Apa itu Roaming Data?

Roaming data merupakan bagian dari ponsel yang menerima data melalui jaringan yang tidak dioperasikan oleh penyedia…

Roaming data merupakan bagian dari pengaturan bawaan ponsel dalam sambungan jaringan internet. Apabila Anda mengaktifkan roaming data tersebut, biasanya akan muncul sebuah pop-up yang memperingatkan pengguna mengenai perubahan signifikan pada jaringan Internet mereka. Tentunya peringatan dari pop-up yang tampil tadi tidak menjelaskan secara detail mengenai risiko yang Anda terima apabila fitur tersebut diaktifkan. Hal semacam inilah yang mengundang sejumlah pertanyaan-pertanyaan acak di benak kita.

Misalnya seperti apa perubahan yang terjadi pada jaringan internet smartphone Anda ketika menggunakan fitur roaming data? Apakah perubahan tersebut menguntungkan atau justru merugikan? Tentunya jawaban dari pertanyaan tersebut tidak tersedia dalam pop-up peringatan pada ponsel Anda. Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai apa itu roaming data yang disertai dengan definisi, efek dan cara mengaktifkannya di ulasan berikut ini.

Lihat Juga : Apa itu YouTube Vanced?

Apa yang dimaksud Roaming Data?

Apa itu Roaming Data
Sumber Gambar : androidponsel.com

Mari kita pahami dahulu mengenai “Roaming” pada ponsel, jadi apabila Anda berada pada lokasi wilayah di luar jangkauan network dari provider yang Anda gunakan. Katakanlah hal ini terjadi ketika sedang dalam perjalanan internasional yang tidak memungkinkan Anda untuk mengakses internet WiFi dan tidak dapat mengganti kartu provider karena alasan tertentu. Di saat seperti inilah fitur roaming data dapat dimanfaatkan sebagai alternatif penyedia layanan networking pada provider yang Anda pakai. 

Pertanyaannya bagaimana bisa layanan provider kita mendapat akses internet di luar wilayahnya? Jadi begini, misalnya saja Anda menggunakan layanan provider Telkomsel, kemudian pada suatu waktu tuntutan pekerjaan mengharuskan Anda pergi ke Amerika untuk perjalanan bisnis ke Amerika. Di sini ponsel Anda berada di luar wilayah provider Telkomsel dan Anda memasuki teritorial baru dari layanan provider Amerika.

Dalam situasi semacam ini Anda bisa saja mengganti kartu SIM Telkomsel dengan kartu SIM provider Amerika seperti American Telecom, namun disisi lain Anda juga punya hak untuk tidak mengganti kartu SIM. Karena provider dari kedua negara tadi telah melakukan kerja sama agar masing-masing dari layanan mereka tetap mendapat akses internet meski kartu SIM nya tidak diganti. Sistemnya sendiri dapat Anda analogikan seperti sebuah lari estafet, yang mana saluran internet Telkomsel nantinya akan dilayani oleh sistem provider dari negara yang Anda kunjungi yaitu American Telecom.

Lihat Juga : Apa itu Watermark?

Perubahan pada ponsel ketika roaming data

Sebenarnya tidak banyak perubahan yang terjadi pada ponsel Anda ketika roaming data berlangsung karena pada dasarnya layanan ini hanya sebatas mengalihkan saluran internet Anda pada provider lain tanpa mengganti kartu SIM. Anda masih dapat menggunakan layanan internet seperti biasanya seperti melakukan pengiriman pesan, telefon, video call dan hal lainnya lagi namun perlu diingat bahwa Anda saat itu sedang menggunakan roaming data, yang artinya segala aktivitas daring dikenakan biaya ekstra daripada biasanya.

Lihat Juga : Apa itu Root Android?

Efek dari roaming data

Efek Roaming Data
Sumber Gambar : medcom.id

Dari pembahasan di atas mungkin akan timbul pertanyaan, apakah saluran internet dari data provider akan langsung dialihkan secara otomatis pada ponsel kita? Jawabannya tidak, alasannya sendiri karena layanan roaming data merupakan alternatif pilihan pengguna. Sehingga Anda tetap dapat memakai layanan internet tanpa mengganti kartu SIM, meski begitu bukan berarti roaming data dapat digunakan tanpa adanya risiko.

Seperti biaya mahal yang ditanggung pengguna selama memakai roaming data, adapun hal lain yang mesti Anda waspadai ialah konsumsi daya baterai extra ketika roaming data aktif. Namun sejauh ini belum ada risiko yang berakibat buruk pada ponsel ketika kita memakai layanan ini, jadi Anda tidak perlu khawatir pada keamanan ponsel Anda ketika memakai layanan roaming data.

Lihat Juga : Apa itu Overclock?

Cara mengaktifkan roaming data

Mengaktifkan Roaming Data Android
Mengaktifkan roaming data Android

Sama seperti tempat pengaturan jaringan pada ponsel secara umum, roaming data dapat Anda aktifkan melalui menu “Settings”. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini secara berurutan.

