Cara Hard Reset HP SONY Xperia M, M2, M3, M4, M5 [Aqua] [Dual] Lengkap!

0
112

Dianisa.com – Cara Factory Reset & Hard Reset SONY Xperia M, M Dual, M2, M2 Aqua, M2 Dual, M3 Aqua, M4 Aqua, M5, M5 Dual. Menurut informasi yang saya dapatkan, versi pertama dari SONY Xperia tipe M rilis pada bulan Agustus 2013 dengan mengusung OS Android Jelly Bean 4.1 dengan layar seluas 4.0 Inchi, yang kemudian dilanjutkan dengan seri M2, M3, dan seterusnya. Dan yang paling baru saat ini yakni dari M5 Dual yang rilis pada bulan September 2015. Smartphone ini mengusung layar seluas 5.0 Inchi dengan sistem operasi Android Lollipop v5.0. Hadir dengan CPU Mediatek MT6795 Helio X10 + RAM berkapasitas 3GB mampu maksimalkan setiap aktivitas multitasking pengguna.

Baca Juga :

SONY Xperia tipe M hadir dengan spesifikasi dan fitur yang cukup mumpuni dalam segala aktivitas multitasking. Namun mengenai masalah, tentu pasti ada yang mengalaminya, khususnya pada sistem android yang terkadang memunculkan pesan atau notifikasi error. Salah satu metode yang bisa anda lakukan yakni dengan Factory Reset atau Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Cara ini biasanya menjadi solusi ketika semua cara seperti membersihkan sampah, basis data aplikasi, menghapus aplikasi, dan juga update sistem tidak mempan lagi. Penasaran bagaimana caranya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Factory Reset SONY Xperia M, M2, M3, M4, M5

Factory Reset merupakan salah satu metode mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan. Metode ini bisa anda lakukan melalui menu Pengaturan HP SONY Xperia anda. Namun sebelum melakukannya, pastikan anda melakukan backup pada semua data penting yang tersimpan di Internal Android anda. Dan berikut Langkah – Langkah Factory Reset SONY Xperia M, M2, M3, M4, dan M5 yang dapat anda ikuti.

Factory Reset SONY Xperia

  • Buka menu Settings » Backup & Reset » Factory Data Reset » Kemudian anda tap “Reset Phone”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone SONY Xperia C5 Ultra Dual dengan sistem operasi Android Marsmallow v6.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Hard Reset SONY Xperia M, M2, M3, M4, M5

Selanjutnya yakni metode Hard Reset yang bisa anda lakukan melalui menu Recovery Mode Smartphone SONY Xperia yang anda miliki. Metode ini banyak menjadi solusi saat pengguna Lupa Pola Kunci atau kata sandi layar dan juga Bootloop. Adapun untuk melakukan Hard Reset SONY Xperia M, M2, M3, M4, dan M5, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Pastikan HP SONY Xperia anda terhubung dengan charger dan berada pada posisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk pada menu Recovery Mode, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” selama beberapa saat sampai sampai nantinya anda akan berhasil masuk ke menu Recovery Mode SONY Xperia yang anda miliki.
  3. Untuk melakukan Hard Reset atau Wipe Data, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”, kemudian lanjutkan dengan memilih “Yes — Delete All Data”. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  4. Jika sudah, anda bisa melakukan setup ulang smartphone SONY Xperia anda mulai dari awal. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

*NOTE :

  • Apabila nantinya tombol “Power + Volume Up” tidak berhasil untuk masuk ke menu Recovery Mode, anda bisa gunakan kombinasi alternatif lainnya seperti “Volume Up + Volume Down + Power” atau “Power + Volume Down”.
  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Metode Factory Reset & Hard Reset diatas dapat anda lakukan pada banyak perangkat SONY Xperia dengan tipe M, M Dual (C1904 / C1905, C2004 / C2005 DUAL), M2, M2 Aqua, M2 Dual (D2303 / D2305 / D2306 / D2316 / D2302 / S50h), M3 Aqua, M4 Aqua (E2303), M5, M5 Dual (E5603 / E5653 / E5606 / E5633 / E5643 / E5663). Jika nantinya ada sedikit perbedaan saat mencoba metode diatas, anda bisa melakukan penyesuaikan.

Solusi mengenai Hard Reset diatas bersifat altenatif, jika nantinya masalah pada smartphone SONY Xperia anda tetap ada atau tidak bisa normal kembali. Anda bisa mencoba melakukan Hard Reset dengan bantuan dari software Xperia Comparison. Selain itu, anda juga bisa melakukan Flashing dengan mengunduh firmware baru dari SONY.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Melakukan Factory Reset & Hard Reset SONY Xperia M, M Dual, M2, M2 Aqua, M2 Dual, M3 Aqua, M4 Aqua, M5, M5 Dual, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here