4 Cara Mengubah File TXT ke PDF

Sebelum kepembahasan lebih lanjut mengenai cara mengubah file TXT ke PDF. Ada baiknya jika kita mengetahui sedikit terkait hal tersebut. Seperti halnya apa sih file TXT ini? Atau mungkin bagi anda sudah mengetahui terkait hal tersebut.

Yup, artian sederhana dari file TXT ini adalah format dari penulisan text editor atau biasanya disebut dengan format file yang berisi teks dan disusun dalam baris. File teks dapat berisi teks diformat dan terformat.

Dapat anda ketahui, file teks ini merupakan file yang sangat sederhana. Maka dari itu file teks ini sering digunakan untuk menyimpan data.

Sekilas informasi terkait file TXT di atas. Nah, kembali ke topik pembahasan mengenai cara konversi file TXT ke PDF. Seperti yang anda ketahui, bahwa format file PDF ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita.

Lihat Juga : 6 Cara Convert PDF ke Word di Komputer & Android

Bagaimana  tidak? Di era yang sekarang ini. File PDF sudah menjadi kesukaan banyak orang dalam membuat e-book tak terkecuali anda sendiri bukan?. Sebagai contohnya adalah di dalam Universitas, pastinya mahasiswa diminta format pengumpulan tugasnya dalam bentuk PDF.

Dan juga di dalam dunia pekerjaan, jika suatu perusahaan mewajibkan mengirim surat lamaran melalui email atau URL lainnya, pasti pihak perusahaan menginginkan lamaran tersebut berbentuk format PDF bukan.

Nah di samping hal tersebut, file PDF ini memiliki kelebihan lain pastinya. Diantaranya adalah mudah di baca, ringan dan juga keamanannya pasti terjamin seperti halnya sulit untuk di copy paste.

Tidak sampai di situ saja, masih banyak lagi kelebihan lainnya yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.

Macam – Macam Cara Mengubah File TXT ke PDF

Mungkin anda akan bertanya-tanya, Apakah dengan mengubah format file tersebut isinya berubah? Tentunya tidak. Mengapa? Karena jika file tersebut berisikan tulisan/text pasti isinya tetap sama cuman format filenya saja yang berubah.

Berbeda lagi dengan cara mengubah file JPG ke PDF, yang mungkin ukuran dari gambar tersebut bertambah maupun berkurang.

Dapat anda ketahui bahwa ada banyak sekali cara mengubah file TXT ke PDF. Namun, pada artikel saat ini penulis hanya menggunakan beberapa cara. Yakni dengan cara online melalui website yang menyediakan fitur mengubah file TXT ke bentuk PDF dan melalui aplikasi android.

Jadi anda tidak perlu mencoba semuanya, cukup pilih salah satu yang menurut anda paling mudah untuk digunakan. Langsung saja simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

#1. Mengubah File TXT ke PDF di hipdf.com

Untuk tips yang pertama adalah mengunjungi hipdf.com. Dapat anda ketahui hipdf.com merupakan salah satu website yang menyediakan konversi pdf online secara gratis. Selain konversi TXT ke PDF, ada juga konversi lainnya yang bisa anda gunakan.

Simak langkahnya berikut ini …

Mengubah TXT ke PDF hipdf
  1. Pertama, anda harus mengunjungi website hipdf.com berikut ini : hipdf.com
  2. Lalu klik Choose File » pilih file format TXT yang ingin di konversi > klik Open
  3. Tunggu proses upload beberapa saat » klik Convert
  4. Tunggu proses konversi selesai » klik Download jika ingin mendownload file PDF secara langsung. Atau pilih akun Google Drive dan Dropbox sebagai tempat penyimpanan lainnya
  5. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengubah File Excel ke PDF

#2. Konvert File TXT ke PDF di convertio.co

Selain hipdf.com ada juga website lainnya yang dapat mengubah file TXT ke pdf seperti website yang satu ini. Yakni convertia.co, yang merupakan salah satu website yang menyediakan situs konversi lainnya tidak hanya TXT ke PDF.

Untuk lebih jelasnya berikut ini.

Mengubah TXT ke PDF convertio.co
  1. Pertama-tama kunjungi website convertio.co berikut ini : convertio.co
  2. Selanjutnya, pilih File yang akan di konversi. (Anda bisa mengambil file anda dari Dropbox dan Google Drive.)
  3. Setelah mencari File dengan Format TXT » klik Open. (Anda juga bisa memasukkan beberapa file sekaligus untuk di ubah)
  4. Klik Mengubah » tunggu beberapa saat untuk proses konversi
  5. Setelah konversi selesai » klik Download
  6. Selesai.

#3. Ubah File TXT ke PDF di sodapdf.com

Selain kedua website di atas, terdapat website lain yang menyediakan fitur yang sama. Yakni sodapdf.com, sama seperti website sebelumnya. Website ini juga tidak hanya menyediakan konversi TXT ke PDF saja. Selain itu, banyak tools yang di sediakan oleh sodapdf.com.

Langsung saja, berikut langkah-langkah konversi file TXT ke PDF.

Mengubah TXT ke PDF sodapdf
  1. Yang pertama, pastinya anda harus mengunjungi website sodapdf.com berikut ini : sodapdf.com
  2. Klik Choose File untuk memilih file format TXT yang ingin di ubah
  3. Setelah memilih file » klik Open (Secara otomatis akan memproses konversi dan tunggu beberapa saat)
  4. Lalu, tunggu proses download selama 9 detik. Dan akan muncul halaman download.
  5. Selanjutnya anda akan diberi 2 pilihan diantaranya : Download melalui Browser anda atau Kirim melalui email.
  6. Setelah memilih » file PDF anda otomatis akan terdownload
  7. Selesai.

#4. Rubah File TXT ke PDF Menggunakan Android

Bagaimana sih cara mengubah file TXT ke PDF dengan Android? Jadi untuk mengkonvert file TXT melalui HP Android, anda memerlukan aplikasi tambahan dari Google Play atau boleh juga dari market store lainnya.

Di sini penulis menggunakan All Files To PDF Converter. Sedikit informasi, All Files To PDF Converter merupakan aplikasi buatan Innovative Teq. Tidak hanya menyediakan konversi TXT ke PDF saja, ada banyak sekali fitur konversi lain yang ada didalamnya.

Seperti halnya Word to PDF, PDF to Doc, PDF to XLS, JPG to PDF dan lain sebagainya. Langsung saja jika anda ingin mengkonversi TXT ke PDF ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Mengubah TXT ke PDF Android
  1. Langkah pertama, download aplikasinya berikut ini : All Files to PDF Convert
  2. Lalu ketuk tombol Plus (+) di pojok kanan bawah.
  3. Pilih format TXT yang akan di ubah menjadi PDF » ketuk Convert.
  4. Selanjutnya pilih format PDF » beri nama File.
  5. Tunggu proses konversi beberapa saat.
  6. Selesai.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.