4 Cara Mengubah File JPG ke PDF

Format file PDF sekarang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bagaimana tidak? Sebagai contoh, sekarang ini siswa sekolah baik tingkat pertama maupun tingkat menengah pastinya menggunakan PDF untuk pengumpulan tugas maupun yang lainnya.

Tidak sampai di situ saja, jika terdapat lowongan pekerjaan, yang mana anda harus mengirim lamaran melalui email. Pastinya pihak perusahaan ingin lamaran tersebut berbentuk PDF bukan? Selain dari kedua hal tersebut, masih banyak manfaat dari PDF untuk keseharian.

Nah, mungkin kebanyakan orang termasuk anda bertanya-tanya. Apasih alasan utama dari menggunakan PDF ini? Jadi alasan utamanya adalah PDF ini mendukung berbagai sistem. Dalam artian file PDF ini bisa dibuka menggunakan berbagai software seperti Office Word atau bahkan Google Chrome, Opera dan lainnya

Dan perlu anda ketahui untuk menghasilkan file PDF, anda tidak hanya sekedar menyimpannya ke dalam bentuk file PDF tetapi anda juga bisa melakukan convert (mengubah) dengan software bantuan.

Mengapa? karena di beberapa kasus, anda pasti membutuhkan software bantuan atau bahkan melakukan secara online dengan mengunjungi situs website konverter. Sebagai contoh melakukan covert JPG ke dalam PDF.

Lihat Juga : Cara Export File Word ke PDF dengan LibreOffice

Terdapat berbagai macam cara untuk melakukan konversi file JPG ke dalam bentuk PDF.Dan tidak semua orang termasuk anda sendiri bisa mengubah file JPG ke PDF. Terlebih lagi bagi yang masih pemula dalam mengoperasikan laptop.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai cara mengubah file JPG ke PDF, simak berberapa tips berikut ini ….

Macam – Macam Cara Mengubah File JPG ke PDF

Bagaimana sih cara mengubah file JPG ke PDF? Apakah dengan mengubah file JPG ke dalam bentuk PDF gambarnya akan berubah? Baik dari segi warna gambar atau yang lainnya? Jawabannya tidak.

Mengapa? karena jika anda ingin mengubah ke dalam format PDF tentunya tidak akan membuat perubahan file gambar tersebut. Mungkin ukuran dari gambar tersebut bisa saja bertambah maupun berkurang.

Nah, seperti yang anda ketahui. Ada banyak sekali tips atau cara mengubah file JPG ke PDF. Maka dari itu penulis ingin berbagi beberapa cara untuk mengubah file JPG ke PDF.

Anda tidak perlu mencoba semuanya, cukup pilih salah satu di antara tips berikut ini yang dirasa mudah menurut anda.

#1. Mengubah File JPG ke PDF di Office Word

Untuk cara yang pertama adalah menggunakan Office Word. Cara ini bisa di bilang cara paling mudah. Mengapa demikian? karena anda cukup menggunakan Office Word yang sudah terinstal di komputer atau laptop anda.

Meski demikian, cara ini memang jarang terdengar oleh kebanyakan orang, mungkin termasuk anda sendiri. Mengapa? karena hanya sedikit orang yang menggunakan cara ini. Dan terlebih lagi banyak orang yang suka menggunakan aplikasi pemformatan.

Nah, akan tetapi jika anda ingin mengubah file JPG ke PDF melalui Office Word. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengubah JPG ke PDF (Office Word)
  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word pada komputer anda.
  • Masukkan gambar yang ingin di ubah menjadi file PDF. Dengan cara klik menu Insert » Pilih Picture » Lalu pilih Gambar yang diinginkan » klik tombol Insert pada tampilan Insert Picture.
  • Pilih menu File » Pilih opsi Save (atau tekan  CTRL + S)
  • Pilih Tempat Penyimpanan File yang anda inginkan dan
  • Pada bagian Save As Type ubah menjadi PDF » lalu klik Save.
  • Selesai

NOTE : Untuk versi Microsoft Word yang penulis gunakan yakni Microsoft Word 2010 (Jika anda menggunakan versi ke atas maupun ke bawah, mungkin sedikit berbeda akan tetapi untuk menyimpan file tetap sama).

