Cara Hard Reset OPPO A73 | A73s

OPPO A73 merupakan salah satu smartphone kelas menengah besutan OPPO yang dirilis pada bulan Desember 2017 yang lalu. Smartphone ini hadir dengan performa dan kualitas yang cukup mumpuni pada segala aktvitas multitasking, baik untuk bermain game, sosial media, dan juga streaming video online.

Spesifikasi, Penyebab, dan Solusi

Space RAM 4 GB serta CPU MT6763T octa-core 2.5GHz dan Internal 32 GB menjadi keunggulan dari smartphone ini. Lebihnya lagi, pengguna juga dimanjakan dengan User Interface dari Android Nougat v7.1.1 dengan ColorOS 3.2. Kebutuhan multitasking yang semakin tinggi dari para pengguna OPPO tentunya juga tidak selalu optimal. Terkadang ada juga pengguna yang mendapati masalah saat menjalankan aplikasi atau game tertentu.

Atau bisa juga terjadi kerusakan pada OS Android yang mengakibatkan pengguna tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Masalah yang terjadi bisa bermacam – macam seperti misalnya munculnya pesan error pada aplikasi terinstal atau aplikasi bawaan, aplikasi tidak bisa dibuka, sering lag dan macet, bootloop, lupa pola kunci, dan masalah-masalah lainnya.

Lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan masalah pada perangkat OPPO pada artikel berikut ini : Masalah Smartphone OPPO dan Cara Mengatasinya

Adapun penyebabnya sendiri bisa karena banyak hal seperti penumpukan file cache, RAM penuh, Virus, aplikasi yang tidak update, dan lainnya. Dan untuk mengatasi, satu solusi yang bisa anda lakukan yakni dengan Factory Reset atau Hard Reset perangkat. Ini akan mengembalikan semua pengaturan ke posisi pabrikan. Adapun untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache, Virus, WhatsApp di OPPO

Factory Reset OPPO A73 | A73s

Mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan atau lebih dikenal dengan Factory Reset bisa menjadi solusi ketika banyaknya masalah terjadi pada perangkat OPPO yang anda miliki, khususnya masalah yang berhubungan dengan sistem atau pada aplikasi bawaan yang sering memunculkan pesan error tertentu.

Sebagai saran, sebelum melakukan Factory Reset pastikan anda melalukan backup pada semua data penting yang anda miliki. Dan berikut langkah-langkahnya…

Factory Reset OPPO A71
  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Kemudian pilih opsional sesuai keinginan anda ….

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Lihat Juga : Cara Setting Private Number di HP OPPO

Hard Reset OPPO A73 | A73s

Selanjutnya yakni Hard Reset yang bisa anda lalukan melalui menu Recovery Mode (ColorOS Recovery). Karena mungkin anda tidak dapat masuk ke menu utama atau User Interface di HP OPPO anda, maka anda bisa melakukan reset melalui menu Recovery Mode seperti misalnya terjadi bootloop, lupa pola kunci, bugs pada sistem, dan lainnya. Dan untuk melakukannya, simak langkah-langkahnya berikut ini.  

  1. Langkah pertama, pastikan HP OPPO A73 atau A73s berada pada kondisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk menu ColorOS Recovery, tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO. Setelah muncul logo, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka anda akan dihadapkan pada menu ColorOS Recovery OPPO A73 atau A73s.
  3. Selanjutnya, anda pilih “Bahasa Inggris”. Dan untuk melakukan Hard Reset, pilih “Wipe Data” lalu tap lagi “Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos)”. Tunggu beberapa saat sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.
  4. Dan setelah selesai, anda bisa tekan “Reboot” untuk restart Smartphone. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

Lihat Juga : Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai OPPO

Penutup,

Itulah cara sederhana dalam melakukan Factory Reset dan Hard Reset HP OPPO A73. Tidak hanya pada OPPO A73 saja, anda bisa mencobanya pada tipe lain seperti A37, A39, A57, A71, A83, F3, F3 Plus, F5, F5 Youth, Find 7, F7, F7 Youth, A3, A3S, R11, R11s, R15, R15 Pro, R17, R17 Pro, Find X, dan lainnya.

Jikapun nantinya dengan Hard Reset masalah masih tetap ada, maka solusi lain yang perlu anda lakukan yakni dengan Flashing, anda membutuhkan Driver, Software Flashing, Firmware, dan USB untuk melakukannya Via PC. Adapun untuk via SD Card, anda cukup mengunduh firmware dari Official Resmi OPPO dan masuk pada menu Recovery Mode.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada perangkat OPPO anda, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Hard Reset OPPO

Masalah OPPO

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.