Sumber Image : Gadgets To Use

Dianisa.com – Menjadikan HP Xiaomi Sebagai Modem WiFi. Kini smartphone Android, khususnya Xiaomi mampu menggantikan banyak perangkat, salah satunya Modem. Dulunya, tanpa Modem atau Sinyal WiFi, Laptop atau Komputer tidak bisa terhubung ke Internet. Tetapi sekarang dengan adanya perangkat Android semuanya bisa dilakukan. HP Xiaomi bisa menjadi alternatif Modem, diantaranya seperti Bluetooth Teathering, USB Teathering, dan Hotspot.

Baca Juga :

Menjadikan HP Xiaomi Sebagai Modem

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua, khususnya pengguna Xiaomi mengenai Cara Menjadikan HP Xiaomi Sebagai Modem Alternatif Untuk Laptop dan Komputer. Nah, buat anda pengguna Xiaomi tentu akan sangat tertarik untuk mencoba metode yang satu ini. Dengan cara ini, anda yang menggunakan laptop sebagai aktifitas sehari – hari dan ingin tetap terhubung ke Internet, maka perangkat Xiaomi mampu membantu melakukannya. Penasaran bagaimana cara menghubungkannya, simak ulasan metodenya berikut ini.

1. USB Teathering

Untuk metode yang pertama yakni dengan USB Teathering atau Penambatan USB. Metode ini tentunya anda membutuhkan Kabel USB untuk menghubungkannya ke Laptop. Metode ini hanya bisa dilakukan pada satu Laptop atau PC. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

1. Sambungkan kabel USB anda, antara HP Xiaomi dengan port USB di laptop anda. Selanjutnya, masuk pada menu Setelan » Lainnya, lalu aktifkan “Penambatan USB” (Tanda merah artinya aktif).

Aktifkan Penambatan USB

2. Dan untuk menghubungkannya, anda masuk saja pada area jaringan di laptop anda. Kemudian “Hubungkan”.

Sambungkan USB

Sambungkan USB Manual

3. Pada bagian ini biasanya Laptop otomatis akan terhubung, tanpa kita harus menghubungkannya.

Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

2. Bluetooth Teathering

Metode yang kedua yakni melalui Bluetooth. Metode ini hanya bisa terhubung pada satu Laptop atau PC saja. Hampir sama dengan Hotspot. Tapi sebelumnya, pastikan Laptop anda support atau sudah tersedia Bluetooth, jika belum maka tentunya metode ini tidak bisa anda lakukan. Dan untuk langkah – langkahnya, anda bisa simak ulasannya berikut ini.

1. Langkah pertama, aktifkan Perambatan Bluetooh di HP Xiaomi yang anda miliki. Masuk pada menu Setelan » Lainnya, lalu aktifkan “Penambatan Bluetooth” (Tanda merah artinya aktif).

Aktifkan Penambatan Bluetooth

2. Dan untuk menghubungkannya di Laptop, anda bisa masuk pada opsional “Bluetooth & Other Device” di Laptop yang anda miliki. Aktifkan “Bluetooth” dan Pilih “Add Bluetooth & Other Device”.

Aktifkan Bluetooth Laptop

3. Selanjutnya, anda pilih “Bluetooth” pada bagian paling atas. Kemudian nantinya perangkat akan menemukan Device anda.

Temukan Bluetooth

4. Selanjutnya, anda coba koneksikan antara Laptop dengan HP Xiaomi anda. Yang pertama, lakukan pada HP Xiaomi untuk mengizinkan, dan barulah pada Laptop.

Sambungkan Bluetooth Xiaomi

5. Jika sudah terhubung maka tandan berhasilnya akan muncul terhubung seperti yang terlihat pada screenshot dibawah ini.

Berhasil Terhubung

6. Perlu diperhatikan bahwa Metode theathering via Bluetooth antara Laptop dengan HP terbilang cukup ribet dan terkadang gagal. Untuk lebih mudahnya, bisa dengan cara lain seperti USB atau Hotspot saja.

7. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

3. Hotspot Pribadi

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba dengan cara paling mudah yakni Hotspot. Cara ini tentu sudah sangat sering dilakukan pada para pengguna HP Android, baik Samsung, OPPO, Lenovo, ASUS, Huawei, HTC, LG, SONY, Xiaomi, ataupun yang lainnya. Dan untuk mencobanya pada HP Xiaomi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

1. Langkah pertama, aktifkan Hotspot di HP Xiaomi yang anda miliki. Masuk pada menu Setelan » Hotspot Pribadi, lalu aktifkan “Hotspot Portabel” (Tanda merah artinya aktif). Jika anda ingin Setting nama dan kata sandi, anda bisa atur sesuai keinginan anda.

Aktifkan Hotspot Pribadi Xiaomi

2. Dan untuk menghubungkannya cukup mudah, anda tinggal klik “Connect” saja seperti yang terlihat pada screenshot dibawah ini.

Sambungkan ke WiFi Xiaomi

3. Untuk hasil yang maksimal, pastikan sinyal yang tersedia pada kondisi 4G.

4. Selesai.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, Note 2, Note 3, Redmi Note 4, Note 4X, Note 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Menjadikan HP Xiaomi Sebagai Alternatif Modem WiFi Untuk PC, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan seputar perangkat Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here