  1. Pertama, buka menu Settings di HP Anda.
  2. Selanjutnya cari dan pilih menu Pengaturan Jaringan & Nirkabel » pilih Jaringan Seluler.
  3. Di bagian ini Anda akan melihat menu “Roaming Data”. Lalu Anda bisa mengaktifkannya dengan menggeser toggle di salah satu Kartu SIM yang Anda gunakan.
  4. Jika muncul pop-up notifikasi peringatan lanjut saja dengan klik OK.
  5. Setelah itu lakukan restart ponsel terlebih dahulu untuk melihat perubahannya.
  6. Kemudian layanan Roaming Data sudah sepenuhnya tersedia dan bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan.
  7. Selesai.

Catatan : Jika Anda tidak menemukan salah satu menu di atas, Anda bisa telusuri di Google terlebih dahulu. Karena setiap jenis smartphone memiliki penempatan fitur yang berbeda-beda.

Lihat Juga : Apa itu IMEI?

Bagaimana cara menghindari biaya roaming data?

Menghindari Biaya Roaming Data
Sumber Gambar : t3.com

Seperti yang Anda tahu bahwa biaya roaming data internasional itu tidaklah murah, sehingga apabila Anda bukan seseorang yang berkantong tebal pastinya pilihan dalam menggunakan layanan roaming data akan menjadi sulit. Di samping itu juga tidak ada trik khusus yang memungkinkan seorang pengguna menggunakan roaming data secara gratis, namun ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari menggunakan roaming data seperti.

1. Merencanakan penggunaan roaming data

Sama seperti ketika kita belanja ke mall maupun pasar, Anda perlu melakukan perencanaan yang matang seperti mengantisipasi batas layanan roaming data yang dipakai. Atau melakukan riset harga paket roaming data sesuai negara yang Anda kunjungi, sehingga pengeluaran yang berlebih dalam memakai layanan roaming data dapat di minimalisir.

2. Matikan update otomatis pada ponsel

Update otomatis kadang dapat menjadi layanan yang cukup membantu kita apabila lupa untuk melakukan pembaharuan pada aplikasi usang di ponsel kita. Namun beda cerita lagi apabila Anda sedang menggunakan layanan paket data atau roaming data di luar negeri, yang mana jika lalai sedikit saja tahu-tahu ponsel Anda akan menguras biaya berlebih meskipun dalam keadaan yang tidak dipakai sekalipun.

3. Memakai layanan Wi-Fi bila memungkinkan

Sejauh ini layanan WiFi telah tersebar secara gratis dinegara-negara maju seperti Jepang, Korea, Singapura dan lain-lainnya. Sehingga masyarakat umum pun dapat menggunakan layanan internet di area-area publik seperti central park, restoran, mall, taman bermain dan sebagainya. Dengan begini Anda dapat tetap terhubung dengan Internet apabila menggunakan layanan publik tersebut tanpa harus keluar biaya mengenai roaming data.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK?

Kesimpulan,

Roaming data merupakan layanan yang menyediakan penggunanya saluran internet di luar wilayah akses provider yang mereka gunakan dengan tambahan biaya ekstra. Karena layanannya yang begitu mahal kita kadang berpikir dua kali apabila ingin menggunakannya, namun apabila tujuan Anda datang keluar negeri untuk berlibur maka berbahagialah karena kebanyakan tempat wisata di negara-negara maju telah tersedia layanan akses WiFi yang gratis digunakan oleh publik sehingga Anda dapat menghemat isi dompet agar dapat tetap mengakses internet.

Kenapa harga layanan roaming data sangat mahal?

Hal ini dikarenakan persaingan antar provider yang kurang signifikan sehingga penyedia layanan ini dapat menetapkan harga yang mereka mau kepada penggunanya.

Kenapa layanan data roaming tidak dapat dimatikan?

Masalah semacam ini dapat ditimbulkan oleh bug yang terjadi pada sistem ponsel Anda, cara mudah dalam mengatasinya ialah dengan teratur melakukan pembaharuan sistem terkini pada ponsel agar bug diperbaiki.

Apakah melakukan roaming data menguras daya baterai?

Sama seperti ketika kita mengaktifkan layanan hotspot pada ponsel, layanan roaming data juga menghabiskan daya baterai dengan lebih cepat dibandingkan kondisi ketika tidak digunakan.

Apakah roaming data dapat digunakan secara gratis?

Tentu saja tidak, tapi Anda punya opsi lain seperti menggunakan layanan WiFi publik yang tersebar di setiap sudut wilayah yang Anda singgah untuk mengakses internet di luar negeri.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Daftar Alamat Service Center ASUS Resmi di Indonesia

    Berikut daftar alamat service center ASUS resmi di seluruh wilayah / kota di Indonesia
  2. Istilah “Refund” dalam Belanja Online

    Refund merupakan sebuah istilah 'pengembalian dana' dalam berbelanja secara online
  3. 100 Gambar Anime Keren, Lucu, Sedih, Romantis, 3D!

    Di bawah ini tersedia kumpulan gambar anime keren yang bisa Anda jadikan wallpaper HP / PC