4 Cara Membersihkan Registry Windows 7

Sebagai pengguna komputer, tentunya Anda pasti pernah mendengar kata Registry bukan. Jika demikian, lalu seperti apa sih registry tersebut? Mungkin tidak jarang pengguna komputer saat ini yang merasa kebingungan terkait arti atau fungsi dari kata tersebut. Registry merupakan sebuah basis data yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sistem operasi.

Dengan kata lain, Registry ini merekam semua informasi dari segala aktivitas user pada perangkat laptop maupun komputer. Misalnya ketika Anda melakukan install aplikasi, maka informasi tersebut akan muncul pada Registry. Tidak hanya itu saja, informasi mengenai profil user pada perangkat, type file yang dibuat, ikon, folder bahkan Port yang digunakan ada di dalam registry.

Melihat informasi tersebut, tentu saja registry memiliki peranan serta fungsi yang penting dalam sebuah sistem operasi Windows. Meskipun registry mencatat semua aktivitas user pada perangkat, bukan berarti file ini tidak dapat menumpuk. Sering kali saat Anda melakukan uninstall aplikasi, file tersebut masih tertinggal di sistem dengan jumlah yang begitu banyak.

Lihat Juga : 4 Cara Mematikan Program Startup Windows 7

Cara Membersihkan Registry Windows 7

Banyaknya file registry pada sistem dapat membuat ruang penyimpanan Anda menjadi penuh. Mengingat setiap informasi yang disimpan akan semakin banyak dan ukurannya pun lama-lama menjadi semakin besar. Hal ini lah yang dapat mempengaruhi kinerja sistem Windows, sehingga menyebabkan laptop lemot, Windows macet, data corrupt dan sebagainya.

Untuk mencegah permasalahan supaya tidak terjadi pada perangkat, dapat Anda lakukan dengan membersihkan registry Windows 7. Tentunya terdapat beragam solusi dalam membersihkan registry, misalnya dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga atau menghapus secara manual. Silakan ikuti beberapa metode berikut ini.

1. Menggunakan Software CCleaner

Registry CCleaner
1. Hapus registry menggunakan CCleaner. WAHYU SETIA BINTARA

Untuk metode yang pertama, Anda dapat menggunakan software CCleaner untuk membersihkan registry Windows 7 secara praktis. Perlu diketahui, CCleaner merupakan salah satu software utilitas yang mampu memaksimalkan pengelolaan sistem pada Windows 7, termasuk mematikan startup serta membersihkan file cache atau sampah.

Bahkan Software ini mampu mengoptimalkan sistem hanya dengan beberapa detik saja, sehingga kinerja perangkat laptop atau komputer jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Melihat fitur-fitur yang ditawarkan, sangat tidak mengherankan jika banyak sekali pengguna komputer yang menginstall aplikasi ini. Untuk membersihkannya, silakan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, unduh dan pasang software CCleaner di sini.
  2. Kemudian buka CCleaner » pilih tap Registry » klik Scan for Issues.
  3. Tunggu beberapa detik proses scanning.
  4. Selanjutnya klik Review Selected Issues… » jika terdapat panel notifikasi muncul, silakan klik No. (Jika ingin Anda ingin back up silakan klik Yes)
  5. Setelah itu, klik Fix All Selected Issues untuk membersihkan semuanya.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache di HP Android

2. Melalui AVG TuneUp

Registry AVG TuneUp
2. Menghapus registry lewat AVG TuneUp. WAHYU SETIA BINTARA

Sama seperti halnya CCleaner, dengan fitur yang disediakan AVG TuneUp dapat membersihkan file registry yang tertinggal saat melakukan uninstall aplikasi. Tidak hanya itu saja, software ini mampu melindungi perangkat laptop atau komputer dari serangan virus serta membersihkan file sampah sistem.

  1. Pertama, pastikan Anda telah memasang software AVG TuneUp.
  2. Selanjutnya jalankan AVG TuneUp » lalu klik Maintenance.
  3. Tunggu beberapa menit proses memindai.
  4. Jika sudah, klik Fix & Clean untuk membersihkan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Mempercepat Booting Windows 7

Cara Membersihkan Registry Windows 7 Secara Manual

Di samping penggunaan aplikasi pihak ke tiga, terdapat solusi lain yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan registry Windows 7. Yaitu dengan cara menghapus folder aplikasi yang telah di uninstall melalui Drive C dan juga Registry editor.

1. Membersihkan Lewat Drive C

Registry Manual
Membersihkan registry lewat drive C. WAHYU SETIA BINTARA

Untuk metode yang satu ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Mengingat Anda hanya perlu menghapus secara langsung folder aplikasi yang telah di uninstall sebelumnya pada Drive C. Caranya cukup mudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run.
  2. Kemudian ketik perintah %programfiles% » tekan Enter/OK » cari dan hapus folder aplikasi yang telah di uninstall.
  3. Jika sudah, ketik perintah %programfiles(x86)% » tekan Enter » lakukan seperti sebelumnya.
  4. Setelah itu Anda ketikan perintah %appdata% » tekan Enter » hapus folder seperti tahap sebelumnya.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Photoshop Error, Tidak Bisa Dibuka

2. Hapus Melalui Registry Editor

Adapun cara lain yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan registry di Windows 7, yaitu dengan melakukan penghapusan melalui registry editor Windows. Memang solusi yang satu ini dapat membersihkan registry secara efektif hingga ke akar. Namun perlu diwaspadai dalam menghapus entri dari program lama yang tertinggal, tidak boleh sembarangan. Mengingat jika terjadi sedikit kesalahan dalam membersihkan, maka perangkat Anda dapat bermasalah nantinya.

Untuk itu metode ini sangat diperuntukkan oleh pengguna yang sudah mahir dalam mengoperasikan komputer. Namun jika Anda masih pemula dalam menggunakan perangkat laptop atau komputer, lebih baik menggunakan aplikasi pihak ke tiga untuk menyelesaikannya. Karena dengan aplikasi tersebut, Anda tidak perlu susah payah dalam membersihkan registry Windows 7.

  1. Pertama, tekan tombol Windows + R.
  2. Lakukan Backup regitry terlebih dahulu, klik File » Export » Beri nama file » Save.
  3. Kemudian, klik HKEY_CURRENT_USER » Software » Hapus entri aplikasi yang telah di uninstall.
  4. Selanjutnya klik HKEY_LOCAL_MACHINE » Software » lakukan seperti tahap sebelumnya.
  5. Selesai.

NOTE : Untuk instruksi lebih jelasnya, silakan Anda simak penjelasan pada video di atas.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Windows 7

Penutup,

Membersihkan registry Windows memang perlu untuk dilakukan, mengingat jika tidak dibersihkan akan menyebabkan ruang penyimpanan penuh. Selain itu dapat menyebabkan perangkat atau laptop menjadi lemot, macet, not responding, bahkan hang. Untuk mencegah permasalahan tersebut, dapat Anda atasi dengan beberapa metode di atas. Perlu diingat juga, bahwa metode yang saya berikan di atas hanyalah bersifat sederhana dan praktis. Jika dirasa kurang memuaskan, Anda dapat mengeksplorasi lebih jauh permasalahan di penelusuran Google.

Sekian ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai cara membersihkan registry Windows 7. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat mengenai metode di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.