Lihat Juga : Cara Convert File Word ke PDF dengan Foxit Reader

#2. Simpan File JPG ke PDF dengan Photoshop

Selanjutnya adalah dengan Photoshop. Pastinya anda sudah mengetahui terkait hal ini. Photoshop adalah software editing foto yang paling sering digunakan oleh editor baik pemula maupun yang mahir.

Selain mengubah foto sesuai keinginan anda, photoshop juga bsa digunakan untuk membuas desain grafis seperti Infografis, banner, brosur. Kembali ke topik pembahasan, di samping kegunaan photoshop.

Format yang dihasilkan di photoshop tidak hanya sebatas JPG, PNG, dan GIF. Namun juga ada beberapa format lainnya. Salah satu diantaranya adalah PDF. Yup, dengan photoshop anda dapat mengubah JPG ke dalam bentuk PDF.

Bagaimana caranya? Langsung saja ikut langkah-langkah berikut ini.

Mengubah JPG ke PDF (Photoshop)
  • Pertama, buka aplikasi Adobe Photoshop
  • Masukkan gambar, dengan pilih  menu File » pilih Open » pilih Gambar
  • Jika sudah, pilih menu File » lalu pilih Save As
  • Pada tampilan Save As » pilih Tempat Penyimpanan
  • Lalu pada bagian Format ubah menjadi Photoshop PDF (“.PDF; *.PDP”) » klik Save
  • Selesai.

#3. Merubah File JPG ke PDF dengan Sejda PDF

Selain menggunakan Office Word dan Photoshop untuk mengubah file JPG ke PDF. Anda juga bisa menggunakan Sejda PDF. Apa sih Sejda PDF itu? Apa aja fitur dari Sejda PDF?

Sedikit penjelasan terkait Sejda PDF. Jadi Sejda PDF itu merupakan salah satu sebuah software konverter yang bisa anda gunakan untuk mengubah file JPG ke dalam bentuk PDF. Tidak hanya itu saja, Sejda PDF juga dapat melakukan convert file Word ke PDF.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara menggunakan Sejda PDF. Cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Mengubah JPG ke PDF (Sejda PDF)
  • Pertama, download terlebih dahulu Sejda PDF » lalu install Sejda PDF
  • Buka software » lalu klik JPG To PDF
  • Selanjutnya klik Choose image files » pilih Gambar » klik Open
  • Setelah itu klik Convert to PDF » pilih Lokasi Penyimpanan » klik Select output file. Lalu tunggu proses convert JPG ke dalam bentuk PDF.
  • Jika sudah terconvert, anda bisa membuka langsung *klik View PDF atau membuka melalui explorer *klik Show in Explorer.
  • Selesai.

Lihat Juga : Cara Menyimpan File Word ke PDF dengan Office Word

#4. Ubah File JPG ke PDF Secara Online

Untuk yang terakhir adalah dengan mengubah file JPG ke PDF secara online. Banyak sekali situs website yang dapat anda kunjungi untuk melakukan convert. Seperti ilovepdf.com, smallpdf.com dan jpg2pdf.com.

Namun untuk saat ini penulis menggunakan website smallpdf.com. Lalu bagaimana cara untuk melakukan convert JPG ke dalam bentuk PDF? Simak langkah-langkah dibawah ini.

Mengubah JPG ke PDF (smallpdf)
  • Buka situs smallpdf.com
  • Klik pada bagian Pilih File » lalu pilih Gambar » klik Open. Tunggu proses upload gambar anda sampai selesai. (pada bagian ini anda juga bisa mengambil gambar dari google drive maupun dropbox)
  • Jika sudah, klik BUAT PDF ANDA SEKARANG. Tunggu proses convert format jpg ke dalam bentuk pdf selama beberapa detik.
  • Setelah itu, anda bisa langsung download file PDF anda dengan cara klik Unduh File.
  • Selesai.

Penutup,

Bagaimana cukup mudah bukan? dan seperti itulah beberapa tips atau cara yang bisa penulis bagikan terkait cara mengubah file JPG ke PDF. Ada banyak sekali cara mudah yang bisa anda lakukan selain tips di atas.

Seperti yang anda ketahui terkait hal tersebut. Untuk mengubah file JPG ke PDF dapat dilakukan dengan cara offline maupun online.Jadi anda hanya memilih saja dari tips di atas yang menurut anda mudah.

Bagikan artikel jika dirasa berguna dan bermanfaat. Dan bagi anda yang mempunyai tips selain di atas dalam melakukan converting file, bagikan melalui kolom komentar.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)