Program Kasir Konter HP, Kelola Bisnis Konter Anda Dengan Mudah

Saat ini, bisnis Konter HP terbilang cukup menjanjikan, pasalnya pengguna smartphone dan gadget dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Konter HP menjadi hal mendasar dan kebutuhan pokok bagi masyarakat masa kini demi memaksimalkan akses digital yang dilakukan setiap hari. Tidak hanya gadget dan smartphone, hal mendasar lain seperti aksesoris, voucher, pulsa, paket data, dan service bisa kita dapatkan dari Konter HP.

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalan bisnis Konter HP, kini saatnya untuk melakukan upgrade ke hal yang lebih digital dengan memanfaatkan program aplikasi konter berbasis Android.

Perkembangan industry smartphone dan teknologi tentu juga diimbangi dengan memaksimalkan bisnis Konter HP kamu, walaupun saat ini mungkin masih kecil – kecilan, namun ke depan tentu akan lebih jaya dan ramai dengan manajemen barang dan transaksi yang lebih terkontrol.

Aplikasi Terkait

Masalah HP Android

Program Kasir Konter HP dari KomputerKit.com dapat menjadi pilihan buat kamu yang sedang menjalankan bisnis Konter HP. Baca lebih lanjut kenapa harus menggunakan program ini.

Alasan Kenapa Kamu Harus Install Program Ini?

#1. Manajemen Barang Lebih Mudah Dilakukan

Dengan adanya program aplikasi konter HP, kamu akan lebih mudah dalam mengelola barang yang ingin dijual, entah itu gadget, aksesoris, ataupun barang – barang lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan kategori per produk agar lebih terkontrol dan lebih mudah dalam pengelolaan.

Terlebih, kamu juga dapat menambahkan data pelanggan, seperti nama pelanggan, alamat pelanggan, serta nomor HP pelanggan. Hal ini tentu akan memudahkanmu sebagai penjual ketika nantinya ingin melakukan transaksi pembelian, terjadi kesalahan pada barang yang dibeli, atau melakukan return barang oleh pelanggan.

#2. Transaksi Lebih Teratur

Ketika kamu ingin melakukan proses transaksi, opsi penambahan barang dapat dilakukan lebih dari satu serta penambahan nama pembeli lebih mudah dilakukan dengan menambahkan data pembeli dari opsi pencarian.

Nantinya kamu tinggal cari berdasarkan keyword nama pelangggan yang sebelumnya telah diinputkan.

#3. Laporan Data Penjualan Lengkap

Ketika transaksi penjualan selesai dilakukan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan laporan transaksi penjualan, termasuk laba untung dan rugi. Tidak hanya itu saja, semua laporan pelanggan, barang, kategori, pengembalian (return) barang, serta laporan hutang juga bisa kamu dapatkan.

Semua data terkontrol dengan baik sehingga kamu sebagai penjual akan merasa sangat terbantu. Jika mau, kamu bisa export data ke excel serta melakukan backup data ke database memori internal.

Fitur Unggulan dari Program Kasir Konter HP

#1. Master

Fitur Master Aplikasi Kasir Konter HP

Pada fitur Master, kamu akan melihat beberapa menu yang nantinya dapat difungsikan untuk menambahkan kategori produk, tambah produk, hingga data pelanggan. Berikut penjelasan lengkap dari fitur tersebut.

  • Identitas. Pada fitur ini, kamu dapat melakukan perubahan pada identitas toko atau konter HP mulai dari nama toko, alamat toko, nomor telepon, caption pertama, caption kedua, dan caption ketiga.
  • Kategori. Dibagian ini, kamu bisa tambahkan kategori produk seperti misalnya Gadget, Aksesoris, Desktop, dan kategori – kategori lainnya.
  • Barang. Pada bagian barang, kamu bisa tambahkan nama barang, harga beli, harga jual, stok barang, pilihan kategori, serta sumber dari produk itu sendiri.
  • Pelanggan. Kemudian untuk data pelanggan, kamu bisa tambahkan data sesuai kebutuhan seperti nama pelanggan, alamat pelanggan, serta nomor telepon pelanggan.

#2. Transaksi

Fitur Transaksi Aplikasi Kasir Konter HP

Pada fitur Transaksi, kamu dapat melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan transaksi penjualan pada produk yang kamu jual seperti penjualan, bayar utang, dan return barang. Penggunaanya sangat mudah, kamu bisa baca penjelasannya berikut ini.

