yang bisa anda lakukan. Untuk Lebih jelasnya, langsung saja anda simak Metode Menghapus File Registry Windows berikut ini.

Metode 1 : Gunakan Aplikasi AVG PC TuneUP

AVG PC TuneUP merupakan sebuah software optimasi Windows yang bisa anda gunakan untuk membersihkan file Registry dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini juga sangat powerfull dalam mengontrol penggunaan daya, aplikasi, fitur, dan lainnya dengan mudah dan cepat. Untuk membersihkan file registry dengan AVG PC TuneUp, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus Registry Dengan AVG PC TuneUp

  1. Pertama, pastikan anda telah mengunduh dan menginstall aplikasi AVG PC TuneUP. Aplikasi ini memang tersedia dalam versi trial dan premium, untuk mencobanya silahkan anda pilih versi trial terlebih dahulu.
  2. Untuk membersihkan file registry, silahkan anda pilih tab “Optimize” dan pada bagian tersebut, anda bisa langsung memilih “Clear Registry”.
  3. Selanjutnya anda bisa ikuti langkah – langkah berikutnya sampai proses membersihan registry berhasil dengan sukses.
  4. Selesai.

Metode 2 : Membersihkan Registry Dengan Aplikasi CCleaner

CCleaner adalah sistem pengoptimalan piriform, privasi dan alat pembersih. CCleaner ini menghapus file yang tidak terpakai dari sistem komputer anda – memungkinkan Windows untuk berjalan lebih cepat dan membersihkan ruang hard disk yang sangat berharga. CCleaner juga membersihkan jejak aktivitas online Anda seperti histori Internet Anda. Selain memiliki fitur registry cleaner yang lengkap, namun juga software ini bekerja sangat cepat, hanya membutuhkan beberapa detik untuk mengoptimalkan sistem komputer anda.

Fitur canggih untuk menghapus entri yang tidak terpakai dan sudah lama, termasuk File Extensions, ActiveX Controls, ClassIDs, ProgIDs, uninstallers, Shared DLL, Font, File Bantuan, Application Paths, Ikon, valid Shortcuts dan membersihkan Recycle Bin, Recent Documents, Temporary files, Log files, Clipboard, DNS Cache, Error Reporting, Memory Dumps, Jump Lists pada Windows. Untuk membersihkan file registry, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus File Registry Dengan CCleaner

  1. Pertama, pastikan bahwa anda telah mengunduh dan menginstall aplikasi CCleaner pada Laptop Windows yang anda miliki. Selanjutnya, anda buka aplikasi tersebut dan masuk pada tab “Registry”. Setelah itu, anda bisa tap langsung “Pindai Masalah”.
  2. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning registry selesai. Dan apabila telah selesai, anda bisa tap “Perbaiki Masalah Terpilih”.
    Selanjutnya anda bisa ikuti langkah – langkah berikutnya sampai file registry berhasil terhapus.
  3. Selesai.

Dengan kedua metode diatas, saya rasa cukup mudah untuk anda lakukan. Untuk metode gratisnya, anda bisa memilih metode yang kedua, sementara untuk yang lebih optimal dan bersih, anda bisa lakukan metode yang pertama.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Membersihkan Registry Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Mudah Dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here