9 Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Shutdown

Tentunya akan sangat menjengkelkan, ketika komputer atau laptop yang Anda gunakan tidak bisa di shutdown. Permasalahan ini memang sering dialami oleh pengguna komputer, terutama dengan sistem operasi Windows 7. Tidak sedikit orang yang mengetahui penyebab terjadinya Windows 7 yang tidak bisa di shutdown. Namun beberapa penyebab yang dapat dipastikan adalah bug tersebut bisa jadi berasal dari kerusakan sistem hingga terkena virus.

Meski demikian, tetap saja permasalahan tersebut dapat membuat pengguna Windows 7 merasa gelisah dan frustasi dalam memperbaikinya. Terlebih lagi pada bulan Januari 2020 yang lalu, pihak Microsoft telah memutuskan untuk menghentikan dukungan pembaruan serta keamanan pada Windows 7. Di mana setiap ada permasalahan baru pada Windows 7, dengan terpaksa Anda harus memperbaikinya sendiri.

Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena terdapat beragam solusi untuk mengatasi Windows 7 tidak bisa shutdown yang dapat Anda temukan melalui penulusuran google. Salah satunya adalah seperti yang sedang saya bahas pada ulasan artikel kali ini.

Lihat Juga : 4 Cara Mempercepat Booting “Startup” Windows 7

Penyebab Windows 7 Tidak Bisa Shutdown

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa penyebab dari permasalahan ini masih belum diketahui asalnya. Namun tidak sedikit pengguna komputer beranggapan, jika Windows 7 yang tidak bisa di shutdown ini kebanyakan disebabkan karena kesalahan sistem. Misalnya seperti terkena virus atau bisa jadi data corrupt (rusak).

Pada umumnya jika terdapat komputer atau laptop mengalami hal ini, tentu tidak sedikit orang yang lebih menyarankan upgrade ke sistem operasi Windows 10. Mengingat Microsoft telah menghentikan layanan pembaruan pada Windows 7. Namun jika Anda bersikeras ingin memperbaikinya, silakan ikuti beberapa solusi yang saya berikan di bawah ini.

Lihat Juga : 9 Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop Windows

Cara Mengatasi Windows 7 Tidak Bisa Shutdown

Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi Windows 7 yang tidak bisa shutdown. Misalnya seperti mengaktifkan UAC, mengubah regedit, membersihkan registry Windows, dan lain sebagainya. Apabila permasalahan ini juga terjadi pada sistem operasi selain Windows 7, mungkin Anda hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian terhadap metode yang akan digunakan.

1. Mengaktifkan User Account Control

1. Mengaktifkan UAC
1. Mengatasi Windows 7 tidak bisa shutdown dengan UAC. WAHYU SETIA BINTARA

Untuk metode pertama adalah dengan mengaktifkan User Account Control. Pastikan Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini dengan tepat, supaya komputer Anda dapat kembali di restart dan shutdown seperti biasanya.

  1. Pertama, tekan Logo Windows + R untuk membuka jendela “Run”.
  2. Selanjutnya, ketik gpedit.msc di kolom pencarian » tekan Enter.
  3. Lihat panel kiri pada jendela “Local Group Policy Editor”, klik Computer Configuration » Windows Settings » Security Settings » Local Policies » pilih Security Options.
  4. Kemudian, cari dan klik ganda pada User Account Control : Run all administrators in Admin Approval Mode » pilih Enabled » klik OK.
  5. Tekan Windows + R kembali » ketik gpupdate /force di kolom pencarian » tekan Enter.
  6. Setelah itu, lakukan shutdown komputer Anda.
  7. Selesai.

NOTE : Metode ini hanya berfungsi untuk pengguna Windows 7 versi Professional, Ultimate dan Enterprise.