  • Penjualan. Dibagian ini, kamu dapat melakukan transaksi penjualan, dimulai dari memasukkan nama pelanggan dari data pelanggan, barang dari data barang, jumlah, serta keterangan dari barang itu sendiri. Jika mau, kamu bisa cetak struk dengan menghubungkan aplikasi ke printer melalui sambungan Bluetoth atau USB OTG.
  • Bayar Utang. Dibagian ini, kamu bisa melihat dan melakukan transaksi pembayaran hutang dari para pelanggan. Fitur ini mungkin akan sangat jarang digunakan, karena biasanya orang yang datang ke konter pasti cash dan jarang sekali berhutang.
  • Return. Bagi pembeli yang mungkin ingin melakukan pengembalian barang (return), maka opsi ini bisa digunakan, mungkin pembeli mendapatkan kerusakan pada barang atau karena alasan lain.

#3. Laporan

Fitur Laporan Aplikasi Kasir Konter HP

Tenang saja, semua transaksi yang kamu lakukan masuk pada database yang nantinya terkelola dibagian fitur Laporan. Kamu bisa mendapatkan semua informasi barang, pelanggan, dan penjualan secara lengkap melalui fitur ini. Untuk memahaminya, kamu bisa baca penjelasan berikut ini.

  • Laporan Pelanggan. Pada fitur pelanggan, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap dari semua pelanggan. Jika mau, kamu bisa export semua data ke Excel.
  • Laporan Barang. Dibagian ini, kamu bisa dapatkam semua informasi barang, dimulai dari nama barang, harga beli, harga jual, serta jumlah stok yang masih tersedia.
  • Laporan Penjualan per Pelanggan. Jika kamu ingin melihat penjualan sesuai dengan struk pelanggan, maka dibagian ini kamu bisa melihatnya.
  • Laporan Penjualam per Barang.
  • Laporan Penjualan per Kategori.
  • Laporan Penjualan per Jenis.
  • Laporan Pendapatan. Di opsi ini, kamu akan melihat semua transaksi dari para pelanggan, dimulai dari pendapatan, pembayaran, hingga kembalian. Semua data akan terlihat sesuai dengan opsi pilihan rentan tanggal yang diinginkan.
  • Laporan Return. Bagi pembeli yang telah mengembalikan barang karena suatu alasan, maka akan masuk pada laporan return atau pengembalian barang.
  • Laporan Laba Rugi. Dibagian ini, nantinya akan terlihat semua keuntungan yang didapatkan dari produk yang telah dijual. Preview akan terlihat jumlah laba, dan laba per produk yang telah dijual lengkap dengan kode struk serta tanggal pembelian.
  • Laporan Hutang. dibagian ini akan terlihat semua pelanggan yang belum melakukan pembayaran atau berhutang.

#4. Utilitas

Fitur Utilitas Aplikasi Kasir Konter HP

Untuk opsi lebih lanjut, kamu bisa gunakan fitur Utilitas, dimana nantinya kamu bisa melakukan backup dari semua data barang dan transaksi penjualan. Selain itu, kamu juga dapat mengambil data dari memori Internal melalui fitur Restore.

  • Backup. Opsi jika kamu ingin melakukan backup ke memori internal. Data akan tersimpan pada folder /Internal Storage/Download/
  • Restore. Jika kamu ingin mengembalikan data backup sebelumnya, kamu bisa menggunakan fitur ini. Tinggal pilih saja data sesuai dengan tanggal yang diinginkan.
  • Reset Data. Jika kamu ingin menghilangkan semua data yang telah diinput, maka reset dapat bisa menjadi opsi pilihan.

Cara Menggunakan Program Kasir Konter HP

Semua penjelasan menu dan fitur dari Program Kasir Konter HP diatas sudah sangat lengkap. Dan untuk lebih mudahnya kamu bisa ikuti petunjuk instalasi dan video tutorialnya berikut ini.

  • Pertama, kamu install Program Kasir Konter HP langsung dari Google Play Store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : [Google Play] [App Store]
  • Untuk alur penggunaannya, kamu bisa menonton video tutorial dibawah ini.
  • Sebagai tambahan, jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih komplit atau lengkap, kamu bisa upgrade aplikasi ke versi pro dengan membayar biaya lisensi melalui Google Play Store, bisa dengan pulsa, kartu kredit atau debit, Go-Pay (GOJEK), dan Voucher Google Play.
  • Selesai.

Penutup,

Memaksimalkan bisnis menggunakan aplikasi kasir konter berbasis Android semacam ini tentu akan memudahkan transaksi penjualan dan manajemen laporan pada Konter HP yang kamu miliki. Kini saatnya melakukan upgrade ke versi digital agar semua poduk terkelola dengan baik.

Itu saja ulasan dan penjelasan lengkap dari saya mengenai aplikasi kasir konter hp dari KomputerKit.com, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika kamu punya pertanyaan seputar aplikasi diatas atau ingin menambahkan sesuatu, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (1)