2. Ubah Pengaturan Power di Regedit

2. Ubah Pengaturan Power Regedit
2. Mengatasi Windows 7 tidak bisa shutdown dengan mengatur Regedit. WAHYU SETIA BINTARA

Dengan mengubah pengaturan Power di Regedit, dapat dipastikan permasalahan Windows tidak bisa shutdown ini teratasi dengan cepat. Selain itu, metode ini sering digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer untuk mengatasi permasalahan terkait dan hasilnya pun terbukti berhasil.

  1. Pertama, tekan Logo Windows + R untuk membuka jendela “Run”.
  2. Selanjutnya, ketik regedit di kolom pencarian » tekan Enter.
  3. Di bagian “Registry Editor”, klik HKEY_CURRENT_USER » Control Panel » Desktop.
  4. Kemudian, cari dan klik ganda PowerOffActive » ubah “Value data” menjadi 1 » klik OK.
  5. Setelah itu, silakan Anda coba Restart komputer.
  6. Selesai.

NOTE : Jika “PowerOffActive” tidak ada, silakan klik kanan jendela Desktop » New » pilih DWORD (32-bit) Value » beri nama PowerOffActive.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Connect WiFi Windows 7

3. Lakukan Clean Boot pada Windows 7

3. Melakukan Clean Boot Windows 7
3. Mengatasi Windows 7 tidak bisa shutdown dengan Clean Boot. WAHYU SETIA BINTARA

Salah satu penyebab Windows 7 tidak bisa shutdown adalah mungkin bisa jadi karena terdapat program yang bertabrakan satu sama lain, di mana mengakibatkan kesalahan ada sistem operasi. Untuk itu lakukan Clean Boot untuk memastikan bahwa tidak ada program yang bertabrakan.

  1. Pertama, klik menu Start pada layar taskbar desktop Anda.
  2. Kemudian ketik “msconfig” » klik msconfig.exe dari hasil pencarian.
  3. Klik tab Services » centang bagian “Hide all Microsoft services” » klik Disable all » Apply » klik OK.
  4. Lalu coba lakukan restart komputer Anda.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 20 Aplikasi Pembersih RAM PC & HP Terbaik

4. Pemindaian SFC dengan CMD

4. Pemindaian SFC Windows 7
4. Mengatasi Windows 7 tidak bisa shutdown dengan CMD. WAHYU SETIA BINTARA

Namun jika metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat lakukan pemindaian SFC. System File Checker ini merupakan sebuah alat yang tersedia di Windows 7 secara default, di mana berfungsi untuk memperbaiki file sistem yang rusak atau masalah lainnya secara otomatis. Hal ini juga terbukti dapat mengatasi masalah Windows 7 yang tidak bisa di shutdown.

  1. Pertama, klik menu Start pada taskbar Windows 7.
  2. Selanjutnya, ketik “Command Prompt” di kolom pencarian » klik kanan Command Prompt » pilih Run as administrator » klik Yes untuk menyetujui.
  3. Pada jendela Command Prompt, silakan ketik  sfc /scannow » lalu tekan Enter.
  4. Tunggu beberapa menit proses pemindaian SFC.
  5. Pastikan tidak menutup jendela Command Prompt.
  6. Jika sudah, lakukan restart pada komputer Anda.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengecilkan Icon Windows 10

5. Periksa Kesalahan Hard disk

5. Periksa Hard disk
5. Atasi Windows 7 tidak bisa shutdown dengan memeriksa hard disk. WAHYU SETIA BINTARA

Metode berikutnya adalah periksalah hard disk komputer Anda. Karena tidak menutup kemungkinan, bisa jadi permasalahan tersebut dapat disebabkan karena hard disk yang bermasalah. Terkait pemeriksaannya sendiri sangat mudah, karena Windows 7 menyediakan alat untuk mengidentifikasi dan memperbaiki sistem pada disk Anda dengan cepat.

  1. Pertama, klik Start » lalu klik Computer.
  2. Klik kanan drive yang ingin diperiksa, kemudian klik Properties.
  3. Selanjutnya klik tab Tools » pada bagian “Error Checking”, klik Check now..
  4. Klik Start, untuk memulai proses.
  5. Selesai.

6. Dengan System Restore

6. Lakukan System Restore
6. Atasi Windows 7 tidak bisa shutdown dengan system restore. WAHYU SETIA BINTARA

System Restore merupakan sebuah keadaan di mana Anda dapat mengembalikan sistem komputer sebelum terjadi permasalahan. Dengan begitu Anda dapat membatalkan perubahan apa pun pada sistem. Metode ini dapat terbilang ampuh untuk mengatasi permasalahan Windows.

  1. Pertama, klik menu Start pada taskbar.
  2. Kemudian, klik Control Panel » System and Security » pilih Action Center.
  3. Setelah itu, klik opsi Recovery » pilih Open System Restore » Ikuti arahan » Finish.
  4. Tunggu beberapa detik saat komputer melakukan restart otomatis.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Uninstall Aplikasi Windows

7. Lakukan Repair Computer

7. Repair Komputer
7. Atasi Windows 7 tidak bisa shutdown dengan repair komputer. WAHYU SETIA BINTARA

Selain system restore, Anda juga dapat melakukan Repair Computer untuk memperbaikinya. Tidak hanya itu saja, semua bugs yang terdapat pada sistem akan diperbaiki juga. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

  1. Pertama, tekan tombol power untuk menghidupkan komputer.
  2. Saat proses booting dilakukan, tekan tombol F8 » pilih Repair Your Computer » kemudian tekan Enter.
  3. Di bagian “Select a keyboard input method”, pilih US » klik Next.
  4. Jika komputer Anda memiliki password, silakan masukkan terlebih dahulu » klik OK.
  5. Jika sudah, pilih Startup Repair pada bagian “Choose a recovery tool” » tunggu beberapa menit saat proses sedang dilakukan.
  6. Klik Finish, untuk menyelesaikan proses repairs.
  7. Selesai.

8. Scan dengan Antivirus

Apabila dari sekian metode di atas tidak menghasilkan apa pun, mungkin dapat dipastikan penyebab permasalahan tersebut karena adanya virus pada komputer. Untuk itu Anda perlu menginstall aplikasi antivirus untuk mengatasinya. Selain itu sangat disarankan untuk memilih antivirus yang lengkap dan populer seperti Avast, Essentials, Kaspersky, atau BitDefender. Perlu di ingat, lakukan scanning secara menyeluruh agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Install Ulang Windows 7

Kita tahu bahwa melakukan install ulang pada Windows 7 merupakan metode paling efektif untuk mengatasi Windows 7 yang tidak bisa shutdown. Hal ini juga berlaku untuk permasalahan Windows lainnya, seperti mengatasi blue screen atau Windows is not genuine. Jadi tidak heran jika install ulang merupakan pilihan terakhir untuk memperbaiki permasalahan Windows.

Lihat Juga : 4 Cara Menghentikan Program yang berjalan Otomatis saat Komputer Menyala

Penutup,

Windows 7 yang tidak bisa di shutdown ini umumnya disebabkan oleh virus atau data yang rusak, tentu hal ini akan berakibat pada sistem yang error. Meski terdapat solusi untuk mengatasinya, namun tetap saja permasalahan ini sangat meresahkan pengguna Windows 7. Terlebih lagi, Microsoft telah memberhentikan dukungan Windows 7 pada bulan Januari 2020 lalu. Apabila dari beberapa metode yang saya bagikan di atas tidak bisa mengatasi permasalahan shutdown pada Windows 7. Satu satunya cara paling efektif adalah dengan membawanya ke tempat service.

Sekian ulasan singkat yang dapat saya berikan, semoga beberapa metode di atas dapat mengatasi permasalahan Windows 7 yang tidak bisa di shutdown. Apabila Anda ingin mengajukan pertanyaan atau pendapat mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.